Google sebagai salah satu raksasa internet turut andil dalam gelaran Batic 2010 di Nusa Dua Bali. Mereka pun membagikan sembilan inovasi yang mereka lakukan dalam perusahaanya, untuk terus menghadirkan produk-produk terbaik bagi konsumen.

“Misi dari Google adalah mengonrganisir informasi dunia, dan membuat hal itu dapat diakses secara universal dan tentunya berguna,” ujar Henky Prihatna, Community Manager Global Content Google.

Karena itu ia memaparkan bahwa konsumen sangat penting bagi perkembangan inovasi Google. “Pengguna sangat penting bagi kita untuk terus berinovasi. Karena produk Google bukan ditujukan untuk Google, tapi untuk end user,” tambahnya.

Berdasar penjelasan Henky, berikut adalah rangkuman kesembilan inovasi Google yang terus mereka lakukan, dalam membangun produk-produknya bagi kebutuhan konsumen.

1. Inovation, not instant perfection

Inovasi tidak bisa instan. Karena itu Google memiliki Google Labs dimana banyak aplikasi dikembangkan didalamnya. “Kita mencoba mendekatkan diri pada end user. Kita taruh prototype project kita di Google Labs. Kami berharap end user memberi feedback kepada kami,” paparnya.

2. Share everything you can

Apapun yang ada di Google bersifat terbuka. Jadi pengguna bebas mengembangkan konten apapun, seperti misalnya platform Android.

3. Anda Pintar, Kami Bayar

“Kita percaya bahwa produk terbaik berasal dari orang terbaik”, paparnya. Henky menjelaskan, ini berdampak pada interiew calon karyawan Google yang sedikit susah. “Mungkin ada sekitar 7 pertanyaan susah kepada calon karyawan kami,” candanya.

4. License to Pursue Dreams

Hal tersebut dikemukakan oleh Eric Schmidt, sang CEO Google. Sebagai informasi, karyawan Google diberi kesempatan untuk melakukan project pribadinya. Bagi yang belum mengenal Google, karyawan Google hanya memiliki kewajiban waktu bekerja sebanyak 70 persen. Sisanya diberi kebebasan untuk melakukan inovasi dengan projectnya sendiri.

5. Ideas come from everywhere

Rupanya Google merupakan perusahaan yang cukup demokratis. Karena ide bisa datang dari mana saja. “Jadi bukan dari project manager dan posisi lain. Kita percaya ide atau kreativitas membuahkan produk bagus,” tambah Henky.

6. Dont Politic, Use Data

Data sangat penting bagi Google. Karena itu mereka memiliki Google Analytics. Dan itu semua bisa diakses publik, dengan data yang cukup relevan. Alhasil beberapa perusahaan pun banyak yang menggunakan data dari Google Analytics.

7. Creativity loves restraint

“Sebelum kita berinovasi kita butuh me-redefine suatu produk terlebih dahulu. Saat kita ingin melaunch produk, kita tentukan timing yg tepat.

8. Worry about usage and users, not money

“Pengalaman pengguna sangat penting disini, karena merekalah yang menggunakannya,” papar Henky. Henky pun menjelaskan ada beberapa produk Google yang datang dari pengguna.
Contohnya speech recognition. “Fokus kepada yang terbaik bagi penguna adalah kuncinya,” tambahnya.

9. Dont Kill Project, Morph Them

Henky menjelaskan bahwa Google tak membunuh sebuah project yang dirasa kurang sukses, tetapi mengubahnya dan mengkombinasikan dengan hal hal lain.

Sumber :    http://ictfiles.com/

Iklan