Meski kondisi perekonomian global masih bergerak dalam sebuah kondisi yang labil dan cenderung belum mengalami pemulihan yang signfikan, perkembangan bisnis secara global justru memperlihatkan sebuah kenaikan performa seperti yang terlihat beberapa waktu lalu dimana mayoritas perusahaan-perusahaan besar AS mengalami kenaikan profit pada kuartal kedua tahun ini. Kondisi yang sama juga dijelaskan oleh Fortune dimana hari ini merilis 100 nama perusahaan dunia yang dinilai mengalami perkembangan yang signifikan dalam setahun terakhir. Dalam penilaian tersebut, Fortune menilai berdasarkan pertumbuhan aset dan juga pertumbuhan pendapatan perusahaan dalam setahun terakhir. Berikut ini kami akan membahas beberapa perusahaan yang berada di urutan 10 besar.

Eldorado Gold, Perusahaan Paling Berkembang

Pada urutan pertama sebagai perusahaan yang paling mengalami perkembangan yang pesat ditempati oleh Eldorado Gold. Perusaahn asal Kanada yang bergerak pada sektor tambang logam mulia ini mengalami perkembangan yang pesat dalam sektor bisnis maupun peroleh keuntungan dalam setahun terakhir. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2008 ini tercatat mengalami kenaikan pertumbuhan sebesar 46% dengan kenaikan pertumbuhan keuntungan sebesar 47% dalam setahun terakhir. Perkembangan bisnis Eldorado Gold dinilai berkat strategi ekspansi bisnisnya ke China dengan menaruh 2 tambang emasnya di negara tersebut. Dan rencana selanjutnya perusahaan tersebut akan mengembangkan bisnisnya ke beberapa negara seperti Turki, Yunani dan Brasil. Dengan masih bergerak positifnya harga emas untuk saat ini, dipastikan prospek perkembangan bisnis Eldorado Gold akan semakin cemerlang.

Sedangkan diurutan kedua ditempati oleh perusahaan pembuat kopi yang berpusat di Vermon AS, Green Mountain Coffee Roasters. Didirikan pada tahun 1981, dan merupakan salah satu perusahaan kopi yang telah menjadi favorit di AS dalam 1 dekade terakhir. Dalam setahun terakhir pertumbuhan aset tersebut tercatat mengalami kenaikan sebesar 64% dengan kenaikan pendapatan sebesar 54%. Kiprah sukses dari Green Mountain akibat telah terpatrinya produk “K-Cup” yang menjadi produk utamanya. Persebaran produk “K-Cup” mayoritas berada di gedung-gedung perkantoran dan hotel dimana biasanya disediakan dalam bentung vending machine. Dalam setahun terakhir, produk “K-Cup” telah terjual sebanyak 1,6 miliar buah.

Pada peringkat ketiga ditempati oleh perusahaan konsultan IT yang bernama EBIX. Perusahaan asal Atlanta ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konsultan IT dan outsourcing yang telah memiliki klien sebanyak 100 perusahaan di 50 negara di dunia. Mayoritas dari sektor bisnisnya ialah memberikan pelayanan dalam bentuk penggunaan sotfware tertentu berikut juga penyelesaian masalah-masalah yang akan terjadi. Dalam setahun terakhir, perusahaan tersebut mengalami kenaikan pertumbuhan sebesar 52% dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 51%.

Ada yang menarik pada urutan 10 besar survey yang dilakukan oleh Fortune, di urutan kelima misalnya terdapat perusahaan yang bergerak dalam produksi pembungkus dan kemasan yang terbuat dari kertas dan plastik. Nama perusahaan tersebut ialah KapStone yang telah berdiri 3 tahun lalu dengan bisnis utama ialah pembuatan pembungkusan atau kantung barang-barang yang terbuat dari kertas daur ulang dan plastik. Sebanyak 400 lebih perusahaan telah menjadi klien dari KapStone. KapStone sendiri tercatat telah mengalami kenaikan pertumbuhan sebesar 14% dengan kenaikan pendapatan sebanyak 103%. Sedangkan diurutan ketujuh ditempati oleh First Solar, perusahaan yang bergerak dibidang produksi panel solar yang dapat dijadikan sebuah alternatif penghasil tenaga listrik. Perusahaan yang telah berdiri selama 11 tahun ini berpusat di Arizona dan telah memiliki cabang-cabang di berbagai negara seperti Jerman, Jepang dan Itali dan sesaat lagi akan mengembangkan sayapnya ke China. Perkembangan aset perusahaan ini tercatat sebesar 8% dengan peningkatan keuntungan sebesar 114% dalam setahun terakhir.

Informasi : Economy & Business