Milestone dari konsep marketing adalah pemahaman Segmentasi, penentuan Targeting, dan perumusan Positioning. Perumusan positioning adalah end-result dari kesimpulan kita dalam memandang pasar, dan memilih target yang potensial (* segmentasi dan targeting akan dibahas selanjutnya) sekaligus sesuai dengan sumber daya yang kita miliki. Contoh di atas adalah salah satu end-result dari pemahaman seorang marketer tentang “pasar mobil” dengan membagi menurut dua kategori yakni harga mobil (price) dan konsumsi BBM. Anda pun bisa membuat positioning map berdasarkan kreatifitas Anda dalam melihat pasar misalnya dengan membagi brand berdasarkan harga (price) dan teknologi; harga dan desain; desain dan durability, dan lain sebagainya. Dari positioning map itu Anda bisa melihat dimana posisi brand Anda sekarang dan kemana Anda ingin mengarahkan positioning brand Anda di masa depan.

Secara umum Anda ada dua hal yang harus diperhatikan ketika kita menyusun positioning baru atau merubah positioning yang sudah ada, yakni: manfaat utama yang akan kita tawarkan (apakah benefit leadership, value leadership, ataukah cost leadership) dan point perbandingan yang akan kita pakai (apakah comparative-membandingkan dengan pesaing dalam hal kesamaan ataukah perbedaannya, ataukah noncomparative-hanya berdasarkan kebutuhan dan ketegori).

Contoh jika Anda sekarang brand managernya Chery Tiggo kemungkinan positioning adalah cost leadership (SUV paling murah di kelasnya-hanya 140 jutaan) atau value leadership (murah sekaligus fiturnya lengkap: mesin 2.0 EMI, ABS-EBD-BA, flexible seating configuration), Kalau benefit leadership tidak mungkin karena secara reliability belum teruji sebagai brand baru.

Kemudian ketika menyusun kalimat positioning, brand manager bisa memilih apakah akan menggunakan kalimat bernada comparative (paling dekat adalah Daihatsu Terios) ataukah non comparative, misalnya dengan mengambil angle kalimat dari kebutuhan SUV murah yang menunjang kebutuhan masyarakat akan kendaraan anti banjir.

sumber : <!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

http://talkcommunication.blogspot.com