reformasiHAL yang Tidak bisa kita pungkiri, apalagi di zaman serba canggih seperti ini sangat perlu pendidikan mengenai psikologi. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sesama manusia, dengan tujuan untuk dapat memperlakukannya dengan lebih tepat. Karena itu, pengetahuan psikologis mengenai anak didik dalam proses pendidikan adalah hal yang perlu dan penting bagi setiap pendidik. Sehingga seharusnya adalah kebutuhan setiap pendidik memiliki pengetahuan tentang psikologi pendidikan.

Mengingat setiap orang pada nantinya akan menjadi seorang pendidik, karena pada hakikatnya pendidikan psikologi pendidikan itu dibutuhkan oleh setiap orang. Karena masalah pendidikan, terutama pendidikan psikologi adalah masalah setiap orang dari dulu hingga sekarang, dan tentu menjadi masalah pula hingga waktu yang akan datang.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Masalah yang sentral dalam dalam psikologi pendidikan adalah masalah belajar. Sebenarnya, belajar (dan mengajar) adalah tindak pelaksanaan dalam usaha pendidikan. Di dalamnya terdapat usaha mendidik anak-anak didik belajar dan si pendidik mengajar sesuatu kepada para anak didik. Proses si pendidik dengan sengaja dan penuh tanggungjawab memberikan pengaruhnyakepada anak didik, demi kebahagiaa anak didik. Psikologi pendidikan berusaha menjadikan kajian tentang faktor-faktor psikologis yang berperan dalam proses pendidikan. Disamping itumasih terdapat beberapa masalah khusus yag juga perlu penyorotan secara psikologis, seperti soal pendidikan orang dewasa, kesehatan mental serta bimbingan dan konseling, materi yang dipakai,evaluasi hasil pendidikan, dan sebagainya.

Sifat-sifat Umum Aktivitas Manusia

  • Perhatian

Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju kepada suatu objek. Bisa juga diartikanbanyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan. Macam-macam  perhatian

  1. Atas dasar intensitasnya: perhatian intensif dan perhatian tidak intensif. Aktivitas yang disertai dengan perharian intensif akan lebih sukses, prestasinya lebih tinggi. Akan lebih baik jika pelajaran dapat diterima oleh murid-murid dengan perhatin yang cukup intensif.
  2. Atas dasar cara timbulnya: perhatian spontan (perhatian tak disengaja), dan perhatian sekehendak (perhatian disengaja). Perhatian spontan atau tak disengaja cenderung untuk brlangsung lebih lama dan lebih intensif daripada perhatian yang disengaja. Akan lebih baik kalau pelajaran dapat diterima oleh murid-murid dengan perhatian yang spontan.
  3. Atas dasar luasnya objek yang dikenai perhatian: perhatian terpancar (distributif) dan perhatian terpusat (konsentratif).
  • Pengamatan

Manusia mengenal wadag atau dunia riil, baik dirinya sendiri maupun dunia sekitar tempatnya berada dengan melihat, mendengar, membau atau mengecap. Cara mengenali objek yang demikian disebut mengamati. Sedangkan melihat, mendengar, dan yang laiinya disebut modalitas pengamatan.

1.Penglihatan

Modalitas pengamatan yang dibedakan menurut pancaindera yang dipergunakan untuk mengamati, yaitu penglihatan, pendengaran, rabaan, pembauan, atau penciuman dan pencecapan. Dari kelima modalitas pengamatan yang telah mendapatkan penelitian secara meluas dan mendalam adalah penglihatan. Menurut objeknya, masalah penglihatan digolongan menjadi 3 golongan, yaitu (1) melihat bentuk, (2) melihat dalam dan (3) melihat warna.

2.Melihat Bentuk

Yang dimaksud melihat bentuk ialah melihat objek yang berdimensi dua. Objek pengelihatan tidak kita lihat lepas-lepas satu daripada yang lain, melainkan kita lihat sebagai objek yang bersangkutan satu sama lain. Objek yang yang jauh, dekat, bagian-bagian dan keseluruhan objek terlihat oleh kita.

3.Melihat Dalam

Yang dimaksud melihat dalam ialah melihat objek berdimensi tiga. Salah satu gejala yang terpenting disini aialah konstansi besar.

4.Melihat Warna

Dalam pendidikan keindahan dan pendidikan kepribadian, nilai lambang warna-warna merupakan alat yang sangat berguna. Berikut nilai lambang warna:

  • Hitam : melambangkan kegelapan, kesedihan.
  • Putih : melambangkan kesucian, cahaya
  • Hijau : melambangkan keseimbangan, harapan, keselarasan
  • Biru : melambangkan sifat-sifat yang dalam tak terhingga, tenang, kesosialan
  • Kuning : melambangkan sifat riang, ceria
  • Merah : melambangkan ekspansif, dominan, berani.

5.Pendengaran

Mendengar adalah menangkap bunyi (suara) dengan indera pendengar. Selain bunyi bisa menjadi perantara untuk berkomunikasi, bunyi juga memiliki 2 fungsi lain, yaitu pertama sebagai tanda (signal). Pada kasus ini yang berhubungan dengan ekspresi manusia, berteriak katena terkejut, menangis karena sakit, kagum, dan sebagainya. Yang kedua sebagai lambang. Yang biasa kita gunakan ketika menghadapi bahasa.

6.Rabaan

Indera-indera kinestesi, sentuh dan tekanan, panas, dingin, rasa sakit, berfungsi penting dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan indera vibrasi tidak memiliki peranan yang begitu berarti. Jika seseorang meraba dengan mata tertutup, maka akan terjadi visualisasi, artinya kesan meraba akan digantikan dengan kesan penglihatan. Hal ini membuktikan betapa pentingnya kedudukan penglihatan, diantara modalitas pengamatan yang lain.

7.Ingatan (memory)

Ingatan disini memiliki arti sebagai sebuah kecakapan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksikan kesan-kesan. Ingatan dan lupa, tidak bisa dipisahkan, karena memang hal tersebut bersifat manusiawi. Akan tetapi saat murid atau pelajar sedang menghafal, hendaklah mengatur kondisi sedemikian rupa, sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal. Misalnya menghafal dengan suara keras, pemilihan teknik yang tepat, serta pembagian waktu belajar yang baik.

Sifat-sifat Khas Kepribadian Manusia

            Hippocrates (460-370) berpendapat bahwa di dalam tubuh manusia terdapat cairan-cairan yang mendukung atau berpengaruh terhadap sifat-sifat manusia, yaitu ada chole, melanchole, phlegma, dan sanguis. Kemudian Galenus (129-200) menyempurnakan pendapat Hippocrates tersebut, ia mengungkapkan bahwa cairan tersebut terdapat pada tubuh manusia dalam kadar tertentu, jika salah satu cairan tersebut kadarnya lebih banyak dari yang seharusnya, akan mendominasi suatu sifat tertentu.

CholePrinsip yang ada pada cairan ini yaitu tegangan (tension), memiliki tipe choleris, dan menghasilkan sifat khas yaitu; memiliki semangat serta daya juang yang besar, optimsme, hatinya mudah terbakar serta keras.

MelancholePrinsip yang ada pada cairan ini yaitu penegara (regidity), memiliki tipe melanholis, dan menghasilkan sifat khas yaitu; mudah kecewa, memiliki daya juang yang kecil, pesimistis, serta muram.

Phlegma .Prinsip yang ada pada cairan ini yaitu plastisitas, memiliki tipe phlegmatis, dan menghasilkan sifat khas yaitu; tak suka terburu-buru, tenang, setia, serta tidak mudah dipengaruhi.

Sanguis .Prinsip yang ada pada cairan ini yaitu ekspansivitas, memiliki tipe sanguinis, dan menghasilkan sifat khas yaitu; mudah berganti haluan, ramah, lekas bertindak tapi juga lekas berhenti.

Selain beberapa jenis cairan yang memiliki pengaruh terhadap sifat seseorang, manusia juga memiliki empat macam fungsi jiwa, yaitu yang rasional mencakup perasaan dan pikiran, kemudian ada yang irrasional, mencakup pendriaan dan intuisi.

  1. Pikiran; bersifat rasional, cara bekerjanya dengan penilaian benar dan salah
  2. Perasaan; bersifat rasional, cara bekerjanya dengan penilaian senang dan tak senang
  3. Pendriaan; bersifat irrasional, cara bekerjanya dengan penilaian sadar indriah
  4. Intuisi; bersifat irrasional, cara bekerjanya dengan penilaian tak sadar naluriah

Alfred Adler mengungkapka teori megenai sifat khas kepribadian manusia, yaitu Individual Psychologie. Individual Psychologiememiliki arti penting sebagai cara untuk memahami sesama manusia. Aliran ini tidak mementingkan perumusan-perumusan yang teliti, melainkan lebih mementingkan penyusunan petunjuk praktis untuk memahami sesama manusia. Karena itu justru dalam lapangan pendidikan pengaruh aliran ini besar, karen petunjuk petunjuk itu sangat berguna di dalam praktik pendidikan. Adler berpendapat, bahwa manusia lebih didorong oleh harapan-harapannya mengenai masa depan daripada pengalamannya dimasa lampau. Tujuan itulah yang membuat manusia kurang peka terhadap lingkungan sekitar dan bersifat individualis.

Mula-mula manusia didorong oleh dorongan keakuan, yatu dorongan untuk mengejar kekuasaan dan kekuatan untuk mencapai konpensasi bagi rasa rendah dirinya. Selanjutnya, manusia didorong oleh dorongan kemasyarakatan yang menyebabkan ia menempatkan kepentingan sendiri dibawah kepentingan umum

Perbedaan-perbedaan dalam Bakat

Suatu hal yang dipandang self-evident ialah bahwa seseorang akan lebih behasil kalau dia belajar dalam lapangan yang sesuai dengan bakatnya; demikian pula dalam lapangan kerja, sesorang akan lebih berhasil kalau dia bekerja dalam lapangan yang sesuai dengan bakatnya.

Apakah Bakat itu?

William B. Michael menunjau bakat itu, terutama dari segi kemampuan individu untuk melakukan sesuatu tugas, yang sedikit sekali tergantung kepada latihan mengenai hal tersebut. Lalu ada juga Bingham yang mengemukakan definisi bakat, akan tetapi Bingham menitikberatkan pada segi apa yang dapat dilakukan oleh individu, jadi segi performance setelah individu mendapatkan latihan. Selanjutnya Guilford memberikan definisi yang lain lagi, yaitu bahwa aptitude itu mencakup 3 dimensi psikologis, yaitu:

1.Dimensi perseptual

     Dimensi perseptual meliputi kemampuan dalam mengadakan presepsi, dan ini meliputi beberapa faktor. Seperti kepekaan indera, perhatian, orientasi ruang dan waktu, luasnya daerah presepsi, kecepatan presepsi dan sebagainya.

2.Dimensi psiko-motor

     Dimensi psiko-motor mencakup enam faktor, yaitu faktor kekuatan, faktor impuls, faktor kecepatan gerak,  faktor ketepatan, faktor koordinasi, faktor keluwesan.

3.Dimensi intelektual

     Dimensi inilah yang umumnya mendapat penyorotan secara luas, karena memang dimensi inilah yang mempunyai implikasi sangat luas. Dimensi ini meliputi lima faktor, yaitu;

  1. Faktor ingatan, yang mencakup faktor ingatan mengenai substansi, relasi dan sistem.
  2. Faktor pengenalan, yang mencakup pengenalan terhadap keseluruhan informasi, terhadap golongan, terhadap hubungan-hubungan, terhadap bentuk atau struktur, dan terhadap kesimpulan.
  3. Faktor evaluatif yang meliputi evaluasi mengenai idientitas, relasi-relasi dan evaluasi terhadap sistem.
  4. Faktor berfikir divergen, yang meliputi faktor untuk menghasilkan nama-nama, hubungan-hubungan, sistem-sistem, transformasi dan menghasilkan implikasi-implikasi yang unik.
  5. Faktor berfikir divergen yang meliputi faktor untuk pengalihan kelas-kelas secara spontan, faktor kelancaran dalam menghasilkan hubungan-hubungan, faktor untuk menghasilkan sistem, faktor untuk transformasi divergen, serta untuk menyusun bagian-bagian menjadi garis besar atau kerangka.

Dari ilustrasi diatas, bisa kita tarik kesimpulan betapa rumitnya kualitas manusia yang kita sebut bakat tersebut. Variasi bakattimbul karena variasi dalam kombinasi, korelasi, dan intensitas faktor-faktor tersebut. Dn variasi inilah yang harus kita kenali sedini munkin.

Bagaimana Cara Kita Mengenali Bakat Seseorang?

Biasanya dilakukan dalam diagnosis tentang bakat dengan membuat ururtan (ranking) mengenai berbagai bakat pada setiap individu.

Prosedur yang biasa ditempuh adalah;

  1. Melakukan analisis jabatan (job-analysis) atau analisis lapangan studi untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang diperlukan supaya orang dapat berhasil damal lapangan tersebut.
  2. Dari hasil analisis tersebut dibuat pencandraan jabatan (job description)
  3. Dari job description yang tersebut bisa kita ketahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi upaya individu dapat lebih berhasil dalam lapangan tertentu
  4. Lalu dari persyaratan tersebut bisa digunakan sebagai landasan untuk menyusun alat pengungkap bakat, yang biasanya berup tes.

            Akan tetapi pemberlakuan tes tersebut masih sangat terbatas oleh daerah serta kebudayaan dimana tes itu disusun. Bagi kita, bangsa Indoesia kiranya sangat mendesak untuk segera diciptakannya tes bakat itu, baik untuk keperluan pemilihan jabatan atau lapangan kerja, maupun untuk pemilihan arah studi.

Perkembangan Individu

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Individu

Pendapat yang bermacam-macam mengenai faktor apa sja yang memepengaruhi perkembangan individu terbagi menjadi 3 golongan, yaitu;

1.Nativisme

     Para ahli yang mengikuti aliran nativisme berpendapat bahwa perkembangan individu itu semata-mata ditentukan oleh faktor yang dibawa sejak lahir (bawaan). Tokoh utama aliran ini adalah Schopenhauer, serta Plato, Descartes Lombroso yng termasuk dalam golongan ini. Intinya pada aliran ini menyatakan bahwa segala keistimewaan yang dimiliki orangtua tentu akan dimiliki juga oleh anaknya. Sehingga perkembangan individu merupakan cerminana dari orangtuanya dahulu. Misalnya, jiak orangtuanya berbakat dalam bidang oelhraga, maka tentu anaknya juga akan sangat berkembang pesat dalam bidang olahraga. Akan tetapi, jika dipandang dalam ilmu pendidikan, hal tersebut tidak bisa juga dibenarkan. Sebab, jika benar perkembangan individu tersebut dari dasar, jadi pengaruh lingkungan serta pendidikan tidak menjadi faktor penting dalam perkembangan setiap individu. Jadi konsep nativisme itu tidak dapat dipertahankan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

2.Empirisme

     Para ahli yang meyakini aliran ini memiliki pendapat yang bertolak belakang dengan nativisme, jika pada nativisme berpendapat bahwa perkembangan individu itu semata-mata tergantung pada faktor dasar, maka pada aliran ini faktor dasar (bawaan) tidak dianggap penting sama sekali, dan meyakini bahwa faktor perkembangan setiap individu di pengaruhi oleh lingkungan. Tokoh utama daripada aliran ini adalah John Locke, dimana aliran ini sangat besar pengaruhnya di Amerika Sekrikat. Akan tetapi, kenyataan yang kita jumpai menunjukan hal yang berbeda daripada gambaran dari aliran ini. Banyak anak-anak orang kaya dan juga pandai mengecewakan orangtuanya karena kurang berhasil dalam belajar, meskipun di lingkungan yang baik (lingkungan orang pandai). Sebaliknya, mereka yang berada dalam lingkungan mampu, dan orangtua serta lingkungan yang tidak begitu pandai malah bisa berhasil dalam belajar. Jadi alirn empirisme ini juga tidak tahan uji dan tidak dapat di-pertanggung jawabkan.

3.Konvergensi

     Paham konvergensi ini berpendapat bahwa di dalam perkembangan individu itu baik faktor dasar, maupun faktor lingkungan sama-sama memilki edudukan yang penting. Setiap individu tentu telah memiliki bakatnya masing-masing, hanya saja bakat juga membutuhkan lingkungan yang sesuai dengan agar dapat berkembang. Selain itu, faktor kedudukan dalam keluarga juga memiliki peranan penting, seperti anak sulung dengan anak bungsu tentu akan mengalami perbedaan dalam perkembangannya, begitu juga dengan anak tunggal. Lalu setiap anak yang berkembang memiliki asas di setiap perkembangannya, meliputi asas biologis, asas ketidakberdayaan, asas kemanan, dan asas eksplorasi. Namun hal yang perlu diingat, pemberian rasa aman, serta kasih sayang tidak disarankan diberikan secara berlebihan, karena tentu hal ini akan menggangu perkembangan buah hati. Jika anak terlalu diberikan kasih sayang khawatir akan menjadi manja, dan anak yang diberikan rasa aman secara berlebihan khawatir anak tersebut tidak bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Bagaimana Sifat Anak pada Masa Tertentu dalam Perkembangan Anak?

Para ahli mengemukakan pendapat mengenai periodesasi yang digolongkan menjadi 3:

1.Periodisasi yang Berdasar Biologis

     Ch. Buhler mengemukakan pendapat, bahwa ada 5 fase dalam perkembangan anak. Fase yang pertama (0;0 – 1;0) yaitu fase gerak laku ke dunia luar. Keudian yang kedua (1;0 – 4;0) yaitu fase makin meluasnya hubungan anak dengan benda-benda di sekitarnya. Lalu ketiga (4;0 – 8;0) yaitu fase hubunga pribadi dengan lingkungan sosial, serta kesadaran akan kerja, tugas dan prestasi. Keempat (8;0 – 13;0) yaitu fase memuncaknya minat ke dunia objektif, dan kesadaran akan akunya sebagai sesuatu yang berbeda dari aku orang lain. Terakhir, yang kelima (13;0 – 19;0) yaitu fase penemuan diri dan kematangan.

2.Periodisasi yang Berdasar Didaktis

     J.J Rousseau dengan karyanya Emile eu du l’education (1762) mengungkapkan bahwa ada 4 fase dalam perkembangan anak. Pertama, (0;0 – 2;0) adalah masa asuhan, kedua (2;0 – 12;0) adalah masa pendidikan jasmani dan latihan panca indera. Ketiga (12;0 – 15;0) adalah periode pendidikan akal. Kemudian yang terakhir (15;0 – 20;0) adalah periode pembentukan watak dan pendidikan agama.

3.Periodisasi yang Berdasar Psikologis

     Kohnstamm(1950) mengemukakan periodisasi yang berdasar pada psikologis terbegi menjadi 4 fase. Yang pertama ketika umur 0;0 sampai kira-kira 2;0 merupakan masa vital. Kedua ketika umur 2;0 sampai kira-kira 7;0 merupakan masa estetis. Ketiga ketika umur 7;0 sampai kira-kira 13;0 atau 14;0 merupaka masa intelektual. Terakhir ketika umur 13;0 atau 14;0 sampai kira-kira 20;0 atau 21;0 merupakan masa sosial. Disini terdapat kemiripan dengan periodisasi biologis dan didaktis.

Penelitian Penggunaan Hadiah dan Hukuman terhadap Perkembangan Anak

             Julius Wagner (dalam Ch. Buhler, 1950) mengadakan penelitian mengenai pengertian anak terhadap hukuman, apabila hukuman itu diberikan secara adil, maka hasilnya bisa dilihat dibawah ini;

Maksud (Tujuan Hukuman) Laki-laki Perempuan
(9;0 – 12;0) (12;0 – 15;0) (9;0 – 12;0) (12;0 – 15;0)
Memperbaiki 54,7% 80,2% 60,8% 79,5%
Menakut-nakuti 24,2% 12,0% 21,4% 15,6%
Membalas (dendam) 5,4% 6,3% 7,3% 4,1%
Lain-lain 15,7% 1,5% 10,5% 1,8%

Dari data yang telah dapat ditarik kesimpulan;

  1. Makin tua anak-anak, makin makin sadarlah mereka bahwa tujuan hukuman adalah untuk memperbaiki.
  2. Makin tua anak-anak, maka makin dapat tepatlah mereka mengenal maksud hukuman
  3. Anak-anak perempuan mempunyai kematangan lebih awal daripada anak laki-laki

            Selain pemberian hukuman, pastikan para orangtua juga perlu membatasi pemberian hadiah untuk anak-anak. Karena penggunaan hadiah dan hukuman harus disesuaikan dengan perkembangan anak, disamping harus pula dipertimbangkan kondisi-kondisi yang lain.

1.Masa Pra-Remaja dan Masa Remaja

            Istilah pra-remaja dipakai untuk menunjukan suatu masa yang berlangsung mengikuti masa puber, yang hanya berlangsung singkat saja. Masa ini ditandai oleh sifat-sifat negatif pada si remaja sehingga masa ini seringkali disebut masa atau fase negatif. Adapun sifat sifat negatif itu adalah sebagai berikut:

  1. Sifat-sifat negatif pada anak perempuan menurut H. Hetzer
  2. Tak tenang
  3. Kurang suka bekerja
  4. Suasana hati tak baik, pemurung
  5. On-sosial (agresif/menarik diri dari masyarakat)

Sifat negatif pada anak laki-laki menurut Hans Hochholzer

  1. Kurang suka bergerak
  2. Lekas lelah
  3. Kebutuhn untuk tidur besar
  4. Suasana hati tidak tetap
  5. Pesimistis

         Masa remaja sering juga disebut masa pencarian jati diri. Karena pada masa ini memang anak laki-laki maupun perempuan sering mengalami kesepian serta penderitaan yang seolah-olah tidak ada orang yang memahami, serta kebutuha seorang teman yang dapat memahami dan menolongnya, tak ayal pada masa ini anak laki-laki maupun perempuan sering bergerombol atau membentuk suatu perkumpulan (geng)

         Sis Heyster (1950: 242) menggolong-golongkan anak laki-laki dan juga perempuan ke dalam tipe tersendiri.

Anak laki-laki digolongkan menjadi:

  1. Pencari kultur
  2. Pencinta alam
  3. Tipe karyawan (pejabat)
  4. Tipe vital
  5. Tipe hedonistik

Anak perempuan digolongkan menjadi:

  1. Tipe keibuan
  2. Tipe erotis
  3. Tipe romantis
  4. Tipe tenang
  5. Tipe intelektual

Perkembangan Individu Karena Belajar

Faktor yang Mempengaruhi belajar

1.Faktor Nonsosial

Kelompok faktor ini boleh dikatakan juga tak terbilang jumlahnya, seperti misalnya: keadaan udara, suhu, cuaca, waktu, tempat, alat yang digunakan, lingkungan dan lain sebagainya. Oleh karena itu demi mendapatkan suasana yang mendukung, sekolah atau sarana mengajar lainnya harus jauh dari jalan raya bising, serta bangunan yang memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh ilmu kesehatan sekolah.

2.Faktor Sosial

Yang dimaksud dengan faktor-faktor sosial disini ialah faktor manusia (sesama manusia), baik manusia yang hadir, maupun kehadiran yang tidak langsung. Kehadiran orang lain tentu menggangu kita belajar. Misalnya saat murid di kelas sedang mengikuti ujian, kemudian diluar terdengar murid yang sedang mengobrol. Tentu akan mengganggu konsentrasi murid yang sedang ujian. Oleh karena itu, faktor yang seperti ini harus diatur, supaya kegiatan pembelajaran dapat berlangsung sebaik-baiknya.

3.Faktor Fisiologis

Faktor fisiologis disini termasuk keadaan jasmani seseorang. Keadaan jasmani pada umumnya dapat dikatakan melatarbelakangi aktivitas belajar, karena kondisi jasmani yang kurang baik tentu akan memberi pengaruh buruk terhadap kegiatan belaja dan tentu bisa mempengaruhi hasil yang di dapatkan. Oleh karena itu nutrisi serta beberapa penyakit yang bisa dibilang kronis perlu di waspadai. Misalnya karena akan bergadang untuk belajar maka mengkonsumsi kopi dalam jumlah batas wajar, tentu hal tersebut tidak bagus nagi kondisi organ tubuh, terutama maag.

4.Faktor psikologi

Menurut Frandsen (1961: 216) ada bebrapa hal yang mendorong seseorang untuk belajar. Seperti adanya sifat ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas, adanya keinginan untuk mendaparkan simpati dari orangtua, guru serta teman-teman, lalu adanya keinginan untuk mendapatkan rasa aman bila menguasai pelajaran.

Penilaian Hasil Pendidikan

Peranan penilaian dalam usaha pendidikan adalah hal penting, karena itu perlu diperhtungkan mengenai penilaian. Penilaian dilakukan supaya dapat mencerminkan apa yang yang dinilai hendaknya dilakukan secara periodik. Makin sering jadi makin bagus. Selain itu, hasil penilaian hendaknya segera diberitahukan kepada murid-murid dimana perlu diadakan pembicaraan mengenai hasil tersebut.

Agar penilaian dapat di pertanggungjawab kan, maka tes yang diberikan juga harus memiliki kriteria atau syarat. Supaya mendapat hasil penilaian yang baik. Diantaraya:

1.Tes Harus Reliable

Tes yng diberikan harus bersifat reliable atau terpercaya dan hasilnya ajeg. Misalnya, jika tes diberikan saat ini maka hasilnya harus sama jika tes diberikan saat tahun berikutnya.cara yang dilakukan untuk dapat mengetahui reliabilitas suatu tes biasanya mnggunakan teknik korelasi.

2.Tes Harus Valid

Suatu tes disebut valid apabila tes tersebut mengukur apa yang harusnya diukurnya. Misal, tes untuk pelajaran sejarah, maka harus benar-benar mengukur kepandaian anak dalam mempelajari sejarah. Untuk mengukur validitas suatu tes itu, biasanya orang membandingkan tes yang sedang diselidiki validitasnya dengan tes yang sudah dipandang baik.

3.Tes Harus Comprehensive

Suatu tes dikatakan comprehensive jika tes tersebut mencakup segala persoalan yang harus diselidiki. Misalnya dari 115 orang guru diminta memberikan nilai pekerjan dalam mata pelajaran Ilmu ukur, maka 2 orang diantara mereka memberikan nilai antara 90-100, dan seorang memberikan nilai antara 20-29, jadi selisihnya adalah 70 nilai.

Sumber :Psikologi Pendidikan, Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D. 354.hal, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, Januari 2011, ISBN 979-421-082-x.

 

Iklan