BISA dibilang, klien adalah orang yang membuka jalur keberhasilan kita di dalam karier. Jika mereka puas dengan pekerjaan kita, karier cemerlang siap menyambut kita.

Selain menuntaskan pekrjaan dengan baik, hubungan baik dan menciptakan kedekatan emosional dengan klien berpengaruh hingga 68 persen terhadap putusan klien, apakah tetap ingin melanjutkan bisnis dengan Anda atau memilih untuk bermitra dengan orang atau perusahaan lain.

Suatu hubungan, relationship, bisa diartikan sebagai “keterkaitan anemosi antar manusia”. Jika di dalam dunia kerja klien sudah memiliki ketergantungan atau kedekatan secara emosi dengan Anda, bisa dipastikan pekerjaan atau bisnis Anda akan berjalan lancar.

Lantas, bagaimana menciptakan kedekatan emosional dengan klien? Berikut saran yang bisa Anda pakai, sperti dikutip dari aol.com.

Jelaskan “nilai” pekerjaan Anda

Jika Anda bertanya pada seseorang, apa pekrjaan mereka, hampir semua orang akan memberi jawaban yang fungsional, misalnya “saya dokter” atau “pilot”. Jawaban ini memang menjelaskan pekrjaan mereka, tapi tidak menjelaskan nilai dari pekerjaan tersebut.

Apa “nilai” dari pekerjaan seorang dokter? Jawabannya bisa jadi “kenyamanan”, “ketenangan”, atau “kedamaian”. Seorang agen asuransi memiliki nilai “keamanan masa depan”. Semua nilai ini memberikan pernyataan emosional, menyertakan perasaan-perasaan dasar manusia untuk bisa bertahan hidup dan merasa tenang menjalani hidup.

Memahami kebutuhan emosi para klien

Bagaimana agar “nilai” pekerjaan kita bisa berpengaruh terhadap emosi atau kehidupan klien? Tentunya, terlebih dahulu, Anda harus mengetahui kebutuhan klien Anda. Apa yang mereka butuhkan? Apa yang ingin mereka rasakan? Apakah mereka menginginkan rasa percaya diri yang tinggi dalam diri mereka, atau mereka ingin terlihat fashionable? Atau mereka ingin dimengerti oleh Anda?

Carilah emosi atau perasaan apa yang klien butuhkan. Setelah menemukannya, Anda bisa datang dan menawarkan solusi dari keinginan mereka tersebut.

Ingat semua hal tentang klien Anda

Terkadang pembicaraan singkat dengan calon klien bisa mengantarkan Anda pada satu petunjuk  tentang apa yang dibutuhkannya. Bisa saja calon klien tersebut tidak sadar dengan kebutuhan itu. Nah, tugas andalah, dengan merekam dan mencemati setiap kata-katanya, bisa menemukan kebutuhan tersebut.

Dengan mengumpulkan semua “bukti”, jika saatnya Anda harus menawarkan sesuatu atau melakukan suatu penelitian, maka Anda akan segera menemukan jawabannya dengan cepat.

Berhenti mengirimkan kartu ucapan di hari raya

Tahukah Anda berapa banyak perusahaan lain yang mengirimkan kartu ucapan hari raya (Idul Fitri/Natal) pada klien Anda? Jawabannya bisa jadi sangat banyak.

Jadi, mungkin saja kartu ucapan dari Anda tak terlalu memberi kesan mendalam untuknya. Daripada mengirimkan kartu ucapan hari raya, lebih baik Anda mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun padanya. Sangat personal dan manis bukan?

Empati

Jika benar-benar mendengarkan kata-kata klien, Anda akan mendengar emosi dan perasaan terdalam yang muncul dari kata-kata dan intonasi suaranya tersebut. Jika mendengar lebih dalam lagi, Anda bisa memahami dan berempati dengan situasi yang dihadapinya. Semakin mengerti klien Anda, maka Anda akan semakin mampu membantunya. Semakin mampu membantunya. Semakin Anda berempati kepadanya, maka dia akan semakin merasa dipahami.

Ajukan pertanyaan

Jangan lupa untuk menanyakan tingkat kepuasaan mereka terhadap produk atau jasa Anda. Apakah memuaskan mereka? Apakah ada hal yang kurang atau tidak menyenangkan dengan produk atau jasa Anda?

Empati

Anda sebaiknya mendengarkan kata-kata klien sehingga Anda bisa memahami apa yang diinginkan oleh klien. Cara mendengarkan ini sebagai salah satu empati agar Anda bisa dekat dengan klien.

Bertanya seputar hal tersebut menandakan Anda peduli terhadap pendapat klien, sekaligus juga membangun hubungan baik dengan mereka. Ingat, terbukalah jika ternyata komentar mereka megatif. Jadikan saja pendapat mereka sebagai kritik membangun agar Anda bisa belajar kembali memmbangun kedekatan emosi dengan para klien