Ada beberapa jenis kategori mesin pencari/search engine yang sesuai dengan penggunaannya, yaitu :

Search Engine dan Meta Search Engine
Search engine dan meta search engine mempunyai karakteristik menyimpan data dalam bentuk teks atas halaman yang dipilihnya, dan metode pencarian didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan kedalam kotak pencarian yang selanjutnya dicocokkan dengan database yang mereka miliki. Dengan metode memasukkan kata kunci tersebut, maka metode ini terbilang lebih praktis karena tidak memerlukan browsing.

Search ebgine atau meta search engine biasanya memiliki database yang berisi halaman website yang dikumpulkan melalui program khusus yang disebut spider. Database ini ukurannya sangat besar dan mampu menyimpan sekitar 20 milyar halaman website bahkan lebih. (http://www.google.co.id/)

Subject Directories

Metode pencarian data biasanya dilakukan dengan memilih berdasarkan kategori subjek dan direktori (browsing) sehingga kurang praktis dan memakan waktu. Database biasanya dikumpulkan dan diseleksi oleh manusia sehingga membutuhkan proses yang lama untuk membuat sebuah halaman website terdaftar didalam kategori subjek/direktori suatu topik. Pengguna tidak mempunyai pilihan lain selain memilih subjek yang terdaftar didalam kelompok-kelompok subjek. (http://search.yahoo.com/dir)

Specialized Database

Specialized database adalah layanan yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian kedalam content database pada sebuah komputer disuatu tempat.

Cara Kerja Search Engine

Sebelum anda membaca halaman hasil pencarian atas kata kunci tertentu yang dimasukkan didalam kotak pencarian, ada beberapa proses yang sebelumnya dilalui search engine, yaitu :

Yang Dimaksud Crawler
Crawler adalah sebuah program yang didesain untuk menemukan halaman-halaman website baru berdasarkan link-link yang ada didalam suatu halaman website. Fungsinya adalah untuk menjadi penunjuk arah bagi sebuah program lain yang disebut spider untuk pergi ke halaman yang ditunjuk oleh crawler.

Yang Dimaksud Spider
Spider berfungsi untuk mendownload teks-teks yang dianggap penting dihalaman website yang ia temui berdasarkan petunjuk dari crawler. Spider ini selanjutnya menyerahkan tugas selanjutnya kedapa indexer

Yang Dimaksud Indexer
Halaman yang telah didownload kemudian di index sesuai dengan metode pengindexan yang berlaku bagi masing-masing search engine. Selanjutnya hasil pengindexan tersebut disimpan didalam databse. Ketika kita mencari kata kunci didalam dialog box search engine, maka yang dikerjakan oleh search engine adalah mencocokan kata kunci tersebut dengan data yang telah diindex didalam databse mereka, dan jika ada yang sesuai, search engine akan menampilkan halaman hasil pencarian, seperti yang kita kenal.

Catatan : Sebuah search engine menemukan suatu halaman website hanya jika ada jalan/link dari halaman lainnya yang menuju ke halaman website tersebut. Misal sebuah website A memiliki link ke website B. Maka cara search engine mengetahui lokasi website B adalah melalui link yang ada di website A. Jika tidak ada satupun link dari website yang menuju ke website B, maka jangan harap website tersebut akan diindex/masuk kedalam database search engine. Satu-satunya cara agar sebuah website baru yang belum ada satupun link yang menuju ke arahnya sehingga search engine dapat menemukannya, adalah dengan memberitahukan/mendaftarkan alamat website tersebut ke pengelola search engine.

Yang Dimaksud Invisible Web

Ada dua macam halaman website yaitu visible web/halaman yang dapat dilihat, dan invisible web/halaman yang tidak dapat dilihat. Halaman tersembunyi atau invisible web merupakan halaman yang tidak dapat diindex oleh search engine dengan berbagai alasan. Alasan yang pertama adalah karena format halaman tersebut tidak dikenal oleh search engine, misalnya karena halaman tersebut tidak mengandung teks yang dapat diindex oleh search engine.

Alasan yang kedua adalah karena halaman tersebut diproteksi oleh password. Contohnya adalah email yang anda miliki. Search engine tidak dapat masuk ke inbox email anda karena diproteksi oleh password.

Alasan yang ketiga adalah karena halaman tersebut memang diminta oleh pemiliknya untuk tidak diindex atau tidak ditemukan oleh orang lain melalui search engine. Biasanya pemberitahuan untuk tidak diindexnya suatu halaman adalah melalui script yang disisipkan kedalam halaman website atau pemberitahuan dengan mengisi form yang disediakan oleh search engine.

Cara kerja spider engine

Setelah website anda berhasil didaftarkan atau ditemukan oleh search engine melalui link di website orang lain yang mengarah ke website anda, maka search engine akan menyimpan kedalam database mereka untuk kemudian memerintahkan spider engine mengunjungi website tersebut untuk melihat potensi apakah website tersebut layak untuk diindex atau tidak.

Waktu yang diperlukan oleh spider untuk mengunjungi website tersebut semenjak berada di search engine database tergantung dengan kebijakan masing-masing search engine itu sendiri. Salah satu contohnya adalah google, biasanya mereka mengindex website beberapa hari saja setelah website tersebut berada didalam daftar database mereka, bahkan menurut pengalaman penulis, website penulis pernah diindex dalam hitungan menit semenjak website didaftarkan ke google, dengan ciri website penulis sudah bisa muncul di hasil mesin pencarian (untuk mengetahui apakah website anda sudah terindex atau belum, cobalah mengetikkan nama website anda di kotak pencarian dan tekan enter, apabila website sudah terdaftar biasanya website tersebut akan muncul di hasil pencarian, jika tidak maka laporan yang keluar adalah “data tidak ditemukan” atau zero result).

Perlu diketahui bahwa dengan terdaftarnya suatu website pada database search engine tertentu tidak menjamin akan diindex oleh search engine tersebut, meskipun mereka telah memerintahkan spider engine untuk menjelajahi website anda dan mencari data yang bisa diindex. Ada banyak faktor yang menyebabkan kemungkinan website tersebut belum bisa diindex beberapa diantaranya adalah jumlah halaman website tersebut terlalu sedikit (hanya satu atau dua halaman saja), terlalu banyak link didalam halaman website tersebut (link farm), halaman website yang tidak terstruktur, atau website tersebut merupakan hasil copian dari website lain, dan masih banyak penyebab lain yang membuat website tersebut tidak diindex.

Catatan : Cara lain yang lebih valid untuk mengetahui apakah website anda telah diindex atau belum (khusus untuk mesin pencari google) adalah dengan melihatnya di google.com/webmaster namun sebelumnya anda harus memiliki account google terlebih dahulu (alamat email google)

Pay Per Inclusion

Selain dengan mendaftarkan website melalui pendaftaran gratis melalui open directory atau pendaftaran gratis melalui search engine tertentu, website yang belum terdaftar juga bisa didaftarkan melalui fasilitas pay per inclusion atau pendaftaran dengan cara membayar seperti yang diberlakukan oleh Yahoo.

Tempat mendaftarkan website secara gratis :
Google : http://www.google.com/addurl
MSN : http://search.msn.com/docs/submit.aspx?forum=wsut
Altavista : http://www.altavista.com/addurl/default
Alltheweb : http://www.alltheweb.com/add_url.php

Kelebihan pay per inclusion dari pada mendaftarkan website secara gratis adalah search engine akan merespon lebih cepat dengan mengirimkan spider engine ke website tersebut atau melakukan pemeriksaan secara manual yang dilakukan oleh tenaga manusia. Yahoo memberlakukan metode ini dengan sebutan Yahoo Express, yaitu pendaftaran berbayar untuk website yang ingin diindex dengan biaya berkisar $299, dan $600 untuk situs dengan isi pornografi.

Tetapi satu hal yang pasti, meskipun pendaftaran website melalui metode berbayar ini akan direspon lebih cepat oleh search engine, namun tidak akan menjamin bahwa website tersebut akan diindex dengan berbagai macam alasan seperti, jumlah halaman website tersebut terlalu sedikit (hanya satu atau dua halaman saja), terlalu banyak link didalam halaman website tersebut (link farm), halaman website yang tidak terstruktur, atau website tersebut merupakan hasil copian dari website lain dan alasan lainnya.

Mengapa demikian ? bukankah pemilik website sudah membayar mahal untuk didaftarkan ke search engine tersebut ? Jawabannya benar sekali anda sudah membayar mahal, tetapi perlu diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan bukan untuk membuat website tersebut diindex, tetapi hanya untuk membuat respon search engine tersebut lebih cepat saja dibandingkan pendaftaran secara gratis.

Index vs Ranking

Salah satu tujuan website diindex adalah supaya website tersebut dapat keluar didalam halaman hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Misalnya suatu website yang berisi tentang info obat-obatan tradisional, tentunya berharap para pengguna search engine akan menemukan website tersebut melalui halaman hasil pencarian dengan kata kunci”obat tradisional” atau ”obat tradisonal darah tinggi” atau “obat tradisional menurunkan berat badan” dan sebagainya.

Tetapi masalahnya adalah boleh jadi ada ribuan bahkan jutaan website yang memuat kata kunci “obat tradisonal” atau tema yang sama dengan website tersebut. Sehingga ketika kata kunci “obat tradisional” diketikkan, maka akan keluar ribuan daftar website yang memuat kata kunci tersebut dalam bentuk halaman-halaman hasil pencarian, misal ada 500 halaman hasil pencarian yang memuat kata kunci “obat tradisional”

Bayangkan jika seandainya website anda berada pada halaman ke 500, maka kemungkinan pengunjung akan menemukan dan membuka website tersebut akan kecil sekali dibanding dengan website yang berada pada peringkat atas halaman hasil pencarian, karena boleh jadi pengunjung sudah menemukan apa yang ia cari pada halaman awal hasil pencarian dan tidak perlu lagi membuka halaman hasil pencarian selanjutnya.

Oleh karena itu, setelah berhasil berjuang untuk dapat masuk didalam halaman hasil pencarian, maka langkah selanjutnya adalah berjuang untuk membuat website anda berada pada posisi puncak halaman hasil pencarian agar mudah ditemukan oleh pengguna search engine. Beberapa faktor penentu yang membuat suatu website berada pada posisi halaman awal hasil pencarian adalah seperti click popularity, webtraffic, keyword, page rank, dan lain-lain.

Posisi Puncak Halaman Pencarian

Berada pada posisi puncak halaman hasil pencarin bukanlah perkara mudah, apalagi jika ada banyak website yang mengusung tema atau memiliki kata kunci yang sama dengan website milik kita. Perlu diingat bahwa ribuan webiste yang mempunyai tema atau kata kunci yang sama tersebut sama-sama berjuang untuk dapat menduduki peringat atas halaman hasil pencarian, dan yang menang tentunya yang mempunyai strategi yang lebih bagus dan bekerja lebih keras.

Jangan berharap untuk mendapatkan posisi puncak tersebut hanya dengan ongkang-ongkang kaki tanpa usaha dan dalam jangka waktu yang singkat. Semuanya iu memerlukkan kerja keras dan strategi yang jitu dan tentunya membutuhkan waktu yang relatif lama tergantung dengan pada peringkat berapa anda sekarang, seberapa banyak website dengan tema atau kata kunci sejenis, strategi apa yang digunakkan, dan lain-lain.

Faktor-faktor yang dapat membuat peringkat halaman hasil pencarian bergerak keatas adalah seperti, seberapa populer website anda dimata search engine, sebarapa banyak pengunjung yang datang ke website anda, seberapa lengkap website anda membahas kata kunci tertentu, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui bagaimana cara menaikkan posisi website anda pada halaman hasil pencarian search engine.

Tentang Google

Google muncul sebagai perusahan yang memberikan layanan jasa mesin pencari sekitar tahun 1997 setelah beberapa mesin pencari terkenal lainnya yang terlebih dahulu muncul. Namun dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, akhirnya google mampu mendominasi search engine saat ini dan merupakan salah satu search engine yang paling banyak digunakan oleh milyaran orang diseluruh belahan dunia.

Beberapa kelebihan google dibandingkan dengan search enngine lainnya antara lain adalah karena tingkat keakuratan hasil pencarian, pilihan hasil pencarian dan tampilan search engine yang simpel tetapi mempunyai kemampuan atau fitur yang luar biasa. (baca juga : Google Yang Terbaik). Bandingkan dengan serach engine lainnya seperti Yahoo, yang hampir seluruh halaman search engine mereka dipenuhi oleh iklan-iklan yang terkadang terasa menggangu sekali dan memecahkan konsentrasi sehingga terkesan tidak profesional sebagai perusahaan penyedia layanan mesin pencari bahkan lebih mirip sebagai perusahaan agen iklan.

Selain itu google juga terkenal dengan respon mereka yang sangat cepat untuk pendaftaran website baru yang ingin diindex dan juga tidak segan-segan memberikan program gratisan yang sangat-sangat berguna seperti firefox, google desktop, program menggambar 3 dimensi, google earth dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pentingnya Open Directory Project

Salah satu yang menjadi patokan mesin pencari dalam menentukan posisi suatu website didalam halaman hasil pencarian adalah terdaftarnya website tersebut didalam Open Directory Project (ODP). Search engine nampaknya menyukai website yang sudah terdaftar didalam ODP karene untuk masuk kedalam daftar ODP itu sendiri sebenarnya tidak mudah, maka tidak heran kalau website yang berhasil masuk didalamnya dianggap sebagai website yang patut untuk diperhitungkan.

Yang dilakukan didalam ODP sebenarya adalah mendaftarkan website berdasarkan kategori kata kunci website itu sendiri, termasuk mengenai judul dan uraian lainnya yang berkaitan dengan website tersebut dengan tepat.

Daftarkan website anda ke ODP di : http://www.dmoz.com

Jangan lupa, mendaftarkan ke ODP ini sebaiknya cukup satu kali, karena terlalu sering mendaftarkan ke ODP secara berulang-ulang dengan topik yang berbeda dapat saja dianggap sebagai spam sehingga website anda dapat dimasukkan kedalam daftar hitam, dan kemungkinan terburuk website tersebut akan dikeluarkan dari index search engine.

Mengoptimalkan Halaman Website

Ada banyak cara untuk membuat suatu halaman dapat diindex oleh search engine atau membuat posisi suatu website berada pada posisi lebih tinggi dari sebelumnya dalam halaman hasil pencarian kata kunci tertentu, salah satunya adalah dengan mengoptimalisasikan halaman website itu sendiri (struktur halaman yang baik merupakan pertimbangan search engine dalam mengindex suatu website dan menaikkan posisi halaman hasil pencarian)

Judul Halaman
Sebaiknya judul suatu halaman atau artikel didalam suatu website berisi tentang suatu kata kunci . Banyak halaman hasil pencarian menampilkan website yang memuat kata kunci yang sama pada judul artikel atau halaman web dengan kata kunci yang dicari. Sulit untuk membuat suatu website berada pada posisi atas hasil pencarian untuk kata kunci yang memiliki rating tinggi.

Heading
Penggunaan kata kunci pada heading h1 atau h2 juga memberikan penekanan pada kata kunci itu, sehingga search engine menganggap kata pada h1 dan h2 sebagai suatu kata yang penting, apalagi jika kata didalam h1/h2 tersebut sama dengan judul halaman.

Kepadatan Kata Kunci
Suatu halaman website sebaiknya memuat kata kunci yang berulang-ulang didalamnya. Tentu saja jumlahnya harus disesuaikan dengan keperluan dan proporsional dengan panjang suatu halaman/artikel. Kata kunci yang terlalu sedikit didalam suatu halaman membuat search engine sulit untuk mengindex halaman tersebut berdasarkan kata kunci dimaksud, tetapi kata kunci yang terlalu banyakpun bisa dianggap sebagai spam oleh search engine yang bisa membuat halaman tersebut tidak terindex.

Link Kata Kunci
Kata kunci yang dibuat sebagai link ke halaman lainnya (internal atau external link) dapat juga memperkuat kata kunci didalam halaman website dan bisa menarik perhatian search engine untuk mengindexnya.

Meta Tags
Meta tags juga mempunya fungsi yang sama seperti link kata kunci, yaitu dapat menarik perhatian search engine untuk mengindex halaman tersebut.

Popularitas Link
Salah satu hal penting lainnya adalah adanya link dari website lain yang mengarah ke website anda. Hal ini merupakan salah satu pertimbangan search engine untuk menentukan ranking suatu halaman website dalam halaman hasil pencarian. Jika suata website penting (mempunyai pagerank tinggi) mempunyai link ke website anda (website tersebut merekomendasikan website anda), maka search engine juga akan menganggap website anda sama pentingnya untuk diindex.

Tidak Semua Halaman Diindex

Untuk beberapa alasan, tidak semua halaman website di index, beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Website tersebut masih baru, jangan berharap website yang masih baru yang mempunyai halaman sedikit, belum terlalu populer, atau belum ada pengunjung sama sekali untuk diindex oleh google pada setiap halamannya.
  • Website tersebut memiliki pagerank yang rendah. Salah satu tolak ukur seberapa penting suatu website dimata search engine adalah nilai pagerank yang berkisar antara 1 sampai 10, dimana nilai 10 merupakan nilai tertinggi. Cara untuk menaikkan tingkat populeritas website anda dimata search engine (pagerank) adalah dengan mengusahakan link dari website lain yang mempunyai pagerank tinggi, mengarah ke website anda. Anda dapat saja melakukannya dengan cara saling bertukar link antara sesama pemilik website didalam suatu komunitas.
  • Website anda memiliki halaman yang dinamis, atau menggunakan session dengan nama ID. Penggunaan ID oleh search engine dianggap tidak search engine friendly.
  • Website anda sudah lama tidak diupdate dapat menyebabkan search engine enggan untuk berkunjung dalam jangka waktu yang lama. Sering-seringlah untuk mengupdate website anda, maka website anda akan dianggap penting oleh search engine dan mereka akan sering berkunjung untuk mengindex halaman website tersebut.

Pentingkah Page Rank ? dan Apa Yang Dimaksud Pagerank

Apakah anda adalah pemilik website atau blog yang selalu mengejar-ngejar nilai tertinggi page rank ? Seperti kita ketahui bahwa salah satu pertimbangan mesin pencari seperti google, yahoo, dan lain-lain dalam menghasilan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, adalah nilai pagerank. Semakin tinggi nilai page rank suatu halaman website atau blog, maka semakin tinggi pula kemungkinan websita/blog tersebut untuk muncul pada halaman-halaman awal hasil pencarian, DENGAN SYARAT kata kuci yang dicari tersebut terdapat didalam halaman website/blog tersebut.

Sebagai ilustrasi, ketika seseorang ingin mencari artikel dengan kata kuci pencarian “obat tradisional”, maka boleh jadi ada jutaan halaman yang memuat kata kunci tersebut. Misalkan ada 100.000 ribu halaman yang memuat kata kunci “obat tradisional” maka mesin pencari akan menampilkan link ke website/blog menjadi beberapa halaman hasil pencarian secara berurutan dari 1 sampai dengan halaman ke 100.000.

Untuk dapat bersaing menduduki posisi atas dari 100.000 halaman hasil pencarian tersebut, mesin pencari akan mempertimbangkan beberapa faktor yang salah satunya adalah page rank. Tetapi perlu diingat bahwa pagerank bukanlah SATU-SATUNYA penentu posisi pada halaman hasil pencarian, menurut pendapat penulis, pagerank hanyalah merupakan pertimbangan kedua, setelah tingkat kecocokan kata kunci dengan isi artikel didalam website/blog itu sendiri.

Pagerank merupakan suatu metode algoritma yang dipatenkan untuk menugaskan suatu penilaian yang bersifat kuantitatif dari berbagai unsur yang mengaitkan suatu halaman dengan halaman lainnya di internet. Penilaian ini dilakukan melalui suatu set yang diatur sedemikian rupa, termasuk didalamnya hubungan timbal balik antar halaman yang saling mereferensikan tersebut.

Pagerank pertamakali dikembangkan oleh Larry Page di Universitas Standford dengan dibantu Sergey Brin. Mereka merancang suatu program pencarian data di internet yang dimulai pada tahun 1995 dan mendorong timbulnya suatu mesin pencari canggih pada tahun 1998 yang kemudian dikenal dengan nama google.

Didalam dunia search engine (terutama google), pagerank digunakan sebagai standar untuk menilai penggunaan mata rantai secara terstruktur terhadap suatu halaman. Melalui pagerank, masing-masing halaman diberikan suatu indikator terhadap halaman lain yang mereferensikannya. Intinya adalah semakin banyak halaman yang memiliki link ke suatu halaman X, maka semakin tinggi pula nilai pagerank halaman X tersebut. Pengaruh nilai pagerank yang tinggi akan menentukan posisi halaman X dalam halaman hasil pencarian kata kunci tertentu yang jumlahnya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan.

Cara Mengetahui Nilai Pagerank

Banyak sekali cara untuk mengetahui nilai pagerank suatu halaman. Jika anda pemilik suatu website atau blog, anda bisa menyisipkan gadget yang berfungsi untuk menampilkan nilai pagerank website atau blog tersebut.

Jika website atau blog tidak mempunyai gadget untuk menampilkan nilai pageranknya, anda tetap bisa mengetahuinya dengan menggunakan software yang disediakan oleh google yang bisa didownload di http://toolbar.google.com
atau http://pagerankstatus.mozdev.org

Perlu diketahui bahwa nilai pagerank yang bisa dilihat oleh pengguna internet akan diperbaharui nilainya oleh google setiap tiga bulan sekali, sehingga jangan terlalu percaya dengan nilai pagerank yang ditampilkan saat ini karena nilai pagerank yang sebenarnya boleh jadi lebih rendah atau lebih tinggi.

Untuk mempertinggi nilai pagerank suatu halaman website, tidak ada cara lain selain mengusahakan agar banyak halaman website lain mempunyai link ke halaman website yang anda miliki. Salah satu cara yang paling effektif adalah dengan saling bertukar link antar sesama pemiliki website atau blog didalam suatu komunitas. Cara lain yang yang agak lebih mahal adalah dengan membeli link dari halaman yang mempunyai pagerank tinggi. Misal, anda meminta pemilik website X yang mempunyai nilai pagerank tinggi, untuk membuat link ke halaman website anda dengan perjanjian anda akan membayar sejumlah uang kepada pemilik website X tersebut. salah satu keuntungan jika anda mempunyai nilai pagerank yang tinggi, anda bisa memperdagangkannya, karena banyak sekali pemilik website yang berminat dan bersedia membayar mahal untuk mendapatkan link dari halaman dengan pagerank tersebut.

Strategi Meningkatkan Traffic

Berikut akan dijelaskan secara singkat strategi untuk meningkatkan traffic kunjungan ke website miliki anda. Beberapa diantaranya merupakan pengalaman penulis sedangkan sisanya diambil dari berbagai sumber.

Menulis Artikel Di Website Orang Lain
Tulislah suatu artikel menarik di website strategis dan terkenal. Salah satu pilihannya adalah dengan memberikan kontribusi tulisan di wikipedia (Inggris dan Indonesia) yang tentu saja mempunyai link ke halaman anda.

Iklankan Website Anda
Anda dapat saja mengiklankan website anda secara gratis di website terkenal yang menyediakan layanan iklan gratis seperti http://www.iklan.web.id atau bahkan anda bisa mengiklankan website anda di google adword dengan cara berbayar. Pengalaman penulis menunjukkan pada saat awal blog ini dibuat, hampir seluruh pengunjung berasal dari iklan gratis yang penulis buat di http://www.iklan.web.id dan bukannya dari search engine.

Bergaul Antar Sesama Pemilik Website
Cobalah untuk bergaul dengan pemilik website atau blog lain dengan berkunjung ke website mereka dan menulis komentar pada artikel atau meninggalkan pesan pada kotak Shout Box mereka, dengan harapan mereka juga akan akan balik berkunjung ke website anda.

Mailing List
Anda bisa saja bergabung dengan beberapa mailing list dengan anggota berjumlah banyak, kemudian tulislah sebuah artikel dengan link atau tandatangan yang mengarah ke website anda.

Ngobrol Di Ruang Chatting
Ngobrol diruang chatting dan memberitahukan alamat website anda kepada lawan bicara juga dapat meningkatkan traffic website anda.

Pertukaran Link atau Membeli Link
Bergabunglah dengan beberapa komunitas tertentu dan ajaklah mereka untuk saling bertukar link, atau jika perlu belilah link dari mereka untuk meningkatkan nilai pagerank dan meningkatkan traffic ke website anda.

Artikel Unik dan Menarik
Buatlah sebuah artikel dengan kata kunci unik tertentu yang jarang dibahas/ditulis oleh pemilik website atau blog lain, sehingga kemungkinan website anda muncul pada halaman awal hasil pencarian search engine akan lebih besar. Tentu akan lebih mudah bersaing memperebutkan posisi awal halaman hasil pencarian untuk kata kunci yang pernah ditulis oleh 100 website dari pada yang pernah ditulis atau dimuat oleh 100.000 website.

Komposisi Halaman Website

Banyak faktor yang mempengaruhi ranking suatu website dalam halaman hasil pencarian, salah satunya adalah komposisi halaman website itu sendiri.

Jumlah Teks Dokumen
Semakin banyak teks pada halaman website (tidak termasuk link), maka semakin banyak bahan yang bisa diindex oleh search engine. Terlalu sedikit teks didalam halaman search engine akan membuat search engine enggan berkunjung, apalagi untuk mengindexnya. Sebaiknya jumlah minimal teks pada suatu halaman adalah berkisar antara 2.000 sampai dengan 20.000 karakter.

Jumlah Kata Kunci
Fokuslah pada kata kunci tertentu, dan perbanyaklah kata kunci tersebut pada halaman website tersebut dengan memperhatikan proporsi panjang halaman. Terlalu banyak kata kunci yang sama pada satu halaman website yang pendek bisa dianggap sebagai spam.

Lokasi Kata Kunci
Letakkanlah kata kunci pada posisi yang tepat, yaitu pada kalimat yang menjelaskan kata kunci tersebut. Misal untuk kata kunci “pagerank” letakkan kata kunci tersebut seperti contoh berikut ; “pagerank adalah suatu metode yang digunakan oleh…” atau “cara mempertinggi pagerank adalah dengan saling…”

Format Teks
Gunakanlah format teks sebaik dan sewajar mungkin seperti huruf tebal, italic, garis bawah dan sebagainya, terutama untuk menekankan suatu kata kunci yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian search engine mengindex halaman dengan kata kunci tersebut.

Tag Pada Gambar
Jika dihalaman website tersebut terdapat gambar, berilah nama gambar tersebut dengan kata kunci tertentu. Contoh : dari pada memberi nama gambar dengan format gambar1.jpg lebih baik diberi nama sesuai kata kunci yang diinginkan seperti pagerank.jpg, kayadansehat.jpg, adsense.jpg, dan sebagainya. Selain itu anda bisa menambahkan tag yang fungsinya sebagai alternatif untuk menampilkan suatu teks jika gambar yang ingin ditampilkan tidak bisa ditampilkan.

Deskripsi Halaman
Daripada menampilkan gambar pada header suatu halaman, lebih baik menampilkan judul halaman beserta deskripsinya yang memuat suatu kata kunci, karena gambar tidak akan diindex oleh search engine kecuali untuk search engine khusus image.

Yang Perlu Dihindari

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi tetapi tidak disadari oleh pemiliki website. Pengaruhnya tentu saja akan membuat suatu halaman website tidak di index secara optimal oleh search engine.

Header Grafis
Untuk kepentingan layout, banyak pemiliki website atau blog yang mengorbankan tampilan judul dan deskripsi website atau blog dengan gambar yang menarik. Tetapi yang perlu diingat bahwa gambar tersebut tidak akan di index oleh seach engine.

Navigasi Grafis
Seringkali pemilik website atau blog mengganti link berupa teks dengan gambar untuk memperindah halaman website atau blog. Sama dengan alasan diatas, hal ini tidak akan di index oleh search engine.

Navigasi Script
Beberapa pemilik website yang memnguasai bahasa pemrograman juga sering menyisipkan script untuk menggantikan link. Salah satu bentuknya adalah pop up. Hal ini juga percuma dilakukan karena tidak akan di index oleh search engine.

Yang Dibenci Search Engine

Selain hal-hal yang perlu dihindari diatas, ada juga beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan (dilarang keras untuk dilakukan), karena bisa membuat website anda dianggap sebagai spam dan didepak dari index search engine.

Teks Tidak Kelihatan
Yang dimaksud dengan teks tersembunyi adalah apabila warna teks sama atau hampir sama dengan warna latar belakang sehingga sulit untuk dilihat atau dibaca. Akibat dari teks tersembunyi adalah search engine akan mengabaikan teks tersebut dan tidak akan di index. Lagi pula apa gunaya membuat sesuatu yang tidak bisa dibaca oleh pembaca.

Link Dengan Satu Piksel
Yaitu merupakan suatu teknik dengan menempatkan link yang terlihat oleh penggunanya hanya dengan satu piksel saja. Hal ini dianggap curang oleh search engine dan bisa membuat website anda didepak.

Sebaiknya manfaatkanlah setiap bagian halaman website anda sebaik mungkin agar website tersebut dapat di index secara optimal oleh search engine. Pengindexan yang optimal dapat meningkatkan ranking pada halaman hasil pencarian.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan nilai page rank, lebih baik memuat artikel unik dan lengkap sebanyak-banyaknya agar dapat muncul pada halaman awal hasil pencarian. Untuk itulah mengapa penulisan sebuah artikel sangat penting dalam suatu website apaun juga.

Source : http://kayadansehat.blogspot.com