Dari sini semuanya bermula, apakah nasehat ini dilakukan atau tidak, pengusaha setuju bahwa tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa passion.

Passion adalah isu emosional. Seperti layaknya bisnis dan penciptaan produk yang akan mempertahankan bisnis harus dimulai dengan apa yang kita ketahui dengan baik.

Pengusaha memiliki gaya bisnis dan pendekatan yang beragam. Masing-masing berdasarkan teknik yang diajarkan oleh lingkungannya yang memungkinkan membuat keputusan dan deviasi.

Namun ada metode umum yang telah teruji di semua bisnis dan tanggapannya terhadap penciptaan produk:

1.Setahap demi setahap. Seperti halnya meciptakan pekerjaan yang aktual, dimulai dengan perencanaan yang sangat hati-hati.

Mulai dan tuliskan. Buatlah rancangan produk yang ada dipikiran anda. Dengan menulisnya anda akan berhadapan langsung dengan ide. Apa yang sebelumnya abstrak menjadi lebih hidup. Anda dapat menambahkan, mengurangi, memperkaya, mempelajarinya dari semua sudut yang memungkinkan, membuat revisi dan alternatif atau terkadang menulis ulang hingga apa yang sebelumnya hanya berupa ide menjadi sebuah bentuk.

2. Gunakan waktu anda dan nikmati rencana anda. Terburu-buru hanya akan menciptakan hasil yang tidak diinginkan.

3. Spesifik – Buatlah kata kunci yang spesifik. Jangan lupa menyertakan daftar pertanyaan berikut. Apakah tujuannya? Rencana apa yang ingin anda raih?

4. Penciptaan produk ditujukan untuk kebutuhan tertentu yang tidak ada dipasar. Jika sebuah produk telah memilikinya, versi anda harus menawarkan sesuatu yang baru sehingga menimbulkan ketertarikan dan memberikan alternatif tertentu yang dapat bertahan lama daripada yang sudah ada. Semakin populer ketersediaan produk, akan semakin baik untuk pengenalan produk anda di pasar dan penerimaannya.

5. Penciptaan produk harus membidik segmen pasar tertentu, yang terbaik adalah mengidentifikasi sebuah produk dengan segmen yang lebih kecil, misal kelompok usia yang ingin anda dapatkan, pria atau wanita, kelas/status konsumen yang anda bidik. Ini akan membantu anda untuk tetap fokus.

6. Jika anda seorang pembelanja, anda akan menemukan bahwa produk baru akan dengan mudah tersesat di hutan belantara produk yang telah ada. Jika anda mengunjungi toko online, anda akan berpikir bahwa semua produk yang tersedia untuk dikonsumsi telah ada di luar sana. Tapi mimpi masih menghantui anda. Anda tahu sesuatu masih bisa dilakukan. Jadi elemen apa saya yang dapat meningkatkan kesempatan produk anda di penentrasi pasar?

7. Mencoba ceruk pemasaran. Ceruk pemasaran adalah menempatkan produk anda pada kategori khusus untuk memenuhi keinginan tertentu. Beberapa strategi yang telah diuji menemukan tempat di hati konsumen, misalnya, produk rendah karbohidrat, rendah kalori, protein tinggi, bebas gula, tanpa lemak, menambah energi, tahan lama, dan sederatan lainnya. Ceruk pemasaran membuat produk anda lebih spesifik bagi orang dengan kebutuhan spesifik.

8. Memberikan nama. Bagian yang sulit telah dilewati. Kini saatnya memberi nama produk anda. Sebuah poin yang perlu dipertimbangkan adalah, kata-kata yang mendatangkan ide. Misalkan disebutkan awan gelap datang, ide yang muncul dalam pikiran adalah angin dingin, hujan, atau bahkan akan datang badai.

Seseorang tidak harus beranjak keluar dan melihatnya. Ide sudah ada disana. Sebaliknya, dengan segera mengambil kata, ide akan kehilangan maknanya. Akan kehilangan identitasnya dan tidak menjadi apapun. Inilah mengapa nama menjadi sangat penting. Begitu juga dengan label serta pengemasan.

Mudah untuk mengingat nama yang pendek adalah hal yang menakjubkan terlebih jika kemasan produk sangat menarik.

Terkadang, tidak peduli apa yang dibilang orang bagus dan dot.com yang atraktif yang menarik trafik produk anda sehingga dapat memperkaya nilai yang diterimanya.

9. Ucapkan lagi. Pengulangan yang konstan. Pengulangan di pikiran. Ini adalah maksud dari pertempuran. Ini sebabnya mengapa firma marketing memperpanjang pemasangan iklan. Bagi beberapa produk, newsletter dan brosur dapat digunakan.

10. Segera Bertindak. Anda telah memiliki semuanya untuk diluncurkan. Channel distribusi telah diputuskan, model distribusi juga telah dipilih. Anda membuat produk anda tersedia, visibel dan kompetitif. Kemudian anda menahan nafas. Pada saat produk dikenalkan, pangsa pasar yang luas akan bereaksi. Ketika hal itu terjadi, daya tahan produk akan tergantung pada seberapa bagus produk anda seperti yang dijanjikan.

Sekarang yang perlu anda khawatirkan adalah keuntungan kompetitif yang anda dapatkan.

Sumber: Joseph Then

 

 

Iklan