China kini mentahtakan dirinya sebagai negara pengekspor barang terbesar di dunia. China berhasil menggeser Jerman untuk pertama kalinya pada semester I-2009.

Menurut data dari World Trade Organization (WTO), ekspor barang-barang dari China mencapai US$ 521,7 miliar selama semester I-2009. Angka itu hanya sedikit di atas nilai ekspor Jerman sebesar US$ 521,6 miliar. “Ini adalah indikasi bahwa dua negara itu sangat sangat dekat,” ujar ekonom WTO seperti diberitakan AFP dan dikutip dari Detik, Rabu (26/8/2009).

Namun ia menegaskan, saat ini terlalu cepat untuk menyebut akan China akan terus bertahan menggeser Jerman pada tahun ini sebagai eksportir terbesar. Ia juga menolak untuk memberikan prediksi.

“Ini tergantung pada sejumlah parameter seperti nilai tukar dan juga pemulihan di sejumlah negara,” tambahnya.

Ekspor dari kedua negara itu sempat melemah dalam beberapa bulan terakhir namun kini sudah menunjukkan pemulihan. Jerman sebelumnya merupakan eksportir barang-barang dan jasa terbesar dunia, namun dalam beberapa tahun terakhir terus dipepet oleh China. Negeri tirai bambu itu ekspornya terus melejit seiring ledakan pertumbuhan ekonomi.

Ekspor China tercatat tumbuh 25% per tahun antara 2000-2007, sementara ekspor Jerman tumbuh pada tingkatan yang lebih lambat yakni hanya 13% per tahun. Namun ekspor sektor Jasa Jerman pada tahun 2007 mencapai US$ 210,8 miliar, atau jauh dibandingkan China yang hanya US$ 121,6 miliar.  (kilasberita.com/asd)

Iklan