Semenjak Facebook menjadi alat komunikasi untuk menjalin pertemanan di dunia maya dan sebagai alat untuk tampil narsis, situs jejaring ini semakin populer saja. Bahkan di beberapa negara, Facebook mampu mengungguli MySpace yang notabene hadir lebih dulu.

Untuk menggunakan Facebook sebenarnya ada beberapa panduan Netiquette (etika berinternet). Sepuluh panduan dasar ini mungkin berguna bagi Anda:

1. Hindari TBI (Terlalu Banyak Informasi). Mendata setiap band yang pernah Anda sukai malah akan membuat Anda putus asa. Beberapa pengunjung akan sebal dengan daftar band yang seperti iklan panjang. Bikinlah lebih simpel.

2. Tidak menaruh foto teman Anda yang terlihat bodoh atau ketika tertangkap polisi .

3. Ayah, bibi, bos, atau mantan guru Anda kini bukan tidak mungkin menggunakan Facebook. Nah, sebaiknya Anda menaruh profil diri yang sopan.

4. Size does matter. Benarkah? Memang semakin banyak pertemanan yang terhubung ke Facebook Anda berarti menandakan popular. Terserah deh. Menurut saya sih yang penting adalah Anda menggunakannya untuk tujuan pertemanan yang positif. Terlalu sedikit memiliki teman di Facebook mungkin saja karena Anda jarang membukanya atau hanya sekedar Join saja tanpa sekali pun Anda meng-update-nya.

5. Meningggalkan postingan atau kiriman komentar dari pengunjung tanpa membalasnya menandakan Anda seorang yang tidak suka atau malas berteman.

6. Yang tidak saya sukai di FB adalah pertanyaan fitur “how do you know this person?” Cara menghindarinya: “skip this step.”

7. Anda tidak perlu harus berteman dengan setiap orang yang Anda temui. Beberapa orang menggunakan Facebook untuk tujuan menambah jumlah teman (padahal tidak pernah berkomunikasi). Sebaiknya Anda memilih orang yang memang bisa menjadi teman.

8. Anda tidak harus menerima setiap permintaan teman untuk memasukkan namanya ke Facebook Anda. Biasakan menolak permintaan dari orang yang sama sekali tidak Anda ketahui sebelumnya atau orang yang sebenarnya ingin memata-matai Anda. Tidak ada dosanya menolak permintaan, toh ini hanya Facebook gitu loh…

9. Sebaiknya Anda tidak mengirim permintaan aplikasi yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Hindari berbagai tawaran yang tidak berkaitan dengan hobi atau hidup Anda.

10. Anda bisa mencari nama orang yang pernah Anda hapus. Tanpa sadar Anda telah menghapus nama-nama orang yang mengirim undangan Facebook. Nah suatu ketika Anda bisa menambahkan nama tersebut di Facebook Anda. Mereka biasanya tetap akan menghubungi Anda meski undangan mereka pernah tidak Anda gubris sama sekali.

Iklan