Negara Jepang kondisinya semakin sulit karena jumlah penduduknya berkurang dan hal ini membuat negara-negara lain yang baru mulai maju mengambil pasaran jepang. Berpedoman pada ilmu Budha bahwa semua tidak ada yang abadi baik itu kesusahan, kegembiraan, kesuksesan, kegagalan, semua itu tidak akan berlangsung selamanya suatu saat akan hilang juga.

Berdasarkan pada hal ini dikaitkan pula bahwa tidak ada 1% pun perusahaan yang bisa berjalan dan bertahan 100 tahun lebih. Jika ingin hidup harus menang dari yang lainnya dan menjatuhkan yang lainnya hal ini alam karena kalau membuat seseorang menang pasti ada yang kala

Ada kiat cara meraih sukses yang memungkinkan orang lemah menang

Strategi bisnis adalah bagaiman memenangkan persaingan dalam bisnis. Ada peribahasa “ Tidak bisa hidup bila tidak kuat”. Tidak berhak hidup kalau tidak baik dengan orang lain. Kita harus kuat dan menang dahulu “ Small can eat big”. Ini adalah strategi orang lemah dalam konsultan bisnis dan Pengusaha yang menggunakan strategi ini adalah Mr Masayoshi Son Soft Bank, Mr Sawada Ketua H.I.S,  Seven Eleven, Tully’s Kopi, Kao, Asahi Bir dll. Dan dari semua itu ketika di tanya keberhasilannya beliau mengungkapkan Strategi Lanchester lah yang paling berguna bagi mereka.

Strategi Si lemah versi Lanchester

Mr Frederick. W. Lanchester adalah pengusaha pabrik mobil dan ahli untuk pesawat terbang dan orang yang mengungkapkan ilmu strategi perangnya pada perang dunia Pertama 1914 yang kemudian digunakan Oleh Amerika pada perang dunia kedua. Kemudian ilmu ini diterjemahkan kedalam bahasa jepang dan dimanfaatkan untuk bisnis.Di Jepang hanya 1% dari 7 juta direktur yang mempunyai pekerja lebih dari 100 orang yang 99%nya adalah perusahaan kecil dengan kata lain perusahaan orang lemah. Perusahaan lemah tidak boleh meniru perusahaan yang besar meskipun kontek kenyataannya banyak sekali perusahaan yang kecil meniru perusahaan besar.

Strategi manajemen dibagi menjadi seperti berikut ;

  1. Produk : Apa produk unggulannya?Apa jenis servisnya?
  2. Area :Dimana anda berjuang?
  3. Customer zonet/Target : Siapa pelanggannya untuk melawan pesaing?
  4. Sales/marketing :Bagaimana cara mencari pelanggannya?
  5. Organisasi : Bagaimana caranya untuk membuat pelanggan setia?
  6. Finance/keuangan :Bagaimana dengan sistem staf, latihan dan pendidikan, Keinginan kerja dan evaluasinya?
  7. Time/waktu :Bagaimana caranya mengggunakan uang?
  8. Strategi waktu : Bagaimana caranya untuk berhasil?

Dan yang paling penting adalah point 1,2,dan 3 jangan pernah memulai usaha tanpa menjelaskan ke-3 hal ini. Karena jika tidak bisa menjelaskannya pasti akan gagal.Yang disebut Strategi orang lemah adalah Cara untuk membedakan diri sendiri dari orang yang kuat atau first runner dari segi 1. Produk, 2. Daerah, 3. Target, dan orang lemah harus mengambil “satu titik konsentrasi” sebagai straegi orang lemah.

Contoh konsultan konsultan yang berkonsentrasi pada satu titik adalah : Mr Takezawa konsentrasi “Mail Magazine” dengan judul Ganbare sacho=Semangat Boss”, Mr Oka, direktur “Hard Ring” hanya menargetkan pada konsumen yang kaya yang mau renovasi rumah mewah,  Mr Kazuhiko Okubo yang berkonsentrasi pada restorannya yang unik dan dikhususkan untuk konsumen tertentu, Mr. Kagiyama dari Yellow Hut membicarakan tentang kebersihan atau clean up di restoran, dan masih banyak yang lainnya. Orang orang ini sebenarnya bisa saja membimbing untuk marketing dan manajemen atau sistem personalia maupun sdm, tetapi dari segi produk dan lapisan konsumen selalu dibatasi secara ideal dari ketiga faktor itu yaitu Produk, Area, dan Lapisan konsumen.

Contoh sukses adalah sebuah terobosan satu titik prinsip dasar

Restoran Udon Satoya di Hiroshima yang didirikan oleh Satoya sejak 2002 yang kini sudah mempunyai 4 restoran terkenal didaerahnya dengan strategi manajemen

  1. Produk : Dia belajar cara membuat udon dan kini membuatnya sendiri setiap hari mulai dari jam 3 pagi yang disesuaikan dengan cuaca dan suasana.
  2. Daerah : Dikota Hiroshima saja dan di situ tidak ada banyak Udon Hand made.
  3. Target : Orang yang suka rasa natural dan dia buat kuah supnya sendiri tanpa ada barang campuran zat kimia.
  4. Marketing : Memberikan brosur brosur ke perkantoran dengan sopan.
  5. Pelanggan : Membuat berita selebaran koran/monthly news letter dan membuka sekolah cara membuat udon agar keluarga bisa ikut bersama.
  6. Organisasi : Pemilik sendiri yang menjaga restoran
  7. Keuangan : Kehidupan pribadinya tidak mewah.
  8. Waktu : tanpa berhenti bekerja mulai dari jam 3 pagi sampai malam.

Kesimpulannya restoran tersebut adalah mempunyai produk yang hanya satu dan small production yang Hand made dari sisi daerah meghindari area yang berat saingannya dengan target pelanggan tertentu yang mengedepankan rasa natural. Marketing melakukan direct approach yang tidak dilakukan oleh perusahaan besar dan pelanggan selalu mengingatnya karena caranya yang selalu mengirimkan post card, direct mail, news letter, dll. Untuk organisasi pemilik perusahaan kecil lama.

Yang hebat adalah sekolah untuk membuat udon dengan biaya sebesar 500 yen dan sudah dibuka sebanyak 300 kali dengan kuota peserta 2 ~ 5 orang bagi Satoya untuk promosi hal ini kurang efisien tetapi bagi tamu menjadikan pengalaman yang sangat berharga dan dari sini Satoya mendapatkan pelanggan setia sebanyak 1000 orang dan palanggannya selalu mengucapkan “terimakasih” sehingga menggembirakan untuk bisnis ini dan hal ini membuat pemilik berkata “ tidak bisa menghentikan sekolah ini” meskipun persiapannya sangat repot.

Inilah strategi orang lemah yang bisa mendapatkan 3 burung dengan 1 batu.Sensasi contoh sukses besar dengan “Strategi orang lemah” ( Interview by Mr Yasomi Kodoma, freelance writer )

  • Belajar dari paling bawah
  • Peninjauan kembali bisnis dengan “Strategi orang lemah”
  • Area bisnis, jarak terbatas 500meter saja dari kantornya
  • Membuat seminar bertema kiat-kiat membuat toko ramai
  • Perlu keberanian “membuang” dan Keputusan tegas
  • Pengusaha toko sake yang bahagia dengan omzet setengah

Apa ilmu atau cara bagi orang lemah untuk memenangkan persaingan? (interview dilakukan dan ditulis oleh Mr Yasomi Kodama, freelance writer)

  • Menyenangkan “cara berhadapan langsung dengan konsumen” atau “cara perang gerilya”
  • Usaha keras jadi sia-sia kalau tidak ada strategi.

Penyebab kesuksesannya adalah karena dia  membuat “terbalik” pada pengetahuan umum atau pola pikiran perusahaan kuat atau perusahaan terlebih dahulu.

 

  • Sukses sebagai “konsultan hukum”.
  • Post Card bisa menjadi alat yang sangat berguna.
  • Menulis blog dan meluncurkan buku.
  • Ide unik untuk kartu nama yang bisa menjual diri sendiri, sambil membuka diri sendiri.
  • Kiat sukses dengan melakukan pergaulan diantara berbagai bisnis / industri

Yang paling bagus adalah “ Jangan menjual langsung “. Tetapi “Pikirkanlah dahulu bagaimana keuntungan dan manfaatnya untuk konsumen “. Sebaiknya jangan terlalu banyak berfikir mengenai untung ruginya tetapi bertemanlah seperti dengan keluarga sendiri. Memang tidak akan langsung untung, tetapi pasti akan ada yang melihat dan memuji. Pada akhirnya, kita bisa mendapatkan pelanggan yang akan setia menemani seumur hidup.

Mari kita belajar dari Yazuya tentang ilmu sukses Venture kecil dan menengah.

(diawali dari cerita tentang Mr Noboyu Yazu yang memulai Yazuya o.,Ltd. Mr Yasomi Kodama (freelance writer) menulis ini atas dasar wawancara dengan Mr Yazu).

Pertemuan pertama “Kejutan” dengan orang  yang memulai Yazuya. Yazuya Co.,Ltd adalah perusahaan direct sale untuk produk makanan bersifat alami omzetnya pada tahun 2008 mencapai 40 Milyar yen lebih dalam 14tahun dari yang awalnya hanya 1.5 milyar yen. Ada 6 kiat yang menjadi yazuya sukses

  1. Kejururan dan kesetiaan
  2. Belajar dan sadar terhadap jaringan kenalan
  3. Manajemen plan dibuat dan dipraktekkan
  4. Plan untuk kehidupan seseorang harus dibuat dan melaksanakannya
  5. Berterimakasih kepada karyawan / karyawati dan supplier
  6. Jujur dan sikap mendengar, tidak minta-minta, berbicara mimpi

 

Sukses kehidupan adalah “cita-cita” X “strategi” X “rasa berterimakasih”

Semua orang sudah menerima surat dari Tuhan

  • Kekuatan pekerjaan dari Tuhan dan kekuatan rencana manajemen kehidupan.
  • Kata “Arigatou” adalah pekerjaan saya dari Tuhan.
  • Efek yang hebat setelah “Give Up”
  • Jiwa muda = Cita-cita X semangat (Passion)

Ini pekerjaan saya, saya hanya bisa begini

Harus berubah, agar tidak berubah, apa artinya?

Salah satu filosofi Budha ada  kata Yuukou dan Shogyou Mujou. Shogyou Mujou adalah di dunia ini selalu berubah dan Yuukou adalah selalu tidak ada perubahan kedua hal ini jika dihubungkan dengan bisnis contohnya restoran ramen Ippudo semua Tamu mengatakan “ rasa ramen ippudo tidak berubah dan enak terus “ hal ini akan mengakibatkan Ippudo bangkrut karena tidak ada perubahan karena para pesaingya terus belajar dan menganalisa untuk mendapatkan rasa yang paling enak dimata konsumen dan konsumen akan mencari rasa yang paling enak dan hal ini tidak disadari oleh para pengusaha. Sedangkan sikap atau selera konsumen selalu berubah-ubah dengan Shogyo mujou. Restoran yang ramai bisa saja mendadak menjadi sepi dan restoran ippudo selalu memeriksa reaksi dari para pelanggannya dengan cara memeriksa sisa makannya setiap hari. Kalau sisanya 1/5 boleh dikatakan OK tetapi bila sisanya lebih dari 1/3 itu tidak baik. Dan mereka akan menganalisanya, kenapa?. Bukan hanya Ippudo saja, restoran/perusahaan yang baik akan selalu berubah, Mereka berubah terus agar tidak berubah…

  • Kegagalan dalam kehidupan, dibelakang hari, baru berbunga “ membuat orang terharu“
  • Menulis itu akan menjadi tenaga
  • Efek dari perencanaan manajemen kehidupan
  • Ide yang sederhana untuk membuat rencana manajemen kehidupan
  • Cita-cita kehidupan anda (terlalu besar, tidak apa-apa)
  • Cita-cita dan target tahun ini

Kita harus membuat target yang realistis untuk jadwal sebagai berikut Pekerjaan apa yang di targetkan, Ekonomi targetkan penghasilan, Sosial target jam kerja yang diinginkan, Mental tergetnya membiasakan untuk selalu mengucapkan teriamakasih, Kesehatan targetnya jogging dan tidak makan cup noodles, Kehidupan targetnya setiap hari membantu istri cuci piring dan membersihkan rumah.

Membuat rencana bagaimana mempraktekkan pekerjaan dan lebih baik memanfaatkan  ke 8 strategi “ orang lemah “

  1. Strategi produk
  2. Srategi daerah
  3. Strategi target
  4. Strategi marketing
  5. Strategi pelanggan
  6. Strategi organisasi
  7. Strategi keuangan
  8. Strategi waktu
  • Rencana aksi atau praktek

Untuk mencapai target tahunan kita harus membuat rencana bulanan, mingguan, harian contoh membaca 4buku perulan/menambah 4 pelanggan perbulan dan untuk mingguan membaca 1 buku perminggu/menambah 1 pelanggan perminggu, dan untuk harian tulis 5surat setiap hari membersihkan depan kantor setiap hari.

  • Harus ditinjau kembali cita-cita atau rencana harian. Sejarah “Jatuh 7kali, Bangun 8kali”

Sampai berusia 40 tahun saya tidak menemukan pekerjaan yang Tuhan berikan

Dulu saya benar benar seorang pekerja yang tidak baik saya suka berhenti cepat dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan pada suatu saat ketika dua bulan saya sebelum rencana pernikahan dan sudah menyebar undangan ke teman teman, saya membuat kesalahan besar di perusahaan yang membuat saya ingin bunuh diri pada waktu itu saya mencoba apa saja yang sering dilakukan oleh orang yang jiwanya lemah banyak buku-buku dan CD motivasi saya baca. Saya ingin mengetahui bagaimana caranya saya bisa muncul dari dasar ke atas.

Kelihatannya seorang direktur akan tetapi saya seorang Part-Time yang miskin

Dulu saya berfikir kesuksesan adalah lulus dari sekolah yang terkemuka dan bekerja untuk perusahaan yang terkenal serta naik pangkat. Saya menyelesaikan kuliah saya di Universitas Ritsumeikan yang relatif bagus.  Setelah lulus saya bekerja diperusahaan yang paling terkenal yaitu Yamaha. Saya tidak pernah berfikir apakah saya cocok atau tidak diperusahaan itu hingga suatu hari saya mengalami stree berat karena tekanan pekerjaan yang tidak cocok. Lalu saya pindah ke perusahaan Recruit  Co.ltd sebagai part time dan kemuadian saya pindah lagi ke perusahaan “Lease” IBM. Diawal tahun ke-2 saya pura-pura menjadi pandai namun saya telah gagal melakukan pekerjaan yang sulit dan latar belakang saya yang gagal untuk menikah serta keluar masuk perusahaan dan hal itu membuat saya stress  saya berfikir untuk “bunuh diri” tapi takut juga. Benar-benar sial waktu itu.

Saya lari ke Tokyo dan menjadi penangguran selama 6 bulan

Setelah banyak melamar ke perusahaan besar yang banyak mengalami kegagalan dan masuk  perusahaan kecil menengah dan venture yang berpindah-pindah di 4 Perusahaan, saya putuskan bahwa saya berdikari saja untuk menjadi pengusaha besar dan saya mulai dengan “Konsultasi untuk mencari kerja dan recruiting dengan gratis” di gedung “lions Mansion” di Shinjuku Higashi yang berada di Shinjuku 7 Chrome. Pekerjaan ini membantu orang orang yang sakit dan stress karena kesulitan mendapatkan pekerjaan. Karena tidak mendapat komisi akhirnya saya tidak kuat bayar sewa kantor akhirnya pindah ke apartement yang lebih murah dan mandi dengan air dapur serta makan cari gratisan di test food corner. Akhirnya saya mengambil pekerjaan dari perusahaan edisi buku sebagai penulis lepas yang terlihat seperti direktur namun kenyataannya hanya par time yang susah makan.

Dari situ ternyata ada baiknya karena saya menemukan buku bisnis yang di tulis oleh Mr. Yoichi Takeda yang mana buku itu tentang Strategi Lanchester dan Strategi Son shi (SunTsu) Cina.

Mengembalikan pinjaman sebesar 100 juta yen

Pada bulan Juni 1992 setelah saya berdikari ibu saya di fukuoka harus bertanggungjawab membayar hutang sebesar 100 juta yen yang ditinggalkan ayah saya seorang direktur yang telah meninggal sejak saya SMA kelas 2.Jika hutang tidak dibayar dengan buka yang bertambah terus maka 2 rumah dan tanah di daerah pusat kota tenjin seharga 500 juta yen akan disita. Pada masa itu saya hampir “jobless” namu saya masih mendapat penghailan beberapa yen dari perusahaan edisi penerbitan buku.

Pertemuan dengan orang kaya yang membayar pajak tinggi

  • Bukan advertisement tetapi artikel yang berguna
  • Berdikari yang kedua, tetapi…
  • Suka mampir instansi agama atau seminar
  • Mencoba membuka seminar tapi gagal
  • Challenge mengeluarkan buku
  • Mendekati 40 perusahaan dan menjadi mustahil
  • Ada tawaran untuk mengeluarkan buku ke-2
  • Best seller dengan strategi orang lemah
  • Kenapa pengusaha kecil memakai blog
  • Saya terbuka mata di seminar
  • Saya juga bisa berguna untuk orang lain

Sukses kehidupan adalah mimpi x Strategi x Rasa terimakasih

Ada berbagai macam pengertian tentang sukses kehidupan dan kali ini akan membicarakan khususnya untuk kehidupan enterpreuneur.Setelah “bubble economy” di Jepang hancur “memnita maaf dan Ok” “memberikan sauatu” “terimakasih” telah menjadi kata kunci untuk merasa bahagia. Dalam dunia konsultan , “starategi” “taktik” dan “marketing” menjadi hal penting. Memang semuanya penting.

Sukses kehidupan bisnis bisa dibagi 3 menjadi:

  • Aliran “mimpi” = kemauan, cita cita, kesadaran untuk bekerja dan lain-lain.
  • Aliran “Strategi x Taktik” = Business Strategy, Marketing, Methode dan lain-lain.
  • Aliran “terimakasih” = selalu mempunyai rasa “terimakasih” berjasa dan lain-lain.

Saya katakan, “sukses kehidupan itu adalah : Mimpi x Strategi x Rasa terimakasih”. Dalam bahas Jepangnya adalah “ Yume x Sen Ryaku x Kansa” singkatnya Yume Sen Kan.

Mengapa mimpi sendiri tidak jelas?

Kebanyak orang tidak bisa menceritakan mimpinya karena malu. 90% pekerja di Jepang bekerja untuk perusahaan dan mimpi dan target ditentukan oleh perusahaan. Jadi tidak perlu mempunyai mimpi secara perorangan degan catatan mereka mempunyai manager yang baik. Ada draft dari pemerintah yang menyatakan bahwa hanya 10% saja dari pengusaha itu yang mempunyai mimpi dan cita-cita/rencana yang jelas. Dan struktur industri di Jepang terdiri dari Perusahaan besar + perusahaan kecil dan menengah (anak) + perusahaan yang lebih kecil lagi (cucu). Oleh karena itu perusahaan kecil selalu bergantung pada pada yang lebih besar, tanpa mimpi, seperti industri bangunan, home industri dll. Ketika saya berdikari untuk yang kedua kalinya saya mengambil alih pelanggan dari perusahaan tempat saya pernah bekerja dan harus mengembalikan uang pinjaman ini menjadi rencana utama. Setelah 8 tahun saya berdikari di usia ke-44 tahun, saya baru merasa mendapat mimpi, cita-cita yang jelas  dan bisa makan.

Negara Jepang tempat kita masih hidup tanpa mimpi

Di Jepang meskipun dalam kondisi sulit jobless hanya 5% meskipun masih rendah dibanding dengan negara negara lain yang kisarannya sekitar puluhn %. Di Jepang meskipun demikian pekerjaan apa pun ada kalau kita tidak memilih milih minimal ada bantuan dari Negara. Jadi bagaimanapun kita mash bisa hidup. Tanpa kemauan atau mimpi masih bisa makan dan bekerja meskipun perusahaannya bangkrut. Tetapi menurut Maslows Hierarchy of needs “Yokkkyu 5 dankai setsu” (setiap saat manusia mempunyai cita-cita) semua orang baru akan puas bila sudah merealisasikan dirinya kepada lingkungannya.

Tidak tahu apakah sesuatu yang kita kerjakan itu merupakan hal biasa?

Pada usia kanak-kanak orang bermimpi untuk menjadi atlet olah raga, penyanyi, artis TV dll akhirnya kondisi itu dibayangkan tanpa ada melhat kondisi yang sebenarnya maka dari itu ketika sudah mulai bekerja akhirnya mencari yang sesuai dengan keinginannya yang menyebabkan banyaknya berpindah berpindah. Kalau kebetulan anda masuk kerja dan tidak cocok dengan pekerjaaan itu silahkan berpindah . Kalau pasangan pernikahan atau pekerjaan tidak cocok tetapi anda bertahan sama halnya tinggal di Neraka.

Mengapa mimpi kanak-kanak anda hilang?

99% orang biasa tidak mempunyai tujuan

Turning point “ Di usia 44 tahun”

Bagaimana cara mencari pekerjaan yang paling cocok

Mr. Yoichi Takeda berkata, “ sulit menemukan pekerjaan yang paling cocok. Lebih baik anda berkonsentrasi pada bidang yang anda sukai, belajar sungguh-sungguh dalam waktu yang paling lama. Paling sedikit selama 3 tahun, dengan demikian anda bisa menemukan suatu kelebihan dari yang lain. Anda bisa menjadi nomor satu dari yang kecil. Kecil pun tidak apa apa. Ada yang memuji anda. Kalau dipuji, anda senang dan merasa percaya diri. Anda disebut sebagai nomor satu dibidang tertentu ditempat kerja itu. Dengan demikian anda mendapat pekerjaan yang Tuhan berikan”

STRATEGI ORANG LEMAH ITU ALAMI

Ada strategi orang lemah dalam kehidupan kita atau pelajaran kita.

Strategi Orang lemah dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Orang pandai sudah pasti mempergnakannya.

Nilai sekolah guru saya Mr. Yoichi Takeda sangat jelek kecuali teori science. Dia menemukan ilmu Lanchester yang mirip dengan ilmu energi di bidang science dan rajin belajar manajemen. Mengapa saya tidak menyukai ilmu yang menggunakan angka? Karena saya suka pusing maka saya gunakan feeling atau perasaan dan semangat. Saya menghapus ilmu-ilmu asli itu dalam buku “ perusahaan kecil dan perturan untuk mendapatkan keuntungan”. Oleh karenanya buku itu laku keras.

 Strategi orang lemah baik juga untuk pendidikan.

Mr.Takahasi Harada, yang aktif di sekolah sebagai guru berhasil buat klub olahraga di sekolah SMP, Matsumushi di Osaka menjadikan juara Jepang 13 kali, selama 7 tahun. Klub itu tadinya tidak terkenal sama sekali. Mengapa dia bisa begitu? Karena dia mempunyai daya pemimpin, tujuan jelas dan ketelitian. Dia membuka rahasianya dalam buku “Guru kharisma dan cara latihan untuk menang”. Ada peribahasa, lebih baik menjadi mulut ayam dari pada ekor sapi yang artinya lebih baik nomor satu di dunia kecil daripada nomor bawah di organissi besar.

Mendapat pekerjaan dan berganti pekerjaan juga bisa menjadi strategi

Setelah berdikari pun meggunakan strategi orang lemah saja.

Lebih baik membuka usaha sendiri untuk kehidupan sendiri. Sedikit banyak, anda gagal tetepi anda tidak mati, selama anda memegang prinsip orang lemah. Sejelek-jeleknya anda masih bisa bekerja paruh waktu di tengah malam atau pagi-pagi.

Kelaparan dan kemiskinan adalah sumber kesempatan.

Pada masa Jepang keilangan gairah dan semangat dari segi ekonomi dan keamanan negara Jepang mustahil miracle country. Ini dibuat oleh orang tua yang kini usianya 60 tahun keatas. Mereka sedikit banyak mengalami kesulitan selama perang dunia ke 2 dan pahitnya kekalahan perang. Mereka bangkit kembali dari Nol dan kelaparan. Di negara negara lain yang kini majunya sama sepeti negara Jepang seperti Shanghai, San paulo meskipun maju namun masi ada daerah miskin yang mereka kelaparan tetapi mereka mempunyai kekuatan karena mereka melihat kawan-kawan mereka mendapat sukses dan mereka pun berharap saya juga bisa sukses.Saya menonton film “3 Chrome No Yuhi” yang mengingatkan Jepang lama sekitar tahun 1958, masih banyak yang miskin tetapi bintang film pemeran utama yang miskin menyebutkan “Negara ini pasti bisa maju!”.

Apakah anda tipenya menyala sendiri atau tidak bisa menyala?

Mr. Nagamori, direktur Nihon Desan yang membuat produk nomor satu di dunia, dibidang mikro motor untuk personal computer, mengatakan: Manusia bisa dibagi dalam 3 jenis , Bisa menyalakan diri sendiri, Bisa menyala kalau kawan-kawannya menyala dan Tidak bisa menyala, bagaimanapun juga dia berkata, orang-orang seperti (1) tidak banyak, tidak sampai 10%, orang-orang seperti (2) antara 60-70%, orang seperti (3) 20-30%. Sepertinya analisa ini benar. Kebanyakan kehidupan saya (2) atau (3).

Jepang adalah negara miracle

Jepang adalah negara mustahil yang paling jeleknya kita masih bisa makan dengan bekerja apapun sebagai part time dan haken (kontak). Ada asuransi yang di proteksi dari pemerintah ketika tidak bekerja. Sistem ini yang masih jarang dimilik oleh negara-negara lainya. Saya terharu dengan dengan apa adanya yang Jepang miliki sekarang. Memang Jepang hebat, perbedaannya dengan negara lain yaitu, sebenarnya hidup keseharian orang Jepang luar biasa dan mustahil. Saya selalu berterimakasih, karena saya orang Jepang yang hidup di Jepang.

Orang sukses yang hebat memulai dengan strategi orang lemah

Strategi orang lemah itu alami. Kalau orang lemah ingin berbuat sesuatu, mereka harus memegang prinsip strategi:

  1. Product ( hasil / barang yang dijual )
  2. Area ( daerah )
  3. Customer zone ( target )
  4. Sales / marketing ( cara penjualan )
  5. Customer ( pelanggan )
  6. Organization ( organisasi )
  7. Finance ( keuangan )
  8. Time ( waktu )

Ini adalah teori dasar.

Anak bisa sukses, karena kegagalan orang tua

Orang enterpreuneur selalu lahir hanya dari lingkungan orang susah. Oleh karena itulah, orang yang mengambil alih perusahaan dari orang tuanya yang kaya cenderung menjadi orang baik yang tidak berjuang. Dan akhirnya kebanyaka generasi kedua atau generasi ketiga cenderung habis. Mr. Watanabe dari Watami telah berhasil, karena orang tuanya gagal.

Kegagalan orang lain adalah rasa madu. Dale carnegie juga mengambil strategi orang lemah. Sukses terdiri dari kepandaian asli dan kerajinan. Dengan cara apa manusia dapat dibuat ? Memang awalnya dari DNA. Dan terpengaruh dari orng tua, lingkungan keluarga atau daerah, sekolah, guru, kawan-kawan, kenalan, pesaing, pacar, pelajaran, olahraga, hobi, TV, manga(komik), mesin permainan, buku, perjalanan, tempat kerja, langganan, partner bisnis, pertemuan dengan orang yang bekrja di bidang lain, agama, insiden, adat dan lain-lain.

Ada apa lagi? Secara lebih sederhana:

  1. Kepandaian asli
  2. Keluarga
  3. Sekolah
  4. Tempat kerja
  5. Pernikahan
  6. Berdikari

Saya kira ada faktor sukses. Memang situasi berubah-ubah tergantung pada pelajaran, pekerjaan, pertemuan orang, adat, insiden, kebetulan, nasib dan lain-lain.

Faktor asli x faktor pengalaman = orang sukses

Mimpi menjadi kenyataan

Keliling dunia bersama keluarga

Sejak November 2002, kehidupan saya mendadak berubah dan cerah. Permintaan seminar 100 kali seminar pertahun. Buku saya pun laku terus. Saya mendapat 10 juta yen dari pajak buku. Dengan pendapat ini, saya berkeliling dunia bersama keluarga, selama April 2006 ~ Maret 2007.Saya meninjau kembali kehidupan saya dulu, sebelum menjadi usia 44 tahun. Saya pikir, saya berbahagia sekali. Tidak mungkin lebih baik lagi.Kita belum tahu apa yang terjadi besok. Kehidupan kita hanya sekali saja.

Dari perkumpulan pelajar, mimpi keliling dunia menjadi kenyataan

Negara kita Jepang, paling baik, aman, bahagia, kaya di dunia. Tidak ada jaminan sosial, asuransi sosial di kebanyakan negara-negara yang maju pun.Orang cacat, pengangguran, orang sakit mental, orang homeless juga berjalan-jalan di jalanan dan tidur di jalanan. Kekuatan ini juga hebat. Sedangkan saya juga baru sadar hebatnya Jepang.

  • Energi negara-negara berkembang yang harus maju cepat
  • Orang jepang jarang terlihat di dunia
  • Saya disambut baik dimana-mana karena saya orang Jepang
  • Di dunia selalu ada kesempataN

 

 

Iklan