Sedikit tips nih untuk para seller Kayaknya sekarang ini barang import dari china sedang membanjiri pasar di indonesia mungkin juga di dunia karena setahu saya barang barang yang dijual di amerika pun kebanyakan made in china mungkin karena harga yang sangat gila-gilaan murahnya itu mangkanya jadi laku keras.Saya sebetulnya baru juga didalam bisnis import ini,mungkin pengalaman saya juga tidak begitu banyak dibandingkan dengan para seller senior yang sudah ahli didalam masalah import barang.But karena saya merasa newbie dan saya melihat banyak juga newbie di multiply,saya akan share aja tips saya ini. Berikut Tipsnya:

  1. Lakukan research terlebih dahulu didalam mencari supplier, jangan tergoda dengan supplier yang memberikan janji janji manis.
  2. Untuk berbelanja lebih aman saya menyarankan sis or bro berbelanja melalui situs situs yang sudah terbukti dapat dipercaya ex: dhgate,alibaba,taobao (untuk taobao sebaiknya sis or bro fasih lisan dan tulisan mandarin ya karena tidak ada versi bahasa inggrisnya dan agak ribet juga rata-rata sellernya nggak bisa bahasa inggris,kalau mau pakai taobao agent kena biaya komisi…so pikir pikir dulu deh)
  3. Tanyakan secara detail apa produk yang kita akan beli benar benar asli atau copy brand,karena kebanyakan produk produk china adalah copy brand.Dan pastikan kualitas produk sama dengan seperti yang digambar ( dalam hal ini saya sarankan agar benar benar berhati hati,karena sering sekali produk yang kita terima sangat buruk kualitasnya/tidak sesuai dengan gambar)
  4. Lihat status supplier tersebut dan lihat komentar dari para buyer terdahulu,karena status supplier yang baik akan mendapat rank yang baik dan isi komentar dari para buyer positif.
  5. Untuk metode pembayaran sebaiknya sis siapkan Paypal dan Kartu Kredit karena kebanyakan seller dari china lebih memilih metode pembayaran tersebut.
  6. Pastikan Transaksi dilindungi oleh Buyer Protection,karena jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan,seperti misalnya:barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dibeli,atau barang tidak kita terima.Maka kita bisa mengajukan claim dan 100% uang pasti kembali.
  7. Pastikan sis or bro sudah mengetahui masalah bea cukai dan pajak yang berlaku di Indonesia,karena boleh saja sis or bro membeli barang dengan harga murah.akan tetapi setibanya disini dan dikenakan bea cukai maka nilai barang tersebut akan menjadi sangat mahal.
Ok itu sedikit tip dari saya,jika sis or bro ingin bertanya tanya mengenai import barang dan yang lainnya,silahkan PM saya.Saya akan dengan senang hati membantu 🙂
Iklan