Dunia bisnis saat ini tidak jauh berebeda dengan peperangan antar negara. Dalam dunia perang yang terjadi adalah win-lose solution, sedangkan dalam bisnis anda harus memperhatikan etika bisnis,tanggung jawab sosial,dan seharusnya menerapkan win-win solution,walaupun ada yang win-lose,itu karena keunggulan perusahaan anda luar biasa. Dalam perang, anda berhadapan dengan musuh adalah wilayah kekuasaan,sedangkan dalam bisnis adalah market and share.

DALAM perang anda juga berhadapan dengan musuh dan medan pertempuran,sedangkan dalam bisnis anda berhadapan dengan competitor, pelanggan, pemasok dan barang subtitusi.anda juga menghadapi lingkungan eksternal seperti teknologi, politik dan hukum, perpajakan, lembaga keuangan dan pasar modal.yang kita ketahui, mengapa orang cina banyak mendominasi dunia bisnis dan sukses? Karena mereka telah mengaplikasikan 36 strategi perang pada zaman tiga negara dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Strategi ini juga sudah banyak di pakai di negara maju seperti jepang, korea dan taiwan bahkan orang barat pun sudah banyak yang mempelajari dan menerapkannya.

  • Strategi 1 = wei-wei jiu zhao(mengepung negara wei untuk menolong negara zhao)

Inti strategi : saat sekutu anda diserang oleh musuh,anda sebaiknya tidak langsung bergabung dengan sekutu untuk ikut menghadapi musuh. Anda menggunakan jalan lain,dengan menyerang titik lemah musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : Pada saat satu dari unit usaha,produk anda digempur oleh competitor.anda sebaiknya tidak menggunakan unit usaha atau produk tersebut untuk menyerang competitor.melainkan anda harusmenggunakan produk lain yang punya daya kompetisi lebih untuk melawan competitor.

  • Strategi 2 = sheng dong ji xi(membuat ribut di timur dan menyerang di barat)

Inti strategi : apabila anda melakukan gerak tipu,musuh anda akan merespon.dengan otomatis konsentrasi musuh pada gerak tipu tersebut membuka peluang bagi anda untuk melakukan serangan yang sebenarnya dengan cara anda melakukan serangan yang sebenarnya pada titik yang kurang dapat perhatian musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : Anda melakukan gerak tipu dengan harapan “musuh” merespon gerak tipu tersebut.dengan otomatis  konsentrasi “musuh” pada gerak tipu anda membuka peluang untuk mencapai target atau tujuan anda.

  • Strategi 3 = an du chen cang (menuju chen cang melalui jalan tersembunyi)

Inti strtegi : anda memfokuskan musuh pada titik tertentu.otomatis musuh akan mengkonsentrasikan diri disana.lalu anda menggunakan jalur tersembunyi untuk melakukan serangan.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi : Anda memfokuskan musuh pada satu titik tertentu,sehingga musuh mengkonsentrasikan diri dan kekuatan mereka disana.lalu anda menggunakan jalur tersembunyi untuk memperkenalkan produk anda kepada pelanggan.

  • Strategi 4 = da cao jing she(memukul rumput menakuti ular)

Inti strategi : apabila anda tidak mengetahui dengan pasti kekuatan musuh, maka lakukanlah serangan dalam skala kecil terhadap musuh.maka musuh anda akan merespon dengan menunjukan kekuatan dan strateginya.dengan mengetahui kekuatan dan strateginya,anda bias merencanakan strategi yang tepat untuk menyerang musuh.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi : bila anda tidak tahu pasti kebutuhan dan kekuatan pasar lakukanlah serangan dalam skala kecil.dengan begitu pelanggan akan merespon dengan menunjukan kebutuhan,kepuasan,dan keinginannya.dengan informasi itu,anda merencanakan strategi yang tepat untuk masuk ke pasar.

  • Strategi 5 = zhi shang ma huai (menunjuk pohon murbei dan mengutuk pohon pagoda)

Inti strategi : anda ingin mengubah tingkah laku musuh,alih-alih betindak langsung.caranya anda memberikan pesan dengan focus kepada objek yang lain.tindakan itu akan membrikan sinyal kepada musuh tentang kekuatan anda,sehingga memaksa musuh untuk mengubah tindakannya.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi : anda ingin mengubah tingkah laku konsumen atau memberikan bahkan menohok dan melumpuhkan competitor.daripada menyerang,anda memberikan pesan dengan focus pada objek tertentu.tindakan itu memberikan sinyal kepada konsumen tentang kekuatan anda,sehingga konsumen anda mengubah sikap dan tindakannya.

  • Strategi 6 = fan ke wei zhu(berubah dari posisi tamu menjadi tuan rumah)

Inti strategi : anda harus menunjukkan bahwa anda bukan ancaman bagi musuh.kemudian secara bertahap,tingkatkan kekuatan atau pengaruh terhadap musuh anda sampai akhirnya anda mengambil kendali.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi : anda harus menunjukan bahwa anda bukan ancaman lagi bagi partner anda.

Kemudian secara bertahap,tingkatkan kekuatan atau pengaruh anda.lalu barulah anda mengambi alih.

  • Strategi 7= yi yi da lao(dengan sabar menunggu musuh kelelahan)

Inti strategi : setelah memprediksikan di mana akan terjadi pertempuran,anda mempersiapkan posisi bertahan ditempat yang menguntungkan dan menunggu musuh datang, lalu manfaatkan segala  kelebihan untuk menyerang dan mengalahkan musuh yang masih kelelahan.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda hrus pandai memprediksikan suatu ceruk pasar atau produk yang mempunyai potensi bisnis.lalu prsiapkan segala upaya untuk mewujudkannya dan masuk ke dalam pasar tersebut.ciptakan keunggulan anda di pasar tersebut dengan membangun merek,citra,,dan loyalitas pelanggan. Saat competitor masuk,gunakan semua kelebihan yang anda miliki untuk mengalahkannya.

  • Strategi 8 = wu zhong sheng you(menciptakan sesuatu dari yang tidak ada)

Inti strategi : apabila serangan langsung anda tidak efektif,ciptakanlah sesuatu untuk menipu musuh.ketika musuh tertipu,ubah tipuan menjadi kenyataan.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi: ketika berkompetisi di pasar yang tidak efektif,anda menciptakan sesuatu yang inovatif.karena inovasi membuat pelanggan anda akan melirik anda karena rasa ingin tahu.anda harus cepat ambil tindakan.

  • Strategi 9 = jie shi huan hun(reinkarnasi arwah orang yang meninggal ke dalam mayat orang lain)

Inti strategi : saat pasukan menjadi lemah,anda harus melakukan reorganisasi.reorganisasi membuat pasukan anda tampil baru dengan kekuatan dan strategi baru.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : bila produk anda kurang bersaing atu anda kurang mengantisipasi pesaing,segera lahirkan kembali produk anda,lakukan inovasi,repackaging atu repositioning.keunikan atau keunggulan produk anda menjadi kekuatan anda.

  • Strategi 10 = qin zei qin wang (untuk menangkap pemberontak,tangkaplah pemimpinnya)

Inti strategi : saat menghadapi musuh yang gigih,anda harus dapat mengidentifikasi siapa pemimpin mereka.bila anda bisa menangkap atau membunuh pemipin mereka,musuh akan mudah di taklukan.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : bila menghadapi musuh yang  gigih, anda harus tahu siapa pemimpin mereka.bila anda berhasil membajak key person tersebut,musuh menjadi tidak terorganisasi dan mudah ditaklukan.

  • Strategi 11 = fu di chou xin(mengambil kayu bakar dari bawah kuali)

Inti strategi : daripada menyerang musuh secara head-on,lebih baik anda menyerang sumber kekuatannya.bila anda menyerang sumber itu,anda akan megalahkan musu dengan mudah.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : jangan menyerang musuh secara frontal,tapi hantamlah sumber kekuatannya.kalau sumber sumber kekuatannya melemah atau hancur,musuh akan patah semangat dan mudah di kalahkan.

  • Stratetegi 12 = jie dao sha ren(membunuh dengan pisau pinjaman)

Inti strategi : anda membujuk dengan menggunakan pihak ketiga untuk menyerang atau mengacaukan musuh,sementara anda megambil tindakkan.anda akan mendapat keuntungan dari aksi pihak ketiga tersebut.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda meminjam kekuatan pihak ketiga.sekalipun keterlibatan anda sangat terbatas dalam mencapai tujuan tersebut,anda akan memperoleh keuntungan,kemenangan,keberhasilan.

  • Strategi 13 = shun shou qian yang(sambil lalu menuntun kambing)

Inti strategi : sambil menjalankan misi dan tanggung jawab anda,carilah setiap celah/kesempatan yang ada.manfaatkan kesempatan tersebut tanpa meninggalkan misi  atau tugas utama anda.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : sembari menjalankan misi dan tanggung jawab anda,lihatlah setiap peluang yang ada.manfaatkan peluang tersebut,tanpa meninggalkan misi atau tugas utama anda.

  • Strategi 14 = ge an guan hou(memerhatikan kebakaran dari seberang sungai)

Inti strategi : ketika musuh anda mengalami masalah internal atau maslalah dengan sekutu,janganlah melakukan serangan.karena konflik internal musuh akan melemahkan mereka dan anda bias mendapatkan keberuntungan dari kejadian itu apabila anda bersabar.

Aplikasi dalam dunia bisnis dan kehidupan pribadi : anda menggunakan tipu muslihat yang dapat memicu konflik diantara para musuh.sehingga baik scara langsung atau tidak bisa menguntungkan anda.dengan cara itu anda bias mendapatkan keuntungan tanpa harus bersusah payah.

  • Strategi 15 = pao zhuan yin yu(melempar batu bata untuk mendatangkan batu giok)

Inti strategi : anda mengorbankan sesuatu yang relative kurang bernilai.anda akan mendapatkan keuntungan yang melebihi pengrbanan anda.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : apabila anda memberi sesuatu kepada pelanggan dengan biaya relative murah tapi punya perceived value yang tinggi,pelanggan akan meresponnya dengan baik dan anda bias mendapatkan keuntungan lebih darinya.

  • Strategi 16 = chen huo da jie (merampok ketika terjadi kebakaran)

Inti strategi : musuh anda mengalami kekacauan atau bencana sehingga pertahanan mereka menjadi lemah.anda manfaatkan kesempatan itu dengan melancarkan serangan sehingga dengan mudah biasa merbut kemenangan.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : musuh anda mengalami kekacauan atau bencana sehingga kekuatan mereka merosot,atau muncul kebutuhan baruakibat bencana tersebut.anda manfaatkan kesempatan itu untuk menyerang mereka atau memenuhi kebuthan mereka.

  • Strategi 17 = hun shui mo yu(menangkap ikan di air keruh)

Inti strategi : anda membuat musuh masuk kedalam situasi kacau setelah itu anda            memanfaatkan kondisi itu untuk melancarkan aksi.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda membuat  musuh dalam          suasana kacau lalu memaksanya membeli produk anda.

  • Strategi 18 = mei ren ji(siasat memanfaatkan kecantikan wanita)

Inti strategi : musuh anda mempunyai kelemahan atau suatu kebutuhan,lalu anda menggunakan wanita cantuk untuk menggodanya karena godaan itu musuh anda terlena dan tidak waspada.anda memanfaatkan kesempatan itu untuk menyerangnya.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : pelanggan mempunyai kebutuhan atau keinginan selain kualitas anda menggynakan kecantikan untuk menggodanya sehinnga mereka tertarik.anda memanfaatkan kesempatan itu untuk memikat hati pelanggan dan mencapai tujuan anda.

  • Strategi 19 = man tian guo hai(mengarungi lautan dengan muslihat)

Inti strategi : ketika pihak musuh merasa curiga anda berupaya agar semua tindak-tanduk dan perbuatan anda tampak normal dan tidak ada indikasi yang mengkhawatirkan musuh.bola misuh tidak melihat anda sebagai ancaman anda akan lebih mudah mengalahkan musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika anda melihat gelagat musuh anda merasa curiga atau khawatir anda berupaya agar semua kecurigaan dan kekhawatiran bisa diminimalkan atau disingkirkan.bila musuh anda tadak merasa curiga lagi anda telah memenangkan peperangan ini.

  • Strategi 20 = tou liang huan zhu(mengganti belandar dan tiang dengan kualitas jelek)

Inti strategi : keunggulan musuh anda biasanya terletak pada suatu pilar anda harus bisa menyerang pilar ini dengan membuat tiruannya.dengan begitu anda bisa menguasai musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : keunggulan competitor biasanya terletak pada satu dua pilar utama bila anda bisa menyerang pilar itu dengan membuat tiruannya anda bisa menguasai pasar.

  • Strategi 21 = xiao li cang dao(didalam senyum terdapat pisau belati)

Inti strategi : bila penampilan anda sangat bersahabat musuh cenderung mengurangi pertahanannya ketika pertahanan musuh mengendur anda menyerangnya dengan rencana anda yang anda siapkan.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : penampilan baik sikap maupun perilaku anda akan mempengaruhi respon musuh saat berhadapan dengan anda.pemanpilan anda yang bersahabat akan membuat pesaing lengah sehingga tidak akan menduga bahwa anda telah memiliki rencana tersembunyi untuk menyerang mereka.

  • Strategi 22 = jia chi bu dian(berpura-pura bodoh dan menyimpan kecerdikannya)

Inti strategi : bila anda sulit mengalahkan musuh tunjukkan kebodohan anda agar musuh menganganggap anda bukan sebagai ancaman.ketika musuh lengah anda bisa menaklukan mereka dengan mudah.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : bila anda sulit mengalahkan musuh tunjukkan kebodohan anda agar musuh menganganggap anda bukan sebagai ancaman.ketika musuh tidak waspada anda akan lebih mudah mengalahkannya.

  • Strategi 23 = diao hu li shan(memancing harimau keluar gunung)

Inti strategi : kalau musuh anda berada di posisi yang kuat anda harus berusaha memancingnya keluar,ketika musuh sudah keluar anda bisa menyerang dia dengan mudah.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : apabila musuh anda anda berada di posisi yang kuat anda harus berusaha memancingnya keluar,ketika dia keluar anda menyerangnya.

  • Strategi 24 = shang wu chou ti(memindahkan tangga setelah musuh memanjat)

Inti strategi : anda menyiasati musuh agar masuk kedalam perankap kemudian anda putuskan semua jalan keluar,musuh yang terjebak akan mudah ditaklukan.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda menyusun siasat agar musuh masuk perangkap anda setelah itu anda putuskan semua jalan keluar sehingga anda bisa menaklukannya dengan mudah.

  • Strategi 25 = yu qin gu zong(melepaskan musuh untuk ditangkap kembali)

Inti strategi : setelah berhasil menangkap musuh sebaiknya anda tidak langsung membunuhnya bualah ia menyerah.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda menangkap pelanggan anda,anda tudak memanfaatkan semua prifit yang anda peroleh tetapi menhembalikan semua prifit itu kepada pelanggan.sehingga mereka loyal kepada anda.loyalitas pelanggan anda akan mendapatkan profit yang lebih besar kepada anda.

  • Strategi 26 = guan men zhuo zei(menutup pintu untuk menangkap pencuri)

Inti strategi : bila musuh yang dihadapi relative kecil,manfaatkan kesempatan untuk mengepungnya dan cegalah mereka untuk melarikan diri.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika anda menghadapi sekelompok pelanggan carilah peluang untuk mengepungnya dan cegahlah mereka untuk meralikan diri.

  • Strategi 27 = yuan jiao jin gong(bersahabat dengan yang jauh dan menyerang yang dekat)

Inti strategi : anda bersekutu dengan yang jauh sembari menyerang musuh yang dekat.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda bersekutu dengan yang kuat dan menyerang musuh yang dekat cara ini menghemat banyak tenaga dan biaya.

  • Strategi 28 = jia tu fa guo (meminjam rute untuk menaklukan guo)

Inti strategi : anda harus mempunyai target yang jelas setelah itu anda mencari dan membentuk sekutu untuk mempermudah rencana anda.anda menyerang musuh dengan memanfaatkan jalur dam bantuan yang disediakan oleh sekutu anda.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : dalam setaip hal khususnya urusan bisnis anda harus mempunyai target yang jelas dan mencari sekutu untuk membantu anda bila di perjalanan banyak musuh menghadang anda menyerang mereka dengan bantuan yang telah disediakan oleh sekutu anda.

  • Strategi 29 = li dai tao jiang(mengganti buah plum dengan buah persik)

Inti strategi : anda tidak bisa menang dalam semua arena perang,karena itu anda memberikan sebuah kemenangan pada musuh,anda melkukan konsolidasi dan memperkuat diri untuk memenangkan perang lainnya.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda tidak bisa menang dalam semua bisnis karena itu anda memberikan sebuah kemenangan kepada competitor,anda melakukan konsolidasi untuk memenangkan unit bisnis lainnya sehingga anda memenangi persaingan.

  • Strategi 30 = jin chan tuo qiao(meloloskan diri bagaikan tonggeret mengelupaskan kulitnya)

Inti strategi : ketika harus mundur anda menciptakn keadaan seolah tidak terjadi apa-apa sekenario itu memungkinkan anda menarik diri secara mulus.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika anda harus mundur  ciptakan kesan bahwa anda tidak ada masalah serius melilit bisnis anda.skenario itu memungkinkan anda mundur secara mulus.

  • Strategi 31 = zou wei shang ji (ketika mundur menjadi pilihan terakhir)

Inti strategi : ketika menghadapi musuh yang kuat anda mundur dari gelanggang anda menyimpan sisa kekuatan untuk digunakan ditempat lain.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika menghadapi kondisi bisnis yang tidak memungkinkan untuk bergerak bebas anda mengambil langkah mundur.mundur tidak berarti kalah tapi anda menyimpan sisa kekuatan untuk digunakan di kesempatan lain.

  • Strategi 32 = shu shang kai hua (menempatkan bunga palsu di pohon)

Inti strategi : ketika dalam posisi yang lemah anda berkoordinir dengan semua elemen dan mengubah penampilan anda terlihat lebih kuat untuk mengalahkan musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika dalam posisi yang lemah anda berkoordinir dengan semua elemen dan mengubah penampilan anda terlihat lebih bonavide untuk mengalahkan musuh.

  • Strategi 33 = kong cheng ji (siasat kota kosong)

Inti strategi : sekalipun dalam posisi lemah anda menunjukan ketenangan dan keyakinan musuh anda menjadi curiga dan tidak berani mengambil tindakan menyerang.dengan begitu anda berhasil membawa anda keluar dari krisis.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : ketika berada dalam posisi yang lemah anda memperlihatkan ketenangan dan keyakinan sehingga musuh anda menjadi bimbang dan anda bisa lolos sebagai pemenang.

  • Strategi 34 = fan jian ji (siasat mata-mata ganda)

Inti strategi : anda menggunakan mata-mata musuh bekerja untuk anda dengan begitu anda bisa mendapatkan info mengenai musuh dan menyebarkan informasi yang salah sehingga musuh terkecoh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda mrnggunakan mata-mata musuh untuk kepentingan anda entah dengan menyampaikan informasi yang salah atau mencari informasi penting dari mata-mata tersebut.

  • Strategi 35 = ku rou ji (siasat melukai diri sendiri)

Inti strategi : anda melukai diri sendiri untuk mendapatkan kepercayaan musuh bila musuh terpancing anda mengajukan diri untuk mengabdi kepada musuh dan gunakan kesempatan ini untuk menghabisi musuh.

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : anda melukai diri sendiri untuk mendapat kepercayaan pelanggan lalu manfaatkan kesempatan ini untuk mendapat simpati mereka.

  • Strategi 36 = lian huan ji(menggabungkan serangkaian strategi)

       Inti strategi : satu strategi sering kali tidak efektif untuk mengalahkan musuh maka dari itu gunakan beberapa strategi secara bertahap sehingga memberi hasil yang baik.     

Aplikasi dalam bisnis dan kehidupan pribadi : satu strategi sering kali tidak efektif untuk mengalahkan musuh bila musuh terlalu kuat anda perlu menggunakan beberapa strategi  ke-36 strategi ini digunakan dan bagaimana kita yang hidup pada zaman sekarang ini bisa belajar dari pengalaman itu dan menerapkannya dalam hidup atau organisasi kita.tetapi buku ini juga mempunyai sisi yang negative,dalam sebagian strategi yang ada di buku ini,ada strategi yang bisa dibilang demi kesuksesan bisnis,seseorang mau tidak mau harus melakukan kecurangan.

Sumber :

The Best Of Chinese Strategies, Leman, Pt.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010

 

Iklan