MK 210 Manajemen Pemasaran

  1. Identitas Mata Kuliah
  • Nama mata kuliah              :  Industrial Marketing
  • Nomor kode                         : 
  • Jumlah SKS                           :  2
  • Semester                                :  6
  • Kelompok mata kuliah     :  MKKPS
  • Program studi/Program  :  B. Inggeris-B. Jepang/S1
  • Status mata kuliah              :  Matakuliah umum
  • Prasyarat                                :  –    
  • Dosen                                       :  Ahmad Kurnia, SPd,MM
  • Hari/Tgl Kuliah                    :  Selasa & Jumat
  1. Tujuan

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mengetahui dan mampu mengungkapkan problema pemasaran. Marketing mix yang digunakan dalam mengantisipasi siklus kehidupan produk serta dapat menganalisa service pemasaran dan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam marketing global serta mampu menrapkan dalam pemasaran jasa pendidikan dan bisnis personal.

  1. Deskripsi isi   

Mata kuliah ini membahas Aspek kehidupan perekonomian baik secara makro maupun mikro yang meliputi ruang lingkup serta evolusi Manajemen Pemasaran dengan berbagai konsepnyadalam memasarkan berbagai kelompok komoditi dan jasa. Mahasiswa mengetahui dan mampu mengungkapkan problema pemasaran.  Marketing mix yang digunakan dalam mengantisipasi siklus kehidupan produk serta dapat menganalisa service pemasaran dan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam marketing global.

  1. Pendekatan Pembelajaran

Ekspositori dan Inkuiri

  • Metode      : Ceramah, Diskusi,Tanya jawab, Penugasan
  • Tugas         :  Makalah, Penyajian
  • Media        :  Whiteboard, OHP, Spidol, Brosur
  1. Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :

  • Partisipasi kegiatan kelas
  • Pembuatan tugas
  • Kuis, UTS dan UAS
  1. Rincian Materi Perkualiahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1    : Hakikat & Perkembangan pemasaran : Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Metode, evolusi dan Peran Penting Pemasaran

Pertemuan 2    :  Hakikat & Perkembangan pemasaran : konsep permintaan, orientasi pemasaran, Kualitas, Layanan, Nilai

Pertemuan 3    :  konsep pemasaran (1): kebijaksanaan harga & promosi pemasaran

Pertemuan 4    :  konsep pemasaran (2) : pengembangan produk, packing & brand

Pertemuan 5    :  konsep pemasaran (3) : Salesmanshif

Pertemuan 6    :  Konsep Pasar dan lokasi pemasaran : Pasar Bisnis, saluran pemasaran, marketing online.

Pertemuan 7    : Psikologi Pemasaran : Perilaku Pembelian, motive pembelian, keputusan pembelian dan konsumerisme.

Pertemuan 8    :  UTS

Pertemuan 9    :  Strategi pemasaran (1) : Definisi, STV triangle, segmentasi Pasar, Differensiasi pasar

Pertemuan 10  :  Strategi pemasaran (2) : Analisis ancaman pasar, marketing mix dan strategi menetapkan Pasar Sasaran.

Pertemuan 11  :  Pemasaran Jasa : Definisi,Ruang lingkup,dan strategi ramuan pemasaran jasa.

Pertemuan 12  :  Riset dan Informasi pasar : pengukuran dan ramalan pasar, sistem informasi pasar dan riset pasar.

Pertemuan 13  :  Komunikasi pemasaran : mengorganisasi penjualan, humas, periklanan.

Pertemuan 14  :  Aplikasi pemasaran produk (desain blog, desain iklan dan company profile)

Pertemuan 15  :  Aplikasi pemasaran Jasa (Jasa Pendidikan, jasa interpreter, jasa pariwisata, jasa travel, broadcasting dan writter periklanan)

Pertemuan 16  :  UAS

  1. Daftar Buku

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium.

Kotler, Philip, Bloom, Paul N. 2008. Teknik dan startegi memasarkan profesional, Intermedia, Jakarta

Alma, Buchari, Prof.Dr. 2010. Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa, Alfabeta : Bandung.