Cukup banyak perusahaan yang membuat iklan dengan biaya yang besar namun tidak mampu meningkatkan produktifitas atau hasil pemasarannya, salah satu penyebabnya adalah mereka tidak memperhatikan headline-nya yang merupakan salah satu faktor penting suatu iklan.

Oleh karena itu, jika kita membuat suatu iklan, harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh headline-nya. Ingat, harus selalu di tes dan diukur pula. Dan akan jauh lebih baik apabila pada headline suatu iklan terdapat sensational offer produk yang ditawarkan, bukannya menuliskan nama perusahaan kita terlebih dulu.

Bagian paling atas dari suatu iklan seharusnya terlebih dahulu memuat keuntungan yang akan diterima oleh para calon konsumen, supaya pertama kali mereka mau membaca headline iklan tersebut, barulah selanjutnya pada bagian bawahnya diberikan informasi yang memungkinkan seseorang untuk segera mengambil tindakan.

Saya berikan contoh headline yang dipakai untuk sebuah perusahaan asuransi. Hanya headline nya saja yang berbeda, sedangkan semua isi dan keterangan di bagian bawahnya semuanya sama.

Headline yang pertama adalah :

• “What would become of your wife if something happen to you”

Headline yang kedua :

• “Retirement income plan”

Menurut Anda, Headline mana yang mampu menghasilkan respon yang lebih baik? Menurut survei secara tes market, dengan prinsip “show me the money” yaitu yang benar-benar lebih mendatangkan hasil, ternyata headline ke dua menarik minat 500% lebih banyak daripada yang pertama. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena iklan tersebut telah dites! Oleh karena itu jika kita tidak pernah mengadakan tes, kira-kira berapa kerugian yang akan kita tanggung karena pembuatan headline iklan yang salah? Contoh selanjutnya adalah sebuah iklan kursus

Headline pertama :

• “Announcing a New Course for Men Seeking Independence in The Next Three Years.”

Mengumunkan suatu kursus baru untuk orang-orang yang mencari kebebasan dalam waktu tiga tahun ke depan

Headline ke dua :

• “An UP TO THE MINUTE Course to meet today is Problems.”

Headline manakah yang Anda sukai? Dan headline manakah yang menurut Anda akan menghasilkan respon yang lebih besar? Headline yang pertama ternyata terbukti 370% jauh lebih menghasilkan respon dibandingkan headline yang kedua.

Oleh karena itu satu hal yang sangat perlu dicatat pula, kalau ingin merevolusi kegiatan marketing suatu perusahaan, kita harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh kekuatan dari suatu headline dari iklan yang kita buat. Bahkan di dalam buku ”One Minute Millionare” dicontohkan bahwa ada perusahaan musik besar di Amerika yang membuat iklan yang meskipun hanya dengan perbedaan satu huruf pada headline-nya, ternyata bisa memberikan hasil yang jauh berbeda, bahkan bisa mencapai perbandingan 1:8.

Headline iklan tersebut adalah : Headline yang pertama :

• “Put Music into Your Life”

• “Puts Music into Your Life”

Ternyata hanya dengan menambahkan satu huruf “s” diakhir “put” mampu menghasilkan omzet 8 kali lebih besar. Karena dianggap sangat sensitif, jika personalize “put”, harus memakai “s”.

Oleh karena itu pada saat Anda membuat iklan, perhatikan sekali lagi mengenai unsur headline ini. Apakah benar-benar sudah mampu membuat minat orang untuk melihat iklan Anda kemudian akhirnya mereka mau mengambil tindakan. Sekali lagi, harus selalu Anda tes dan ukur tingkat keberhasilannya. Sehingga iklan yang Anda buat benar-benar efektif dan akan menghasilkan peningkatan pemasaran yang lebih optimal. Banyak ide serta contoh nyata yang akan terus saya paparkan kepada Anda mengenai strategi dahsyat penerapan ilmu Marketing Revolution ini.

Sumber : http://www.majalahfranchise.com

Iklan