• Nama Buku        : Turbo Marketing
  • Pengarang        : Luthfie Ludino
  • Penerbit             : PT Elex Media Komputindo
  • Terbitan             : 2009
  • Tebal                  : 108 halaman

Buku ini menjelaskan pengertian dasar dari telemarketing sebagai perwujudan dari konsep Turbo Marketing-nya Philip Kotler, khususnya jika pemahaman arti kata TURBO yang berarti mesin pendorong ” Super Cepat ”. Karena tidak semua orang mampu memberikan kecepatan dengan kwalitas yang sama, tetapi paling tidak seseorang itu memiliki  ” Jiwa Turbo ” yang berarti  Cepat dan Cekatan. Dalam merespons perasaan, berbicara, memahami orang lain, dan melakukan setiap aktivitas kerja kita akan lebih efektif dan efisien jika menerapkan ” Mesin Turbo ”, jika bisa selesai cepat, mengapa harus diperlambat.Karena kata ” Lambat ” itu identik dengan ” Tulalit ”, yaitu pribadi yang tidak ” Ngeh ” – tidak cepat, dan Last but not least, sebagai akhir dari pembahasan Turbo Marketing

Turbo Marketing

Buku ini boleh dikatakan sebagai rujukan strategi bisnis, khususnya di bidang pemasaran dan pengembangan diri.Kini bisnis tak mempan lagi dijalankan dengan konsep tradisional dan natural seiring dengan perubahan teknologi dan turbulensi ekonomi, serta kondisi sosial politik bangsa.Pemahaman teknologi tidak selalu berhubungan dengan komputer dan internet, tetapi juga kemudahan dari dampak teknologi yang ada,misalnya mengulek sambel dari cobek beralih ke blender, atau dari ketel dan kompor nasi beralih ke magic jar. Semua ini dimaksudkan agar hasil yang dicapai lebih baik tanpa mengesampingkan kecepatan.

Kecepatan merupakan kekhasan untuk zaman ini.Zaman ini adalah zaman serba cepat, maka dalam situasi ekonomi yang turbulen dan tak pasti sekalipun, butuh strategi, turbo marketing. Buku ini mengupas cara-cara memasarkan dan menanggapi keinginan pelanggan sehingga ia dekat dengan kita. Kecepatan merspons adalah kunci untuk menangguk hasil. Nilai-nilai turbo ini pantas diterapkan dalam kiprah apapun, termasuk dalam hidup dan bisnis. Apalagi di abad ini telah terlihat tanda-tanda yang mengarah ke strategi cepat. Menjadi keharusan bahwa lebih cepat daripada pesaing merupakan unsur penting dalam memproduksi, melayani, memasarkan, dan mengirim produk. Itulah Turbo Marketing.

Manfaat.

Sebuah survey membuktikan bahwa ” speed of response ” atau kecepatan dalam merespons telepon merupakan faktor paling utama dan sangat bernilai.Kecepatan dalam membalas telepon, merupakan hal yang sangat bernilai bagi meraka. Seseoramg yang membalas telepon dengan cepat, dianggap orang yang menghargai orang lain, dan pelanggan merasa diperhatikan, merasa dinomorsatukan dan merasa dirinya itu orang penting. Dari survey itu kita petik sebuah kesimpulan bahwa ternyata jika pelanggan itu mengeluh, komplain atau menuntut hak-haknya, ternyata yang ditunggu-tunggu itu sebenarnya bukan jawaban, tetapi yang lebih paling utama adalah kecepatan dalam merespons, meskipun jawaban itu penting, tetapi yang lebih penting adalah responsnya, dan respons yang sangat diharapkan adalah respons yang yang CEPAT dengan begitu kita akan lebih mudah menjadi pribadi yang sukses dan KAYA.

  • Muhamad Cholili, STBAJIA Bekasi, Semester VI,  Jurusan Bahasa Jepang Malam
Iklan