By : Dr. Joe Rubino, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (2013)

dolarLangkah 1:
MENENTUKAN VISI: Tentukan Alasan untuk Bergabung; Ciptakan Visi Penggerak

Sebagian besar orang yang berkecimpung dalam pemasaran jaringan awalnya tertarik bergabung karena alasan tertentu yang bersifat pribadi. Tentu saja, salah satu alasan paling umum adalah uang- dan semua hal indah yang diberikan uang.

Mungkin awalnya Anda tertarik pada pemasaran jaringan karena melihatnya sebagai jalan untuk menciptakan arus pendapatan tambahan. Apapun motivasi Anda, hal itu akan membantu Anda memperjelas apa yang sebenarnya Anda ingin capai dari upaya-upaya yang Anda kerahkan dalam pemasaran jaringan. Dengan mengetahui tujuan, Anda akan bisa menentukan jumlah pendapatan bulanan yang akan membuat upaya Anda dalam bisnis itu tidak sia-sia. Tujuan juga bisa berperan sebagai motivasi untuk mengerjakan hal-hal yang kerap kali dirasa merepotkan atau tidak nyaman.

Orang yang baru pertama dikenalkan pada pemasaran jaringan acapkali tahu bahwa mereka ingin memperoleh uang dengan jumlah tertentu, tapi tidak memiliki cukup kejelasan mengenai untuk apa mereka menggunakan uang itu.

Setelah mengetahui alasan-alasan terkuat yang Anda miliki untuk membangun bisnis, kini saatnya mengubah motif-motif itu menjadi visi yang menggelora dan menumbuhkan semangat, yang akan menginspirasi Anda serta orang-orang yang menjadi teman Anda dalam berbgi visi.

Mungkin motivasi Anda untuk membangun bisnis bukanlah motivasi yang besar pada awalnya. Namun, jika Anda adlah orang yang lebih berambisi, yang berusaha membangun dinasti pemasaran jaringan atas dasar hasrat untuk memberikan dampak pada hidup Anda secara drastis dengan hidup bermewah-mewah, visi Anda tidak akan menyerupai kehidupan yang ditandai dengan pekerjaan biasa yang membosankan setipa hari, tempat sebagian besar orang terkungkung didalamnya, dengan semua penderitaan, jerih payah, atau kekurangan yang membatasi hal-hal yang mereka yakini bisa dicapai.

Pikirkan warisan apa yang bisa Anda tinggalkan di planet ini jika mempunyai waktu dan pendapatan untuk bersumbangsih pada orang lain. Yang terakhir, selain uang, harta benda, dan kebabsan waktu untuk melakukan segala hal yang selalu Anda inginkan. Anda juga akan merasakan kemewahan untuk memperbaiki diri.

Untuk saat ini, pikirkanlah ingin menjadi siapa Anda nanti serta kualitas-kualitas apa yang akan Anda tunjukkan supaya orang lain tahu bahwa kualitas-kualitas itu ada dalam diri Anda.

Setelah menciptakan bayangan yang sangat jelas tentang kehidupan yang kita inginkan, kita pun dapat secara perlahan-lahan menguatkan bayangan itu ke dalam kesadran kita dengan mengulangnya setiap hari. Tanpa kita sadari, konsep yang tadinya asing dan sulit dipahami akan menjadi pengharapan dan sperti apa gambaran masa depan kita. Ketika masa depan yang kita bayangkan itu ternyata tak terelakkan, kita akan mendapati diri sedang menjalankan tindakan-tindakan yang sejalan dengan kedatangannya. Semakin kita bisa mempersiapkan pikiran untuk menerima hasil seperti yang ada di pikiran kita, semakin besar pul motivasi yang akan kita hasilkan untuk memicu pemenuhannya.

Berhentilah sejenak sekarang untuk bertanya secara jujur pada diri Anda apakah visi untuk untuk masa depan Anda cerah dan optimis, negative dan muram, atau tak jauh berbeda dengan kehidupan yang saat ini Anda jalani.

Sudah waktunya memutus lingkaran setan itu. Masa depan Anda tak harus sama dengan masa lalu Anda. Ingat, kita sudah punya visi untuk masa depan kita. Ingat juga bahwa kita bertanggung jawab mewujudkan visi apa pun yang hendak kita wujudkan dengan merancang rencana mendetail yang akan menjawab pertanyaan, “ Apa yang diperlukan untuk mewujudkan visi ini secara leluasa di setiap bidang?”

Tak hanya visi Anda akan memicu tingkat keyakinan serta menjadi ladasan bagi rencana tindakan Anda, tapi Anda pun akan mampu mengembalikan diri ke jalur visi Anda ketika perjalanan itu menjadi sulit serta tantangan bermunculan, dan memang akan bermuculan.

Visi tertulis akan sangat kuat bla diukir sebagai adegan yang sudah jadi dari film yang menceritakan kehidupan Anda pada suatu masa tertentu. Tuliskan visi Anda dari sudut pandang orang pertama pada saat ini. “Sekarang saya… Sekarang saya mempunyai… Saya sedang mengerjakan… Saya sedang bersumbangsih pada….” Dan sebagainya. Hindarilah menulis dengan kata-kata negative. Daripada menulis “Saya tidak akan miskin dan kelebihan berat badan lagi”, tulislah “Saya bergelimang harta dan sehat”. Pikiran Anda akan mengenali gambaran yang diciptakan, jadi ukirlah gambaran-gambaran itu demi kebaikan Anda sendiri.

Anda akan tahu bahwa Anda menulis visi dengan sempurna jika Anda terinspirasi oleh visi yang Anda tulis. Jangan terus membaca sebelum menulis visi penggerak Anda sendiri. Berkomitmenlah sekarang untuk selalu membaca visi Anda itu dua kali setiap hari, pagi dan malam –sampai terwujud nyata.

Langkah 2:

MEMBUAT RENCANA : Ciptakan Rencana Jangka Panjang yang Akan Mendukung Anda dalam Mewujudkan Visi

Sekarang, setelah memiliki visi yang menginspirasi pencapaian, mari kita lihat tindakan-tindakan apa saja yang diperlukan untuk mewujudkannya. Tentu saja, inti rencana bisnis apa pun akan meliputi tiga perilaku inti:

  1. Menggunakan barang atau jasa milik perusahaan Anda.
  2. Merekomendasikan barang atau jasa Anda kepada orang lain di manapun setiap hari.
  3. Mensponsori orang-orang yang melihat nilai dari menghasilkan pendapatan residu yang dapat menunjang kehidupan mereka.

Tambah pengalaman Anda dalam mencobas sebanyak mungkin produk itu, sambil menetukan mana produk-produk yang menjadi favorit Anda dan apa-apa saja yang Anda sangat sukai darinya. Bicaralah pada orang-orang di perusahaan dan grup kesuksesan Anda (mereka yang mendapatkan komisi dari usaha Anda dan mereka yang dengan usaha mereka membuat Anda menerima komisi) untuk mencaritahu mengapa tiap-tiap produk unik setiap produk unik serta istimewa. Pelajari segala hal tentang penggunaan agresif untuk setiap produk dan tentukan kelompok atau target pasar yang sekiranya cocok untuk barang atau jasa tertentu.

Penting bagi Anda yang baru memulai usaha rumahan untuk mengetahui betapa vital unsur-unsur penyokong ini. Unsur- unsur itu diantaranya:

  1. Memasang program telepon jarak jauh yang bagus dan tidak mahal.
  2. Menghubungi perusahaan telepon di daerah Anda dan berlangganan layanan panggilan tiga arah.
  3. Anda akan membutuhkan nomor bebas pulsa untuk mengenyahkan rasa malas di diri pelanggan atau prospek yang ingin membalas telepon Anda.
  4. Jika hendak menjalankan bisnis dari lokasi berbeda, Anda dapat mengandalkan ponsel.
  5. Catatan pengecakan yang akan Anda gunakan secara eksklusif untuk bisnis pemasaran jaringan.
  6. Pada era modern ini, jika niat Anda adalah membangun dinasti pemasaran jaringan, komputer adalah keharusan.
  7. Jika perusahaan Anda menawarkan program pengiriman otomatis, daftarkan diri Anda, tidak hanya untuk menerima produk-produk setiap bulan, tapi juga untuk memberikan contoh yang bagus bagi tim Anda.
  8. Jika perusahaan Anda menawarkan program pengiriman otomatis, daftarkan diri Anda, tidak hanya menerima produk-produk setiap bulan, tapi juga untuk memberikan contoh yang bagus bagi tim Anda.
  9. Jika perusahaan Anda menawarkan situs yang dapat ditiru, rancanglah situs untuk Anda sendiri.
  10. Ketika Anda akan mengecer produk atau memprospek dengan cara tradisonal (belum tentu semua orang mengerti komputer), mintalah catalog produk perusahaan, brosur pencarian prospek, atau materi audio serta video.
  11. Mempelajari semua materi pelatihan dari perusahaan Anda.
  12. Rajin mengikuti semua pertemuan yang disponsori oleh perusahaan dan upline Anda.
  13. Jika perusahaan atau upline Anda menawarkan rekaman pertemuan yang menjelaskan peluang, simak dan buat rencana untuk melakukan pertemuan tiga-arah dengan prospek Anda.
  14. Mencari nama dan nomor telepon semua pemimpin Anda di lini atas.
  15. Surat yang menceritakan kisah Anda sendiri yang dapat memperkenalkan orang pada perusahaan Anda, produk, dan peluangnya.
  16. Mengatur jadwal harian Anda dan meninjau ulang semua kegiatan pencarian prospek, penindaklanjutan, serta panggilan pelatihan setiap hari.
  17. Membuat daftar nama notifikasi.

Tempat yang logis untuk memulai aktivitas mengumpulkan prospek adalah sumber-sumber tradisional yang telah menjadi target para pemasar jaringan untuk membangun dinasti-dinasti mereka dalam 50 tahun ke belakang. Sumber prospek nomor satu adalah daftar notifikasi, seperti yang kita bahas sebelumnya, atau daftar yang berisi nama orang yang Anda kenal dan akan Anda beritahu tentang usaha baru Anda.

Langkah 3:

MENCARI PROSPEK : Pencarian Prospek yang Efektif: Siapa, di Mana, dan Berapa Banyak?

Perusahaan-perusahaan tertentu memiliki lini produk yang mempermudah pembangunan bisnis dengan mengutamakan pendekatan produk. Fokus utama teknik itu biasanya adalah membangun basis pelanggan ritel yang luas. Dari antara ratusan pelanggan yang puas, sejumlah orang yang berpotensi membangun bisnis akan muncul ke permukaan. Kelebihan pendekatan itu adalah individu-individu yang memimpin dengan produk biasanya akan menghasilkan arus kas secara lebih cepat dengan menciptakan basis pelanggan. Kekurangannya adalah pendekatan itu biasanya merupakan pendekatan yang jauh lebih lambat untuk membangun kekayaan dalam jumlah besar dibandingkan memimpin dengan peluang.

Mari alihkan perhatian pada unsur-unsur yang menyusun rencana jangka panjang dalam mencari prospek. Salah satu unsur penting dalam menyusun rencana adalah membuat daftar nama prospek dan menentukan arah mana yang paling produktif bagi usaha pencarian prospek yang Anda lakukan. Mari kita mulai dengan menganalisis cara membuat daftar notifikasi secara mendetail.

Untuk menyusun daftar sepanjang mungkin, Anda mungkin perlu menggunakan benda atau barang yang bisa menggali ingatan Anda. Buka lagi buku alamat, daftar kartu ucapan hari raya, daftar teman bisnis, klub sosial, kegiatan agama, serta daftar-daftar lain yang bisa Anda kumpulkan.

Untuk menambah nama-nama di daftar, ambil buku telepon dan mulailah Yellow Pages, bagian demi bagian. Tanyakan pada diri Anda, “Siapakah kenalan saya yang merupakan seorang…, atau siapa yang bekerja di/ di bidang…?”

Visi Anda akan menentukan pendapatan yang Anda butuhkan untuk mewujudkan visi itu. Semakin besar visi Anda butuhkan untuk menjalani hidup dengan bergairah dan tanpa batas. Visi akan mendukung Anda dalam memberi landasan pada rencana tindakan sehingga sejalan dengan jumlah pendapatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Pada era teknologi ini, yang dilengkapi komputer, e-mail, chat room, faks, teleconference, telepon genggam, voice mail, pesawat jet, dan bermacam-macam struktur pendukung komunikasi lain, usaha pemprospekan yang Anda lakukan dapat mencakup lingkungan tempat tinggal Anda atau terus ke seantero negara atau dunia dengan cara yang sama mudah.

Saya sarankan Anda memulai usaha pencarian prospek di lingkungan rumah atau komunitas lokal, jika memungkinkan. Kalau semua variabel lain sama, mengapa tidak melakukan tindakan pemprospekan di dekat rumah? Ketika tak lagi menemukan calon mentah lokal dan memutuskan menjalankan metode pencarian calon mentah jarak jauh, Anda dapat memulainya dari daerah atau wilayah yang dekat dengan tempat tinggal Anda sebelum mengincar sumber-sumber prospek yang lebih jauh lagi.

Rencana pencarian prospek yang baik bisa bervariasi, yang ragamnya sama banyaknya dengan jumlah distributor di perusahaan manapun. Selain daftar pasar lingkungan dekat, ada banyak sumber prospek yang bisa dimanfaatkan untuk memicu pertumbuhan bisnis. Mari kita lihat seperti apa sumber nama-nama prospek yang lebih produktif itu.

Pendekatan cold call biasanya tidak cocok untuk pemasar bernyali ciut. Kerena tidak akan memiliki hubungan awal yang terjalin dengan prospek-prospek “dingin” itu, Anda perlu ahli dalam membangun keakraban secara cepat dengan prospek, sekaligus langsung menyampaikan nilai manfaaat. Pendekatan cold call lebih cocok dilakukan untuk mengontak para pemilik bisnis yang mungkin membutuhkan barang atau jasa Anda. Cold call yang produktif adalah yang mengincar prospek pemilik bisnis yang pelnggannya mungkin membutuhkan barang atau jasa Anda.

Jika pendekatan cold call biasanya ditujukan kepada para pemilik bisnis, Aturan Satu-Meter dapat dilakukan kepada orang-orang lain. Pendekatan itu membuat kita berasumsi bahwa kita bertemu prospek yang akan tertarik untuk bergabung dengan bisnis kita setiap hari selama hidup kita. Aturan Satu-Meter berasumsi kapan pun kita berjarak satu meter dengan orang lain, kita harus mengajaknya bicara tentang bisnis kita dan menjadi tanggung jawab kitalah untuk membangun keakraban serta memulai percakapan untuk mencaritahu ketertarikan orang terhadap penawaran kita di mana pun kita berada.

Iklan yang paling efektif adalah yang dapat menciptakan keuntungan-keuntungan yang menonjolkan nilai manfaat bagi yang membaca. Semakin efektif iklan itu dalam menarik hati pelanggan atau prospek incaran dengan keuntungan-keuntungan yang mereka inginkan, semakin banyak respons terhadap iklan itu dan semakin baik pula calon mentahnya nanti.

Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pengiklanan adalah jika hendak menjaring orang-orang yang ingin merintis bisnis, ada baiknya mengiklankan produk perusahaan Anda yang paling menyenangkan, yaitu peluang memperoleh pendapatan.

Sistem pencarian prospek yang baik biasanya memiliki sejumlah karakteristik serupa.
1. Dapat ditiru.
2. Dibuat secara profesional dan bisa menyampaikan kualitas, kelangengan, serta kesuksesan.
3. Tidak mahal diperoleh dan digunakan serta siap pakai oleh distributor-distributor baru, terutama yang memiliki dana pas-pasan.

Leap-frogging atau lompat kodok adalah teknik yang efektif untuk mendorong prospek Anda menyadari bahwa mereka telah mengenal sejumlah orang yang akan menjadi orang sempurna untuk membangun bisnis. Teknik itu memungkinkan Anda melompati penolakan dari prospek bahwa mereka tidak mengenal siapa pun yang mau melakukan bisnis itu, sambil menunjukkan kepada mereka bahwa pada kenyataannya mereka mengenal orang-orang yang akan bisa sukses dalam membangun kelompok yang besar.

Langkah 4:

MELAKUKAN PEREKRUTAN-Kekuatan merekrut: Cara Menjadi Mesin Perekrut

Bagaimana bisa ada distributor pemasaran jaringan yang sanggup merekrut prospek dengan presentase sangat tinggi, sementara ada distributor lain yang berusaha payah dengan hasil yang tidak setimpal dengan upaya mereka? Jawabannya terletak pada penciptaan nilai yang memadai sehingga prospek mengerti pentingnya peluang yang Anda presentasikan dan karenanya ingin ikut mengambil bagian.

Dengan meningkatkan efektifitas diri, kemampuan dan berkomunikasi, dan faktor karisma, Anda akan memengaruhi cara orang-orang mempertimbangkan peluang yang Anda tawarkan. Guna membangun dinasti pemasaran jaringan, pada dasarnya ada dua bidang sangat penting yang harus menjadi fokus Anda. Yang pertama adalah tindakan masih dan konsisten, terus-menerus melakukan penindaklanjutan pada semua prospek Anda dalam waktu yang tepat. Yang kedua adalah menciptakan nilai dan peluang yang kaya ketika Anda menyampaikan berkah yang dapat diwujudkan oleh peluang memperoleh pendapatan yang Anda tawarkan.

Ingat, kesuksesan akhir Anda tidak bergantung pada seberapa baik Anda bisa membuat orang lain mengerjakan perintah Anda, tapi pada seberapa efktif Anda bisa mengenali cara-cara berkontribusi pada kehidupan mereka. Dengan memegang teguh pedoman itu,

  1. Buanglah rasa untuk memaksa siapa pun melakukan apa pun hanya karena Anda ingin dia melakukannya.
  2. Sedialah memberikan nilai pada kehidupan prospek.

Prospek lima langkah dalam memaksimalkan efektifitas percakapan Anda
Langkah 1: Ucapkan kalimat pembuka.
Langkah 2: Caritahu apakah prospek terbuka untuk mencaritahu jika mungkin akan ada kecocokan antara dirinya dan bisnis itu dengan meminta izin padanya untuk mengajukan sejumlah pertanyaan. Lakukan hal itu sebelum membicarakan peluan memperoleh pendapatan dengannya.
Langkah 3:Utarakan komimen Anda kepada prospek dengan sedemikian rupa.
Langkah 4: Ciptakan peluang-peluang kaya yang dapat menginspirasi diambilnya tindakan.
Langkah 5: Akhiri dengan mengajukan permintaan yang membuat percakapan bergerak maju.

Untuk meningkatkan peluang prospek memenuhi permintaan Anda, perhatikan unsur-unsur penting dari permintaan yang kuat sebagai berikut:

  • Permintaan Anda haruslah sejalan dengan kebutuhan, keinginan, dan hasrat prospek.
  • Permintaan Anda harus memiliki batas waktu tertentu.
  • Minta konfirmasi dari prospek mengenai permintaan Anda.

Langkah 5:

PELATIHAN- Melatih Seperti Instruktur Ahli: Struktur-Struktur Kemitraan yng Sukses

Banyak perusahaan pemasaran jaringan mensponsori pertemuan harian atau mingguan untuk diikuti oleh seluruh anggota perusahaan guna memberikan pelatihan dan memberi penjelasan tentang peluang.

Dalam kasus ketika tidak tersedia pertemuan yang didukung oleh perusahaan, usaha pembangunan organisasi akan dimudahkan dengan cara mengerahkan para pemimpin puncak dan mengadakan konferensi itu setiap minggu, kalau bukan lebih sering. Sering kali, cara lain yang bagus adalah menetukan jadwal percakapan telepon untuk menjelaskan peluang pada awal minggu yang sekaligus akan menyalurkan para distributor baru ke “pelatihan permulaan” yang diadakan beberapa hari setelahnya Organisasi Anda akan tumbuh dengan kecepatan paling tinggi bila Anda mampu mengambil keuntungan dari strategi menyalurkan prospek dan distributor ke pertemuan lokal, regional, serta nasional.

Semua acara pertemuan yang disponsori oleh perusahaan akan dipromosikan di semua teleconference, di newsletter dan pamflet yang diberikan ketika Anda mengambil cek bonus, di situs perusahaan, serta di semua bentuk komunikasi dalam bisnis pemasaran jaringan.

Penting bagi kita untuk menekankan besarnya nilai menggabungkan pelatihan dengan tindakan masif. Dengan begitu, kita akan menghindari kemungkinan mitra baru Anda berpikir dia harus mengetahui setiap aspek dari lini produk dan rencana bisnis kita sebelum bisa mulai berbisnis. Pelajaran pelatihan yang paling sukses berasal dari masukan yang kita tawarkan kepada mitra baru ketika dia mulai mencari prospek dan mendatangkan orang-orang baru pada tim kita. Pastikan mitra baru kita tahu bahwa dia sepenuhnya diizinkan melakukan kesalahan dan tersungkur.

Bahkan, itu cara yang paling efektif bagi mereka untuk belajar sambil mengumpulkan keutamaan-keutamaan yang muncul tatkala merintis sebuah bisnis. Banyak distributor baru enggan melakukan kesalahan, berpikir mungkin akan gagal memanfaatkan kesempatan merekrut prospek yang sangat baik. Sebaliknya, di dunia ini tidak ada yang dinamakan kelangkaan prospek. Kompetensi dan keahlian paripurna akan kita peroleh lewat proses mencoba dan gagal serta perbaikan tanpa akhir sebagai bagian dari proses pemelajaran.

Tak usah putus asa dan tidak ada yang dinamakan kelangkaan orang yang tertarik, yang akan menyambut kesempatan untuk bekerja bersama Anda dalam hubungan kemitraan guna menggapai kesuksesan. Bahasan itu pun membawa kita ke topik peningkatan diri.

Langkah 6:

MENGEMBANGKAN DIRI- Tumbuh Secepat Pertumbuhan Organisasi Anda: Ciptakan Struktur untuk Menciptakan Keunggulan Diri

Anda pasti ingat bahwa kita menganggap peran tindakan masif mencakup setengah dari keseluruhan usaha yang penting kita lakukan untuk mencapai kesuksesan. Nah, setengah lainnya berhubungan dengan seberapa menarik Anda sebagai sponsor dan mitra bisnis serta seberapa efektif Anda dalam menunjukkan kemampuan mendukung prospek mewujudkan mimpi.
Mari sejenak menentukan dan membahas secara singkat tiap-tiap kualitas atau sifat agar Anda mendapat pengetahuan yang lebih baik mengenai bagaimana masing-masingnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitasnya.

  • Autentisitas adalah kualitas yang mencirikan pembawaan Anda di depan orang lain.
  • Displin adalah sifat yang menunjukkan bahwa Anda memperlakukan peluan memperoleh pendapatan sebagai bisnis yang tidak main-main.
  • Berfokus artinya berkonsentrasi pada tujuan.
  • Visioner artinya memahami bisnis secara keseluruhan.
  • Pemimpin yang mau memberikan dukungan adalah pemimpin yang bisa bekerja dalam tim.
  • Orang yang inspiratif mendukung orang lain melihat kemungkinan-kemungkinan di luar kebiasaan yang ada.
  • Networker yang percaya diri mengetahui nilai yang dimiliki oleh produk dan peluangnya.
  • Kekuatan diri muncul ketika kita hidup dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut.
  • Kerentanan tidak berarti lemah atau gagal.
  • Rela berkorban untuk masa depan adalah kualitas inti dalam membangun bisnis pemasaran jaringan yang sukses.
  • Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lainadalah persyaratan untuk mengembangkan hubungan dan kemitraan yang efektif.
  • Seorang pemimpin tidak sakit hati atas penolakan.
  • Tingkat keyakinan yang menular dan memancarkan antusiasme ibarat api yang menyebar dari diri orang yang memiliki kualitas itu ke orang-orang yang menjadi prospek dan orang-orang yang bergabung dengan timnya.
  • Ketertarikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan diri akan membedakan orang yang kemajuannya sedikit demi sedikit dari orang yang tingkat kinerjanya merupakan terobosan.
  • Tingkat energi fisik yang tinggi serta sikap positif dan riang adalah kualitas yang penting, baik dipandang dari daya tahan tubuh dalam menjalankan sibuknya jadwal pencarian prospek, penindaklanjutan, pelatihan, dan bimbingan maupun dari pancaran energi yang membuat orang lain tertarik.
  • Rela berkorban pada orang lain dan bekerja dalam hubungan kemitraan adalah kualitas menarik lain yang akan membuat prospek ingin menjadi mitra kita.
  • Memiliki integritas dan kemampuan membuat serta menjaga komitmen adalah prasyarat penting untuk membangun rasa percaya.
  • Belas kasih dapat dirasakan ketika kita menempatkan diri di posisi orang lain dan mengalami tantangan yang dihadapinya seolah-olah itu tantangan bagi kita.
  • Memiliki sensitivitas membuat kita menyadari kesulitan-kesulitan yang ada dalam suatu situasi.
  • Orang yang teratur biasanya adalah orang yang produktif.
  • Rasa damai bisa memancarkan energi yang membuat orang lain ingin berada di sekitar Anda.
  • Konsistensi dalam pemasaran jaringan mengacu pada tindakan-tindakan yang diulang secara rutin yang akan mendukung terciptanya hasil yang dikehendaki.
  • Bisa diajari atau dibimbing adalah unsur penting dari penggandaan, dan penggandaan adalah unsur penting bagi pertumbuhan maksimum organisasi.
  • Tertarik pada orang lain dan menyadari perlunya memberdayakan mereka adalah unsur yang sangat penting dalam menciptakan pemimpin.
  • Hasrat yang membara dan ambisius untuk sukses dibarengi dengan sifat usahawan akan mendukung orang melakukan apa pun yang diperlukan untuk membangun bisnis pemasaran jaringan yang sangat besar.
  • Komitmen untuk mencapai hasil tentu saja adalah salah satu kualitas paling penting yang juga merupakan unsur utama agar bisa sukses dalam pemasaran jaringan.
    • Menjadi pendengar yang baik dengan kemampuan komunikasi yang baikadalah hal penting untuk membuat prospek menadapat kesan didengar dan dihargai.

Langkah 7:

MENGGENGGAM PERAN PEMIMPIN: Kunci Menciptakan Pemimpin-Pemimpin Lain yang Memiliki Motivasi Diri

Sebagai pemimpin pemasaran jaringan, mari menelaah beberapa unsur penting untuk menjadi pemimpin yang baik. Pada landasan setiap keputusan untuk memimpin terdapat visi penggerak yang jelas. Visi Anda sebagai pemimpin pemasaran jaringan yang sukses akan melingkupi setiap aspek kehidupan dan bisnis.Sebagai pemimpin pemasaran jaringan, Anda akan menjadi mahir dalam menunjukkan kepada orang cara berpikir di luar kotak untuk mewujudkan kemungkinan-kemungkinan yang sangat besar dalam kehidupan mereka.

  • Pemimpin menjalankan rencana tindakan berani yang menggerakkan kehidupan dan bisnis ke depan.
  • Pemimpin memiliki keyakinan tak tergoyahkan pada kesuksesannya kelak dan pada kesuksesan orang-orang yang bergabung dengannya dalam kemitraan untuk mengikuti rencana tindakan yang mendetail serta berdasar.
  • Pemimpin pemasaran jaringan yang paling efektif menunjukkan autentisitas yang transparan dan sikap melayani yang membuat dirinya disukai oleh orang-orang yang menjadi mitranya.
  • Pemimpin pemasaran jaringan yang sukses menggandakan diri dengan memberdayakan orang lain untuk menggenggam peran pemimpin pada setiap kesempatan.Langkah-Langkah Praktis dalam Menjalankan Peran Pemimpin Setelah Anda menyatakan diri sebagai pemimpin pemasaran jaringan, sekarang saatnya mencari-cari setiap peluang yang ada untuk mengembangkan sayap dan menggenggam peran pemimpin. Berikut beberapa cara yang bisa Anda mulai.
  1. Jadilah sumber acara-acara kepemimpinan di area lokal.
  2. Ajukanlah diri untuk berbicara di depan pertemuan lokal bulanan dan regional.
  3. Berkomitmenlah menjadi tuan rumah dan jalankan pertemuan peluang atau pelatihan mingguan untuk memperkenalkan serta mendukung orang-orang dalam organisasi Anda yang semakin besar atau bermitra dengan pemimpin-pemimpin dari grup lain dengan membuka kesempatan itu ke seluruh perusahaan.
  4. Buatlah lingkaran akuntabilitas bersama tiga atau empat distributor lain. Mereka bisa jadi pemimpin-pemimpin di organisasi Anda atau pemimpin grup lain di perusahaan Anda. Ikutilah format berikut dalam melaporkan tindakan harian Anda:
  • Apa komitmen tindakan harian Anda (berapa banyak percakapan pemprospekan, percakapan penindaklanjutan, dan percakapan akselerasi)? Titik awal yang baik mungkin adalah komitmen 3/2/1, yaitu melakukan tiga percakapan pemrospekan baru, dua percakapan penindaklanjutan, dan satu percakapan akselerasi untuk memajukan prospek atau distributor baru ke jenjang berikutnya.
  • Apakah Anda berhasil memenuhi komitmen melakukan percakapan dalam jumlah itu? Jika tidak, berapa banyak orang yang sudah Anda ajak bicara?
  • Apa yang berhasil dari percakapan Anda?
  • Apa yang belum ada, dan jika ada, apakah itu akan membuat percakapan Anda berikutnya lebih produktif serta efektif?

Hal terakhir yang harus diingat. Perintisan dinasti pemasaran jaringan sama sekali tidak sama dengan banyak skema cepat kaya yang curang, yang hanya berperan menodai reputasi perusahaan-perusahaan yang sah dan layak serta peluang yang tahan lama untuk memperoleh pendapatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaaan itu. Penguasaan profesi apapun tidak akan didapat dalam semalam atau tanpa apresiasi yang pantas pada pengembangan prinsip-prinsip dasar yang penting untuk mendirikan organisasi yang dicirikan oleh prinsip perintisan bisnis yang sehat dan hubungan-hubungan yang serius, bertahan lama, sungguh-sungguh, serta saling percaya. Kesukesan pemasaran jaringan dihasilkan dari proses belajar, melakukan, dan mengajarkan yang dijalankan secara bersamaan seiring Anda berusaha mencapai kesuksesan.

Pemasaran jaringan didefinisikan secara sederhana sebagai perputaran barang atau jasa dari tangan pemanufakturan ke konsumen akhir melalui jaringan distributor independen. Entah disadari atau tidak, sebagian besar orang terlibat dalam semacam bentuk pemasaran jaringan setiap hari. Pemasaran jaringan kerap kali disebut Waralaba Milik Semua Orang karena member peluang pada hampir semua orang untuk memulai bisnis yang memiliki potensi kesuksesan luar biasa dengan investasi kecil dan risiko rendah. Bahkan, ada banyak pemasaran jaringan dibandingkan usaha waralaba biasa.

Namun, meskipun ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh pemasaran jaringan, banyak-jika bukan sebagian besar-orang yang mengejar bisnis berbasis rumahan telah bersusah payah, berjerih payah, dan gagal dalam upaya mereka membangun kekayaan yang sangat besar.
Dr. Joe Rubino dalam bukunya yang berjudul “7 langkah mencapai kebebasan financial lewat pemasaran jaringan” membahas langkah-langkah tersebut secara lengkap.

  • Langkah 1 : Menentukan Visi- Tentukan Alasan Bergabung; Ciptakan Visi Penggera
  • Langkah 2: Membuat Rencana-Ciptakan Rencana Jangka Panjang yang Akan Mendukung Anda dalam Mewujudkan Visi
  • Langkah 3 : Mencari Prospek- Pencarian Prospek yang Efektif: Siapa, di Mana, Bagaimana, dan Berapa Banyak?
  • Langkah 4 : Melakukan Perekrutan- Kekuatan Merekrut: Cara Menjadi Mesin Perekrut
  • Langkah 5 : Pelatihan- Melatih Seperti Instruktur Ahli: Struktur-Struktur Kemitraan yang Sukses
  • Langkah 6 : Mengembangkan Diri- Tumbuh Secepat Pertumbuhan Organisasi Anda: Ciptakan Struktur untuk Menciptakan Keunggulan Diri
  • Langkah 7 : Menggenggam Peran Pemimpin- Kunci Menciptakn Pemimpin-Pemimpin Lain yang Memiliki Motivasi Diri

Ketujuh langkah yang diuraikan di buku ini bisa berperan sebagai peta untuk membangun dinasti pemasaran jaringan Anda sendiri. Kesuksesan dalam pemasaran jaringan pada akhirnya membutuhkan pengembangan pemimpin-pemimpin yang kuat dan bermotivasi diri tinggi yang menerapkan serta menggunakan sistem-sistem yang memungkinkan terjadinya pelipatgandaan usaha mereka dalam memperjuangkan dan mendukung kesuksesan orang lain. Kesuksesan sangat bergantung pada kepemimpinan, dan kepemimpinan selalu dimulai dengan perwujudan visi yang kuat serta inspiratif.
Di http://www.BestHomebizNetwork.com diuraikan sedikit mengenai mengapa orang gagal di bisnis pemasaran jaringan.
Semua jenis bisnis memerlukan waktu untuk sampai pada tahap kesuksesan. Berapakah waktu yang wajar sebelum sampai saatnya kita menentukan kita telah gagal? Apakah 6 bulan? Satu tahun atau mungkin lima tahun? Tidak ada patokan pasti, berapa waktu yang perlu kita siapkan dalam merintis suatu bisnis. Tiga tahun mungkin adalah waktu yang dianggap cukup untuk sebagian orang. Apa yang bisa kita harapkan dalam tiga tahun tersebut? Belajar sesuatu membutuhkan waktu. Belajar secara fisik kadang memerlukan waktu lebih lama dari belajar secara mental. Awalnya, mungkin akan susah untuk kita mempersiapkan diri kita untuk memutuskan memulai berbisnis, sekali kita sudah memutuskan, butuh waktu lebih lama lagi untuk belajar menjalankan bisnis itu sendiri.
Dalam memulai suatu bisnis, kita harus memastikan dulu bahwa tujuan kita adalah untuk menjadi seorang pelaku bisnis, perolehan uang banyak dalam waktu singkat tidak bisa dijadikan tujuan awal dalam memulai suatu bisnis, mengapa?
Ada seorang teman saya yang berhenti bekerja kantoran dan mulai mencoba macam-macam bisnis. Dia ingin sekali menjadi seorang pemilik bisnis, dia tidak mau selamanya menjadi karyawan yang tergantung sepenuhnya pada perusahaan tempat dia bekerja. Dia ingin dapat memiliki uang banyak sekaligus waktu luang untuk menikmati uang tersebut.
Baru setelah 6 bulan mencoba menjalankan bisnis, teman saya itu tidak mendapatkan pendapatan seperti yang dia inginkan. Lalu dia mulai mencari lowongan kerja kantoran lagi. Apa yang salah? Teman saya itu berpatokan pada uang yang didapat. Dia tidak mendapat uang yang dia harapkan dalam waktu 6 bulan, lalu dia memutuskan bahwa dia telah gagal berbisnis. Sikap ini tidak bisa disamakan dengan mereka yang mempunyai alasan kuat untuk menjadi pelaku bisnis.
Jika seseorang sudah memutuskan untuk tidak mau selamanya menjadi karyawan dan sudah mengerti bahwa itu berarti dia harus memulai suatu bisnis sendiri, uang yang dia hasilkan dalam 6 bulan pertama itu tidak akan mempengaruhi dia untuk lalu memutuskan kembali bekerja kantoran.
Jika keinginan untuk menjadi pelaku bisnis lebih kuat dari sekedar mencari uang cepat, maka dia akan tetap bertahan demi membawa bisnis nya kearah kesuksesan.
Makin banyak usia kita, makin sulit kita melupakan hal-hal yang telah kita pelajari sekian lama. Inilah sebabnya teman saya tadi itu lebih memilih untuk kembali bekerja kantoran. Karena dia sudah lama merasakan terjaminnya hidup dengan bekerja kantoran, dan kenyamanan hidup yang diakibatkannya. Sementara dia baru memiliki 6 bulan pengalaman dalam berbisnis. Inilah salah satu alasan kenapa banyak orang akhirnya kembali ke dunia kantor, walaupun mereka tahu, itu tidak baik untuk mereka dalam jangka panjang.
Jadi punya bisnis mahal donk? karena kita tetap harus punya uang untuk kehidupan sehari-hari? Benar, harus ada harga yang dibayar selain dalam bentuk materi, seperti waktu dan mental yang kuat. Apalah artinya pengorbanan untuk hidup dibawah garis standard kita dalam beberapa tahun pertama, bila akhirnya kita dapat mencapai kesuksesan sejauh pendapatan yang tak terhingga dan waktu luang yang tak terbatas?
Beruntunglah mereka yang saat ini masih menjadi pekerja kantoran, tetapi sudah terbuka pikirannya untuk memulai suatu bisnis. Mereka dapat mengandalkan uang gaji bulanan untuk kebutuhan sehari-hari, sementara mereka merintis bisnis mereka. Pada masa-masa ini, pengorbanan waktu yang sangat diperlukan. Pulang kerja, masih harus menjalankan bisnis lagi. Capek memang, tapi bukankah ini jalan yang terbaik?
Tetap bekerja kantoran sambil mulai merintis bisnis adalah cara yang terbaik, hanya bila si pelaku menyadari benar bahwa tujuan utama adalah untuk membesarkan bisnisnya. Sehingga, apapun yang terjadi, dia tidak akan meninggalkan bisnis dan berpasrah diri untuk terus menjadi karyawan seumur hidupnya.
Dalam prosesnya, lalu anda perlu untuk dapat melupakan kenyamanan dan keterjaminan kerja kantoran. Sehingga pikiran anda makin terbuka lebar untuk menerima masuknya diri anda ke dunia bisnis. Sampai pada saatnya, setelah proses yang demikian panjang, anda akan mendapatkan diri anda telah berada pada posisi seseorang yang memiliki jiwa wirausaha.
Hal penting yang harus kita ketahui adalah bahwa dalam proses mencari jiwa wirausaha itu akan terjadi banyak kerugian dan kesalahan didalamnya. Kerugian bukanlah akhir dari segalanya. Kesalahan adalah proses dari suatu pembelajaran. Anda belajar dari kerugian, dari kesalahan yang anda buat. Ini juga bisa diartikan: Anda tidak belajar jika tidak pernah merugi / buat salah.
Kegagalan baru benar-benar bisa disebut kegagalan ketika anda memutuskan untuk berhenti setelah anda menghadapi kerugian anda atau telah melakukan kesalahan dan tidak memperbaikinya. Orang yang berhenti setelah melakukan kesalahan pertama berarti orang tersebut telah gagal untuk belajar.
Kesimpulan dari tulisan di atas adalah satu alasan utama mengapa orang gagal dalam bisnis network marketing. Mereka lebih menginginkan untuk memiliki uang banyak dalam waktu cepat daripada menginginkan dirinya untuk menjadi seorang pelaku bisnis.
Bisnis network marketing merupakan satu jenis bisnis yang memberikan berbagai kemudahan bagi kita. Sistem yang sudah terbentuk, modal yang kecil, dan dapat dijalankan dalam paruh waktu. Apakah anda siap untuk berkomitmen menjalankan bisnis network marketing anda demi membawa diri anda menjadi seorang pelaku bisnis? Tanpa komitmen, tanpa tujuan yang benar, berarti anda tidak memberikan kesempatan pada diri anda untuk menemukan ‘jiwa wirausaha’.
Banyak langkah yang dapat kita tempuh agar mencapai kebebasan financial lewat pemasaran jaringan. Salah satu langkah yang diuraikan didalam buku “ 7 langkah mencapai kebebasan finansial lewat pemasaran jaringan “ ini salah satunya yang patut dicoba bagi yang ingin mencoba jalur ke pemasaran jaringan.
Walaupun banyak juga yang gagal ditengah jalan namun, tidak sedikit pula yang akhirnya berhasil melalui jalur pemasaran jaringan. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan maupun kegagalan seseorang dalam pemasaran jaringan. Kesuksesan dalam pemasaran jaringan pada akhirnya membutuhkan pengembangan pemimpin-pemimpin yang kuat dan bermotivasi diri tinggi yang menerapkan serta menggunakan sistem-sistem yang memungkinkan terjadinya pelipatgandaan usaha mereka dalam memperjuangkan dan mendukung kesuksesan orang lain.
Kesuksesan sangat bergantung pada kepemimpinan, dan kepemimpinan selalu dimulai dengan perwujudan visi yang kuat serta inspiratif. Visi yang benar-benar bisa memotivasi dan menginspirasi penciptanya serta orang-orang yang akan dipengaruhinya menuntut rencana tindakan yang mendetail, berdasar, dan selalu diperbarui agar dapat diwujudkan.

Di bagian akhir buku ditulis beberapa buku karya Dr. Joe Rubino yang dianjurkan untuk dibaca juga. Diantaranya:
• The Power to Succeed: 30 Principles for Maximizing Your Personal Effectiveness
• The Power to Succeed: More Principle for Powerful Living, Book II
• The Magic Lantern: A Fable about Leadership, Personal Excellence and Empowerment
• The Legend of the Light-Bearers: A Fable about Reinvention and Global Transformation
• Secrets of Building a Million Dollar Network Marketing Organization from a Guy Who’s Been There, Done That, and Show How You Can Do It, Too
• 10 Weeks to Network Marketing Success: The Secret to Launching Your Very Own Million Dollar Organization in a 10-Week Bussiness-Building and Personal-Development Self-Study Course

Iklan