Alkisah ada sebuah penerbitan buku cerita yang susah banget ngejual buku edisi terbarunya (emang jelek sih). Sampe-sampe mereka pasang iklan untuk cari salesman/salesgirl buat bantu mereka ngejualin buku tsb.

Banyak juga yang ngelamar ke sana, dan rata rata pinter persuasi orang dan enak ngomongnya, cakep dan cantik lagi … Tapi tetep aja mereka nggak berhasil ngejual buku cerita tersebut. Sampai suatu waktu ada orang gagap dateng ke penerbitan tersebut bermaksud melamar jadi salesman.

” P… Ppper … misi … ” salam si gagap ke penerima tamu.
“Ada perlu apa nih pak ?” tanyanya.

” S … ss .. saya … mmm … mmmau mme … lammmarrrr jj … jjadi seles pak, ” jawabnya terbata-bata.
” Apa kamu yakin bisa ngejualin buku-buku ini ? Yang normal, cakep, dan cantik aja nggak gablek ngejualnya !! ”

” Bbb … bb … bisa pak, ” jawabnya yakin banget … mantap.
“Ya udah mulai besok kamu coba jualin deh sepuluh buku dulu ya …? ”

Esok harinya, ternyata nggak sampe setengah hari dia udah kembali lagi ke penerbitan untuk minta dibawain buku lagi karena ke-sepuluh buku tersebut habis laku terjual. Dikasih lagi lah dua puluh buku … dan nggak sampe jam 4 sore udah balik dan laku juga semuanya … ! Begitu seterusnya sampe buku tersebut menjadi best seller.

” Wah kamu hebat banget ya … minggu depan akan ada malam resepsi penghormatan buat kamu dan kamu utarakan kepada tamu yang datang apa kiat kamu dalam mencapai keberhasilan ini … gimana ? ” tanya direktur penerbitan.
” T … Ttte … terim … ma kk … kasih pak ” jawab si gagap.

Pada saat malam resepsi tersebut sampailah waktu si gagap memberikan sambutan sambil diiringi tepuk tangan riuh para tamu yang hadir.
“Ayo dong bagi-bagi ke kita gimana sih caranya Anda berhasil ?” seru teman-temannya dari baris belakang.
“Ss … ssederha … ha … na kok, ss … saya cc … ccum … cuman … ” belum selesai dia berbicara,
” Apaan dong cepetan nih !! ” potong teman- temennya lagi nggak sabar.
” Tta … tanya ssaja ke cc … ccal … calon pembelinya, An … anda mmau bb … bbbeli … bu … bukk … ku ini atau … ss … sss … saya bacain ? “

Sumber : http://www.pdgi-online.com