Bisnis adalah bagian dari sosial karena bisnis melakukan hubungan hubungan yang berarti dengan komunitas. Program CSR (Corporate Sosial Responsibility/ Tanggung jawab sosial perusahaan) adalah upaya pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat untuk memperkuat citra perusahaan di mata khalayak. Tujuan bisnis mereka adalah untuk meningkatkan kualitas hidup karyawan. Melalui berbagai saluran media, mereka berusaha menyampaikan kepada konsumen bhawa produk mereka memang dirancang untuk membantu konsumen mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tanggung jawab sosial perusahaan kini tidak saja dihubungkan dengan peningkatan kualitas sumberdaya semisal tenaga kerja atau pemberdayaan masyarakat setempat.Tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan memainkan peran penting dalam bisnis saat ini dank e depan.karena krisis lingkungan yang kita hadapi saat ini mengancam setiap orang dimana pun, hari ini danhari esok.Permasalahannya adalah sejauh mana konsumen dapat memahami tindakan yang dilakukan perusahaan.

Lingkungan hidup dan prinsip usaha

Sejumlah penggunaan produk dan proses produksinya turut berdampak besar terhadap pemanasan global(global warning), juga mencemari lingkungan sehingga mutu kesehatan lingkungan semakin rendah. Melihat kondisi lingkungan, dipastikan keterlibatan perusahaan perusahaan sangat besar terhadap penurunan kualitasnya. Kerusakan ini adalah tanggung jawab perusahaan, perlu argumentasi yang kuat untukuntuk menentukan di mana posisi perusahaan seharusnya dan bagaimana hubungannya dengan lingkungannya.

Pengertian bisnis adalah sebuah kata yang dimasukkan dalam ekonomi dan kegiatan komersial dari suatu institusi guna mencapai sebuah tujuan.

Peran bisnis dan masalah lingkungan

Produktifitas dan ledakan penduduk dicurigai sebagai penyebab kerusakan lingkungan dan pemanasan global. Masih banyak orang yang kurang memahami apa yang harus dilakukan bagi lingkungan.Sebagian mereka melakukan perbaikan lingkungan karena sekedar peduli, padahal kepedulian itu merupakan perwujudan dari rasa iba, dan bukannya rasa takut, sehingga hal itu hanya berdampak kecil saja.

Pihak manajemen dan lingkungan hidup

Dasar ekonomi berasas lingkungan dan manajemen berbasis lingkungan adalah bagaiman informasi yang berkaitan dengan moneter dan non moneter memengaruhi proses pengambilan keputusan dalam mneningkatkan kesadaran lingkungan. Dasar ini memberikan cara yang dapat mengurangi dampak lingkungan atas kegiatan perusahaan dan bagaiman mengevaluasinya.

Teknologi dan perubahan sosial

Teknologi selalu beriringan dengan perubahan perilaku manusia, hubungan keduanya sangat erat. Perubahan perilaku itu dimulai dari perubahan individu yang mewabah.Perubahan padaindividu terjadi disebabkan oleh tumbuhnya kesadaran diri sebagai hasil dari pengalaman atau informasi yang didapatkan. Dampak buruk terhadap lingkungan ini antaranya ;

  1. Perubahan iklim
  2. Lapisan ozon rusak
  3. Hujan asam
  4. Formasi ozon troposferik
  5. Eutrofikasi air
  6. Materi partikulat
  7. Racun di lingkungan
  8. Racun dalam tubuh manusia
  9. Sumber daya alam menipis
  10. Keragaman hayati cedera
  11. Dampak dampak lain terkait pemanfaatan lahan

KOMUNIKASI PEMASARAN MASA DEPAN

Pada awal tahun 1890, konsep pemasaran belum dikenal, jika digambarkan orang membutuhkan lebih banyak barang konsumsi ketimbang yang mampu dihasilkan perusahaan. Era ini disebut era berorientasi produk, dimana prioritas utamanya adalah membuat barang sesuai dengan daya beli konsumen. Konsep pemasaran muncul saat situasi pasar berubah cepat, dimana suhu persaingan menjadi lebih tinggi padatahun 1950 an. Saat itu muncul berbagai konsep pemasaran, beberapa diantaranya :

  1. Bauran pemasaran( marketing mix), dimana perusahaan menggabungkan berbagai unsur untuk memasarkan produk pada konsumen.
  2. Daur hidup pokok(product life cycle), dimana produk memalui tahap pertumbuhan, kematangan dan penurunan penjualan.
  3. Citra band(brand image), dimana perusahaan berusaha membuat konsumen terhubung secara emosi dengan produk.
  4. Konsep pemasaran(marketing concept), dimana ditekankan menjual barang yang dibutuhkan konsumen dan bukan yang dibuat perusahaan.
  5. Segmentasi pasar(market segmentation), dimana pasar terbagi menjadi kelompok-kelompok yang memiliki banyak pengertian dan fokus pada upaya pemasaran.
  6. Audit pemasaran(marketing audit), dimana dikembangkan proses pengawasan terhadap strategi, struktur, dan sistem agar perusahaan tetap bertahan dalam kondisi pasar yang berubah-ubah.

Praktisi komunikasi pemasaran perlu memperhatikan karekteristik dari pasar sasaran, pada umumnya, kondisi pasar sasaran yang kita temui saat ini merupakan pasar sasaran yang mengambang (lfloating consumer) dimana konsumen berada dalam kondisi mudah beralih dari satu brand ke brand lainnya secara tetap.

Ada 3(tiga) hal yang menyebabkan terbentuknya floating consumer yaitu :

  1. Banyaknya jenis dan klasifikasiproduk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Untuk memenuhi kebutuhan rasa akan lapar, mereka dihadapkan pada berbagai plihan keputusan, mulai dari bentuk, rasa, fungsi, dan manfaat.
  2. Konsumen bersifat invisible artinya jumlah pasar sasaran di peta dan angka terlihat sangat besar serta menggiurkan, tetapi perusahaan sulit mencapai mereka. Seakan akan tidak kasatmata.
  3. Pada era bisnib berbasis lingkunga, perusahaan harus bersiap-siapmenyambut the green community dimana perusahaan harus memiliki bahasa yang sama dengan mereka.

Strategi komunikasi

Konsep an indifferent quality menunjukkan bahwa pasar dikuasai oleh beberapa produk unggulan dengan kualitas dan layanan yang sama sama unggul. Begitu pula, ekonomi dunia menghadapi gejolak hebat akibat melambungnya harga bahan bakar yang memengaruhi daya beli masyarakat sehingga produk-produk unggulan itu harus bersaing ketat dalam masalah harga.

Dalam strategi pesan dibutuhkan 5A (accurate, accountable, appeals, accesbility, adaptife) untuk menghasilkan dampak komunikasi pemasaran yaitu :

  1. Accurate. Pesan yang anda sampaikan harus tepat pada pasar-pasar.
  2. Accountable. Pesan yang anda sampaikan harus benar, dapat dipertanggungjawabkan, dan tidak membodohi apalagi membohongi sasaran.
  3. Appeals. Pesan yang anda sampaikan harus menyentuh dan mengubah sikap pasar sasaran.
  4. Accesibility. Pesan produk harus dapat membantu pasar sasaran dalam menjangkau informasi penting tentang produk dan dimana produk itu didapatkan.
  5. Adaptife. Pesan yang anda sampaikan harus mudah diingat dan meresap dalam benak pasar sasaran melalui jargon kata atau ikon visual yang menanrik, sederhana dan mudah dibedakan.

Menggunakan kekuatan public relations

Public relations mempunyai tugas komunikasi ke dalam dan ke luar,ia bertugas menjembatani komunikasi manajemen dengan public internal maupun eksternal. PR yang bertugas membangun citra perusahaan dengan sendirinya harus membangun citra produk di mata masyarakat. Citra perusahaan yang buruk dapat menyebabkan perusahaan kehilangan posisi di pasar, begitu pula para mitra mereka pun enggan berbisnis karena takut terbawa arus yang dapat merugikan posisi mereka pula.

Komunikasi Pemasaran

Organisasi membutuhkan cara berkomunikasi dengan pelanggan yang lebih efektif dan efisien, Transaksi penjualan yang dihasilkan dari periklanan dan promosi hanyalah bentuk transaksi yang tunggal, Banyak perusahaan yang lebih banyak menggunakan pendekatan pelanggan dengan membangun hubungan yang kuat, berulang-ulang dan nyata.Tujuan membangun hubungan dengan pelanggan adalah untuk menjaga pangsa pasar yang dimiliki agar tidak berpindah ke produk pesaing.

Beragam Teknik Komunkasi

Teknik komunikasi pemasaran yang bisa diterapkan antara lain :

Simbol. Symbol yang komunikatif adalah symbol yang memungkinkan seseorang mengenalnya, yaitu sesuai yang ia dapatkan dari pengalaman. Salah satu keuntungan dari penggunaansimbol adalah tercipta kesan yang kuat dibenak khalayak, selain itu symbol dapat membangun hubungan emosional antara produk dan khalayak.

Pemuka pendapat, Salah satu teknik promosi yang dapat memengaruhi khalayak adalah membangun citra perusahaan dan citra produk dengan menggunakan figure/opini public.

Kejelasan Pesan,Pesan yang terlalu rumit dapat menjadi bencana untuk anda karena pesan itu dapat menyesatkan. Memberikan informasi yang terlalu sulit dipahami dapat menbahayakan posisi produk anda. Beberapa vara dilakukan untuk meluruskan penyimpangan persepsi, misalnya membuka hotline atau costumer service all untuk menerima keluhan dan meluruskan informasi, dan minta bantuan tokoh masyarakat untuk memegaruhi kelompknya melalui penyampaian informasi yang benar.

Edukasi Konsumen, Perusahaanbisa dianggap mendukung program lingkungan bila mereka turut menginformasikan pessn lingkungan hidup. Salah satu contoh dari kegiatan edukasi pasar adalah mengajarkan prinsip dan perilaku yang baik, seperti mengurangi penggunaan plastic.

Media dan Kegiatan promosi, Di era bisnis berbasis lingkungan, pemasar diminta untuk lebih cermat memilih media promosi secara efisien dengan meminimalkan sampah dan pemborosan energy.Penggunaan spanduk dan media promosi di luar ruang lainnya lebih baik dikurangi dan ini merujuk pada efektifitas dan efisiensi.

Isu Lingkungan sebagai Nilai Tambah bagi Strategi promosi dan Periklanan, Dalam penerapan strategi promosi dan periklanan membutuhkan ide cemerlang agar pesan kita menarik perhatian.Semakin anda kreatif membawakan pesan lingkungan hidup dalam materi promosi, maka semakin kuat posisi produk anda dibenak pelanggan ketimbang pesaing.