Lee Byung Chull

Lee Byung Chull

Lee Byung Chull lahir pada tanggal 12 Februari 1910 dan meninggal pada tanggal 19 November 1987 di usia 77 tahun. Lee Byung Chull dikenal dengan nama panggilan Hoam dan Lahir di desa jeonggok , kota Euiryeong , provinsi Gyeongsang. Ia lahir dari keluarga kaya . Lee Byung Chull adalah putra pemilik tanah . Istrinya bernama Park Du Eul . Park Du Eul sendiri merupakan seorang perempuan yang renhdah hati ,santun , dan hidup sederhana .

Salah satu leluhurnya juga pernah menjabat di kantor pemerintahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu ,leluhurnya yang bernama Lee Hong Sok ,juga dikenal seorang murid sastra dan pernah menghasilkan sebuah bukku kumpulan puisi .Pada masa muda nya , ia pernah melanjutkan pendidikan di Universitas Waseda Tokyo namun ia memutuskan keluar sehingga tidak berhasil sampai lulus.

Lee Byung Chull merupakan pendiri Samsung pada tahun 1938 .Ia adalah pionir Samsung yang kini menjadi penguasa pasar teknologi komunikasi dan elektronik .Lee Byung Chull pernah menjadi seorang tukang reparasi radio telekomunikasi untuk tentara Jepang pada Perang Dunia II .Ia terkenal sebagai orang yang kreatif dan gigih dalam mengutak ngatik sistem telekomunikasi .

Pada awal memulai karirnya sebagai pengusaha , Lee Byung Chull mendapatkan beberapa warisan dari keluarganya .Ia memutar otak dan menemukan sebuah peluang bisnis sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada waktu itu. Lee Byung Chull memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan perdagangan ekspor. Maka Lee Byung Chull memutuskan memindahkan pusat usahanya pada tahun 1947 ke seoul . Ia kemudian memulai usaha baru nya yang dinamai Cheiljedang (pabrik gula) di Busan.Cheiljedang didirikan oleh Lee Byung Chull pada tahun 1953 dan menjadi pabrik gula pertama yang berdiri di Korea Selatan .

Pada tahun 1953 , Lee Byung Chull juga mendirikan Cheilmojik yang bergerak dalam usaha tekstil Cheilmojik merupakan pabril wol yang beroperasi di Chimsan –Dong ,Daegu. Memasuki tahun 1969 ,Samsung mulai berkiprah dalam pasar elektronik .Lee Byung Chull sudah mulai memproduksi televisi ,radio , dan beberapa elektronik lainnya .Pada Januari 1971 ,Lee Byung Chull mulai sakit-sakitan . Beberapa tahun kemudian ,tepatnya pada tahun 1976 ,ia didiagnosis menderita kanker lambung dan menjalani operasi di Tokyo .

Lee Byung Chull tetap berusaha maksimal untuk mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya hingga ia meninggal pada tahun 1987. .Lee Byung Chull meskipun dikemudian hari anaknya ,Lee Kun Hee melakukan lebih banyak terobosan dalam pengembangan samsung .

Lee Kun Hee , Generasi Kedua

Lee Kun Hee lahir pada tahun 1942 di Junggyo-ri, Jenggok-myeon, euiryoung-gun, Provinsi Gyeongsang.Lee Kun Hee merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara. Ia memiliki dua orang kakak laki-laki, empat orang kakak perempuan ,dan seorang adik perempuan. Lee Kun Hee kecil menghabiskan masa kecil nya di Daegu .Ia sempat sekolah SD di busan sampai kelas lima dan kemudian meneruskan pendidikan sekolah dasarnya di Jepang pada tahun 1953. Lee Kun Hee sekolah di Tokyo dan tinggal bersama dengan kakak keduanya, Lee Chang yang juga sedang kuliah di Universitas Waseda . Setelah tamat SMP ,Lee Kun Hee kembali ke korea dan melanjutkan pendidikann SMA di sekolah bangsawanKorea .ia juga pernah menjadi atlet gulat dan menyukai oalahraga lainnya , Belakangan dikenal Lee Kun Hee hobinya bermain golf ,menonton film ,berkuda ,tenis meja dan mendengarkan musik klasik. Sekaeang Lee Kun Hee menjadi komite olimpiade Internasional dan membantu pengajuan Korea Selatan sebagai tuan rumah Olimpiade musim dingin 2018 nanti . Tidak hanya itu ,ia juga menjadi ketua Asosiasi Olahraga Korea untuk penyandang cacat dan Presiden Kehormatan dari Federasi Gulat Korea .

Setelah tamat SMA , Lee Kun Hee diterima kuliah di Universitas Yonsei Lee Byung Chull membujuknya untuk melanjutkan ke sekolah perdagangan waseda di Jepang .
Setelah menamatkan sarjana nya ,Lee Kun Hee kembali melanjutkan pendidikannya di Sekolah Pascasarjana Manajemen , Universitas George Washington .

Lee Kun Hee berhasil menyelesaikan pendidikan masternya di Amerika pada tahun 1966 pada saat ia berusia 25 tahun . Tidak lama kemudian ia menikah dengan Hong Na Hee, putri mantan presiden direktur harian Jung Ang. Hong Jin Ki . Hong Na Hee pada waktu itu adalah mahasiswi di Universitas Seoul dengan bidang Seni Terapan. Lee Kun Hee masuk ke perusahaan Samsung dari posisi pegawai magang di keseketariatan Samsung . Setelah itu ,ia bergabung di harian Jung Ang dan jaringan penyiaran TBC (Tongyang Broadcasting Company). Lee Kun Hee juga berpartisipasi dalam pendirian majalah bulanan Yeosoeng Jun Ang dan majalah mingguan Jugan Jung Ang.

Pada tahun 1970-an ,setelah 10 tahun bekerja sebagai direktur TBC dan harian Jung Ang , Lee Kun Hee memutuskan membuka industri baru dalam bidang sebuah bisnis yang sedikit jauh dai yang pernah ia geluti bertahun-yahun. Lee Kun Hee mencoba menawarkan bisnis baru tersebut kepada ayahnya pada tahun 1974 namun ditolak. Pada tahun 1983, Lee Byung Chull kemudian menyetujui pengembangan bisnis semikonduktor. Setelah Lee Byung Chull wafat , pimpinan Samsung digantikan oleh anak ketiganya , Lee Kun Hee , ketika Lee Byung Chull mengalami sakit parah pada Januari 1971 ,ia menulis surat wasiat . Lee Byung Chull menetapkan bahwa penerus kepemimpinan Grup Samsung adalah Lee Kun Hee .

Pada saat itu, Lee Kun Hee berumur 30 tahun . Lee Byung Chull memilih Lee Kun Hee karena menurutnya Lee Kun Hee memiliki kemampuan untuk menentukan masa depan Samsung. tahun 1987 ,Lee Kun Hee memulai karirnya sebagi wakil presiden direktur Samsung . Lee Kun Hee mendapat pelajaran manajemen dari Lee Byung Chull sekitar 10 tahun sebelum Lee Byung Chull meninggal pada tahun 1987.
Lee Kun Hee diangkat secara resmi menjadi sebagai presiden direktur Samsung tiga minggu setelah Lee Byung Chull meninggal yaitu pada tanggal 1 Desembar 1987. Pelantikan Lee Kun Hee dilaksanakan di Balai Seni Hoam dan dihadiri pleh CEO , Ia terus berusaha mempertahankan 180.000 cabang Samsung di seluruh dunia serta memperluas pemasaran Samsung ke lebih banyak negara .

Lee Kun Hee membuka jaringan bisnis di Los Angeles , Tokyo ,Frankfurt , London ,Osaka ,dan beberapa negara lainnya dengan para pemimpin ,eksekutif ,pegawai ,dan staf departemen asing yang berjumlah sekitar 1.800 orang .

Di Los Angeles ia memimpin rapat sebanyak empat kali dan membahas tentang perbandingan daya saing antara Samsung dengan produk kelas dunia lainnya .
Di tokyo ,Lee Kun Hee dalam pertemuannya membahas tentang perbandingan daya saing yg dimiliki oleh perusahaan Jepang .Sementara itu d Jerman Lee mengadakan pertemuan dengan para eksekutif besar untuk mengajak investor bekerja sama. Setelah pertemuan ini maka Lee Kun Hee menetapkan sistem manajemen baru bagi Samsung . Samsung kemudian bergerak menjadi salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia .Samsung Electronics menjadi dominan di bangsa gadget smartphone dan mulai menggeser posisi perusahaan terkenal lainnya satu persatu .

Dibawah kepemimpinan Lee Kun Hee , Samsung semakin populer di dunia industri elektronik dunia . Pada tahun 2010 , Forbes merilis bahwa Samsung menduduki peringkt ke 55 dari 2.000 perusahaan terbesar di dunia . Sekarang Samsung tidak bisa lagi di anggap remeh oleh Nokia , Sony ,Apple ,Google ,dan perusahaan lainnya.

Pada tahun 2012 , majalah forbes menobatkannya sebagai orang terkaya di Korea dengan kekayaan bersih sekitar US10,8 miliar. Desembar 2010 ,keluarga pendiri perusahaan Samsung mempromosikan Lee Jae Yong menjadi presiden Samsung Lee Jae Yong merupakan anak dari Lee Kun Hee atau cucu dari Lee Byung Chull
Harga saham melonjak menjadi 4,1% dan mencapai Rp.7 juta/lembar . Sementara kapitalisasi pasarnya mencapai US120 miliar. Lee Jae Yong berusia 42 tahun Samsung Electronics memiliki sekitar 17 eksekutif . Lee Jae Yong menggantikan posisi Choi Gee Sung sebagai pemimpin perusahaan . Sementara Choi sendiri dipromosikan sebagai wakil presiden direktur Samsung Electronics .Selain menjadi presiden ,ia juga masih menjabat sebagai chief Operating Officer Samsung Electronics. Lee Jae Yong juga sudah bergabung pada Samsung hampir 20 tahun mengabdi .Lee Jae Yong juga pernah menjadi vice president pada bidang perencanaan strategis .

Pada tahun 2012 ,Lee Jae Yong dinobatkan forbes magazine sebagai orang terkaya di dunia urutan 304 dengan kekayaan mencapai US3,6 miliar. Lee Boo Jin mereupakan presiden perempuan pertama di perusahaan Samsung , Selain bisnis hotel ,Lee Boo Jin juga melakukan bisnis barang . bebas pajak yang bernama Louis Vuitton .Forbes mengatakan bahwa gaya kepemimpinannya mirip dengan Lee Kun Hee. Lee Boo Jin bergabung di shilla pada tahun 2001. Pada tahun 2002 ,setahun setelah Lee Boo Jin bergabung pendapatan hotel tersebut tumbuh mencapai 15% per tahun .Laba pajak juga naik tiga kali lipat dari 9,9 miliar won menjadi 30 miliar won pada tahun 2008.

Pada tahun 2012 ,ia mencatat forbes memiliki kekayaan sekitar US 1,2 miliar dan menduduki peringkat ke -19 dari 40 orang terkaya di Korea Selatan . Pada April 2014 ,forbes mencatat bahwa Lee Boo Jin memiliki kekayaan bersih senilai US 1,4 miliar yang berasal dari bisnis komputer dan pariwisata .
Pada tahun 2014 forbes mencatatnya sebagai orang terkaya nomor 20 di Korea Selatan dengan kekayaan sebesar US 1,2 miliar.

Perkembangan Samsung Dari Masa Ke Masa

Pada tahun 1936, Grup Samsung didirikan yang pada awalnya merupakan gabungan dari bebrapa perusahaan pengola beras. Ini adalah awal dimana Samsung diakui sebagai badan usaha secara resmi .

Dalam bahasa Korea, Samsung berarti tiga bintang dimana tiga dianggap menggambarkan sesuatu yang besar, banyak, dan berkuasa. Samsung memulai usaha dari industri kecil yang memproduksi barang kebutuhan manusia sehari-hari dengan mendaur ulang produk bekas pakai .

Pada tahun 1969, didirikan Samsung Electronics yang memulai usahanya dengan memproduksi televisi hitam putih. Produksi ini bekerja sama dengan sebuah perusahaan elektronik asal Jepang, Sanyo. Tidak hanya memprodukisi televisi , Samsung kemudian memproduksi peralatan rumah tangga lainnya seperti mesin cuci , kulkas , telivisi warna , dan oven microwave.

Pada tahun 1981 Samsung mengembangkan industri tabung hampa , tabung sinar katoda, dan tabung yang bisa terlihat dalam gelap. Samsung kemudian membangun pabrik perakitan televisi di portugal pada tahun 1982. Sebuah pabrik di New York pada tahun 1984 dan Tokyo pada tahun 1987v .Kemudian pada tahun 1983 ,Samsung memperluas bisnisnya pada produksi komputer pribadi ,film x-ray , 8 tipe video tape recorder(VTR) ,dan micom.

Pada oktober 1983, Samsung Electronics menjalankan industri semi konduktor, membentuk tim pengembangan komputer, lalu pada maret 1984 produknya diiklankan dalam harian Jungang Ilbo. Pada Mei 1984, pembangunan pabrik semikonduktor, komunikasi seluler dan VLSI pun selesai .Pada tahun 1983 ,Samsung juga memulai bisnis dalam bidang telekomunikasi selular .

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran seperti apa gambaran tentang telepon nirkabel .Tiga tahun kemudian , pada tahuin 1986 , Samsung menghasilkan telepon pertamanya , SC-100 .Kemudian mereka mempelajari dan menganalisis ponsel buatan motorola sebagai perbandingan . Motorola menguasai sekitar 60-70 % pasar telekomunikasi di Korea pada tahun 1990-an , sementara Samsung hanya menguasai 10% .

Pada tahun 1990, Samsung mulai bangkit sebagai perusahaan internasional . Salah satu anak perusahaan Sasung mendapatkan kontrak dalam pembangunan salah satu Petronas Towers Malaysia, Taipei 101 di Taiwan , dfan gedung Khalifa Burj di Uni Emirat Arab . Pada saat itu , mereka menyadari salah satu bagian terpenting yang tidak dimiliki oleh ponsel produksi mereka , Samsung kemudian fokus pada peningkatan konektivitas. Samsung kembali meluncurkan ponsel model baru dengan nama SH-700 padavtahun 1993.

Pada bulan maret 1996, Samsung mengembangkan ponsel CDMA pertamanya .Pada tahun 1996 ini juga ,Samsuing juga membeli Sungkyunkwan University Foundation . Samsung berhasil menandatangani kontrak kerjasama luar negri pada tahun 1996 dengan Sprint ,sebuah operator CDMA Amerika .
Samsung kemudian melakukan perluasan ke Hong Kong pada tahun 1997 dan Brazil pada tahun 1998 .

Pada tahun 2003 Samsung mengalahkan motorola dan menduduki posisi satu di pasar CDMA cina . Samsung juga tumbuh sebagai produsen panel layar liquid-ceystal terbesar di dunia.Bertahun-tahun berjuang keras dengan memegang motto Image the Possibilities, pada tahun 2011 Samsung memperoleh pendapatan US 247,5 miliar dan karyawan sebanyak 369.000 orang yang terbesar di seluruh dunia .

Rahasia Di Balik Kesuksesan Samsung

Ekspansi Berbagai Divisi
“Jangan menaruh telur dalam keranjang”, tidak sedikit pebisnis yang memegang prinsip ini dalam berinvestasi. Secar umum Samsung bergerak dalam bidang industri barang dan jasa. Salah satu strategi yang membuat namnya menjadi semakin dikenal dan membuat usahanya bertahan lama. Samsung melakukan diversifikasi sejak tahun 1988 ketika Lee Kun Hee menggabungkan Samsung Electronics dengan Samsung Semiconductors. Lee Kun Hee ,alh melakukan diversifikasi pada bidang semikonduktor, komunikasi, komputer, dan display. Diversifikasi ini biasanya juga dimaksidkan untuk meningkatkan kepercayaan kepada para pemegang saham .

Mengambil Fokus Bisnis
Meskipun Samsung melakukan diversifikasi tapi ia memiliki pertimbangan tersendiri dalam mengola semua usaha yang ada .Pada satu sisi samsung selalu mengutakan pada bagaimna caranya mempertahankan posisi yang telah mereka raih .Setelah krisis grup samsung memulai sistem manajemen “ayo buang” yang merupakan bagian sistem manajemen yang sekarang banyak ditinggalkan .Berkat sistem manajemen “ayo buang” tersebut ,rta-rata utang samsung yang pernah mencapai 366% pada 1997 turun menjadi 166% pada akhir 1999

Memburu Orang Genius
Salah satu kunci samsung adalah mencari orang-orang yang genius dan berkompeten pada berbagai bidang untuk bergabung dengan perusahaan .Untuk mendapatkan manusia-manusia berkualitas ,maka samsung menyusun tim rekrutmen melalui pusat penelitian pengembangan kemampuan orang genius . “Salah satu kreteria orang genius manurut samsung adalah menciptakan produk baruatau produk yang belum ada diproduksi oleh perusahaan selama ini”.Selain itu orang yang ,memiliki inovasi , kemampuan untuk menciptakan ide kreatif ,serta perubahan juga termasuk katagori genius menurut samsung .Individu yang genius mampu melakukan hal besar tersebut menurut Lee Kun Hee setidaknya memiliki 4 hal yaitu ,mengetahui level teknik terbaik dan memiliki pengetahuan ahli , memiliki kemurahan hati , bisa bekerja sama dengan rekan , dan memiliki rasa kemanusiaan serta integritas moral .

Restrukturisasi Manajemen
Salah satu faktor yang menetukan kemajuan samsung adalah keputusan Lee Kun Heeuntukmelakukan pengaturan ulang manajemen perusahaannya.Restrukturisasi dilakukan semata-mata agar samsung terus hidup dan berjaya. Dengan restrukturisasi ,samsung melakukan perubahan drastis dalam struktur perusahaan. Peubahan manajemen dan perubahan orang-orang samsung kemudian berhasil meninggikan daya saing perusahaan.

Inovasi Tiada Henti
Inovasi merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar .Tanpa adanya inovasi ,maka sebuah perusahaan akan mengalami kemuduran atau bahkan stagnan . Inovasi manajemn ini meliput product , process ,personnel ,dan infrastruktur.

Kualitas dan Desain Produk Plus
Salah satukunci keberhasilan samsung adalah kualitas dan desain produk yang berkualitas lebih dibanding produk lain .

Melakukan Studi Kasus Berkala
Untuk mencapai keberhasilan manajemen ,Lee Kun Hee melalui orang-orang yang ditunjukanya melakukan studi kasus pada perusahaannya secara berkala untuk mencari sumber masalah .setelah menemukan beberapa masalah dan kebohongan dalam laporan ,maka Lee Kun Hee ruti melakukan studi kasus serta bekerja sama dengan beberapa penasihat teknis .

Daya Saing Internasional
Selain itu salah satu hal penting lagi untuk membentukdaya saing yang dilakukan samsung adalah dengan menciptakan produk yang kompleks.Lee Kun Hee mempunyai 3 dasar untuk meningkatkan daya saing internasional yaitu terkait pertanyaan masalah masa depan yang dilihat oleh CEO ,Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan selalu mempercayai ,memperhatikan ,dan memberikan ruang bagi orang-orng yang berbakat untuk memajkian perusahaan .

Memperhatikan Pesaing
Slogan perusahaan samsung yang tidak kalah pentingnya adalah senantiasa memperhatikan peasaing .Pasar bisnis tidak ubah nya seperti medan peperangan bagi samsung Sebuah perusahaan yang mampu bertahan lama tentunya memiliki strategi khusus dalam menghadapi pesaing-pesaing mereka .

Imagine the Possibilities
Salah satu rahassia samsung terlihat dari motto perusahaannya yaitu imagine the possibilities. Sebagaimna mereka ketahui ,slogan merupakan salah satu elemen penting pada sebiuah brand .slogan juga menunjukan komitmen perusahaan kepada pelanggannya .melalui slogan tersebut samsung membawa misi untuk mendahului sejarah dan menyediakan keperluan bagi masyarakat dunia .

Logo dan Nama Sarat Makna
Tidak hanyak motto istimewa yang menjadi penggerak bagi orang-orang samsung bekerja, perusahaan samsung juga memiliki logo atau lambang yang sarat makna. Logo adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan.Logo juga bisa menjadi salah satu saran promosi dan iklan agar perusahaan dikenal oleh konsumen dalam jangka waktu yang lama.Warna biru tersebut sebagai Pantone286C dan menjadi simbol dari “Nomor 1 di dunia “ dan bertanggung jawab terhadap masyarakat . Desain Logo alfabert memiliki manfaat untuk memberikan kesan yang sangat indah secara umum serta dapat menyampaikan nilai inti perusahaan yang costumer oriented sehingga siapa pun yang meliatnya tidak merasa canggung dan aneh .

Pelopor Harga
Salah satu kunci sukses samsung adalah menjadi peletak harga pertama terhadap sebuah produk.Pada negara-negara berkembang tentu saja yang paling diminati adalah ponsel-ponsel dengan harga yang rendah. Sementara ponsel dengan harga premium hanya untuk kelas tertentu saja.Strategi samsung ini benar-benar matang . Mereka bisa masuk dalam semua persaingan baik harga rendah ,harga menengah , harga tinggi sekalipun.

Terus Bertahan
Beberapa kegagalan, hambatan,dan masalah yang dihadapi oleh samsung dari masa pendiriannya sampai hari ini :
1. Kegagalan Bisnis Real Estate
2. Kerugian bisnis mobil
3. Tuduhan memiliki kekayaan ilegal
4. Terlilit hutang
5. Skandal penggelapan
6. Tuduhan korupsi dan nepotisme
7. Tuduhan penjiplakan
8. pertempuran keluarga

Kebahagian Tujuan Terakhir Perusahaan
Samsung memiliki prinsip yang cukup menggugah hati yaitu tujuan akhir dari perusahaan adalah menciptakan kebahagian bukan hanya mencari keuntungan. Samsung memiliki prinsip “ Bahwa lebih baik berjalan di atas tanah berbudaya daripada hanya sekedar memburu keuntungan “.

Pemberdayaan
Strategi samsung yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan nya hingga saat ini adalah prinsip pemberdayaan . Prinsip pemberdayaan sudah dipraktikan sejak pada masa Lee Byung Chull “ Jika tidak dapat dipercaya ,jangan dipercayakan ,jika berguna ,percaya dan percayakanlah “ ini prinsip Lee Byung Chull dalam memimpin samsung .

Lima Prinsip Bisnis
Pertama, mematuhi standar etika dan undang-undang
Kedua, memelihara budaya organisasi yang bersih dengan cara memisahkan secara tegas antara urusan pribadi dengan urusan bisnis .
Ketiga, menghormati pelanggan ,pemegang saham ,dan karyawan dengan cara memberikan prioritas tertinggi pada kepuasan pelanggan .
Keempat, peduli dengan lingkungan ,keselamatan , dan kesehatan dengan cara berusaha mewujudkan manjemen yang ramah lingkungan .
Kelima, memiliki tanggung jawab sosial dengan cara melaksanakan kewajiban dasar sebagai sebuah perusahaan.

Kesejahteraan Pegawai
1. Samsung memberikan kestabilan dan keamanan dalam bekerja.
2. Samsung juga menerapkan strategi manajemen dan pengambilan keputusan dengan cepat.
3. Penilaian akan kemampuan dan kualitas.
4. Mewujudkan kehidupan pekerjaan yang memberi udara baru.
5. Masalah pendidikan anak ,kesehatan ,masa tua , dan sebagainya.
6. Mewujudkan pekerjaan seumur hidup.

Strategi Distribusi
Samsung dalam melakukan distribusi produk yaitu :
Pertama , samsung meminimaliskan distribusi stok produk melalui rekan bisnin.
Kedua , Kolaborssi bebrapa manajemen .
Ketiga , proses optimalisasi distribusi 1C1B ( One Contract One Bill ) meraih kecepatan optimal dengan biaya serendah-rendahnya .
Keempat , Samsung menerapkan Product Duta Management sejak tahun 1994.
Kelima , menyatukan desain dan produksi dalam satu bagian .
Keenam , manajemen data produk digabubgkan dengan manajemen rantai pasok dan manajemen hubungan konsumen sehingga menjadi penyatuan perusahaan .

Tingkat Kerja Sama Tertinggi
Samsung termasuk salah satu perusahaan yang memiliki afiliasi tertinggi di dunia .dengan afiliasi bebrapa perusahaan yang sebelumnya menjadi pesaing dan bisa saja menghalalkan berbagai cara untuk menang di pasar kemudian menjadi sahabat sebuah perusahaan .tidak hanya afiliasi dalam perusahaan , samsung juga memiliki organisasi afilisasi yaitu samsung human resources development centre.

Strategi Globalisasi
Untuk mendukung terwujudnya daya saing Internasional yang tinggi maka samsung menerapkan strategi global .Samsung menekankan agar setiap orang di samsung terutama para teknisi maju secara internasional . Dalam strategi globalisasi , samsung mempraktikan nasionalisasi , informasi , dan kompleksitas .Dengan membentuk lingkungfan perusahaan di luar negri maka samsung menjadi salah satu perusahaan yang terbesar di dunia .

Orientasi Teknologi
Teknologi semakin canggih dari waktuke waktu . Samsung menyadari bahwa masa depan adalah masanya teknologi. Untuk menguasai teknologi global maka samsung menciptakan sistem yang berorientasi teknologi perusahaan karena bagaimana pun teknologi tergantung pada daya saing perusahaan secara internasional .Dengan cara seperti ini lah samsung menggunakan ideologi manajemen teknologi yang mengarah pada penilaian tinggi .

Marketing Yang Baik
Samsung merupakan perusahaan yang telhberoprasi selama puluhan tahun .samsung memiliki kretivitas yang tinggi dalam memasarkan sebuah produk .beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh samsung yaitu dengan menawarkan produk yang berkualitas tinggi .samsung juga menciptakan produk-produk yg maksimal dlam kualitas dan memiliki bentuk yang sangat bagus dan praktis .dengan beberapa cara pemasaran tersebut maka samsung kemudian berhasil mencetak rekor penjualan dari tahun ke tahun .

Mengembangkan Brand Dan Image
Untuk mencapai target menjadi perusahaan teratas di bidangnya maka samsung selalu berusaha mengembangkan brand dan image perusahaan .salah satu jalan samsung yang ditempuh dalam mengembangkan brand dan image dalam waktu yang relatif singkat yaitu dengan menjadi sponsor olahraga tingkat dunia .selain melalui event olahraga ,keberadaan orang berbakat yang dipilih melalui fellow membawa efek signifikan dalam meningkatkan iamge perusahaan ,secar umum dalam pembentukan brand image itu sendiri sebenarnya ada tiga komponen yang harus diperhatikan yaitu corporate , user image , dan product image .Sebagai perusahaan internasional ,samsung telah berhasil dalam mengembangkann citra perusahaan , citra pemakai , dan citra produk dengan baik .buktinya merek samsung terkenal diman-mana .tidak hanya itu samsung juga memiliki faktoe-faktor pendukung terbentuknya image sebagaimana yang dikemukakan oleh Keller (2003) yaitu :

1. Favorability of brand association, istilah lain faktor pertama ini adalahkeunggulan assosiasi merek .

2. Strength of brand association, atau dikenal dengan familiarity of brand association atau kekuatan assosiasi merek

3. Uniquesness of brand association atau dikenal juga dengan keunikan assosiasi merek .

Sebagai perusahaan internasional, Samsung telah memiliki ketiga hal di atas .

Daftar pustaka

Dani, Parasara. 2012. 55 kisah inspiratif enterpreneur. Jakarta: Gagas Media
Gifford, Jonathan. 2014. 100 Great Business Leaders: Of The World’s Most Admired Companies. Singapore: Marshall Cavendish International (Asia) Pte Ltd
Lee, Jean. 2008. Wealth Doesn’t Last 3 Generation: How Family Businesses Can Maintain Prosperity. Singapore: World Scientific
Seung Hee, Koh, dkk. 2013. Why Samsung. Yogyakarta: Bentang pustaka
Sop Chang, Chan, Nahn Joo Chang. 1994. The Korean Management System: Cultural, Political, Economic Foundation. Poursmouth USA: Greenwood Publising Group
Tipton, Frank B..2007. Asian Firm: History, Institutions and Management. Cheltenham U.K.: Edward Edgar
Thakur, Manab Thakur, dkk. 1997. International Management Concepts and Cases. New Delhi: Tata McGraw-Hill Education
Sumber : Erwin halim, The Secret Of Lee Byung Chull, Kobis, Jakarta, 2014