Bidang pemasaran atau marketing tidak pernah berhenti berevolusi dan berinovasi. Aktivias yang sama tuanya dengan perdagangan ini terus mengikuti gaya hidup manusia.

“ internet atau online channel  memberikan peluang yang luar biasa. Oleh karena itu, saya bilang bodoh sekali jika teman-teman ukm yang tidak punya kios, tidak mampu membeli ruko, malah tidak memanfaatkan internet. Ini kesempatan yang luar biasa. Wadahnya ada, platfoorm-nya luar biasa, baik untuk promosi, atau menjangkau pelanggan. Sudah wajib pelaku bisnis ukm untuk go online” kata yuswohady, pakar marketing.

Online market place yang ideal

Yuswohady, seorang pakar marketing yang sudah menulis lebih dari 40 buku seputar pemasaran, menyebutkan 3 kriteria online marketplace yang ideal, yaitu

1.Bisa dipercaya. Nyawa dari e-commerce terletak pada kepercayaan. Adanya suatu sistem yang menjamin kepercayaan merupakan faktor utama yang menentukan apakah penjual dan pembeli bersedia melakukan transaksi disuatu online marketplace.

Sekali saja mengalami kecolongan atas suatu kasus yang mengorbankan kepercayaan maka reputasi online marketpalace tersebut bisa hancur dan ditinggal pelanggannya. Oleh karena itu, sebelum bergabung dengan suatu online marketplace. Lakukan riset secara kecil-kecilan secara online. Carilah online marketplace yang dapat dipercaya.

2. Mudah dioperasikan. Online market dengan design menarik tapi simple, sejauh ini masih menjadi favorit penjual dan pembeli online. Simple karena mudah dipahami dan dioperasikan.

Kemudahan dalam berbelanja merupakan syarat  utama agar pelanggan tidak lari. Aman bagi penjual mudah bagi pembeli. Selain itu, kemudahan teknologi juga harus dapat dinikmati oleh penjual, separti mudah saat mendisplay produk, mencantumkan spesifikasi, dan mendata pesanan.

3. Menyediakan fasilitas yang baik. Sistem pembayaran yang aman, seperti rekening bersama, pendataan stok, juga aneka fitur pendukung, merupakan fasilitas yang bisa membantu kelancaran transaksi.

Faktor yang membuat seseorang tertarik bergabung dengan online marketplace.

  • Sekedar coba-coba.
  • Membaca rekomendasi didunia maya.
  • Diawali dengan menjadi pembeli.
  • Diajak teman.

Tentukan nama yang pas. Google menyukai brand ciptakanlah satu untuk anda. Faktor-faktor penentu nama

  • Punya ciri khas. Oleh karena itu, pilihlah nama yang punya ciri, unik, dan sangat ‘gue banget’.
  • Simple dan mudah diingat. Nama yang singkat, sederhana dan mudah diingat akan membuat orang dengan cepat akan memikirkan bisnis kita setiap kali berhubungan dengan kebutuhan mereka.
  • Bekaitan dengan hal-hal positif. Reputasi adalah segalanya bagi seorang pebisnis.. Ingin tahu apakah nama yang kita pilih tidak berhubungna dengan suatu kasus buruk? Dengan riset kecil digoogle, kita bisa tahu apakah nama yang dipilih berkaitan dengan suatu brand atau merk atau nama usaha yang pernah mendapat reputasi buruk.
  • Mewakili produk. Setiap barang yang dijual dapat menjadi salah satu faktor yang dipilih.

4.Bersifat generik. Bila kurang sreg dengan point 4 maka pilihlah nama yang bersifat generik atau umum.

5.Disertai tagline. Ketika nama itu dionlinekan, bisa jadi ada banyak nama serupa. Untuk mambedekannya, kita harus memberi tagline, yaitu kata-kata slogan pendukung kesan yang ingin disampaikan dalam nama usaha tersebut.

6.Mudah di-googling. Dalam artian, ketika ada pembeli mencari barang tertentu, ia akan mengetikkan sejumlah kats kunci, seperti jrnis barang, tipe, atau spesifikasi.

7. Intergrasi dengan blog. Ciptakanlah sesuatu yang membuat orang ingin membaginya dengan orang lain.

Konten yang mendukung

1.Buatlah cerita. Produk yang memiliki cerita menarik akan membuat pembeli bersedia membeli, kendati sebelumya pembeli belum mengenal produk tersebut. Didunia maya dalam hal ini di blog dan website cerita dapat dihadirkan dalam bentuk tulisan ataupu  gambar. Manfaatkan aplikasi blog gratis, seperti wordpress atau blogspot, yang sudah disertai aneka fitur pendukung. Cerita bisa berupa review, testimoni, atau cerita mengenai peristiwa menarik ketika menggungkan produk tersebut.

2. Artikel yang bermanfaat. Selain cerita, tentunya artikel berguna. Cukup tulisan ringan dalam gaya bahasa santai, seperti bertutur kepada teman. Ide-ide tentang tips atau info ringan didapat dari browsing, pengalaman pribadi, atau pengalaman  teman.

3.Interaksi yang hidup. Kelebihan internet dibanding dengan tv adalah memungkinkan penggunanya berinterksi dengan audiens, bahkan secara langsung. Manfaatkan kelebihan ini dengan mengaktifkan kolom komentar di blog atau website. Dengan cara inilah interaksi terjadi.

4.Tampilan gambar. Gambar berbicara banyak lebih dari kata-kata. Sesekali unggahlah foto atau gambar, bisa foto produk, foto teman menggunakan produk, dan sejenisnya.

5. Hubungkan ke media sosial. Promosikan setiap postingan kebanyak orang. Tetapi harus ingat, kita tidak boleh membanjiri mereka dengan pesan dan link seperti spam. Kalau hal ini kita lakukan bisa jadi kita kehilangan banyak teman.

  • Mudah ditemukan. Pencarian, metode pemasaran yang belum ada satu dekade silam. Kini berguna sebagai cara efektif dan murah untuk menjalankan bisnis.

Mengenal SEO (Search Engine Optimization). Banyak kosultan yang menawarkan jasa seo dengan tawaran bisa menaikkan peringkat blog atau website didaftar hasil pencarian. Namun perlu diingat, tidak semua teknik yang dipakai benar-benar positif sebab ada yang namanya seo organik dan seo rekayasa.

SEO organik didefinisikan sebagai proses alami yang memungkinkan suatu situs online menempati peringkat atas di daftar hasil pencarian, tidak bisa instan. SEO rekayasa adalah segala cara yang dipakai untuk membuat situs online menempati peringkat atas daftar pencarian. Cara ini tidak dibenarkan secara etika, bahkan termasuk penipuan.

Aktif di modia sosial. media soaial bukan hanya suatu aktivitas. Media sosial adalah suatu investasi dari waktu dan sumber daya yang berharga..

Tujuan kampanye marketing media sosial adalah untuk :

  • Memperbanyak trafik ke suatu situs
  • Meningkatkan visibilitas suatu produk
  • Menambah lebih banyak pengikut di media sosial
  • Mendapatkan lebih banyak pelanggan

Media sosial begitu penting bagi suatu bisnis, alex christ menjabarkan :

  • Paling cepat
  • Paling lengkap
  • Paling tren
  • Paling berpengaruh

Email sebagai pendekatan pribadi. EmaIl mempunyai suatu kemampuan yang tidak dimiliki saluran lain, yaitu menciptakan sentuhan personal yang bernilai

Berikut lima alasan mengapa email begitu penting bagi pemasaran online

  1. Cara termudah menjangkau pelanggan
  2. Cara paling akrab untuk berinteraksi
  3. Cara paling efektif untuk menyampaikan informasi
  4. Cara paling mudah untuk promosi
  5. Cara paling mudah untuk memahami pelanggan

Inilah hal-hal yang perlu dopertimbangkan sebelum mengirim email marketing

  • Pastikan targetnya tepat
  • Buatlah email yang informatif
  • Mengandung ajakan untuk beraksi
  • Beri sentuhan personal
  • Buat subjuk yang menarik perhatian
  • Hindari kata-kata yang tergolong spam
  • Pastikan biasa diakses secara mobile

Kenali waktu-waktu potensial. Waktu, energi, dan bakat dapat menjadi lebih penting daripada anggaran. Setidaknya ada banyak analisis dan riset yang sudah dilakukan para pakar mengenai kapan waktu-waktu potesial untuk mengunggah sesuatu diinternet. Hasil analisis itu bisa menjadi acuan bagi para pebisnis online.

Go mobile. Smartphone adalah suatu temuan yang berguna bagi perusahaan dan pelanggannya . Perilaku go mobile :

  • Simpan kontak pelanggan di smartphone
  • Blog atau website yang mobile friendly
  • Mudah dicari secara mobile
  • Optimalkan pesan instan
  • Mudah merespon email
  • Terkoneksi dengan media sosial

Komunikasi adalah segalanya. Generasi milenia sekarang ini semakin terbiasa dengan bahasa teks dan visual yang engaging, tak melulu bahasa verbal.

Membangun komunikasi online

  1. Biasakan diri dengan komunikasi tertulis
  2. Teliti membaca pesan
  3. Respons yang baik dan cepat
  4. Simpan data percakapan
  5. Gunakan emoticon
  6. Tetap terbuka
  7. Jangan remehkan komunitas

Masa depan bisnis adalah masyarakat

  1. Komunitas sesama bisnis
  2. Komunikasi menjadi target
  3. Jangan remehkan komunitas

Manfaat komunitas sesama pebisnis

  • Menambah wawasan dan ilmu
  • Berbagi pengalaman
  • Mendapat solusi masalah
  • Suasana kekeluargaan, bukan persaingan
  • Makin banyak teman

Kesimpulan :    Maraknya kemajuan teknologi informasi yang pesat, gadget-gadget canggih yang terus diproduksi dengan harga yang kian terjangkau, dan koneksi internet yang terus membaik. Menjangkau suatu bisnis dalam genggaman tangan. Yang tersedia mendukung semua aktivitas bisnis.

Daftar pustaka :  Magdalena, Merry. 2002. 10 Strategi Marketing Online. Jakarta: Grasindo

Iklan