Buku ini mengungkapkan tentang pengertian executive,yang artinya ikon suatu perusahaan yang mempunyai nilai jual dan bias memasarkan produk atau jasa perusahaan dan institusi dimana dia bekerja.

Being a happyDalam hal ini, Marketing Executive adalah seorang yang bekerja sebagai marketing perusahaan, dengan fungsinya adalah memasarkan produk atau jasa perusahaan atau institusi. Tanggung jawab utamanya adalah mencapai penjualan produk atau jasa sesuai dengan tujuan perusahaan. Dia harus pula menjadi ikon suatu perusahaan yang memiliki nilai jual tersendiri bagi perusahaan. Harapannya adalah marketing executive bisa mewakili perusahaan dalam berhubungan dengan klien atau relasinya. Marketing executive harus bias menjadi wakil perusahaannya dalam hal berhubungan dengan relasi dan lingkungannya, yaitu dalam kapasitas membangun dan membina hubungan dengan klien. Jadi yang disebut dengan marketing executive adalah setiap individu dalam perusahaan yang mempunyai tanggungjawab untuk menjual dan memasarkan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan, pada umumnya, marketing executive bertanggung jawab kepada marketing manager yang memeimpin kinerja tim marketing. Manager inilah yang akan melaporkan kinerja department marketing kepada Directur Marketing atau President Director.

Peranan marketing executive sangat besar bagi perusahaan maupun institusi manapun. Marketing executive merupakan ujung tombak yang menentukan maju mundurnya suatu perusahaan. Perusahaan akan maju bila mencapai angka penjualan produk atau jasa yang tinggi. Artinya hal demikin dapat terjadi jika marketing executive dapat mencapai target penjualan yang ditentukan, jika gagal dalam melakukan tugas dan fungsinya maka angka penjualan tidak akan tercapai. Jangankan perusahaan akan maju, perusahaan mungkin akan mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan.

Dalam distribusi media cetak, fungsi marketing executive adalah mencari agen-agen distribusi yang baru di wilayah pengembangan media cetak dan mempertahankan hubungan dengan para agen yang sudah terjalin demi tercapainya tujuan perusahaan. Dalam bidang iklan (Advertising Department), fungsi marketing executive dilaksanakan oleh account executive yang bertugas mencari klien pemasang iklan di media cetak tersebut. Acoount executive bertugas mempromosikan media cetak kepada perusahaan pengiklan yang ingin memperkenalkan atau meningkatkan image(citra) produk maupun perusahaannya melalui media cetak.

Ini adalah beberapa rincian tugas (job description) seorang marketing executive dalam suatu perusahaan.

  1. Mencapai target penjualan perusahaan, target penjualan harus dicapai untuk kemajuan perusahaan yang umumnya ditentukan oleh marketing director atau marketing manager.
  2. Membuat program marketing perusahaan, pada umumnya, dia membicarakan program dengan tim marketing dalam marketing department dibawah pimpinan dan supervise marketing director atau marketing manager.
  3. Memperkenalkan produk atau jasa perusahaan kepada klien, tugas utama marketing executive adalah memperkenalkan produk kepada klien atau lebih tepatnya harus tahu bagaimana memperlakukan produk atau jasa dalam kaitannya dengan konsumen.
  4. Mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada klien, marketing executive harus mampu mempromosikan produknya untuk memenangkan hati konsumen agar terjalin kerja sama bisnis untuk mencapai target penjualan.
  5. Memasarkan produk atau jasa perusahaan, memasarkan produk-produk dan jasa perusahaan tempatnya bekerja.
  6. Mencari klien baru, memperbaharui dan menambah klien-klien baru bagi perusahaan akan berarti bisnis baru bagi kemajuan perusahaan.
  7. Mempertahankan klien-klien lama, bukan hanya menjual dan memasarkan, tetapi juga menjaga hubungan baik dan citra perusahaan di mata public.
  8. Membina hubungan dengan klien perusahaan, menjaga komunikasi, menerima masukan (feedback) dari klien dan menanggapinya.

Dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini, perusahaan memerlukan seorang marketing executive yang kompeten dan berkemampuan diatas rata-rata. Artinya dia dituntut selalu kreatif dalam bertindak dan berpikir untuk melakukan banyak inovasi akan kiat-kiat yang baru untuk memajukan perusahaan atau instansi tempat dia bekerja. Bukan hanya berkemampuan lebih, tetapi ternyata unuk menjadi seorang marketing executive kita pun memerlukan suatu sikap yang baik da bijaksana dalam mengambil keputusan. Dengan menambahkan kepribadian dalam kualifikasi sebagai marketing executive, kemampuan dalam menghadapi masalah akan mempengaruhi pula keberhasilan seseorang untuk menjadi seorang marketing executive.

Berikut kualifikasi yang dibutuhkan pada seorang marketing executive :

  1. Berpenampilan menarik
  2. Berkemapuan komunikasi yang baik
  3. Expressive dan kratif inovatif
  4. Smart-berkompeten dan berkomitmen tinggi
  5. Memiliki interpersonal skill
  6. Memiliki intuisi sebagai seorang professional
  7. Berkepribadian menarik (tenang, ramah, dan friendly)
  8. Bijaksana dalam mengambil keputusan
  9. Mampu menghadapi masalah
  10. Kejujuran
  11. Bias bekerja sama dengan tim

Sebagai seorang marketing executive, anda memilliki pekerjaan yang dituntut untuk dapat berhubungan dengan banyak orang. Dengan penampilan yang menarik, kita berharap konsumen akan tertarik untuk lebih dekat berhubungan dengan anda sehingga terjadi adanya kemungkina untuk bertransaksi dan bekerjasama dengan anda. Kepribadian menarik adalah suatu kumpulan sikap yang dapat menarik orang untuk lebih dekat dan merasa nyaman berhubungan dengan anda serta kepercayaan diri yang mendukung paling utama dalam diri seorang marketing executive. Setelah anda memutuskan untuk menjadi seorang marketing executive maka konsekuensinya adalah anda harus bisa menjual dan mau menjual, marketing executive harus memiliki kemampuan menjual dan mempromosikan produk atau jasa perusahaan serta mau menjual. Marketing executive yang handal adalah ketika dapat mengambil kesempatan untuk dekat dan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan klien dengan rasa optimis, marketing executive akan mencapai target-target penjualan yang ditentukan perusahaan. Jam terbang seorang marketing executive menentukan bagaimana kualifikasi seorang marketing dalam mempraktikan dan mengamalkan kemampuan anda dalam menghadapi klien, memperkenalkan produk, serta mengadakan negosiasi dan deal dengan klien. Jadikanlah diri anda special di mata orang-orang dengan menggali kelebihan-kelebihan yang anda miliki dan mengembangkannya. Jika performance atau penampilan menarik adalah sesuatu yang Nampak dari luar, maka anda harus melengkapinya dengan membuat diri anda menarik secara kepribadian.

Adapun beberapa kiat bagi seorang marketing executive dalam hal berbicara di telephone;

  1. Siapkan materi pembicaraan
  2. Pilih waktu yang tepat
  3. Pakailah bahasa yang singkat
  4. Hal memperkenalkan produk
  5. Mengembangkan sikap simpati dan empati

Produk adalah sesuatu, baik berupa barang maupun jasa, yang nantinya akan anda tawarkan dan promosikan kepada klien. Ada beberapa hal dalam mempelajari produk dan anda harus memahaminya;

  1. Pengertian produk, uraian singkat mengenai produk anda ketika anda menjelaskan kepada klien.
  2. Kualitas produk, bagaimana kualitas produk atau jasa yang anda miliki, apakah sudah terbuktidan teruji keberhasilan dan manfaatnya bagi para pemakai.
  3. Kemasan produk, bagaimana bentuk, kemasan warna, maupun cara yang dilakukan perusahaan atau produk untuk mengungkapkan cirri khasnya.
  4. Label produk, nama yang tertera pada produk atau nama perusahaan yang anda promosikan.
  5. Kegunaan produk, menguraikan secara mendetail untuk meningkatkan harga suatu produk
  6. Keunggulan produk, dapat meyakinkan klien untuk memilih produk atau jasa yang anda miliki dibandingkan dengan produk atau jasa perusahaan lainnya.
  7. Harga, nilai suatu produk yang umumnya diidentikkan dengan jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang anda tawarkan
  8. Place, mengenai distribusi atau penyaluran produk atau jasa untuk mencapai tujuan pasar.
  9. Promotion, membuat suatu program promosi untuk mencapai target penjualan.

Dalam melakukan tugas dan aktivitas sebagai marketing executive, anda selalu dekat dengan yang namanya negosiasi. Negosiasi adalah suatu aktivitas marketing, dimana didalamnya terdapat proses membuat kesepahaman dan kesepakatan anatar klien dengan anda. Setelah mengetahui hasil proses marketing mulai dari approach hingga presentasi kepada klien, anda akan memerlukan kemampuan negosiasi agar terjadi deal bersama.

Jadi salah satu tujuan marketing adalah membangun bisnis perusahaan dan menjadi ikon perusahaan. Maka dari itu, untuk membangun bisnin, anda tidak bias memikirkan tujuan jangka pendek melainkan upaya terjadinya deal kerjasama dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, untuk menjadi marketing executive  yang handal anda harus bias menjaga kedekatan anda dengan klien.

Sumber :

Sumber : Being a happy, Marketing Executuve, Ika Florentina, Andi, Yogyakarta,2010.