Sebuah perusahaan yang ingin maju, tentu saja sebuah perusahaan yang dapat memenangkan persaingan bisnis secara sehat. Menurut saya ada 4 hal yang perlu diperhatikan manajemen untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, yaitu.

1. Sistem Konseptual yang baik

Untuk pengambilan keputusan yang cerdas perlu dibangun sistem konseptual yang baik., selain sistem fisik yang harus ditingkatkan.Dalam sistem konseptual segala informasi tentang sistem fisik dapat dengan mudah dan cepat diketahui manajemen sehingga tepat dalam pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang dibangun Bayangkan jika Anda bekerja dibidang penjualan dan Anda tidak segera tahu berapa jumlah barang yang sisa di gudang untuk jenis tertentu, jenis barang apa saja pada setiap hari Lebaran atau hari Natal pada tahun kemarin yang paling digemari konsumen? Dapatkah Anda memperkirakan jumlah stok yang harus disiapkan pada even yang sama?

 

2. Rantai Nilai Perusahaan harus kuat

Terdapat dua hal penting dalam sistem Rantai Nilai Perusahaan ini. Yaitu Bagaimana Aktifitas Utama dijalankan dan Bagaimana Aktifitas Pendukung melakukan tugasnya?

 

Aktifitas utama adalah mencakup: logistik masuk, pemrosesan, logistik keluar, marketing,pelayanan konsumen purna jual.

Kalau kita melihat bahwa aktifitas utama pada Yayasan Pendidikan ini adalah: Bidang Administrasi, Kelompok Pengajar/Dosen/Instruktur, Asisten Lab, Marketing dll. Pada bagian aktifitas utama ini, saya melihat bahwa bagian marketing adalah sebuah prioritas jika produk atau layanan belum dikenal konsumen secara luas, sebelum membenahi bidang-bidang lainnya.

 

Aktifitas Pendukung mencakup kekuatan insfrastrukur, sdm, pengembangan IT dan Bidang Keuangan (perolehan).

Contoh Aktifitas Pendukung dalam sebuah Perguruan Tinggi misalnya dimana:

Ketua Yayasan sebagai kekuatan untuk membangun infrastuktur dan pengawasan

Bidang SDM sebagai kekuatan dalam hal penyediaan SDM yang bermutu

Bidang IT sebagai kekuatan dalam pengembangan sistem informasi/IT.

Bidang Keuangan sebagai kekuatan dalam penyediaan logistik

 

Kedua aktifitas diatas mutlak harus diperhatikan.

3. Membangun Sitem Nilai

Sistem Nilai adalah segala upaya untuk mempermudah aktifitas sistem sehingga keuntungan dapat segera diperoleh. Baik itu keuntungan dari segi marketing atapun keuntungan dari segi finansial.

Ada banyak Sistem Nilai yang dapat dibangun dengan Sistem Perusahaan Lain sepanjang ada kaitannya dengan sistem perusahaan. Semakin banyak sistem Nilai yang dibangun akan semakin baik, dan sangat bermanfaat untuk kepuasan Konsumen.

Sistem Komputer Online antara Perusahaan Penerbangan dengan Jasa Travel dalam penjualan Ticket (Namun akhir-akhir ini saya lihat Perusahaan Penerbangan mulai cenderung memanfaatkan Handphone yang dimiliki konsumen untuk pemesanan Ticket secara langsung lewat SMS, hal ini nantinya akan mematikan bisnis Jasa Travel dalam menjual Ticket). Sistem Pembayaran Uang Kuliah lewat ATM (kerja sama dengan Bank) adalah sebuah contoh Sistem Nilai yang baik.

 

4. Memiliki Data Intelijen yang baik

Adalah data/informasi yang menjelaskan segala elemen yang ada di sekitar perusahaan. (Elemen Lingkungan). Masih banyak perusahaan yang mengabaikan hal ini. Padahal Perusahaan sangat perlu untuk memiliki data Vendor yang lengkap misalnya, Data Pesaing, Masyarakat Keuangan, Masyarakat Global, Pemerintah, Konsumen dll. Dengan tersedianya data intelijen mengenai Pesaing maka dapat ditentukan sebuah harga lebih murah dari harga yang dimiliki pesaing. Hal merupakan salah satu strategi untuk merebut minat konsumen dan tentu saja untuk menang dalam persaingan bisnis.berbagai sumber