APAKAH SIKAP POSITIF ITU

Secara sederhana, sikap positif adalah cara anda mengkomunikasikan suasana hati ( mood ) anda kepada orang lain. Bila anda merasa optimistik dan memperkirakan akan mengalami pertemuan yang berhasil, anda memancarkan sikap positif dan orang-orang biasanya akan menganggapinya dengan baik. Bila anda merasa pesimistik dan menduga hal-hal yang buruk, sikap anda seringkali negatif, dan orang-orang cenderung menjauhi anda.

Sikap adalah cara anda melihat sesuatu secara mental. Anggaplah sikap sebagai fokus mental anda dalam memandang duniu luar. Seperti menggunakan kamera, anda dapat memfokuskan atau mengarahkan pikiran anda pada sesuatu yang menarik bagi anda.

Sikap itu tidak pernah statis. Sikap merupakan proses perseptual yang dinamis dan sensitif. Kecuali anda selalu waspada, faktor-faktor negatif dapat saja menyelusup ke dalam perspektif anda. Bagaimana pun, sikap positif bukanlah akting, sikap positif harus tulus.

Para pemenang adalah mereka yang mampu memulihkan kembali sikap positif mereka dengan segera. Orang-orang yang tidak mampu memulihkan dirinya dan menarik diri atau tenggelam dalam kesialan, akan kehilangan kesempatan.

Wawasan yang positif memberikan keberanian untuk menghadapi masalah dan mengambil tindakan guna memecahkan sebelum itu berkembang menjadi terlalu besar. Meskipun seandainya tidak tercapai penyelesaian yang ideal, sikap anda untuk hidup dengan masalah secara lebih ihklas yang akan membantu menetralkan dampak negatifnya.

Rahasia keberhasilan atlit, wiraniaga, manajer dan artis-artis panggung adalah kemampuan untuk menggabungkan pengharapan yang tinggi dengan pemulihan diri yang cepat bila terjadi kegagalan. Ada orang yang mendefinisikan sukses sebagai kemampuan untuk bangkit satu kali lebih banyak ketimbang jatuh.

Sikap positif adalah keadaan jiwa hanya dapat dipertahankan melalui usaha-usaha secara sadar. Bila sesuatu terjadi sehingga membelokkan fokus mental seseorang ke arah yang negatif, mereka yang positif mengetahui bahwa guna memulihkan dirinya, penyesuaian harus dilakukan!

  1. Sikap anda adalah isyarat yang ada pancarkan kepada orang lain. Ia juga merupakan cara anda melihat sesuatu secara mental dari dalam
  2. Makin anda memusatkan perhatian pada faktor-faktor positif dari lingkungan, makin mudah untuk tetap bersikap positif
  3. Setiap orang menjumpai kejadian-kejadian yang dapat menggoncangkan sikap anda ke arah yang negatif. Nila ini terjadi dan sikap anda menjadi negatif, tantangannya adalah secar cepat menerepkan teknik penyesuaian sikap yang memungkinkan anda pulih kembali dan mengembalikan wawasan yang positif.

KEPRIBADIAN DAN SIKAP

Kepribadian seringkali diartikan sebagai bauran yang unik dari ciri-ciri fisik dan mental yang ada dalam diri seseorang. Misalnya, jika anda mengambil karektiristik-karekteristik fisik ( mata, senyum, sosok tubuh, dan sebagainya ) dan karekteristik-karekteristik mental ( kebijaksanaan, toleransi, ketekunan, dan sebagainya ) kemudian menggabungkannya, kombinasi yang muncul merupakan kepribadian seseorang.

Kepribadian seseorang ada dalam benak orang-orang lain. Bagaimana orang lain menafsirkan kepribadian anda merupakan kunci untuk untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kepribadian anda sendiri. Kepribadian anda lebih terletak pada apa yang anda tampilkan dan bukan pada bagaimana anda memandang  diri anda sendiri.

Kadang-kadang kita mendengar istilah kepribadian yang karismatik. Bebrapa tokoh olahraga atau panggung dianggap memiliki karisma. Sikap begitu pentingnya sehingga dapat menjadi lebih penting daripada karekteristik-karekteristik fisik dan mental dalam suatu kepribadian. Sikap yang positif begitu kuatnya sehingga dapat memperkuat ciri-ciri kepribadian. Sebaliknya, sikap yang negatif dapat meminimalkan atau meniadakan karekteristik yang seyogyanya menarik. Kita tentu saja tidak dapat mengatakan bahwa sikap yang positif dapat menciptakan karisma tetapi sikap ini dapat mendekatinya!

  1. Seseorang yang mempunyai sikap positif dapat mengubah kepribadian yang membosankan menjadi kepribadian yang dipandang orang sebagai menarik.
  2. Sikap yang positif dapat membuat orang cantik menjadi dua kali lebih cantik
  3. Sikap yang positif dapat menarik perhatina kepada ciri-ciri istimewa dalam suatu kepribadian yang biasanya tidak menonjol.
  4. Beberapa sikap positif tampaknya mencemerlangkan karekteristik kepribadian yang lain dan dalam proses ini cerita keseluruhan orang yang bersangkutan menjadi lebih bersinar dan lebih menarik bagi orang lain.

Kebanyakan di antaraharus belajar untuk hidup nyaman dengan ciri dan karekteristik bawaan kita. Kita dapat meningkatkan diri dengan menata rambut secara lebih rapi, mengikuti program-program kebugaran, bahkan dengan menjalani bedah plastik. Tetapi setelah ini dilakukanpun, kita perlu menyadari bahwa semua perbaikan haruslah memancarkan apa yang sudah kita miliki secara lebih baik.

KEAMPUHAN SIKAP POSITIF

Menggunakan kata ampuh untuk menekankan kekuatan dari sikap positif mungkin terasa berlebihan. Tetapi, jika anda pernah secara teliti mengamati perilaku manusia, anda barangkali pernah melihat melihat adanya sikap yang berbalik begitu drastisnya, sehingga kata ampuh rasanya merupakan satu-satunya.

Bacalah manfat-manfaat sikap yang positif berikut ini:

  1. SIKAP POSITIF MEMICU SEMANGAT

Saya belum pernah membaca tulisan dari ahli psikologi atau psikiatri manapun yang dapat secara klinis menjelaskan mengapa ini terjadi. Tetapi, pengamatan sederhana mengungkapkan bahwa mereka yang terjerumus kedalam sikap negatif dan mengalami depresi kehilangan banyak enerji. Mereka seringkali menghambat diri sendiri seakan-akan mereka diselimuti kabut tebal. Sebaliknya, orang-orang positif, cadangan enerji mereka tampaknya tidak ada habis-habisnya.

  1. SIKAP POSITIF MENDORONG KREATIVITAS

Bersikap positif akan membantu pikiran anda berpikir secara bebas. Gagasan dan pemecahan muncul ke permukaan. Sebaliknya, sikap negatif mempunyai efek mencekik dan menghambat kreativitas. Ketika mulai masuk kerja, sikap positifnya membantunya menjadi kreatif. Saat ini susi sangat membutuhkan perubahan sikap untuk memulihkan kembali kreativitasnya.

  1. SIKAP YANG TANGGUH DAPAT MENCIPTAKANHAL-HAL YANG BAI

Banyak yang percaya bahwa bilamana seseorang sedang merasa riang, peristiwa-peristiwa yang kebetulan cenderung terjadi dalam hidupnya. Kata tangguh dapat ditafsirkan bermacam-macam, tetapi dibaliknya tersembunyi konsep yang indah bahwa sikap itu sendiri dapat mengangkat seseorang menjadi diatas normal. Keajaiban akan terjadi bila kita menyadari bahwa pendekatan kita yang lebih ceria dapat menciptakan hal-hal yang baik dan yang tidak diduga-duga akan terjadi.

SIKAP DAN LINGKUNGAN PEKERJAAN

Sikap positif sangat dihargai dalam lingkungan kerja. Ada 4 sebabnya:

  1. Bagi banyak orang, pekerjaan bukanlah suatu yang sangat mereka sukai. Bekerja didekat orang yang positif membuat pekerjaan terasa lebih ternikmat.
  1. Beberapa rekan sekerja mungkin mempunyai masalah-masalh pribadi di rumah. Tempat kerja mungkin merupakan satu-satunya tempat dimana mereka dapat menjumpai orang-orang positif dan melupakan sebagian masalah mereka.
  1. Para penyelia mengandalkan sikap positif dari bawahan guna membina semangat kelompok sikap positif membuat pekerjaan setiap orang sedikit lebih mudah.
  1. Hampir separuh dari waktu jaga seseorang dihabiskan ditempat kerja. Tanpa sikap yang positif, waktu itu akan terasa sangat panjang. Baik sikap positif maupun sikap negatif sangat cepat menular ditempat kerja. Bekerja di dekat orang yang sikapnya positif merupakan pengalaman yang menggembirakan.ia dapat membuat anda merasa lebih yakin terhadap diri sendiri. Bekerja di dekat orang yang negatif adalah seperti pergi kepesta dengan orang yang terkucil. Ia dapat membuat anda ketularan bersikap negatif.

Orang luar biasanya dapat merasakan bila suatu lingkungan pekerjaan nyaman, efisien dan produktif dengan mengamati sikap para karyawan. Selalu terdengar tawa riang. Para karyawan saling bertoleransi. Pekerjaan dipandang lebih sebagai tantangan daripada sebagai rangkaian tugas-tugas yang menjemukan. Tetapi hati-hati satu saja sikap negatif dapat menyuramkan suasana hati.

Sangatlah mudah mengenali mereka yang bersikap positif atau negatif bilamana mereka sedang menjalani masa cuti. Karyawan yang positif selalu dirindukan dan disambut dengan senang hati ketika masa cutinya sudah berlalu. Karyawan yang negatif selalu ditunggu-tunggu kapan ia menjalani masa cutinya. Artinya, jelas, sikap positif anda bukan hanya berharga bagi anda tetapi juga dihargai orang lain.

PERLUNYA SERING-SERING MEREMAJAKAN SIKAP

Setiap orang, karyawan, pelajar, ibu rumah tangga, pensiunan pasti memrlukan pembaruan peremajaan sikap atau penyesuaian sikap. Tak seorangpun dapat menghindarinyaa.

Peremajaan berarti membarui atau menyegarkan kembali pandangan anda, meremajakan kembali ancangan anda, memantapkan kembali fokus positif anda, dan atau memperbaiki kemunduran dan keusanfan sikap anda. Masa-masa ini diperlukan untuk mengatasi hal-hal berikut.

  1. Kejutan Lingkungan. Seperti halnya alat seismograf mencatat intensitas dan lama suatu gempa bumi, sikap anda mencerminkan goncangan-goncangan yang disebabkan oleh kerugian, keuangan, kekecewaan pribadi, masalah keluarga, masalah kesehatan dan sebagainya
  2. Masalah Citra Pribadi. Kita seringkali lelah memikirkan diri sendiri. Mungkin berat badan kita bertambah beberapa kilo atau kita tidak setampan sebelumnya. Ini menimbulkan citra pribadi yang negatif sejenis lensa buram yang menghalangi kita memandang diri sendiri secara positif.
  3. Arus Negatif. Tak seorangpun dapat menjelaskan mengapa ini terjadi, tetapi adakalanya , meskipun suasana lingkungan tenang dan anda sendiri memiliki citra pribadi yang positif, biasa saja ada dorongan untuk bersikap negatif.

Apapun alasannya kejutan lingkungan, masalah citra pribadi  atau arus negatif setiap orang sewaktu-waktu  perlu menyesuaikan sikapnya. Peremajaan sikap pada tingkat pertama merupakan peoses sehari-hari. Bagi sementara orang, meditasi sejenak merupakan jawabannya. Banyak diantara orang-orang seperti ini akhirnya menyadari bahwa upaya penyesuaian sikap yang tidak merusak dan bersifat lebih permanen akan lebih baik.

Masalah ini terjadi bila seseorang menjalankani pola perilaku negatif yang tetap selama beberapa waktu. Walaupun ada hari-hari yang lebih baik daripada hari-hari lainnya, tampaknya fokus perhatian lebih condong pada sisi negatif.

Mungkin saja kita berada dalam keadaan ini tanpa menyadarinya. Bila nad sakit fisik, misalnya, tubuh anda biasanya akan mengirimkan tanda-tanda tertentu, sakit kepala, demam, atau rasa nyeri, isyarat ini mendorong anda untuk melakukan sesuatu guna untuk mengatasinya. Tetapi bila anda terjerumus kedalam masalah sikap seperti diatas, pikiran anda mungkin tidak mampu mengirimkan isyarat, atau mungkin anda tidak mau menerimanya. Kawan-kawan anda mungkin ingin mengatakannya  tetapi kemudian membatalkannya karena khawatir hal ini akan memancing kemarahan anda.

SIKAP DAN SUKSES DALAM BERKARIR

Dalam kehidupan pekerjaan, seperti dalam kehidupan pribadi anda, sikap andalah yang menentukan. Membina dan memelihara hubungan yang sehat diantara para atasan dan rekan kerja merupakan kunci keberhasilan dalam setiap organisasi. Tidak ada yang lebih membantu terhadap proses ini selain sikap positif.

Sikap positif akan memperluas jaringan kerja anda. Bila anda bersikap positif, anda memancarkan isyarat-isyarat yang bersahabat. Pelanggan, rekan-rekan, dan atasan akan lebih terbuka kepada anda. Sikap anda terlihat dari cara andang memandang, berdiri, berjalan, dan berbicara. Jika anda ceria dan positif, sikap anada bekerja seperti magnit. Anda tidak saja menarik orang lain, melainkan mereka juga akan merasa lebih bersahabat dengan anda akrena mereka segera merasakan bahwa anda menyukai mereka.

Sementara orang memandang rendah perlunya pembinaan dan pemeliharan hubungan antar manusia yang baik. Mereka lebih mementingkan kemampuan teknis dan mengabaikan penting aspek manusia. Sebagai akibatnya, mereka sulit memahami mengapa ada orang yang tidak bergairah terhadap pekerjaannya padahal secara teknis tidak ada salah salah.

Dalam dunia kerja, sangatlah penting untuk mencoba membedakan anatar hubungan pribadi didasarkan pada perasaan psikologis antar dua orang. Karena anda tidak dapat melihat atau merabanya, ada orang yang hanya melihat kepribadiannya.

Akibatnya, orang seringkali kehilangan obyektivitas mereka. Mereka tidak lagi berusaha melakukan sesuatu untuk meningkatkan atau memperbaiki hubungan pribadi, melainkan malah mengutak-atik kepribadian dan terjadilah konflik. Mereka yang mampu menyadari pentingnya hubungan cenderung lebih dapat menerima adanya perbedaan-perbedaan dengan orang-orang lain. Dengan lebih memusatkan pada kebutuhan pekerjaan, hambatan-hambatan dapat diatasi yang pada akhirnya akan memungkinkan seseorang lebih dapat menerima rekan kerjanya secara lebih baik.

Ada orang yang lebih suka membina hubungan baru ketimbang memperbaiki yang sudah ada. Ditempat kerja, ini dapat berarti menciptakan klik-klik dalam suatu kelompok, atau sering berpindah-pindah pekerjaan. Mereka yang ingin membina karir dengan lebih baik menyadari pentingnya memelihara hubungan yang positif. Bila diperlukan perbaikan hubungan, karyawan yang cerdas akan melakukannya secara cepat. Mereka akan bertindak terlepas dari apakah mereka sebenarnya bertanggung jawab atas masalah ini atau tidak. Mereka menganggap bahwa hubungan, jauh lebih penting daripada insiden yang merusakkannya.

Bersikap positif di tempat kerja memberikan manfaat ganda. Pertama, ini membantu anda menciptakan hubungan antar manusia yang sehat yang tidak hanya mendatangkan kawan-kawan baru, melainkan juga sukse dalam karir. Kedua, setiap hubungan bermutu yang anda ciptakan memberikan kekuatan baru bagi sikap yang selalu anda butuhkan.

SIKAP DAN KEPEMIMPINAN

Lebih banyak keberhasilan usaha yang disebabkan oleh pencapaian dalam hal sikap ketimbang pencapaian dalam hal teknis.

Manajer-manejer yang tahu bagaimana membina sikap positif dikalangan para karyawan dapat memimpin tim yang kurang berpengalaman untuk meningkatkan produktivitas dan sukses. Ini terjadi tidaklah berarti bahwa pengembangan keterampilan-keterampilan khusus dapat diabaikan. Gloria selalu memikirkan pelatihan-pelatihan yang dapat meingkatkan anak buahnya. Ia menyelanggarakan bimbingan-bimbingan baik secara perorangan maupun kelompok. Penekanan gloria pada pengembangan sikap yang positif tidaklah berarti bahwa ia menganggap perencanaan strategis tidak penting. Berikut ini ada 5 prinsip yang dapat anda perimbnagkan

  1. Sikap itu ditularkan, bukan diajarkan.

prinsip ini berarti bahwa sikap pengikut merupakan cerminan sikap pemimpin mereka. Tanggung jawab setiap pemimpin adalah memelihara sikap positifnya sendiri

  1. Kebijakan hubungan antar manusia yang layak.

prinsip hubungan antar manusia yang selayaknya, seperti memperlakkan setiap orang sebagai manusia dengan menggunakan prinsip penghargaan yang saling menguntungkan, dan peka terhadap kebutuhan orang lain, haruslah ditaati. Pemimpin yang menggunakan teknik-teknik yang tidak manusiawi, misalkan mempermalukan seseorang di depan kelompoknya, dapat merusak moral.

  1. Prinsip apel busuk.

Setelah beberapa lama, sebutir apel yang busuk dalam keranjang dapat merusak apel-apel lainnya. Setelah beberapa lama, sesorang anggota kelompok yang negatif dapat merusak sikap positif anggota kelompok yang lain. Untuk memecahkan persoalan ini, anggota yang negatif perlu diajak bicara oleh pemimpinnya agar ia mau memperbaiki sikapnya, atau, tindakan lain harus diambil.

  1. Hubungan sikap / rasa percaya diri.

Prinsip dasar ini mengatakan bahwa anggota kelompok yang mempunyai pandangan positif memiliki rasa percaya diri pribadi yang lebih besar. Yang tidak percaya diri tidak akan pernah berprestasi.

  1. Prinsip umpan balik.

Seorang pengumpan dalam sepak bola seringkali memberi umpan kepada yang baru saja gagal menyelesaikan umpan sebelumnya. Dengan baik. Hal ini dimaksudkan untuk membantu memulihkan rasa percaya diri si penerima umpan.

Resume :

Attitude: Your Most Princeless Possession-Sikap: Kekayaan Anda Yang Paling Berharga, Elwood N.Chapman, Alih Bahasa Ir. Agus Maulana, Editor Dr. Lyndon Saputra, Binarupa Aksara,Batam, 2003.

Iklan