Siapa sech yang tidak tau iPhone? Tapi pasti banyak yang belum tau keadaan pabrik iPhone Foxconn ini di China. Mari lihat yuk pabrik iPhone tersebut di China. Pabrik ini dikhabarkan sedang dalam keadaan krisis karena banyaknya buruh pabriknya yang melakukan bunuh diri karena situasi dan kondisi di pabrik yang dianggap sangat stress dan memeras serta berlebihan. Pada tahun ini sampai bulan Mei kermain tercatat sudah 13 orang yang melakukan bunuh diri karena stress di tempat kerja.


Khabar terakhir bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menaikkan gaji mereka dua kali lipat. Dengan demikian maka berarti biaya operasional iPhone pasti akan bertambah. Ditambah lagi ada khabar bahwa China akan menaikkan nilai mata uang nya sekitar 40%. Maka bisa dihitung sendiri berapa potensi kenaikkan harga barang-barang yang diimpor dari China ya.


Penasaran seperti apa seh pabrik yang situasi nya keras tersebut. Kalau dilihat dari gambar sech kelihatan nya biasa-biasa saja. Tetapi mungkin mereka dituntut untuk lebih teliti karena quality control dari negara barat khan lebih ketat.


Dibawah ini adalah foto-foto Pabrik iPhone.


















iPhone Factory



iPhone Factory



iPhone Factory



iPhone Factory






Dan ini adalah saat buruh pabrik melancarkan demo akibat banyaknya buruh yang mati bunuh diri karena parahnya situasi di tempat kerja


Tiga dalam satu keluarga (dua orang tua dan satu anak) bunuh diri karena stress di Foxconn


Para buruh yang sedang demo menantang keadaan keras di tempat kerja



Terry Gou, chairman dari Foxconn’s induk Hon Hai Precision, mengatakan bahwa 1.5 juta meter kubik jalan/net akan dipasang di pabrik untuk mencegah buruhnya bunuh diri dengan cara melompat dari gedung.




Ini bonus nya gan, hanya sebagai hiburan


Pekerja pabrik cewek  yang cute banget

iPhone Factory



iPhone Factory



iPhone Factory

Iklan