facebook

Power up Your Marketing Strategy with Facebook Engagement Ads

Bagikan

Melanjutkan tulisan saya terdahulu mengenai “Marketing Our Brand or Products through the Facebook Network”, kali ini saya akan mengajak anda mendalami lebih jauh tentang bagaimana memperkuat engagement anda dalam jejaring Facebook. Berbeda dengan fasilitas page yang sebelumnya dapat anda manfaatkan secara gratis, kali ini anda harus mengalokasikan sejumlah budget tertentu guna memperkuat strategi pemasaran anda di situs ini.

Tidak gratis memang, tapi Facebook advertising solutions akan mampu memberikan manfaat signifikan bagi pengembangan bisnis anda kedepan. Anda juga tidak perlu khawatir tentang besarnya biaya yang harus anda spend di Facebook, karena anda dapat menentukan sendiri berapa besar budget yang akan anda alokasikan disini. Logikanya semakin besar budget anda maka akan semakin gencar pula program pemasaran anda, tentukan besarnya budget dengan memperhitungkan goals yang ingin anda capai dan besarnya audience yang ingin anda raih. Facebook menawarkan dua pilihan charge, yaitu pay per click (CPC) dan cost per impression (CPM).

From Keyword Targeting to People Targeting

Dalam sebuah interview bersama Justin Smith, founder InsightFacebook.com, Tim Kendall, Facebook’s Director of Monetization and performance advertising head menjelaskan bahwa dalam dunia Facebook, para advertisers mempunyai keleluasaan yang lebih untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dengan menggunakan berbagai macam parameter efektif. Jika selama ini keywords targeting via Google Adwords menjadi andalan utama, saat ini Facebook hadir menawarkan beragam customer base targeting yang lebih efektif dalam mencapai sasaran dan efisien dalam alokasi biaya. Semua fasilitas itu hadir agar para performance marketer dapat mengirimkan campaign yang lebih tepat dan relevan kepada target market dibanding sebelumnya. Untuk lebih jelas mengenai parameter yang ditawarkan, mari kita bahas satu-persatu!

1. Location Targeting

Facebook memberi kuasa penuh kepada advertisers untuk membidik sasaran berdasarkan lokasi, meliputi Negara, state/province, bahkan kota sekalipun. Ini adalah cara yg ampuh bagi bisnis berskala nasional, multinational maupun local guna men-deliver campaign tepat kepada target market yg diincarnya. Anda dengan mudah dapat men-setup sebuah iklan agar tampil sampai dengan 25 pilihan parameter lokasi, jadi anda tidak perlu lagi khawatir iklan anda menjadi “mubazir”, karena iklan menu of the week di restoran anda yg seharusnya tampil di area Semarang justru tampil di Jayapura misalnya.

Untuk memperdalam kemampuan filtrasi Location Targeting, Facebook juga melengkapi fasilitas ini dengan Radius Targeting. Yaitu kemampuan untuk menentukan target audience berdasar pada kedekatan dengan lokasi utama yg dipilih. Misal anda men-setting Jakarta sebagai lokasi utama, anda juga dapat menambahkan radius kilometer daerah mana saja yang dijadikan target tambahan munculnya iklan anda. Facebook akan menentukan users profile mana saja sbagai tempat munculnya iklan berdasar IP address dan current location yang tertera di profile users.

2. Workplace Targeting

Ini adalah cara paling powerful bagi anda para B2B marketers untuk meraih target audience anda di Facebook. Mengapa? Karena fasilitas ini memungkinkan anda untuk men-set destinasi munculnya iklan hanya kepada user profile yang tergabung dalam sebuah perusahaan atau networks secara lebih spesifik.

Anda punya banyak target pelanggan corporate bagi produk asuransi atau IT solution anda? Manfaatkan layana ini and see that workplace targeting is fantastic for reaching an industry audience and headhunting.

3. Keyword Targeting

Jika anda sering memanfaatkan layanan Google Adwords, anda pastinya sudah tidak asing dengan konsep yang satu ini. Yup,.. keyword targeting masih merupakan the most powerful ads base targeting concept yg pernah ada. Anda dengan mudah dapat mengatur munculnya iklan anda berdasarkan kata kunci/keywords yang anda pilih. Misalnya keyword Muslim untuk destinasi iklan butik baju Muslim anda, atau mungkin Transformer untuk rental DVD anda dan masih banyak lagi pilihan lainya.

Facebook keywords akan mencari informasi relevan berdasarkan interests, activities, favorite books, TV shows, movies dan job titles yang tertera dalam profile, serta nama pages/group tempat users terdaftar sebagai fans. Selain itu Facebook juga akan memberikan suggestion keyword yg umumnya dipakai pada item tertentu.

4. Relationship Targeting

Relationship targeting memungkinkan advertisers membidik target dengan melihat status percintaan users, seperti single, in a relationship, engaged, atau married. Selain itu advertisers juga dapat mentargetkan iklanya berdasar kepada gender pilihan users pada kolom “Interested In”. Bagaimana konsep ini dapat bermanfaat bagi strategi marketing kita? Let say anda memiliki bisnis di wedding industry, fitur ini akan sangat bermanfaat bagi campaign anda untuk membidik para pasangan, terutama mrk yg termasuk ke dalam list in a relationship dan engaged. Bidang lain seperti fashion, elektronik dan bisnis seputar lifestyle juga akan merasakan powerful-nya kemampuan konsep yg satu ini.

5. Education Targeting

Fitur ini menawarkan keleluasaan bagi advertisers untuk menentukan target audience berdasarkan tingkat pendidikan, biasanya konsep seperti ini digunakan untuk campaign product ataupun service yang memiliki differensiasi market berdasarkan stage of life. Lebih jauh lagi, misalnya anda menentukan parameter “in college” maka anda juga mampu mem-filter target anda berdasarkan program study dan tahun kelulusan. Sangat bermanfaat jika anda memiliki bisnis yang berkaitan dengan pengembangan karir ataupun SDM.

6. Connection Targeting

Dengan fitur ini anda dapat menentukan target penetrasi campaign berdasarkan atas:

• Fans dari Pages anda

• Users dari Applikasi yang anda buat

• Members dari Groups anda

• Serta users yang menyatakan hadir dalam Events Invitation yang anda kirimkan

7. Sex Targeting

Hmm,..untuk yang satu ini saya rasa tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang apa yang ditawarkan. Banyak sekali product, brand atau service diluar sana yang dipetakan berdasar jenis kelamin target marketnya. Jika anda memiliki produk-produk atau layanan seperti itu, inilah cara yang paling efektif untuk anda meraih target audience sesuai dengan differensiasi jenis kelamin target produk anda.

8. Age Targeting

Ini adalah salah satu cara untuk mengefektfikan destinasi munculnya iklan anda berdasarkan rentang usia Facebook users. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook terbanyak adalah berusia 18-24 th, kemudian disusul 25-34 th, serta 14-17 th dibelakangnya, sedangkan selebihnya adalah berusia 35 th keatas. Hal ini berarti advertisers dapat menyesuaikan target audience dengan produk yang akan dipasarkan, berdasarkan tingkat kestabilan income yang dapat dilihat dari rentang usia tersebut.

9. Birthday Targeting

Apa moment berharga bagi kita saat online di Facebook? Dapat kenalan baru, ditawari pekerjaan atau yang lain? Banyak sekali jawabanya dan tiap individu pasti memiliki jawaban yang berbeda pula. Tapi jika ditanya apakah ulang tahun adalah moment berharga dan berkesan bagi kita? Saya yakin hampir semua akan menjawab “Iya”.

Nah opportunity semacam ini tidak di sia-siakan oleh Facebook, user yang memiliki banyak teman, biasanya akan menerima banyak sekali ucapan “Happy Birthday” dari teman-temanya baik melalui media wall, private mssg maupun virtual gift. Disinilah kesempatan bagi advertisers untuk mengiklankan special offers atau promotion kepada users disaat mereka berulang tahun. Secara global, dengan sekitar 250 juta pengguna aktif, dalam sehari ada sekitar 700,000 users yang berulang tahun, dan ini angka cukup lumayan untuk anda manfaatkan.

10. Language Targeting

Language targeting memungkinkan anda meraih seluruh audience yang menggunakan bahasa tertentu, ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang mengelola specific brands dengan market yang terpetakan secara specific pula.

Go Big with Facebook Engagement Ads

Setelah anda memahami konsep Facebook Advertising Solution yang ditawarkan, sekarang saatnya anda menyiapkan kocek anda dan memilih jenis iklan yang tepat bagi products atau brand anda. Pada dasarnya Facebook menawarkan 5 buah tipe iklan kombinasi text dan images yang dapat anda manfaatkan.

1. Page Ad

Type iklan ini di desain untuk men-generate lebih banyak fans dalam Facebook page anda melalui jaringan fans anda yang telah terdaftar lebih dulu. Ketika seorang user terdaftar sebagi fans page anda, maka nama user tersebut akan tampil dibawah iklan page anda sehingga teman-teman user tersebut dapat melihatnya dan tertarik untuk menjadi fans di page anda pula.

2. Event Ad

Event Ad di desain terintergasi dengan Facebook Event dan disertai dengan “RSVP”/ call to action. Ketika RSVP di click oleh user, maka informasi detail tentang event tersebut akan tersajikan dengan lengkap. Meliputi jumlah user yang di invite, jumlah yang confirm buat attending, not attending dan lainya. Respon dari users tersebut dapat dilihat oleh teman-teman jaringanya dalam kolom event yang terletak di right sidebar home page kita.

3. Video Ad

Type iklan yang satu ini terintegrasi dengan Facebook video. Sama seperti wall, comment dari user akan visible oleh teman-temanya yang lain.

4. Gifts Ad

Gifts Ad terintegrasi dengan Facebook Gifts, ketika seorang user mengirim atau menerima sebuah gifts, maka teman dari user tersebut akan mampu melihat apa yang telah dilakukan user tersebut, tampil dibawah iklan yang muncul.

5. Website Ad

Type ini sama seperti web advertisement yang biasa kita jumpai di situs lainya, ketika seseorang melakukan click pada banner, maka dia akan di bawa ke situs produk tersebut.

Satu yang harus selalu anda ingat dan perhatikan dalam “Marketing Our Brand or Products through the Facebook Network” adalah anda melakukan engagement dalam sebuah ruang social yang mempunyai karakter dan culture berbeda dari situs-situs kebanyakan, anda tidak bisa hanya meng-kopi paste strategi pemasaran yang selama ini anda pakai melalui web portal, Adwords atau yg lainya. Tapi anda perlu melakukan re-design banner dan message dalam text iklan anda untuk dapat meng-grab sebanyak mungkin audience dan mencapai marketing goals anda.

Perpaduan antara Facebook advertising solution dengan Facebook page dan Icon ambassador yang saya jelaskan pada tulisan sebelumnya, kiranya akan mampu men-develop bisnis anda jika anda melakukanya secara benar, terkonsep dan tentu saja serius dalam melakukanya. Mumpung Facebook masih berjaya dan akan terus berkembang dalam tahun-tahun mendatang, mengapa kita tidak memanfaatkanya? Next topic yang akan saya tulis adalah tentang Twitter Marketing. So, I’ll see you on the next topic. Semoga bermanfaat!

Sumber : http://al-mansur.info

Thnx to Justin Smith

Book Images by technologynews.com.au

Iklan