Mungkin Anda pernah mendengar Rational Marketing, Emotional Marketing, Spiritual Marketing. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang masih bingung atau malah mempertentangkan pengertian–pengertian tersebut.

Bagi saya, alangkah lebih baik jika ketiganya (Rational, Emotional,dan Spiritual Marketing) bukan dipertentangkan, namun justru bisa disinergi-kan– bisa dipadupadankan, sehingga mampu menghasilkan pemasaran yang lebih optimal dan memberikan manfaat yang lebih positif bagi para konsumen atau pelanggan. Rational marketing lebih sering diartikan sebagai conventional marketing.

Biasanya seseorang membeli berdasarkan pertimbangan logika atau rasionya. Dan setelah secara rasional orang mau, tertarik dan membeli produk atau jasa kita, tahap selanjutnya kita juga harus mampu memberikan sesuatu yang menyentuh emosi mereka. Salah satu tujuannya, agar penjualan kita bisa terus berlanjut, bukan hanya dalam waktu singkat.

Di antaranya bisa dengan; menjalin kedekatan, memberikan perhatian secara tulus dan rutin. Para penjual sukses tingkat dunia ternyata banyak menggunakan teknik ini pula,misalnya : ketika konsumennya berulang tahun diberikan kartu ucapan, dan jika memungkinkan diucapkan secara langsung oleh team khusus dari perusahaan. Atau dengan memberikan bingkisan yang terlihat sederhana,namun penuh makna.

Selain kepada konsumen yang bersangkutan, kita juga bisa memberikan perhatian pula kepada orang-orang di sekitarnya yang memiliki kedekatan atau arti tersendiri bagi konsumen (misalnya: anak, pasangan hidup,orang tuanya dan sebagainya).

Di antaranya juga bisa memberikan kado atau bingkisan di hari ulang tahun atau hari pernikahan mereka, sehingga konsumen bukan hanya merasa diperhatikan, namun juga merasa dihargai.

Secara umum, emotional marketing akan berjalan dengan baik jika kita benar–benar mampu mengutamakan kepuasan pengalaman pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa kita.

Ada beberapa hal yang bisa kita terus kembangkan, di antaranya: Kesaksian dari para pengguna produk atau jasa kita. Bisa dalam bentuk testimoni tertulis, lisan ataupun video. Pengembangan social media discussion forum.

Dengan adanya diskusi forum, akan mempermudah dalam interaksi dan komunikasi dengan para pelanggan / konsumen, sehingga kita bisa semakin memberikan yang terbaik pada masa yang akan datang dengan lebih cepat dan efisien.

Berikan berbagai fasilitas yang memudahkan bagi para pelanggan/konsumen kita untuk bisa mendapatkan berbagai akses yang lebih mudah baik mengenai pelayanan konsumen, atau juga berbagai fasilitas lain yang memungkinkan para konsumen dapat mencoba produk atau jasa kita dengan “coba gratis” (baik berupa tester, preview seminar, atau dalam bentuk yang lainnya).

Setelah berhasil memberikan yang terbaik kepada konsumen, baik secara rasional ataupun emosional, selanjutnya kita juga bisa membuat sinergi antara rational,emotional dengan spiritual marketing.

Dalam Spiritual Marketing, di antaranya ; seorang konsumen akan mempertimbangkan apa yang diputuskan, dibeli atau digunakan … juga bisa memberi arti bagi kehidupannya di akhirat nanti. Oleh karena itu,sebagai seorang pebisnis, kita juga harus senantiasa mengembangkan Spiritual Marketing ini.

Jika Anda berminat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin segera bergabung untuk bisa memberikan potensi diri Anda kepada banyak orang yang membutuhkan, silakan segera menghubungi 021–5476677.

Jika Anda masih ingin untuk secara langsung bisa belajar dan praktek dari saya, dengan senang hati saya masih memberikan kesempatan bagi Anda untuk memenangkan : 50 Tiket Seminar Financial Revolution senilai @Rp5 juta. GRATIS !!! Untuk Anda, teman, keluarga, tim, partner Anda.

Di dalam Seminar Financial Revolution,Anda akan belajar dan praktek: Mengubah Money Blueprint, bagaimana uang mengejar kita, bagaimana cara orang kaya mengumpulkan uang ribuan kali dibanding orang biasa dalam waktu yang sama, bagaimana punya peternakan uang, bagaimana memulai usaha tanpa modal, bagaimana memulai usaha dengan kemungkinan berhasil 98 persen, bagaimana bertahan dan terus bertambah kaya dalam keadaan krisis.

*) TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005
 (Koran SI/Koran SI/ade)