Saat ini belumlah dapat dikatakan anda sudah terlambat, walaupun anda baru saja mulai memakai dan belajar internet. Di belakang anda masih jutaan orang yang akan dan harus menyusul anda kelak untuk ikut dan wajib berkecimpung di dunia internet. Ini sesuai dengan perkembangan kemajuan tekhnologi informasi yang semakin cepat perkembangannya, semakin ketat persaingannya, semakin murah harganya tetapi semakin penting keberadaannya.

Dan kalau anda sekarang mulai serius menekuni dan belajar dunia internet, maka andalah kelak yang berdiri di barisan depan mereka. Mereka yang belum bersentuhan dengan dunia internet sama sekal atau masih belum akrab, dalam waktu dekat ini wajib untuk meluangkan waktu untuk belajar mengenai dunia internet. Hal ini penting dilakukan demi kemajuan, baik dalam kemajuan intelektual, sosial maupun pengembangan dunia usaha.

Namun banyak juga orang yang sudah menghabiskan waktu bersama internet selama bertahun-tabun, tetapi ilmu dan hal positif yang didapatnya tidak sebanding dengan waktu yang telah dihabiskan oleh internet itu. Sebaliknya, ada yang baru memakai internet beberapa bulan dan dengan hanya beberapa jam sehari sudah bisa melakukan transaksi yang menguntungkan dirinya atau mendapatkan segudang hal positif bagi dirinya dan bagi orang lain. Masuk tipe manakah kita, hanya diri kita sendiri yang tahu. Perlu diingat dan dikaji bahwa totalitas waktu kita yang diserap oleh internet kadang tidak kita sadari.

Untuk mengembangkan pemikiran kita ke arah kemajuan dan meningkatkan sense of business kita secara signifikan, kita perlu menyadari hal-hal seputar pemakaian internet yang digunakan hanya untuk sekedar chattingan (YM, Mirc, FaceBook, Friendster, blog kosong dsb), mencari-cari kenalan yang tidak efektif, obral kata ke segala penjuru, atau browsing pada hal-hal yang tidak berguna, sehingga totalitas jam internet sebagian besar dihabiskan oleh hal negatif. Namun Friendster, YM, Mirc, bisa menjadi berguna kalau berkaitan dengan efektifitas pendukung produktifitas, baik menggali ilmu, sosialisasi atau bisnis. Menjadi tidak efektif adalah kalau anda hanya sekedar memelototi ribuan wajah cantik dan ganteng, mencari tahu siapa pacarnya, di mana rumahnya, temannya siapa saja dan hal-hal sejenis itu lebih banyak dari pada ketika anda browsing hal positif. Kadang penyelidikan tentang orang itu sepele, dan anda tidak menyadari waktu anda sudah terpakai selama 1 jam, bahkan mungkin sudah berjam-jam. Jika hal tersebut anda lakukan berulang-ulang, sudah sejak dulu dan masih saja dilakukan, jangan kaget akan besarnya jumlah jam yang telah anda pakai selama ini ternyata mencapai ratusan jam. Jangan sampai sebagian waktu anda hilang dicuri ketidak efektifan itu dan setelah lama baru anda menyesal Sementara untuk hal lain, seperti persaingan dunia usaha dll, anda terpaksa berpacu belajar mati-matian dengan orang yang baru saja mulai belajar internet.

Salah satu cara mendongkrak efektifitas berinternet saya rasa mungkin sebaiknya dengan cara mendampingkan blog dengan hal-hal seperti YM, Mirc, Friendster, FaceBook, dsb. Blog bisa didapat secara gratis, oleh karena kita memiliki blog, kita dituntut berfikir atau browsing sesuai dengan apa yang akan kita isi di sana. Dengan blog kita bisa membangun sebuah komunitas yang berhubungan satu hal atau berbagai hal, misanya blog tentang dunia Internet, blog tentang kesehatan dll. Jadi, Jadikanlah blog sebagai rumah dan YM, Mirc, FaceBook, Friendster, dll sebagai jalan setapak menuju ke sana. Pilih topik yang mendewasakan pemikiran anda dan cari teman-teman sepemikiran itu.

Iklan