Kedua hal tersebut di atas adalah sumber semangat yang amat sangat tidak terbatas. Bila pada suatu saat kita merasa kehilangan semangat, hendaklah kita kembali ke awal dan mengingat lagi harapan serta impian kita.

Bila kita pikirkan, di dalam hidup ini kita selalu mengharapkan sesuatu; dengan berharap menjadi orang yang pintar maka kita bersekolah, dengan mengharapkan mendapatkan cinta dari si X maka kita selalu berbuat yang menarik perhatiannya, dsb.

Sebagai manusia, kita di berikan juga akal pikiran yang akal pikiran tersebut sering kali kita salah gunakan. Namun kita juga harus sadar bahwa dengan akal pikiran tersebut kita dapat membuat impian dan harapan kita menjadi kenyataan.

Namun kita juga harus menyadari bahwa kita adalah seorang manusia yang mempunyai keterbatasan dan ketergantungan. Jadi walaupun terkadang impian dan harapan kita tidaklah terwujud menjadi kenyataan, kita harus puas dengan hasil yang kita dapatkan dari “usaha secara maksimal”.

Kita harus sadar bahwa di suatu tempat di sana ada suatu Zat yang maha berkehendak dan kita tak boleh berputus asa kepadaNya. Sebagai seorang manusia berakal beserta segala keterbatasan dan ketergantungannya, yang dapat kita lakukan adalah berharap, dan memperjuangkan harapan kita agar menjadi kenyataan.

Tanpa harapan dan impian kita adalah makhluk tanpa tujuan, dan jika kita tidak mempunyai tujuan, maka kita bisa disamakan dengan benda mati, karena “seekor binatang pun mempunyai tujuan di dalam hidupnya”.

Dunia tidaklah akan seindah seperti sekarang ini bila tidak ada seorang pemimpi. Namun Pemimpi akan tetap menjadi pemimpi jika dia tidak memperjuangkan impiannya menjadi sebuah kenyataan. Hal itu lah yang membedakan antara seorang pemimpi dan seorang penemu.

Jadi, mulai sekarang, marilah kita mengingat kembali impian dan harapan kita, dan memperjuangkannya menjadi sebuah kenyataan. Dan ada satu hal lagi yang kita tidak boleh lupakan dari awal hingga akhir usaha kita dalam mewujudkan impian kita, yaitu tetap berdoa kepada Zat yang maha berkuasa atas segala sesuatu.