SUMBER :  Siapa aku? Apa bakatku? Prabu Ganendra Semesta, Hikmah Publishing: 2020

SIAPA DIRIMU SEBENARNYA?

“Siapakah aku?” adalah pertanyaan besar untuk menetapkan keberadaan dirimu di dunia ini. Sudahkah kamu mengenal dirimu, dan mampukah kamu menerima dirimu lalu dengan sadar memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk mengembangkan potensi yang kamu miliki? Mengenal diri sendiri adalah pondasi untuk mengembangkan diri. Yang dimaksud dengan mengenali diri sendiri adalah mengenali pola dirimu dalam merespon sebuah keadaan. Respon yang kamu berikan ketika terjadi atau mengalami sesuatu, dapat berupa pikiran yang muncul, perasaan yang hadir, perkataan, sikap, atau perbuatan. Melalui beberapa bentuk respon tersebut, kamu mengenali, seperti apa dirimu yang sesungguhnya. Jika pada situasi tersebut responmu konsisten, maka itulah gambaran. dirimu yang sebenarnya.

  • Perubahan Selalu Dimulai Dari Mengenal Dulu Siapa Dirimu

James Baldwin, seorang penulis Amerika pernah mengatakan, Tidak semua hal yang kita hadapr bisa diubah, tapi tidak ada yang bisa diubah sampai kita membayangkan dirimu sedang berdiri di sebuah puncak. Dari sana, kamu bisa melihat kabut, pepohonan rindang, danau, pelangi, dan semua alam yang terbentang. Kamu pun bisa mengatakan ciri khas pepohonan, warna pelangi yang indah, dan lainnya. Begitulah gambaran betapa mudahnya kamu menilai dan menyebutkan sesuatu yang kamu lihat. Sementara, di sisi lain kamu tidak mau melihat kewajiban untuk memelihara alam itu. Sama halnya kamu mudah untuk mengenali orang lain, tetapi ternyata kamu tidak berhasil mengenal dirimu sendiri. Mengenal diri sendiri tidak semudah mengenal orang lain.

Ketahuilah bahwa irang yang dapat mengenal dirinya sendiri akan dapat membawa dan menempatkan diri secara proposional dan sesuai dengan fitrahnya. Perjalanan hidupnya terasa ringan dan pikirannya cemerlang, karena  mereka dapat tampil apa adanya, tanpa dibuat- buat dan direkayasa.

  • Menerima Siapa Dirimu Adalah Langkah Besar Menjadi Orang Hebat

Jika kamu telah merasa jauh mengenal siapa dirimu sesungguhnya, dan sudah bisa menjawab pertanyaan dirimu sendirı, “Siapakah Aku?, maka kamu pun harus menerima apa adanya dirımu menerima diri sendiri adalah sikap yang pada dasarnya merasa puas dengan diri sendiri, kualitas-kualitas serta bakat-bakat, dan pengakuan akan keterbatasan-keterbatasan sendiri. Menurut salah satu tokoh psikolog, yaitu Abraham Maslow, ia mengatakan bahwa ciri dari individu yang mengaktualisasikan diri salah satunya adalah menerima diri apa adanya. Orang yang tidak bisa menerima dirinya sendiri bukan berarti la dalam keadaan yang tidak normal, melainkan ia sedang mengajari dirinya untuk tidak sehat. Karena orang-orang menerima kelebihan serta kekurangan dirinya apa adanya. yang bermental sehat adalah mereka yang mampu menerima Ada kalanya seseorang menerima dirinya sendiri dengan sebuah sarat. Jika kamu melakukan hal itu, maka kamu belum menerima dirimu sendiri secara total. Orang-orang seperti ini cenderung menerima dirinya bila pendapatnya tampil dengan baik serta memperoleh persetujuan dari orang yang ada sekitarnya. Sehingga, ketika ia melakukan sesuatu hal baru tidak sesuai dan tidak disetujui oleh orang di sekitarnya akan merasa bersalah dan ini akan menyebabkan dirinya merasa cemas. Namun berbeda lagi jika kamu melakukannya secara total, maka kamu benar-benar menerima dirimu sendiri tanpa syarat apapun. Sebab dengan begitu akan banyak mencegahmu untuk mengalami kecemasan. Bila kamu menerima dirimu tanpa syarat, kamu akan menyadari kelemahan serta kelebihan pada dirimu. Segala sesuatu yang kamu lakukan bukan karena ingin mendapatkan pujian serta persetujuan dari orang lain. Melainkan kamu benar-benar ingin beruban dari kekurangan menuju yang lebih baik lagi. Pada umumnya, seseorang yang mampu menerima dirinya sendiri secara total ini akan cenderung mampu menerima kritik dari orang lain serta tidak akan merasa cemas bila perilaku yang ia tampilkan tidak mendapat persetujuan dari orang lain. Karena ia sadar bahwa dirinya itu terdiri dari dua hal, yaitu kebaikan serta keburukan atau kelemahan dan kelebihan.

Orang-orang sukses akan melakukan hal tersebut. Oleh karena itu konsep penerimaan diri menjadi salah satu kunci kepribadian orang sukses. Dalam hal ini, kamu harus ingat bahwa kesuksesan adalah perjuangan dari bawah ke atas. Kemudian kamu tumbuh dan berkembang. Seperti layaknya kamu menanam bibit, dan akhirnya kamu akan memetik buah yang manis. Itu artinya kesuksesan me- merlukan proses, pengalaman, dan segala usaha yang tidak mengenal putus asa. Tidak ada orang sukses yang langsung sukses pada langkah pertama. Banyak sekali orang sukses yang bekerja mulai dari nol dan akhirnya menjadi orang besar. Apa yang bisa dilakukan dirinya ya sebatas kemampuan dirinya. Dan itu dilakukannya secara terus-menerus tanpa kenal lelah. Namun, seseorang yang memiliki tuntutan yang berlebih terhadap dirinya akan membenci apa yang dia miliki dan apa yang dia lakukan saat ini. Sehingga untuk melakukan perubahan menuju yang lebih baik akan terasa sangat berat. Jadi, perubahan terhadap apa yang akan kamu lakukan dan apa yang akan menjadi target bagi dirimu, sebaiknya dimulai dengan menghargai apa yang telah ada pada dirimu sekarang. Kamu harus menerima diri sendiri. Tidak peduli dari mana kamu berasal dan apa latar belakangmu. Yang terpenting, mulai dengan penerimaan terhadap diri sendiri apa danya.

Lakukan yang terbaik mulai dari sekarang dan kedepannya. Dengan demikian niscaya kamu dapat mengubah kehidupan ini menjadi lebih baik. Jadi penerimaan terhadap diri sendiri itu sangat penting. Itu mengapa banyak yang memasukkan penerimaan diri sebagai salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap orang.

  • Hargai Siapa Dirimu Seperti Kamu Menghargai Arti Kesuksesan

Mungkin kamu tidak menyadarı bahwa sesungguhnya menghargai diri sendiri merupakan titik awal menuju keberhasılan. Menghargai diri sendirI adalah tifik atau tolok ukur kesuksesan di masa depan. Alasannya adalah seperti apa kamu memandang diri sendiri, seperti itulah kamu akan terlihat dan terbentuk. Kalau kamu menganggap dirimu pantas untuk sukses, kamu akan bersikap layaknya orang sukses. Disiplin terhadap waktu, matang ketika membuat keputusan, jujur ketika berbicara, produktif ketika bekerja, adil ketika bertransaksi. Siapa yang tak mau bekerjasama dengan orang semacam ini? Perusahaan atau majikan mana yang tak mau memperkerjakannya? Bisnis apa yang tak maju dijalankan olehnya? Sebaliknya, kalau kamu tak menghargai diri sendiri, menganggap diri tak mampu, bodoh, jelek, dan tak layak sukses, maka seperti itu pulalah kamu akan terlihat dan terbentuk.

Apa yang sudah dilakukan untuk menghargai hidupmu sendiri. akan diajak ke dalam alam pikir tentang apa saja yang Ketika pertanyaan ini bergulir, mungkin sejenak dirimu pada pertanyaan tentang bagaimana menghargal hidup ini? situasi apapun kamu berada, kamu mungkin akan dihadapkan mungkin saja tetap di tengah dan tidak bergerak sendiri. Dia menanjak, terus naik di dalam kesuksesan. Terkadang seseorang bisa saja berada di bawah, di lain waktu diri agar senantiasa mendapat nilai plus di hadapan Tuhan. kekurangan diri sambil terus berusaha keras memperbaiki demi mendapat perhatian dan pujian. Kamu menerima segala merasa perlu mengumumkan keberhasilanmu pada orang dengan kebutuhan orang lain. mampu menyeimbangkan antara kebutuhan diri sendiri sekelilinginya. Sebaliknya, menghargai diri sendiri berarti haus penghargaan, dan kurang peduli pada orang-orang di Orang yang egois selalu ingin menjadi pusat perhatian, hidup. Menghargai diri sendiri itu bukan berarti egois. akan menentukan seberapa besar pencapaian kamu dalam seberapa besar kamu menghargai hidup, yang kemudian Seberapa besar kamu menyukai diri sendiri akan menentukan Kamu merasa senang dan bangga bila berhasil, namun tak orang semacam ini? Bagaimana ia bisa sukses di masa depan? persis seperti anggapanmu.

Persepsi kamu terhadap kritik akan lebih baik bila kamu menanamkan di dalam hati bahwa kritik itu penting. Orang-orang yang berpikiran positif selalu menjadikan kritik sebagai guru yang mengajari mereka untuk menghindarkan diri dari risiko dan tindakan yang salah. Mereka akan memahami isi dan makna kritik yang disampaikan. Lalu, meresapi, menginstrospeksi, serta menjadikannya sebagai energi per baikan kualitas dan integritas diri. Sebaliknya, orang-orang berpikiran negatif akan menangger kritik dengan marah dan cara-cara tidak terpuji. Mereka tidak akan pernah mempunyai nurani dan akal sehat, untuk dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab dalam memahami, meresapi, atau pun menjadikan kritik sebagai bahan renungan untuk memperbaiki sikap, perilaku, kebiasaan, moral, dan mental.

Cara berpikir memiliki pengaruh dalam menanggapi kritik. Cara berpikir yang dihasilkan dari kualitas moral yang penu integritas, akan memandang bahwa kritik itu adalah hal terbaik dalam mengeluarkan diri dari zona kenyamanan, dan menjadikannya sebagai pendorong dalam penggali potensi diri. Kesadaran diri untuk mendengar suara-suara kritik dengan jiwa besar dan emosional cerdas akan membuat diri mampu memantau pikiran dan perasaannya sendiri dalam menanggapi kritik. Mendengarkan kritik dengan bijak dan arif akan menciptakan reaksi positif untuk memotivasi diri agar memunculkan hal-hal terbaik, dan menghindarkan hal-hal yang tidak baik.

  • Menghargai Siapa Dirimu Membuat Kamu Merasa Berharga

Ketika kamu menghargai diri sendiri, maka kamu juga mencintai dirimu dan percaya bahwa kamulah yang terbaik tak ada yang dapat memengaruhi dirimu Penghargaan diri juga dapat membantu kamu membangun kepercayaan dirı yang kuat dalam menghadapı situasi yang berat terasa diri kamu benar-benar berharga berarti mencintai dirimu apa adanya dari dalam dan luar.Setelah itu, kamu dapat bekerja dengan menciptakan gaya hidup yang membuatmu merasa berharga, dicintai, dan sempurna. Jika kamu ingin mengetahui bagai- mana cara merasakan dirimu berharga, seperti inilah caranya:

  •  Jangan suka membandingkan.

 ini hanya akan menurunkan kepercayaan dirimu dan membuatmu merasa rendah diri. Tidak ada seorang pun yang sama seperti kamu di luar sana, yang bertumbuh dengan pengalamanmu dan memiliki bakat sepertimu. Jika kamu mencoba untuk membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan memiliki perasaan yang buruk tentang dirimu, karena kamu akan selalu menemukan seseorang yang lebih kuat, lebih pintar, atau lebih menarik dibandingkan dirimu sendiri.

  •  Membuat pribadi yang menakjubkan.

ada kenyataannya, kepercayaan diri tidak dapat dikembangkan dalam waktu satu malam, tetapi kamu dapat membuat usaha untuk mengikuti langkah yang membawamu merasa percaya diri terhadap dirimu apa adanya dan apa yang dapat kamu raih kamu harus menyadari dirimulah yang menakjubkan dan tidak masalah dengan perkataan orang lain.

  • Bangga dengan kelebihan diri sendiri.

Tentunya harus ada hal yang dapat membuat kamu merasa berbangga dengan hal tersebut. Ambilah waktu untuk duduk dan membuat daftar tentang apa yang kamu sukai dari dirimu. Paksa dirimu tuk duduk hingga kamu mengisi satu kertas penuh. Kamu tidak menulis tentang seberapa sempurnanya dirimu, tetapi menggali jebih dalam untuk menemukan hal yang benar-benar membuatmu menjadi pribadi yang menakjubkan. Berpikirlah tentang kualitas dari simpatimu, rasa humormu, kekuatamu, atau kemampuanmu untuk bekerja keras pada setiap pekerjaanmu.

  •  Jangan pernah terpuruk.

 Kamu terkadang hanya hidup dengan perasaan yang buruk dan hanya mengetahui bahwa semuanya akan terlewati. Jika kamu benar-benar merasa sedih, pastikan untuk berbicara dengan orang yang memperhatikanmu. Ketika kamu berada dalam kondisi emosi yang buruk, tubuhmu mengetahuinya. Berpikirlah tentang bagian tubuh mana yang sakit ketika kamu marah.

  • Jangan memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.

 kamu terluka karena perkataan orang lain? Ingatlah, orang yang menghina orang lain biasanya melakukan itu untuk membuat mereka berkuasa. Mereka mungkin dalam kondisi tidak nyaman. Mereka adalah orang yang kurang percaya diri, sehingga cobalah untuk tidak terikat dengan tekanan dan membalas mereka dengan hinaan. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan terhadap orang yang menyebalkan adalah dengan hidup dalam kehidupanmu sesuai dengan bagaimana dirimu ingin hidup tanpa melihat ke belakang. Ketika kamu berada dalam kondisi emosi yang buruk. tubuhmu mengetahuinya Berpikirlah tentang bagian tubuh mana yang sakıt ketika kamu marah..

  • Tentukan Tujuan Hidupmu.

“Ubahlah tujuan hidupmu hari ini.jangan bertaruh di masa depan nanti,bertindaklah sekarang tanpa harus ditunda lagi”.kata Simonede Beauvor,seorang ahli filsafat Prancis.

Hidup tanpa tujuan bagaikan perjalanan tanpa arah yang sering membuat kebingungan.orang yg cerdas biasanya akan tahu harus kemana tujuan hidup mereka.

Disadari atau tidak setiap orang pasti sudah memiliki tujuan hidup masing-masing dan mungkin akan sulit tergambar dgn jelas sehingga pencapaiannya sulit diukur.namun apa yg dimaksud kaya,bahagia,dan pintar?suatu tujuan hidup itu masi begitu abstrak dan luas..

Setiap orang akan memiliki tujuan hidup masing masing dan berbeda-beda.namun jika kamu mengetahui tujuan hidupmu dgn sgt jelas adalah sangat menyenangkan tidak peduli berhasil/gagal,disamping itulah kamu menikmati proses yg dijalankan.untuk itu biasakanlah menulis beberapa daftar di selembar kertas,kemudian mulailah dari hal yg terkecil dan saat ini.jgn menunda sesuatau jika kamu tidak akan menyesal nantinya.

  • Jangan melakukan suatu hal karena gengsi

Banyak hal yang dilakukan seseorang namun tidak sesuai kemampuannya.lakukanlah segala hal dan tindakan yg membuat dirimu senyaman mungkin,jangan hanya karna dengan gengsi dirimu tidak akan pernah melangkah maju dan akan berdiri ditempat yg sama.Bagaimana caramu keluar dari zona gengsi ini? cukup dgn bersikap cuek pada pendapat orang lain tentang dirimu,tidaklah kamu harus selalu mendengar perkataan orang lain?pikirkanlah dirimu yg sedang menjalani kehidupan nyata (real),semua berada ditanganmu jgn sampai hanya karena gengsi dirimu tidak bahagia dan merasa apa yg kamu lakukan adalah sia2.cobalah tanya kepada dirimu apakah kamu menyukai hal yg kamu lakukan itu?jika ia lanjutkan,jika tidak jangan diteruskan ingat gengsi tidak akan membuatmu menjadi maju.

  • Gengsi akan membebani hidup

Kebanyakan orang terlalu memanjakan dirinya dengan gengsi sedangkan kejujuran dikalahkannya dengan gengsi,kemanfaatan jadi mundur juga karna dengan gengsi.Orang-orang seperti ini merasa tidak ingin kalah dengan orang2 yg berada diatasnya.

Gengsi membuat nilai diri kita menjadi rendah secara tidak langsung.namun jika kamu melakukannya secara terus-menerus kamu akan terbebani sendiri juga nantinya,sekali lagi gengsi itu harus dihilangkan dulu dari kamus hidupmu.minimal ia harus dikurangi agar tidak berkembang dan menjadi beban yg paling berat dlm hidupmu.

  • Gengsi membuat kesempatan terbuang sia-sia

Disaat dirimu diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk bekerja disebuah tenaga marketing,kamu hilangkan saja kesempatan itu hanya karna tidak ingin berhadapan orang lain untuk berjualan.mungkin kamu pernah ditawari orang sbg cleaning service dengan gaji dibawah UMR,namun sekali lagi kamu gengsi dengan pekerjaan tersebut,kamipun menolaknya.

Dengan rasa gengsi,peluang yg kamu miliki akan menjadi hal yg sia-sia dan sebuah kerugian gengsi pun menjadikanmu menjadi karakter penakut,kenapa?karena kamu tidak yakin pada dirimu sendiri.jangan sia-siakan setiap peluang yg datang.pastikan kamu menemukan dirimu berada ditempat yg tepat.

  • Gengsi dapat meruntuhkan impian masa depan

Untuk bisa menikmati manisnya hidup kamu cukup mengahadirkan rasa syukur,sebab tanpanya kamu tidak akan merasa puas dengan apa yg kamu miliki.dan untuk melihat keindahan dan ketentaraman hidup diperlukan kesederhanaan.kesederhanaan tidak akan menjatuhkan harga dirimu sebab kesederhanaan itu adalah low profile but high quality.kesederhanaan mengajarkanmu untuk tidak bersikap sombong saat kenyataan melebihi harapan.

Keharmonisan hidup bukan saat dimana kamu memiliki harta yg melimpah maupun pasangan yg amat rupawan tetapi keharmonisan datang disaat kamu menikmati keadaan hidup yg seutuhnya(bersyukur)saat itulah dirimu menikmati keharmonisan yg abadi.lalu apalagi yg kamu tunggu?cepatlah buang rasa gengsimu itu jauh2 untuk melihat betapa kenikmatan hidup yg kamu jalani saat ini.

  • Jadilah Penentu Impian Dirimu Sendiri

Setiap orang memiliki impian tapi tidak semua bisa menentuka impian yg ingin dicapainya.banyak dari mereka yg terpercaya oleh kesuksesan orang lain,sementara mereka tidak pernah berfikir bahwa orang2 sukses melalui kesuksesannya dengan cara berbagai cerita dan jalan yg berliku dan bahkan menyakitkan.

Tetapi sukses  adalah surga kenikmatan yg perlu kamu ketahui adalah jangan mengambil kesuksesan yg berada di kaki gajah ambilah punggung gajah supaya kamu mengendalikan gajah itu kepada kesuksesan yg kamu impikan.Yang menjadi masalah adalah bila kamu sekadar ikut-ikutan mengikuti apa saja yg sedang populer disekitarmu,mengakibatkan dirimu tidak mempunyai kepuasan dalam meraih kesuksesan hidup berdasarkan tujuan hidupmu sendiri.hambatan sukses yg sebenarnya adalah justru dari dalam diri kita sendiri.jadi sekarang karena dirimu sudah tau harus punya impian sukses sendiri,maka hal berikutnya memastikan bahwa kamu benar2 tahu apa yg kamu impikan.

  • Kenali Motivasi Hidupmu

Potensi  besar yg masi tersimpan dalam dirimu mungkin belum cukup untuk membantumu menjadi manusia yg maju ini karena kamu belum menerima baik motivasi menjalani hidup ini,Apa yg membuat dirimu berharga berada muka bumi ini?setumpuk harta yg kamu miliki saat ini pun tidak akan mampu membuatmu bahagia jika kamu buta dengan motivasi hidupmu sendiri.

Mengetahui bidang yang paling kamu minati merupakan hal vang penting. Bisa jadi, selama ini kamu tidak termotivasi dalam menjalani hidup karena tujuan hidupmu salah, di mana tujuan hidupmu ditekan oleh tradisi dalam lingkungan di mana kamu hidup.Bukan tujuan hidupmu sendiri,Kamu memimpikan mimpi orang lain, bukan mimpi-mimpimu sendiri. Hidupmu bukan tentang harapan-harapanmu, melainkan harapan orang lain. Kamu berjuang untuk mencapai tujuan hidup orang lain, Akibatnya, kamu kehilangan motivasi dan semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Untuk memahami, kamu harus mengerti apa yang sebenamya menjadi minatmu.Jadikan minat itu sebagai tujuan hidupmu, yang mendukung segala daya dan upaya kamu tujukan.Hiduplah di dalam impian-impianmu, bukan impian orang lain. Dengan demikian, niscaya motivasi akan berubah dengan sendirinya, mendorongmu tanpa lelah mengejar impianmu. Jelas salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan mengikuti minat.  Dengan mengikuti minatmu, ikuti kata hatimu, maka kamu pun akan memiliki motivasi dalam hidup dan dalam bekerja.

  • Jangan Mengadili Dirimu Sendiri

Jika terjadi sesuatu yang tidak sulitkan dalam mencapai tujuan, kamu tidak perlu menyesali dan mengadili dirı sendiri. Hal ini akan menghabiskan waktu dan energi Seharusnya kamu naik dan menatatap masa depan, jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju, jangan pernah meminta menyesali apa yang terjadi.Bantulah jiwamu untuk selalu aman dan bangkit dari kelesuan. Jangan mengasingkan diri dengan berbagai hukuman dan kesalahan.Hiburlah jiwamu dengan kata-kata motivasi. Berikanlah tanggapan bahwa semuanya akan menjadi baik dan selalu baik. Kesalahanmu tidak selayaknya membuat dirimu menyesali melupakanmu Tuhan di bumi ini?.kamu berada di bumi untuk mencapai tujuan mulia.

Buang Saja Rasa Malas

Mario Teguh pernah mengatakan, “Rasa malas yang menguasai orang hebat, adalah kekuatan yang menjadikannya sama-tidak-berguna-dengan orang lemah yang membakati kemalasan Malas sangat terkait dengan inkonsistensi pengaruh, orang yang malas itu orang yang tidak didukung dengan  hormon komitmen yang sudah dibuat.Rasa malas adalah virus yang sangat berbahaya, karena orang yang malas akan menyebabkan program yang sudah dibuat menjadi tidak masuk target.

Jangan Biarkan Rasa Takutmu Menjadi Benalu

Setiap manusia pasti memiliki rasa ketakutan dan itu termasuk kodrat dari Allah Rasa takut dapat bernilai positif sesuai dengan yang diminta, mungkin rasa berdosa yang berkaitan dengan pekerjaan maksiat yang ditimbulkan menjadi negatif dan untuk kategori yang ada  takut ditolak jadi orang tidak mau melakukan sesuatu dan sebagainya. Rasa takut menyebabkan dirimu kalah sebelum bertanding.Perasaan takut menyebabkan seseorang tertahan dari mengambil tindakan. Mental rasa takut sering menghambat  seseorang untuk sukses.

Jangan Miskin Impian

Sesuatu ada dan tercipta karena diawali dengan impian, begitu juga dengan kesuksesan Kamu tidak akan mewujudkan impian jika tidak diawali dengan impian atau tujuan-impian Jika tidak punya impian, maka kamu akan bisa pergi tanpa arah, ibarat hanyut di atas air yang deras,Kamu akan terbawa derasnya udara tanpa bisa mencapai tepi. Mimpi dan kerja keras, dua hal ini pula yang mestinya kamu miliki.Kamu ingin menjadi dokter, ingin menjadi insiyur, Ingin menjadi orang sukses dari usaha sendiri. Namun semua  tak bisa diraih dengan hanya berdiam diri.Ada perjalanan hidup yang mesti dilalui.

  1. Bertanya Kepada Orang Terdekatmu

Orang yang paling tahu dirimu adalah orang yang paling dekat denganmu Bisa orangtua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman Merekalah yang tahu tentang dirimu dari kecil hingga dewasa, tahu apa yang potensial dirimu. Terkadang dirimu tidak menyadari potensi yang kamu miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkanmu sebagai manusia, kamu tidak biasa cukup memadai dengan keadaan dirimu sendiri. Kamu perlu memiliki orang yang dekat denganmu untuk memperkuatkanmu, mungkin perlu memuji atau mengkritik yang membangun.

Banyak Membaca, Melihat, Merasakan

Untuk melejitkan potensi diri, tentu saja kamu harus banyak membaca, karena membaca bisa membawamu pada kesuksesan. Tidak ada kata pun di dunia ini yang sukses tanpa membaca, membaca adalah cara untuk membuka cakrawala dunia, membaca tulisan dimasa lampau, atau yang akan datang Membaca telah mengantarkan manusia melintasi ruang dan waktu.  Apakah sekarang kamu sudah menjadi seorang gemar membaca?  Buatlah dirimu menjadi manusia yang cerdas melalui budaya gemar membaca. Luangkan waktu untuk melewati jembatan ilmu yang lebih luas.Membaca bisa dimulai kapan saja dan di mana pun.Jadikan rumahmu sebagai gudang ilmu, yaitu dengan mengoleksi buku-buku di salah satu ruangan rumahmu.

Fokus,ataupun tidaknya kekuatan itu, selalu ada di dalam diri setiap orang, Tinggal bagaimana menyelaminya  untuk kemudian memanfaatkannya dalam kehidupan

Dengarkan Suara Hatimu

Suara hati itu ada di dalam jiwamu Kamu percaya itu hati nurani setiap manusia bersih dan tulus Hati nurani ini adalah selalu baik.adanya Hati nurani mengemukakan sifat-sifat llahi di dalam diri manusia  suara hati nurani banyak orang yang telah pulih, tidak hanya mendengar, suara hati namun mereka tidak menyadarinya. Kenapa mereka tidak menyadarinya?  Karena mereka tidak mengerti cara hati nurani berkomunikasi. Nah, bagaimana sih bentuk komunikasi yang biasa digunakan oleh hati nurani?  Ada beberapa cara.  Pertama, dengan berbicara menggunakan self talk atau dialog batin, Saat pikiran hening, dirimu bisa mendengar suara hati nurani dengan jelas. Kamu pun bisa berdialog dengan hati nurani.

sumber : Siapa aku? Apa bakatku? Prabu Ganendra Semesta, Hikmah Publishing: 2020

.