KELINCI FLAMBOYAN

  KELINCI  flamboyan, yang mana cerita menerapkan makna tentang dunia marketing yang inti dari cerita adalah kerja sama antara kelinci dan macan.

Dengan adanya kerja sama tersebut, masing-masing mendapatkan keuntungan. Yaitu kelinci tidak perlu menghindari terkaman binatang buas dan macan tidak perlu berburu, karena telah disediakan oleh kelinci. Hal ini dijelaskan karena banyak orang yang ingin menjual suatu produk seorang diri dan tidak mau berkerja sama dengan orang lain. Seperti halnya yang terjadi pada marketing dalam bisnis multi level marketing (MLM) dan jasa asuransi, sama-sama memiliki satu kelemahan yang sama, yaitu mereka menganggap bahwa produk mereka lebih bagus dan merasa mempu menjual tanpa bantuan siapapun. Mereka tidak sadar bahwa sebetulnya ada begitu banyak kerjasama yang bisa dilakukan tanpa harus seseorang menjadi nasabah atau agen dari perusahaan tersebut.

Dan betapa indahnya jika bekerja sama dengan agen asuransi. Fakta membuktikan bahwa ada banyak orang yang lebih nyaman dan percaya mendapatkan penjelasan tentang asuransi dari seorang penulis yang independen daripada dari seorang agen asuransi. Hal ini dikarenakan penjelasan dari pihak asuransi kurang bekerja sama.

Hal yang sama juga terjadi pada multi level marketing, mereka menganggap bahwa system pemasaran MLM adalah sebuah jimat yang hanya boleh dijalankan dan tidak boleh diotak-atik. Padahal saat ini internet berkembang dengan pesatnya. Alangkah baiknya jika system MLM digabungkan dengan internet sehingga bisa menjalankan MLM tanpa harus  kehilangan waktu dan energi.

Pembahasan diatas dapat menjadi cerminan bahwa dunia ini begitu kompleks dan beragam, dipenuhi dengan begitu banyak pihak  yang memilki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Akan selalu terbuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain demi keuntungan bersama.Kita sebagai marketer adalah memikirkan apa yang menjadi keunggulan dibidangnya, dimana bidang tersebut bisa kita padukan dalam sebuah kerja sama yang saling menguntungkan. Jika hal itu dapat dilakukan, bisa dipastikan kita akan mencapai penjualan yang jauh lebih memuaskan namun dengan upaya yang jauh lebih ringan.

    THE POWER OF FACEBOOK    

Saat ini hampir semua orang  mengunakan  intenet, memiliki dan membuka akun facebook (FB) setiap hari. Dan facebook sendiri merupakan sesuatu yang fenomenal dimana perkembangannya sangat pesat, penggunanya dari anak-anak hingga lanjut usia. Hal ini sangat menguntungkan karena dengan mempunyai banyak teman di facebook, kita juga dapat menawarkan produk yang kita jual kepada mereka. Untuk lebih menarik perhatian mereka, kita bisa memberikan harga teman alias harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan.

Pelaksanan bisnis dengan facebook yaitu dengan memanfaatkan sarana yang tersedia seperti dengan menggunakan media gambar kepada teman , membuat catatan khusus, undangan group dan banyak hal lainnya.

Meskipun facebook dapat digunakan sebagai sarana marketing, tetapi kita tetap harus ingat fungsi terbuat Facebook itu sendiri sebagai social networking, sehingga ada beberapa kaidah yang harus kita jaga. Bahasa yang santun dalam penggunaan dan penanaman kepercayaan juga bersifat tidak memaksa. Jika hal tersebut tidak dilakukan hanya akan merugikan diri sendiri, karena akun kita bisa diblokir.

Mulai sekarang lihatlah facebook dari kacamata yang lebih brilliant dan manfaatkan facebook dengan bijaksana untuk mendukung upaya marketing yang sedang dilakukan.

VIRAL MARKETING

Email merupakan sarana social secara electronic yang multifungsi, dengan email kita dapat mengirim gambar atau foto, cerita dan data-data yang kita ingin kirimkan atau yang teman kita kirimkan. Dalam email sering terjadi dimana sang penbuat email hanya melakukan pengiriman sekali saja, pada awalnya, tetapi email tersebut berjalan dengan sendirinya dari satu mailbox ke mailbox lainnya.

Proses tersebarnya email tanpa campur tangan pembuatnya tersebut dikenal dengan istilah viral marketing. Dimana kita dapat menjual sesuatu dengan membuat sebuah article yang bermakna dan menarik perhatian.

Jika kita ingin menjual produk berupa suplemen makanan  kesehatan, maka buatlah artikel yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Artikel yang kita buat harus sesuai dengan produk yang akan kita jual, sehingga membuat pembaca berminat

MENCARI RELASI

Dalam rutinitas harian kita banyak bertemu dengan banyak orang dan jika kita ingin membuka suatu  komunikasi, hal pertama kali yang dilakukan adalah dengan senyuman baru anda menyapa tetapi, bagaimana jadinya jika tidak ada senyuman dalam perbincangan, hal yang mungkin terjadi adalah komunikasi hanya akan berlangsung sebentar saja.

Mengapa diluar sana banyak orang yang enggan tersenyum  pada orang lain, hal ini dikarenakan banyak orang yang takut dianggap sok dekat atau mempunyai motif jahat dengan pura-pura baik. Dalam bab ini dibahas kiat-kiat untuk memulai suatu pertemanan dengan orang yang belum pernah kita kenal

1. senyum dan menyapa lebih dulu dan tanyakan sesuatu yang pasti bisa dijawab.

2. memiliki kartu nama

3. berbicaralah mengenai kehidupan sehari-hari seperti kita sedang menguliti bawang

Jika kita dan teman baru tersebut sama-sama merasakan kecocokan ketika berbincang-bincang pada kesempatan perdana tersebut maka biasanya kita bisa melanjutkan untukberbincang-bincang pada kesempatan yang berbeda dengan status benar-benar sudah menjadi teman atau relasi.

Semakin kita kenal lebih dalam maka pada akhirnya pasti kita akan melakukan pertukaran informasi dan peluang termasuk membicarakan produk yang menjadi bisnis kita

 INGAT ..INGAT…

Pada saat kita membeli suatu benda yang harga cukup mahal, biasanya kita selalu dilayani oleh satu sales. Tapi apakah kita ingat siapa nama sales tersebut. Kebanyakan orang tidak pernah mengingat siapa yang melayani kita ketika waktu membeli mobil, motor atau barang- barang yang lain. Mengapa hal ini dapat terjadi? Bukankah waktu  transaksi masuk tahap negosiasi, sering kali kita berhubungan sangat intensif dengan mereka?

Jika hal ini terjadi, itu bukanlah kesalah kita, melainkan kesalahan mereka. Kita adalah konsumen, sudah seharusnya merekalah yang harus berusaha melakukan banyak hal supaya kita dapat meningat mereka.

Dalam marketing agar hal tersebut tidak terjadi maka kita harus selalu mengingat eksistensi kita pada  mereka. Kita harus memelihara komunikasi dan hubungan dengan teman-teman kita. Hal ini guna agar konsumen setelah membeli produk yang kita tawarkan selalu ingat dengan kita, dan jika sewaktu-waktu konsumen membutuhkan bantuan orang pertama yang ingat adalah kita.

Tenaga penjual yang brilliant harus melakukan terobosan. Kita harus tetap membangun dan memelihara hubungan pertemanan dengan siapapun baik dengan klien besar maupun kecil, baik sebelum transaksi terjadi atau setelah transaki .

Kita harus selalu melakukan segala upaya untuk memberitahukan kepada teman-teman kita, siapapun itu bahwa kita masih hidup, masih eksis, dan masih menjalin hubungan pertemanan, baik melalui telepon, sms, update status pada akun facebook ataupun melalui via email.

SOFT SELLING

Soft selling atau yang disebut penjualan yang tidak memaksa. Siapapun ingin mencari teman bukan mencari penjual. Jadi jangan pernah menjadikan seseorang sebagai target pemasaran anda sehingga anda bersedia melakukan apa saja sampai terjadi transaksi.

Ketika kita menjadikan seseorang target pemasaran maka dengan sendirinya orang tersebut akan membangun sebuah tembok untuk komunikasi lebih lanjut dengan kita. Dinding pemisah yang sangat tinggi akan diciptakan oleh orang tersebut sehingga orang tersebut akan berusaha selalu menghindar dari kita.

Sebagai tenaga marketing yang brilliant kita harus melakukan penjualan secara lembut alias soft selling. Seperti kita berusaha menjelaskan dengan baik dan bersahabat kepada calon klien kita sehingga mereka merasa nyaman untuk bertanya banyak hal karena merasa tidak ada paksaan atau ikatan harus terjadi transaksi.

Semangat dan kerja keras kita harus diterapkan pada tempat yang benar yaitu kita harus selalu semangat dan bekerja keras untuk menawarkan produk kita pada orang yang berbeda, dan setiap kali ada penolakan segeralah bertindak untuk menawarkan produk kita kepada orang yang lain lagi.

Soft selling terbukti tetap bisa menciptakan transaksi secara efektif dan juga menciptakan suasana pertemanan yang sangat hangat dan langgeng.

 MEDIA IKLAN

Iklan adalah jawaban bagaimana caranya supaya bukan kita yang mencari klien tetapi klienlah yang mencari kita untuk mendapatkan informasi produk dan melakukan transaksi. Untuk media sendiri bisa melalui iklan radio, televisi, plakat, brosur maupun media internet.

Media iklan bisa dibilang berhasil ketika orang sudah bersedia menghubungi kita untuk menanyakan produk yang kita pasarkan. setelah itu mulailah memikirkan berbagai kreatifitas dalam iklan sehingga minat konsumen bertambah, seperti saat ini media ini sangat berkembang pesat dengan berbagai macam kreasi iklan yang menarik.

Memang jika dihitung biaya iklan terbilang mahal tetapi, jika kita kalkulasikan lagi biaya iklan di kali kan dengan jumlah audience yang menonton, hal itu terbilang tidak terlalu mahal dan tanpa harus menanggung malu karena mendapatkan penolakan dari banyak orang.

Saat ini media iklan melalui internet sudah berkembang dengan begitu cepat dan murah. Kita harus sigap dalam memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk mendukung apa yang sedang kita kerjakan termasuk upaya penjualan yang kita lakukan setiap hari.

 MELAYANI

Salah satu kelemahan yang sering dipelihara oleh begitu banyak tenaga pemasaran adalah tidak bersedia melayani konsumennya setelah transaksi berhasil dilakukan.

Inti dari bab ini adalah tentang bagaimana kita harus melayani klien kita, nasabah, konsumen kita setelah melakukan pembelian. Pelayanan tersebut bisa dilakukan dengan banyak hal, apapun produk yang kita jual, kita harus berusaah untuk bisa melayani konsumen dengan sepenuh hati.

Tenaga pemasaran yang brilliant adalah apapun keluhan konsumen kita harus terima lebih dahulu dan dibahas dengan kepala dingin. Meletakkan permasalahan diatas meja. Dengan demikian kita bisa melihat dari atas dan bisa menemukan jalan keluarnya yang menguntungkan semua pihak.

Jangan pernah meremhkan keluhan yang disampaikan oleh seorang konsumen. Jika konsumen mengeluh tentang suatu produk maka mereka akan lebih mudah menceritakannya kepada sekian banyak orang stsu temen-temannya tentang keburukan produk. Hal ini akan merugikan perusahaan itu sendiri.

Pelayanan yang baik juga membuat citra atau image perusahaan baik, maju dan berkembang. Perusahaan yang brilliant dapat meyakinkan para calon pembeli dengan qualitas produk yang ditawarkan.

 SMART COMMUNICATION

Dalam dunia marketing yang harus kita terapkan adalah berkomunikasi dengan klien, saat ini ada banyak tenaga penjual yang hanya memfokuskan diri untuk menguasai produk yang dijualnya tanpa mau mengetahui apa yang sesungguhnya dihargai oleh calon kliennya.

Berkomunikasi yang baik yaitu dengan kita mengetahui apa yang dihargai oleh orang lain. Karena biasanya kita mudah berkomunikasi dengan orang baru ketika memiliki kesamaan dalam hal apa yang dihargai dalam hidup ini.

Perbedaaan penggunaan bahasa bisa menhasilkan hubungan pertemanan yang berbeda. Tidak ada salahnya kita selalu mencoba untuk mencari tahu berbagai macam bahasa terutama berkaitan dengan kata-kata yang bisa membuat seseorang merasa terhormat

Menciptakan suasana yang menarik dan hangat dalam setiap pembicaraan yang kita lakukan. Kita juga harus bijaksana, sesuatu yang hangat belum tentu menarik, demikian juga sesuatu yang menarik belum tentu hangat. Kita harus pintar-pintar memilih tema pembicaraan.

Jika sudah lebih dulu mengawali sebuah komunikasi dengan sangat indah maka biasanya pada tahap selanjutnya justru bisa berdiskusi mengenai produk yang dipasarkan. Ingat pada saat itu terjadi jangan menjadikan kawan bicara kita sebagai satu-satunya target penjualan. Biarkan semuanya mengalir sehingga suatu saat justru dialah yang meninginkan sebuah transaksi dilaksanakan.

 TEMBAK GAJAH

Dalam pemasaran sebuah produk harus disesuaikan dengan target pasar  atau segmen pasar yang dituju. Menembak gajah bisa diartikan dalam hal besar kecilnya transaksi. Atau lebih jelasnya adalah berkonsentrasi untuk menciptakan sebuah transaksi dengan klien besar atau transaksi dengan nominal besar.

Hal ini dilakukan guna memperkecil resiko dan tingkat keberhasilan. Oleh karena itu penting untuk dipikirkan memilih apakah mau menjual produk kepada besar atau kecil. Jika produk yag dijual tidak membutuhkan pelayanan lanjutan maka kita bisa memilih untuk membidik segmen kelas. Contoh, jika menjual produk investasi, fokuskan untuk menawarkan produk tersebut hanya pada orang yang menutut perkiraan sudah memiliki property lebih dari satu.

BERBAGI KOMISI

Ini adalah sebuah tips brilliant namun masih sedikit yang memakai ini untuk pemasaran. Karena masih banyak pemikiran bahwa dengan berbagi komisi akan memperkecil penghasilan. Berbagi komisi yaitu dengan mencari partner kerja dengan system berbagi komisi jika transaksi berhasil.

Hal ini banyak dilakukan untuk perusahaan bersifat multi level marketing,asuransi dan perusahaan jasa lainnya.  Dimana untuk pembagian komisi berbeda, tergantung dari besar kecilnya transaksi. Makin besar transaksi, makin besar juga komisi yang didapatkan.

Dalam pemasaran berbagi komisi dapat membuat jaringan bertambah sehingga menambah dapat menambah jumlah klien. Hal ini bisa yang membuat bisnis berkembang, tetapi kelemahan dari system ini adalah jika jaringan kurang kreatif dalam berpromosi dapat meruntung jaringan itu sendiri.

Oleh karena itu sebagai owner harus selalu memberikan spirit, dukungan dan kerjasama yang baik untuk mempererat dan meningkatkan jaringan itu sendiri. Dan memberikan komisi yang layak bagi jaringan dan member sesuai dengan upaya promosi yang dilakukannya.

Jadi sekarang, jika kita ingin menjual suatu produk, tidak ada salahnya kita berpikir berapa persen dari komisi kita yang siap untuk kita bagikan kepada mitra kita.

 LOMADA SELLING

Pada umumnya pemikiran orang barat adalah menganjurkan untuk focus dalam hal apapun juga. Seperti daripada kita menjual banyak barang akan lebih baik jika kita menjual satu barang kepada banyak orang. Hal ini tidak salah dan memang terbukti berhasil membawa seseorang kepada kesuksesan.

Ingat bahwa kesuksesan seorang penjual adalah ketika bisa mmenuhi apa yang konsumen butuhkan. Focus untuk melakukan penjualan hanya pada satu produk yang kita kuasai. Tetapi yang jauh lebih baik jika kita tidak menutup peluang lain yang mungkin dibutuhkan oleh orang lain.

Prinsip dari lomada selling ini adalah apapun barang yang dibutuhkan akan diusahakan. Hal ini sangat bermanfaat karena jika ada konsumen yang merasa apa yang dibutuhkan dapat didapatkan dari apa yang kita jual, maka otomatis konsumen tersebut akan mempromosikan dari mulut ke mulut. Ketika mereka tertarik maka kita bisa merekomendasikan kepada teman-temannya. Kita pun bisa menjadi semakin dipercaya klien. Kelak jika suatu saat mereka membutuhkan informasi mengenai hal baru, kita akan menjadi orang pertama yang akan dihubungi.

 SITUS PRIBADI

Cara terbaik untuk memperkenalkan diri dan kualitas kita melalui media internet, yaitu dengan membuat alamat situs pribadi atau website pribadi yang akan mengungkapkan siapa diri kita dan kualitas kita.

Website pribadi kita tersebut bisa berupa blog. Dengan memanfaatkan blog maka kita bisa menulis apapun juga seperti article dan kemudian dipostingkan kedalam blog. Artikel bisa berupa pertanyaan yang sering kali diajukan kepada kita atau pandangan serta pemikiran kita terhadap sebuah ide yang berkaitan dengan produk yang kita pasarkan.

Dengan begitu diharapkan, seseorang yang membuka situs kita akan mendapatkan informasi yang sangat memuaskan tentang produk yang kita pasarkan dan juga tentang seberapa cakapnya kita melakukan proses transaksi. Dan tuliskan  alamat blog pada kartu nama, sehingga selain alamat website perusahaan, pemegang kartu nama kita juga bisa mengunjungi alamat blog kita.

Sebagai tenaga pemasaran yang professional maka ketika berada pada ruang publik tentu kita harus menjaga image yang menempel pada diri kita. Seperti facebook saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu ruang public, jadi alangkah baiknya jika kita tetap berlaku wajar dan sopan ketika menuliskan sesuatu pada dinding facebook.

Manfaatkanlah semua sarana yang ada secara bijaksana dan jangan pernah berhenti belajar sebelum kita berhenti bernafas.