Kepasrahan adalah titik tertinggi setelah kita ikhtiar dan berdoa adalah kunci membuka pintu suatu harapan..Allah menunda sesuatu adalah skenario dari sejauhmana kepasrahan kita kepada Allah, anehnya tidak semua orang memahami ibrah dari suatu penundaan…

544197_10151448220584826_1738221957_n (1)TANPA terasa setahun sudah perkuliahan diambang selesai sehabis ujian komprehensif sebatas mata kuliah, tapi perjuangan justru bermula..disertasi menanti, selain selama satu semester terakhir beasiswa tertunda. Sebuah kendala besar yang bisa menggangu dan ketidak pastian dengan disertai kepasrahan memberikan ibrah yang kokoh seiring menambah pengalaman, apapun yang belum pasti jangan diujubkan, karena Allah sendiri membencinya. Berkaca dari pengalaman itulah terus memperkuat spirit yang sempat hilang kalau desertasi harus selesai apapun waktunya, apapun kendalanya.

Selama setahun banyak hal suka dan duka..saya suka persahabatan kami dan ketulusan yang mengabaikan posisi kami ditempat kerja dengan konflik kecil yang membumbui kelas kami…dengan kenakalan khas MP, kritis, terkadang nyelekit tapi kami secara sportif berhasil menyatukan semuanya dalam spirit “GO DESSERTATION SPIRIT”.

Kami terbentuk kelompok kecil belajar seperti Banten dan sekitarnya : Enong Roswat, MPdi dan Agus Zena, MPd (Banten), Firmansyah, MPd (Lampung) , Yusra Jamali, MPd (Aceh), Mochammad Ali, MAg (Kendari), Al-Ghazali, MM(bekasi), .Shinta WS, MPd (Jakarta), Yuli Siregar, MPd (Jakarta) dan Markum, MPd (Purwakarta). Kelompok Bogor :  Santa Manurung, MKes (Jakarta), Agus Rochiman, MPd (Bogor), Rhini Fatmasari, MSi (Bogor), Yuyun Elizabeth, Mpd, Rais Hidayat, MPd (Bogor), Baharuddin, MPd (Makasar)  dan Martiman Sarumaha, Mpd (Nias Selatan) atau kelompok Muhammadiyah : Fetrimen, MPd,(Bekasi),  Syafrul Qodri, MPd  (jakarta), Syafrudin, MKes, (Bekasi), Malessa, MA (Kendari),  Merry Dandia Pandji, MSi (Jakarta), Ragil Tugiman, MPd (Jakarta), Rionovian Rais, MM dan Aku sendiri (Ahmad Kurnia, MM) dari Cikarang Bekasi.

Dua kali seminar nasional yaitu seminar kurikulum 2013 dengan pembicara hebat kelas kami : prof Dr. Agus Rochiman, MPd, Dr.Rais Hidayat, MPd dengan pemandu hebat kami Dr. Syaf dan Dr. Rhini Fatmasari dan juga sukses mengadakan seminar nasional “pendidikan karakter” yang digawangi cal.prof. Mochammad Ali dan Al-Ghazali tg 26-27 juni 2013 dengan pembicara

  1. Prof. Dr. Ir. Djoko / Dirjen Dikti
  2. Prof. Dr. H. Bedjo,Mpd
  3. Prof. Dr. H. Djaali
  4. Dr. Mahmudin Yasin (Wamen BUMN)
  5. Jend(Purn)  Dr.Wiranto
  6. Prof. Fitter, Ph.d
  7. Dr. Ivan Hanafi/Tim Pendikar
  8. Dr. Husen
  9. Dr. Fahmi Idris
  10. Liu Jianchao Dubes China

Spirit itulah bisa mengubah pola kesadaran kita yang runtuh, tepatnya 10  September 2013 diberitahu ketua kelas kami yang super care (cal frof. Baharuddin, MPd) siapa menjadi promotor, alhamdulillah promotor sesuai ajuan. Promotor 1 : Prof. Dr. Djaali, direktur pasca UNJ dan promotor 2 : profesor pavorit kami sekelas untuk mata kuliah metodologi lanjutan : Prof Dr. Ma’ruf Akbar, MPd. Tinggal bagaimana judul bisa selesai bulan november 2013 tentu saja tidak melupakan sahabat dan teman kami di MP cal.frof. Dr.Fetrimen, MPd (wadek Farmasi Uhamka), cal frof. Syafrudin, MKes., (polteks Jakarta), Al-Ghazali, MM (Wakil ketua), Cal.prof. syafrul Qodri, MPd, yang terus mengsuport tentu saja ibu Dikti Cal.Prof Dr. Merry Dandia Panji (Dikti jakarta) dengan mengadakan pertemuan pasca perkuliahan yang sempat vacum, dimana kami sulit kumpuldan kami sepakat rutin berkumpul di Uhamka, Buaran setiap senen sore.

Bulan januari 2014 target kami , proposal selesai… (bersambung)