Oleh : Rifa Nadia Nurfuadah 

Tanri Abeng. (Foto: Koran SI)

JAKARTA – Sekira dua ratus pelajar sekolah menengah umum (SMU) dan yang sederajat berdialog dengan mantan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Tanri Abeng. Para pelajar dari seluruh Indonesia ini merupakan peserta Forum Pelajar Indonesia II.

Pada kesempatan ini, Tanri berbagi cerita suksesnya memimpin berbagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional.

“Kunci utama menggapai sukses dalam bidang apapun adalah motivasi,” papar pria yang dijuluki Manajer Satu Miliar ini, di Auditorium Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta, Selasa (6/7/2010).

Menurut Tanri, dengan motivasi, seseorang bisa melakukan berbagai hal yang mustahil sekalipun. Dia mencontohkan, pada usia 29 tahun dia sudah diangkat menjadi direktur keuangan sebuah perusahaan multinasional.

Saat itu, untuk mencapai jabatan tersebut, seseorang harus memiliki pengalaman kerja minimal 30 tahun, sementara dia baru bekerja di bidang keuangan selama tiga tahun.

“Waktu itu, bos saya yang berkebangsaan Inggris berhalangan. Dengan motivasi dan tekad yang kuat, saya mengambil alih semua tugasnya. Dengan demikian, saya membuktikan saya bisa memenuhi tanggung jawab besar,” jelas bungsu dari lima bersaudara ini.

Peserta dialog terlihat antusias mengikuti acara. Salah satu peserta bertanya bagaimana membangkitkan kembali motivasi setelah mengalami kejatuhan.

“Intinya, dari awal kita harus siap dengan segala risiko dalam semua pekerjaan. Jadi, ketika kita mengalami kegagalan, kita akan mampu bangkit dengan cepat,” jawab Tanri.

Dia juga mengingatkan, kesalahan akan menjadi sebuah kerugian jika kita tidak belajar dari kesalahan tersebut.

Selain motivasi, Tanri menekankan pentingnya mengatur waktu dengan baik, salah satunya dengan membuat perencanaan. Dengan perencanaan, kita bisa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul.

“Waktu adalah kekayaan yang paling mahal yang harus kita atur sebaik-baiknya. Jika kita mengatur waktu dengan baik, maka kita akan menjadi pribadi yang efektif,” pungkasnya.

 

Sumber : http://kampus.okezone.com