Ada banyak cararitz17 untuk mencari dimana tempat yang tepat untuk mendirikan suatu usaha yang berbasiskan franchise. Dan tentunya kita pun tidak bisa asal memilih tempat atau lokasi, harus ada indikator-indikator yang harus kita perhatikan. Agar uang kita untuk mendirikan usaha tidak menjadi mubazir.

1. Coba hitung ada berapa banyak orang yang lewat di depan tempat usaha anda, coba hitung saat jam makan siang dan makan malam. Dan jangan juga menganggap kalau orang banyak yang lewat maka akan banyak yang membeli. Anda harus melihat jalan didepan anda memang jalur umum atau bukan. Saya bisa memastika sangat banyat orang yang lewat jalan raya bogor, tetapi kebanyakan cuma numpang lewat untuk menuju tempat kerja mereka. Jadi kalau jalannya jalan besar jurus ini kurang bisa dipraktekan.

2. Kalau anda mau beli ruko yang banyak ruko lagi di kanan kirinya, coba anda lihat dan anda hitung berapa banyak pengunjung yang datang ke ruko sebelah anda. Saya sangat tidak sarankan anda untuk membeli ruko di jalan juanda depok, ruko sangat sepi, dan berposisi depan jurang. Banyak orang yang lewat tempat tersebut, tetapi ya seperti saya bilang tadi, yang lewat hanya orang dari cimanggis menuju margonda atau sebaliknya.

3. Pilih tempat yang “bersih” untuk calon pengunjung melihat tenpat usaha anda, salah satu sekolah tinggi ilmu ekonomi swasta di jalan margonda memilih tempat yang jika anda bukan mahasiswa atau pernah melihat tempat tersebut anda akan kesulitan melihat tempat tersebut, kenapa? Karena pohon yang ada di depan kampus tersebut sangat besar dan sangat menutupi kampus tersebut. Dan beberapa bulan yang lalu ada warung bakso yang ikut-ikutan untuk membuka usahanya di samping kampus tersebut, sory to say, kampus nya saja sudah sulit untuk dilihat, apalagi warung bakso yang kecil. Tapi anda bisa mensiasati nya dengan memasang banner atau baliho yang sangat besar, dan eye catching sehingga kalau ada yang lewat didepan tempat anda akan tau kalau “ada” usaha anda.

4. Coba lihat dan hitung di kota anda ada berapa banyak yang membuka franchise dengan merk yang sama dengan anda, kalau ada toko yang sama di kota anda, maka urungkan niat anda untuk membuka di kota tersebut, tentunya persaingan satu merk dalam satu kota tidak akan efektif dan efisien.

5. Coba lihat usaha yang sejenis dengan anda, misalnya jika anda berjualan mie ayam, apakah pedangan mie ayam yang ada di kota anda ramai atau tidak, ini cara yang mudah untuk melihat apakah animo masyarakat di suatu kota terhadap suatu jenis makanan atau yang lain. Jika saingan anda sudah ramai pembeli, yesss… anda bisa memulai untuk membuka usaha anda, karena anda sudah tau kalau animo masyarakat cukup besar. Tetapi kalau yang sudah ada saja tidak laku ya pikir-pikir lagi ya.

6. Jika anda memilih target pembeli menengah kebawah maka anda bisa memilih tempat di dekat pasar tradisional atau lampu lalu lintas, jika target yang anda pilih adalah menengah ke atas, satu yang pasti adalah, akses untuk mobil, pilih yang mudah mobil untuk parkir saat membeli, karena target menengah keatas cenderung lebih suka dengan parkir yang mudah dan nyaman

tempat tidak terlalu berpengaruh ASALKAN strategi marketing yang sangat creative dan sensasional sehingga calon pelanggan anda akan datang dan mencari anda dimanapun usaha anda didirikan. Anda bisa mengetahu cara-cara marketing yang dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung ke usaha anda dengan cara-cara yang sooo simple, anda bisa membaca di klikdisini

Sebelum anda mendirikan usaha anda, anda bisa mencoba cara-cara yang baru saja saya paparkan diatas. Silahkan praktekan, dan sukses selalu untuk anda.

Sumber : http://maksumpriangga.com

Iklan