BAGI Anda yang mempunyai bisnis yang menawarkan produk atau jasa dengan pembelian secara kredit/cicilan, Anda bisa mempraktikkan jurus ”Ada,Bisa,Boleh” supaya semakin banyak calon konsumen atau konsumen Anda yang tertarik dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

New Folger BPR

New Folger BPR (Photo credit: neptunecanada)

Sebagai contoh,misalkan Anda bergerak dalam bank perkreditan rakyat (BPR) yang menawarkan kredit motor. Setelah Anda mengadakan suatu penawaran/promosi kredit motor, maka saat calon konsumen datang tentu akan diajukan sejumlah pertanyaan. Jika tiba-tiba ada calon konsumen yang menanyakan, ”Apakah syarat kreditnya harus mengambil waktu cicilan selama dua tahun? Dan apakah uang mukanya harus Rp2 juta? Kalau saya hanya memberikan uang muka Rp1 juta, bisa atau tidak?”

Maka, karyawan kita yang menangani hal tersebut harus dilatih agar cepat menjawab, ”Bisa!”Tetapi tentunya diikuti perubahan persyaratan,seperti waktu peminjamannya mundur menjadi tiga tahun. Sedangkan jika ada yang menanyakan, ”Kalau tidak pakai uang muka, boleh tidak?” Maka,pertanyaan itu harus segera dijawab, ”Boleh! Namun kalau tidak memakai uang muka, maka tidak bisa memakai cicilan uang harian. Caranya,Anda bisa mengangsur 12 kali dan setiap bulannya mencicil Rp1 juta, bisa kan, Pak?

Jika bisa,cukup dengan membayar angsuran pertama sebesar Rp1 juta, sepeda motor boleh dibawa pulang.” Tapi jika calon konsumen itu menjawab, ”Wah, tetapi saat ini saya belum punya uangnya.” Kita harus bisa memberikan alternatif, misalnya seperti ini,”Tetapi Bapak nantinya bisa mengangsur Rp1 juta setiap bulan, kan? Kalau memang bisa, silakan Bapak tanda tangani formulir ini lebih dulu agar ketika nanti Bapak membayar angsuran pertamanya, sepeda motor akan segera kami kirim.”

Apabila ada calon konsumen yang mempunyai perhitungan sangat mendetail bertanya, ”Bunganya 38% ya? Wah,menurut saya ini terlalu tinggi.” Memang, sebenarnya dengan 12% pun sudah untung. Namun,pihak BPR harus mempertimbangkan penambahan biaya yang cukup besar untuk membayar para karyawan yang ditugaskan untuk melakukan penarikan cicilan per harinya beserta biaya-biaya teknis lainnya.

Dengan demikian, jika masih ada orang yang bertanya, ”Saya tidak mau bunganya terlalu tinggi,saya mau yang bunga yang rendah.Apa ada?”Pertanyaan itu harus segera dijawab,”Ada.” Namun, kita tidak perlu memberitahukan kepada semua orang kalau penawaran seperti itu memang ada. Pertanyaan tersebut bisa dijawab demikian,”Ada,Pak, bunga yang rendah, yaitu 12%.

Jika dibandingkan dengan bankbank swasta lainnya, itu merupakan bunga termurah di seluruh Indonesia, tapi cicilannya harus per bulan dengan uang muka tertentu.” Sebuah BPR telah mempraktikkan jurus tersebut. Ternyata dari program penawaran seperti itu, 95% orang bersedia mengambil program cicilan Rp19.900 per harinya.Hanya 2,5% di antaranya ingin mengambil kredit sepeda motornya tanpa uang muka, sedangkan 2,5% lainnya mengambil dengan perhitungan bunga yang lebih murah.

Dengan sistem seperti itu,kita tidak perlu melakukan persaingan harga secara habis-habisan untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, jurus ”Ada, Bisa,Boleh”tersebut bisa anda modifikasi sesuai dengan bidang usaha Anda. Berikan beberapa alternatif kemudahan bagi para calon konsumen atau konsumen Anda untuk mendapatkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Saya yakin, jika Anda mempraktikkan dan terus mengukur tingkat efektivitasnya, maka jurus ini akan mampu membantu Anda dalam peningkatan program marketing Anda.Selamat mencoba! Dan jika Anda mempunyai kisah kesuksesan karena telah membaca dan mempraktikkan ilmu yang saya ajarkan dalam bukubuku saya atau karena hasil mengikuti seminar- seminar saya,segera kirim cerita kesuksesan Anda ke: tungdw@dahsyat.com.Untuk kisah sukses yang inspirasional akan saya tampilkan di buku saya selanjutnya.

Dan ini merupakan kesempatan emas Anda pula untuk sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda sudah membeli buku Marketing Revolution saya di tokotoko buku terdekat? Jangan sampai kehabisan dan jangan sampai kompetitor Anda terlebih dahulu memiliki buku tentang revolusi pemasaran yang sangat dahsyat ini.Dengan bonus spesial: 5.CDAudio ”Marketing Revolution” Series: (senilai Rp320.000). – Bagaimana Menjual Produk dan Jasa Anda dalam 3 Detik/ Kurang. – Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk dan Jasa hingga 31.000% tanpa biaya tambahan. – Teknik Monitoring yang Dahsyat untuk Meningkatkan Produktivitas. – Rahasia 12 Pilar Marketing Revolution. – FokusMarketingRevolutionyang Meningkatkan Penjualan Anda 2.000% Kurang dari 6 Bulan.

Beli sekarang juga, atau hubungi: 021-5476677 untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Untuk Informasi buku Marketing Revolution, Financial Revolution, CD, VCD dan seminar atau pelatihan yang saya adakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan Anda, bisa menghubungi nomor telelpon: 021-5476677 (hunting) atau SMS ke 0811-163- 873 atau klik: http://www.dahsyat.com.
(Koran SI/Koran SI/ade)

Iklan