Apa Quantum Learning itu ?

Quantum Learning didefinisikan sebagai “interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya” semua kehidupan adalah energi. Tubuh manusia secara fisik adalah materi. Sebagai pelajar, tujuan kita adalah merah sebanyak-banyak mungkin cahaya, interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya.

Quantum Learning menggabungkan sugestologi, teknik pemercepatan belajar, dan NLP dengan teori, kenyakinan dan metode. Termasuk diantaranya konsep-konsep kunci dari berbagai teori dan strategi yang lain seperti ;

 

  1. Teori otak kiri/kanan
  2. Teori otak triune (3 in 1)
  3. Pilihan modalitas
  4. Teori kecerdasan ganda
  5. Pendidikan holistik
  6. Belajar berdasarkan pengalaman
  7. Belajar dengan simbol
  8. Simulasi/permainan 

Bagaiman Quantum Learning itu ?

 

Misteri otak

 

Quantum Learning dimulai dari memahami otak manusia susunan syarafnya, fungsi-fungsinya dan jenis perkembangan kecerdasan manusia.

 

Kekuatan AMBAK (Apa Manfaatnya Bagi Ku) ?

 

Segala sesuatu yang ingin kita kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi kita. Jika bermanfaat kita kan termotivasi untuk mengerjakannya. AMBAK biasanya muncul di benak kita, kadang-kadang kita harus mencarinya atau bahkan menciptakannya. 

Menata Lingkungan Belajar Yang Tepat

 

  1. Perabotan jenis dan penataan
  2. Pencahayaan
  3. Musik
  4. Visual poster, gambar, papan pengumuman
  5. Penempatan persediaan
  6. Temperatur
  7. Tanaman
  8. Kenyamanan
  9. Suasana hati secara umum 

Memupuk Sikap Juara (Berpikir Positif)

 

Suatu sikap dimana kita mempunyai harapan yang tinggi, harga diri yang tinggi dan kenyakinan bahwa kita akan berhasil, kita akan memperoleh prestasi yang tinggi.

Berfikir Positif berarti :

Kegagalan = Umpan balik dan membawa pada keberhasilan

Menemukan gaya belajar
Cara belajar adalah kombinasi dari bagaiman kita menyerap, lalu mengatur, dan mengolah informasi, meliputi modalitas dan dominasi otak.
Teknik Mencatat Tingkat Tinggi
Teknik  mencatat tingkat tinggi mengajarkan kepada kita bagaimana catatan bisa digunakan untuk :

  1. Melihat seluruh gambaran secara sekilas
  2. Mengingat detail secara mudah
  3. Melihat hubungan antara gagasan dan konsep
  4. Bekerja sama dengan otak kita, bukan bertentangan dengannya.
  5. Menyingkirkan “format outline” yang membosankan, selamanya.

Menulis Dengan Penuh Percaya Diri
Menulis dengan penuh percaya diri ini mengajarkan kepada kita :

  1. Menemukan teknik-teknik curah gagasan yang cepat dan mudah
  2. Menciptakan bahasa yang hidup dengan menggunakan cara dan ungkapan kita sendiri
  3. Melakukan proyek penulisan dari awal hingga akhir dengan hanya sedikit stress
  4. Selalu berharap untuk menulis

Keajaiban Memori
Keajaiban memori dapat memberikan kemudahan-kemudahan :

  1. Mengembangkan kapasitas kita untuk mengingat fakta-fakta, detail-detail, dan “hal-hal yang harus dilakukan”.
  2. Dengan mudah mengingat daftar nama-nama, nomor-nomor dan hal-hal lain.
  3. Mengingat nama-nama orang yang kita kenal

Melaju Dengan Kekuatan Membaca.
Melaju dengan kecepatan membaca mensuport kita dalam :

  1. Mengembangkan kecepatan membaca kita secara dramatis
  2. Meningkatkan pemahaman dan daya ingat
  3. Menambah perbendaharaan kata dan menambah bank data kita
  4. Menghabiskan sedikit waktu untuk membaca sehingga kita dapat mengerjakan hal-hal lain

Berfikir Logis dan Berfikir Kreatif.
Berfikir logis dan kreatif dapat mendorong kita untuk :

  1. Memaksimumkan proses-proses pemecahan masalah secara kreatif.
  2. Membiarkan otak kanan kita bekerja pada situasi-situasi yang menantang.
  3. Memahami peran paradigma pribadi dalam proses-proses kreatif.
  4. Mempelajari bagaimana curah gagasan dapat memberikan pemecahan inovatif bagi berbagai masalah

Menemukan keberhasilan dalam berfikir tentang hasil
Demikianlah gambaran quantum learning yang dapat mengubah “learning is not fun” menjadi “learning is fun”, mengubah pendidikan yang tadinya penjara menjadi taman bunga yang indah.
Quantum learning ini akan lebih efektif apabila disertai political will pemerintah dibidang pendidikan dengan memberikan keluasaan yang sebenar-benarnya kepada sekolah, guru dan murid untuk berkreasi dan berinovasi.
Tanpa ini Quantum Learning tidak akan tumbuh subur seperti yang ingingkan. School base management bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi keterpurukan sistem pendidikan nasional.

KEPUSTAKAAN
Andrian Harefa. Menjadi Manusia Pembelajar , Kompas, Jakarta, 2000.
Taufik Baharudin. Brain Inware Management, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001

 

Iklan