Berbicara visioner tak lepas dari potensi sukses yang mungkin tercapai sesuai dengan kualifikasi dan standar kualitas yang bisa meningkatkan preferensi. Makna ini seiring dengan konstelasi bagi peningkatan kualitas mahasiswa yang akhir-akhir ini jadi kendala besar sistem pendidikan kita.

KUALITAS  mahasiswa berkaitan dengan kemapanan kampus yang secara ideologis berbalik pada kemampuan internalisasi dimasa yang akan datang dan kemajuan personal tergantung sejauhmana visi kita dimasa yang akan datang dapat diaplikasikan secara empiris.eberapa Istilah visioner selalu mengingatkan pada manajemen visioner atau pimpinan visioner yang penulis adopsi untuk mahasiswa visioner. Ada beberapa buku yang mengungkapkan makna visioner[1] yang intinya adalah Cirri-ciri ….punya wawasan kedepan bukan berarti meramalkan apa yang terjadi kelak tapi lagi-lagi visinoer berpatokan pada kemampuan untuk merencanakan suatu target sehingga bisa tercapai dengan baik dimasa yang akan datang. Impian Ikal dalam cerita film “laskar pelangi” yang ingin kuliah di Sorbonne perancis[2]. Tercapai dimasa depan. Coba anda lihat kutipan yang baik ketika Ikal bertemu :

Sudut lain, visi itu niat yang ingin direalisasikan, masalah utama sejauh apa dan sebesar apa niat kita untuk sukses? Ukuran besar kecilnya kesuksesan inilah sangat berkaitan dengan sebesar apa mimpi kita ingin sukses. Sekali lagi kesuksesan adalah relative tetapi ada standard dan ukuran secara material, selain kesuksesan nisbi yang berhubungan dengan visi ilahiyah yang ukurannya adalah kesuksesan secara spiritual yang merupakan bagian dari dimensi kehidupan kita kenal sebagai sebuah kecerdasan spiritual[3]

Sehingga kesuksesan butuh strategi pencapaiannya baik secara teoritis, empiris maupun spiritual. Masalah lain banyak calon sarjana yang sulit menuangkan visi secara jelas, tegas dan aplikatif. Terkadang visi personal tidak tertulis karena anggapan sulit untuk diaplikasikan secara real karena ada anggapan visi kehidupan yang terkadang relatif berbeda dengan visi perusahaan atau organsiasi yang terukur sehingga banyak anggapan visi hanya sebatas wacana dan aplikasinya mengalir seperti aliran sungai yang tak bertepi. Sehingga pemahaman sukses salah satunya sejauhmana memahami urgensi visi dalam kehidupan personal, pekerjaan dan organisasi.

Urgensi Visi

Ketegasan visi harus jelas dan terukur sangat penting bagi seorang untuk menentukan arah dan tujuan ketika ingin melangkah dan mencapai suatu harapan dan cinta-cita setelah melalui adanya tahapan perencanaan. Dengan visi semua yang akan kita capai terfokus pada beberapa pertanyaan : untuk apa kita kuliah?apa yang harus kita lakukan ketika kuliah berlangsung dan bagaimana strategi setelah kuliah selesai?

Banyak sarjana yang bingung setelah lulus karena tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan kualifikasi pendidikannya yang diperoleh, sekedar kuliah atau hanya mengejar ijazah semata tanpa kompetensi dan nilai yang bisa dijadikan sebagai spirit awal untuk memperjuangkan seluruh kehidupan dengan baik. Artinya Kita membutuhkan efikasi personal (self efication) [4] dalam menentukan visi yaitu keyakinan untuk melakukan prilaku khusus dengan sukses.

Arti penting visi bagi kesuksesan mahasiswa adalah sebagai

a). Arah dan tujuan hidup.

Harapan dimasa yang akan datang lebih baik itulah yang sering dijadikan tujuan seseorang dengan melakukan sesuatu seperti bekerja, kuliah, bisnis.

b).Menguatkan spirit ketika terjadi guncangan dan krikil tajam yang menghambat pencapaian tujuan.

Kehidupan selalu ada hambatan dan kerikil tajam yang menguji ketahanan kita untuk bertahan atau jatuh, menanggap ketidakadilan atau sebuah ujian, sebuah penurunan atau pintu gerbang suatu kemajuan.

c).Meyakinkan hati akan kemampuan efikasi ketika melakukan apapun aktifitas.

Keyakinan akan kemampuan kita untuk menghadapi apapun persoalan hidup itulah sebuah visi ketika mau dijalankan, bukan sebuah perencanaan semata tapi visi dijalankan karena kita mengetahui kapasitas kemampuan kita.

d).Visi penting juga dalam mengarahkan prioritas kita. ketika sedang dan sesudah lulus kuliah. Beberapa ahli mengungkapkan arti penting visi bagi organisasi dan personal.

Visi dan impian

Visi dan impian menjadi suatu hal yang berbeda dalam pencapaian suatu tujuan, tapi sesuatu diawali dari impian. Seseorang tidak bisa kuliah sampai jenjang tinggi kalau tidak punya impian yang jauh kedepan kalau pendidikan bisa jadi tonggak kemajuan suatu negara. Seseorang juga tidak akan berani untuk mencoba terjun berbisnis tanpa ada impian dan harapan menjadi pebisnis sukses dimasa yang akan datang dan kemapanan hidup dimasa yang akan datang selalu menjadi impian sebuah keluarga kecil melalui perkawinan, begitu juga dimasa muda impian mahasiswa juga menjadi cahaya yang bisa menuntun kita bisa berjalan dalam kegelapan malam. Begitu juga, Impian penulis dengan bukunya bisa diterima dan menjadi inspirasi bagi kemanfaatan public untuk menapaki suatu tahapan pencapaian hidup, dimana semua orang berbeda dalam prosesnya. Ada orang sukses karena secara proses didukung oleh kemapanan keluarganya, ataupun ada orang sukses harus melalui tahapan terjal seerpti layaknya kita mendaki gunung sampai mencapai puncak tertinggi dimana terkadang tidak bermakna lagi, karena tujuannya hanya penaklukan.

[1] Berbagai definisi visioner yang diambil dari konsep kepemimpinan dan SDM…

[2] Lascar pelangi, Adrea Hirata, hal….

[3] Kecerdasan spiritual,

[4] Jennifer M. Georges & Gareth R. Joner, Understanding And Managing Organizational Behavior, prentice-hal, 2009.

Iklan