Jika kita merasakan sesuatu hal entah itu hal positif atau negative, kita akan meneruskan bercerita lagi kepada orang lain.Alasannya adalah agar orang lain minimal juga bisa ikut merasakannya. itulah ide viral marketing.

Apa Program Viral Marketing

Tidak ada definisi yang tepat tentang viral marketing, sebab viral marketing berawal dari Kehidupan sehari-hari. Viral marketing juga sering dikenal dengan istilah V-marketing, sharing marketing ,tell your friends reward program (TYF program),digital owrd of mouth marketing,word of mouse marketing dan yang paling dikenal adalah viral marketing.

Sharing marketing juga sering dikutip orang untuk menjelaskan program ini. Alasannya adalah karena perusahaan membagikan sebagian keuntungan pada konsumen. Program marketing ini muncul dan menjadi terkenal setelah era internet dengan e-commerce nya sebab viral marketing memang bermula dari dunia maya.

Kasus viral marketing paling dramatis terjadi pada perusahaan penyedia free web base email,yakni hotmail hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak berdiri,member hot mail biasnya mencapaiUS$ 0,5 juta !pendapatan tersebut adalah pendapatan perushaan media tradisional selama 10 tahun.

Pada saat seseorang melakukan sign up sebuah account email baik di hotmail ,yahoo atau lainnya dan mulai berkirim-kirim emailmaka ditag line paling bawah body mail,kita akan mail,kita akan menerima “injeksi” sebuah kallimat atau penawaran secara tidak langsung,itulah yang disebut viral marketing.

Bukan MLM lebih dari sekedar member

Banyak orang menganggap bahwa viral marketing adalah MLM.Tidak!Viral marketing bukan MLM termasuk MLM era internet. Malahan sangat bertolak belakang dengan MLM Dalam MLM seorang member harus membeli starter kit, kita wajib mengikuti seminar atau acara-acara yang dilangsungkan oleh perusahaandan harus menjual.Tidak demikian dengan viral marketing.Ketiga alasan itulah yang paling nyata disamping perbedaan –perbedaan lainnya.Viral marketing berbicara mengenai cara berbelanja.Ya cara berbelanja seperti halnya perusahaan memberikan bonus atau reward kepada konsumennya. Bukan cara cepat jadi kaya raya seperti MLM,yang manipulatif,meski peluang ini juga terbuka deprogram viral arketin.Ini dilakuakan secaa urut ajak yang dinamis.Apakah ini MGM? Bukan! Viral marketing lebih dari sekedar MGM

MGM (Member Get Member) yang selama ini kita ketahui hanya memberikan bonus kecil berupa hadiah-hadiah dan itu hanya satu tingkat(satu level)dan terjadi hanya satu kali. viral marketing bukan hanya memberikan bonus kecil seperti hadiah-hadiah tersebut melainkan bonus uang buat konsumennya dan ini didesain berjenjang dan bersifat residual.Bonus ini bisa mencapai nilai yang besar sekali.

Bagaimana dengane-commerce?Viral marketing juga bukan e-commerce meski bisa saja terjadi karena ada sisi e-commerce yang bisa terjadi.Kalau dalam e-commerce kita hanya berbelanja tidak demikian dalam program viral marketing,viral marketing melebihi sebuah e-commerce karena viral marketing memberikan bonus berjenjang .Lalu ,apakah kalau e-commerce memberikan bonus berjenjang otomatis disebut viral maketing?Tidak juga .Alasnnya karena e-commerce sudah pasti online sedangkan viral markeing bisa online dan ofline.Program viarl marketing tidak membutuhkan tenaga kerja langsung seperti perusahahan konvensional yang memerlukan tenaga sales atau telemarketing. Jelas bisa menghemat biaya dalam hal ini .Dalam program viral marketing dikenal dengan istilah ”Let’s your customer do your marketing”.Jadi konsumen yang akn mereferensikan tamannya sendiri temanya unutk berbelanja diperusahhan kita. Sama persis dengan seperti perusahaan MGM dan MLM.Jika ada perusahaan perusahaan yang prcaya dengan kehebaatan program MGM,maka sudah pasti mereka harus percaya dengan program viral marketing.JIka ada perusahaan yang menggunakan program MGM,sangat disayangkan kalau tidak mencoba program viral marketing.

Perusahaan juga tidak harus bertatap muka denga konsumen. Mungkin pada awal program ini diperkenalkan perlu melakukan sedikit promosi barang kali dalam arti tatap muka memperkenalkan program baru ini.Akan tetepi ini hanya promosi awal mengeluarkan biaya besar hanya untuk promosi.Kaerna viral marketing adlah program bisnis pemasaran jaringan ,sudah pasti bersifat net working. Jaringan program viral marketing ini didesain secara unik dalam sebuah fasilitas internet yang akan menghubungkan smua membernya.

Jadi, setiap member bisa saling berinteraksi dan saling berkomunikasi karena tau siapa saja yang ada dalam jaringan mereka. Karena menggunakan fasilitas internet maka maka bisa dipastikan jankauannya jauh lebih luas dari pad bisnis konvensional.

VIRAL MARKETING BERAWAL DARI KEJADIAN SEHARI-HARI

Viral marketing sebenarmya berawal dari kejadian sehari-hari yang sering kita lakukan Kita selalalu menceritakan apa yang kita alami baik hal yang negatif ataupun yang positif. Ketika habis menonton film yang bagus kita cerita pada teman kita. Sehabis makan bakso yang enak kita cerita pada teman kita alasannya agar teman kita juga merasakan apa yang kita nikmati. Lalu apa yang diberikan perusahaan kepada kita? tentu tidak ada, bukan? bahkan ucapan terimakasih saja tidak. Disinilah program viral marketing menyiasatinya.

Selalu ada reward dan bonus bagi setiap konsumen yang berhasil menceritakan keunikan perusahaan dengan program nya ini dan berhasil mengajak temannya menjadi konsumane setia.Jadi buat apa lagi konsumen harus berbelanja atau mempromosikan perusahaan atau produk lain jika ada produk serupa dan perusahaan sejenis yang menjalankan program ini .

KEKUATAN PROGRAM PEMASARAN VIRAL MARKETING

program viral marketing bisa menjadi ancaman yang sangat serius bagi semua perusahaan yang menjalankan program pemasaran konvensional.Semasih ada perusahaan yang menjalankan program pemasaran konvensional ,maka semakin kuat program viral marketing akan mencengkram, program viral marketing akan membuat semua perusahaan tersebut mendarat ditanah yang sama.kekuatan viral marketing benar-benarluar biasa. Saatnya sudah tiba bahwa setiap perusahaan bisa memerangipersaingan bisnis tidaklah perlu mengandalkan modal blsar.Kalau mengandalkan modal besar itu hal yang biasa, semua orang bisa melakukannya .Program viral marketing adalah sebuah strategi.Bagi pengarang secara pribadi kekuatan program yang sepurna minimal harus mengahadapi strategi predatory pricing,menyerang dan memprtahankan diri dari konsep bersaing porter, serta menguasai pasar secaa sempurna dari sisi positioning.Jangankan menyaiasati konsep bersaing porter, melawan predatory pricing saja tak ada program pemasaran yang mampu bertahan Lebih jelas mengenai semuanya ini kita akan bahs dibawah ini .

PREDATORY PRICING

Apakah predatory pricing itu? Predatory pricing adalah strategi yang bermain pada harga secara cerdik . Banyak orang mengatakannya licik bahkan jahat.Akan tetapi saya tidak setuju ,bisnis adlah perang hanya mereka yang pandai dan pintar yang akan berhasil. Kalau takut kalah tidak perlu terjun dalam bisnis,menjadi konsumen saja.Berani terjun dalam sutau bisnis harus siap dikalahkan dari berbagai sisi. Kalahpun hal biasa.Predatory pricing memiliki kekuatan yang sangat luar biasa untuk mematikan sejumlah perusahaan .Perusahaan apapun bisa ditaklukan denganstrategi ini. Tentu strategi ini tidak boleh diusung sendirian mugkin perlu dikombinasikan ,misalnya usaha membajak karyawan yang kompeten dalam perusahaan yang kita incar.Ini sangat mudah dilakukan.Iklankan saja dimedia masa.Pembajakan paling halus setiap hari terus terjadi di iklan lowongan kerja di media masa. Jika diisyaatkan pengalaman ,itulah pembajakan halus yang saya maksudkan.Untuk menjalankan program ini ,ada dua prinsip dasar yang harus dimiliki ,pertama harus punya mkodal yang besar kalau modal pas-pasan tidak akan bisa efektif menjalankan program ini.Kedua :harus siap menanggung resiko rugi dalam jangka waktu terentu hingga semua pemain keluar dari pasar.Meski modal besar ,dalam penerapan strategi ini ,jika tidak tahan karena melihat perusahaan terus merugi ,sia-sia.Karena itu,jika tidak memiliki kedua ptinsip diatas ,jangan pernah coba-coba menjalankan strategi tersebut.Ada kecenderungan strategi ini bisa dijalankan karena perkembangan kemajuan teknologi dan dunia internet.Kita tahu bahwa kemajuan tknologi bisa menghemat cost operasional perusahaan ,dengan demikian harga jual pun bisa lebih bersaing sebab pada dasarnya predatori pricing adalah menuai produk dengan harga yng lebih murah dari pesaing.Begitu pesaing mengikutu kita kita turunkan lagi harganya.Kalau mereka masih terus mengikuti kita turunkan lagi harganya hingga merka sudah tidak mampu lagi bertahan.Begitu merka sudah kapok dan keluar dari pasar,kita naikkan lagi keharga normal.Jangan khawatir ,saat itu sudah ada satu pemain yaitu kita sandiri.Inilah kesimpulanya:

1. predatori pricing benar-benar dahsyat untuk menjadi pemenang dalam bisnis apapun

2. predatory pricing adalah strategi strategi bersaing dalam sisi harga

3. Predatory pricing hanya bisa terjadi jika modal perusahaan besar.
4. perusahaan harus siap menaggung resiko rugi dalam jangka waktu tertentu sampai pesaing keluar dari pasar dalam menjalankan strategi ini.
5. setelah pesaing lainya keluar dari pasar,semuanya dikembalikan kepada perusahaan itu sendiri.

KONSEP BERSAING ALA PORTER

Pemikiran Michael E.porter mengenai persaingan usaha. Beliau mengatakan bahwa sebuah perusahaan dalam skala industri apapun menghadapi sejumlah persaingan yang saling berinteraksi.meski mungkin pada prinsipnya beliau memfokuskan teorinya hanya pada lini industri pabrikasi, tetapi hampir dalam semua lini bisnis hal ini tetap terjadi.

Menurut porter, sebuah usaha dihadapkan oleh berbagai factor yang akhirnya menentukan kelangsungan usaha itu sendiri. Ada lima factor yang menentukan kelangsungan sebuah usaha ,yaitu tingkat rivalitas yang sudah terjadi, ancaman pendatang baru, ancaman produk substitusi , kekuatan tawar menawar pembeli,

dan kekuatan tawar menawar pemasok. Kita akan melihatnya satu per satu.

Tingkat Rivalitas yang sudah Terjadi

Seperti kita ketahui, setiap perusahaan memiliki pesaing. Persaingan yang terjadi ini akan mengandaskan para pemain di dalamnya.oleh karena itu,kita harus pandai-pandai menajalankan usaha kita. Untuk itulah buku ini saya tulis agar bisa memberi manfaat kepada anda sehingga anda bisa menjalankan usaha lebih baik dan memenangi persaingan tersebut. Sebagai usahawan, tentu kita di tuntut memiliki strategi yang paling baik .strategi tersebut hanya memiliki dua unsur pertimbangan , yakni yang berkaitan dengan cara meningkatkan laba(penjualan) serta bagaimana menghemat atau menurunkan biaya.

Semakin prospek sebuah usaha ,maka semakin banyak pemain didalamnya .hal ini bagi mereka sudah anda ketahui,dengan semakin banyak pemain pada sebuah segmen pasar ,maka hukum permintaan dan penawaran pun tak bisa dielakkan. Pasti akan

ada yang bermain dalam harga karena sudah tidak punya cara lain untuk bersaing.Permainan harga ini bisa berdampak serius bagi mereka yang mempunyai modal pas-pasan.

ANCAMAN PENDATANG BARU

Tak ada usahawan yang bisa memastikan bahwa tidak akan muncul pendatang baru.diperlukan strategi yang paling baik untuk menahan masuknya pemain baru. Beberapa perusahaan bernaung pada kebijakan pemerintah dalam hal monopoli seperti perusahaan BUMN ( PAM atau PLN ) .Dengan demikian,tak akan pernah ada pemain baru.Dalam sudut pandang bisnis ,usaha monopoli inipun tidak baik.Karena tidak ada pesaing pemain monopoli yang ada cenderung melayani konsumen seadanya. KOnsumen tidak memiliki piihan lain.Jangan berharap terjadi konsumen satisfaction apalagi perusahaan value.Kita bisa merasakan sendiri dengan dua contoh perusahaan yang diatas.Selain itu dan menjadi lahan yang subuga buat korupsi dan kolusi.Kesuksesan sebuah bisnis akan memacu oranglain untuk terjun kebisnis yang sama.Mungkin usaha yang kita rintis saat ini juga dampak dari kemajuan usaha lain yang pernah kita dengar,lihat atau alami sendiri . karena itu hampir mustahil jika usaha kita berhasil ,kita sembunyikan bisnis kita tersebut. Apalagi di zaman sekarang arus media semakin terbuka .Perusahaan terbaik akan selalu terekspose dimajalah atau Koran.Mungkin pemiliknya sendiri yang sengaja mengekpos usaha mereka sebagai ajang promosi atau meningkatkan brand awareness.Pendatang baru ini juga bisa mempengaruhi hukum permintan dan penawaran . Sebagai usahawan kita dituntut memikirkan cara agar pemain yang sudah ada dan sedemikian ketat bersaing tidak ditambah lagi pemain baru. Beberapa cara yang dilakukan usahawan,misalnya menguasai jalur distrbusi mereka. Dengan demikian ,mereka yang tidak memiliki jalur distribusi tidak akan mampu menyaingi pemain lama.Kalaupun merka sudah terjun sudah pasti kalah.Alasannya merka tidak bisa memasarkan produk hingga kekonsumen keberbagai daerah.

ANCAMAN PRODUK SUBSTITUSI

Perusahaan monopoli bisa jadi tidak memiliki pesaing dalam ini bisnis yang sama,tetapi belum menjadi jaminan tiddak memiliki ancaman produk subsitusi sebab kita tahu hampir semua produk dan jasa ada subtitusinya.Orang tidak bisa makan nasi bisa makan roti atau jagung.Tidak bisa naik pesawat bisa naik kapal laut atau kereta api.Karena itu ,meski monopoli bisa menjanjikan unutk berhasil dalam bisnis, tapi tetap saja bukan jaminan dirinya tetap bertahan.Tanpa adanya peningkatan pada kepuasan konsumen sudah di pastikan lama kelamaan monopoli tersebut akan tergeser.

KEKUATAN TAWAR MENAWAR PEMBELI

Konsumen memiliki hak yang penuh atas pembelanjaan uang merea.Kata sam Walton “cukup sederhana cara yang diperlukan konsumen untuk mematikan sebuah perusahaan ,yakni dengan membelanjakan uangnya ketempat lain.Karena itu tidak ada satupun perusahaan yang menggantungkan hidupnya pada konsumen.Konsumen mudah sekali dibujuk untuk berpindah tempa belanja.Jika tempat belanaja baru dirasakan bisa memberikan manfaat yang lebih, maka mereka bisa pindah.Tak heran kita melihat perusahaan matimatian berpromosi agar konsumen membeli produk membeli produk atau pindah keperusahaan mereka.

KEKUATAN TAWAR MENAWAR PEMASOK

Pemasok juga sering menjadi masalh sendiri bagi kelangsungan sebuah perusahaan .Tanpa ada pemasok maka tak ada satupun perusahaan yang bisa terus menjalankan roda

bisnisnya.Penerbrt membuthka penasok kertas,tinta,mesoi percetakan dan sebagainya.Restoran memerlukan pemasok sayuran ,daging,ikan dan beras.Jadi sudah dipastikan bahwa kekuatan supplier ini juga menentukan masa depan sebuah usaha.Tanpa ada supplier ,usaha kita tidak akan jalan.Karena itu ,kita bisa menangkap alasan mengapa banyak perusahaan mencoba menguasai industri mereka dari hulu ke hilir.Hal ini untuk mencegah jangan sampai nanti ulah pemasok justru mengandaskan perusahaan mereka. Sebagaiusahawanyang cerdik kita juga di tuntut pandai-pandai berskap terhadap pemasok ini.Jika merka berhenti memasok, sudah pasti perusahan kita gulung tikar .Belum lagi ,jika pemasok mendirikan unit usaha baru untuk memasarkam produk mereka. Diperlukan srategi yang baik untuk meminimalisasi ulah pemasok Shareof market Berbicara mengenai seberapa besar produk yang kita jual laris dipasaran . Atau Kalau anda membuka took seberapa ramainya toko anda.Semakin mesar pangsa pasar yang anda kuasai maka semakinbaik sehingga anggapan anda bahwa usaha anda bakal maju cukup masuk diakal.Share of market berbicara menenai keberhasilan kita menguasai uang konsumen.Dalam program viral marketing jelas akan membuat anda menguasi uang konsumen.Apakah Share of market ini sudah cukup?Tidak!Seperti yang kita ketahui bahwa larisnya produk yang kita jual atau ramainya took kita dikunjungi orang bukanlah patokan bahwa bisnis tersebut telah kita lakukan sebaik-baiknya.Bisa jadi karena tidak ada pesaing atau toko yang memenuhi keinginan mereka.Dengan demikian konsumen terpaksa harus mengkonsumsi produk kita atau datang ketoko kita.

Share of heart

Jika kita mengadakan survey atau penelitian pada setiap pelanggan kita dan mengharapkan jawaban merka secara jujur atas pertanyaan seperti “kalau anda ingin membeli dan memiliki kemampuan untuk itu,kira-kira produk merek merek apa dan toko yang begaimana yang akan anda kunjungi?” Jangan kaget jika jawabannya ternyata bukan produk anda atau toko anda.Saat ini,ada begitu banyak orang ingin berbelanja dalam program viral marketing .Apakah perusahaan anda sudah menjalankan program ini? Sekali lagi anda harus mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan konsumen.Share of heart berbicara mengenai menguasai hati consume.Ini jauh lebih penting dari pada menguasai uang mereka.

Share of mind

Share of mine berbicara menggenai produk atau usaha yang kita jalankan .Disini yang dikuasai adalh pikiran .Sama seperti share of heart ,kita bisa mengadakn semacam survei sederhana untuk mengetahui apa yang sebenarnya yang ada di benak konsumen mengenai sejumlah produk atau perusahaan . Kalau dalm share of heart kita menanyakan pada mereka apa yang mereka inginkan,dalam share of mind ini kita menanyakan apa yang terlintas di pikiran mereka pertama kali berkaitan dengan sebuah produk atau sebuah perusahaan.Biasanya, produk yang pertama kali terlintas dipikiran konsumen,produk tersebut yang bakal sukses dipasaran.Oran akan megingat apa yang menurut mereka memberi manfaat terbaik.orang-orang akan selalu mengingat apa yang selalu mereka rasakan berharga. Jadi, kalau merek produk anda ,toko anda ,atau nama perusahaan anda yang pertama kali diingat oleh konsumen,maka perusahaan anda telah berhasil.Peluang anda berhasil dimasa depan semakin besar.

MARI BELAJAR DARI BEARNEST MARKETING

Anda boleh memiliki ide atau produk terhebat, tetapi hanyut akan sukses kalau anda mempunyai jaringan untuk memberi tahu orang tentangnya dan jaringan distribusi untuk menjualnya.(Robert T.Kiyosaki)

Seperti kata Robert T.Kiyosaki ,kita bisa memiliki produk atau ide paling hebat , tetapi hanya akan sukses jika kita memiliki jaringan untuk memberi tahu orang lain tentang semua itu dan jaringan untuk menjualnya.Robert berbicara mengenai MLM .Saat bukunya itu ditulis,memang program viral marketing belum muncul dalam bentuk saat ini.Jadi saya yakin mengetahui progaram viral marketing ini ,dirinya pasti akan berkata bahwa itulah yang ingin dia maksudkan.Bukan untuk MLM karena MLM sebentar lagi kan sirna disepak viral marketing .

Apakah jaringan itu penting ?kalau anda jawab tidak anda salah besar.Bisnis konvensional yang kita lakukan saat ini juga mengandalkan diri pada jaringan ,yakni jaringan untuk menjual dan memberitahukan orang .Jika anda memiliki pabrik anda perlu jaringan toko-toko untuk menjual produk.Hanya di program pemasaran ini jaringan inilah keunggulan jaringan dimaksimalkan.Program pemasaran jaringan untuk mendistribusikan ,mempromosikan dan menjual produk mereka.Jauh lebih baik dari pada mengandalkan jaringan konvensional dan membutuhkan modal besar.

Bearnest marketing

Bearnest marketing adalah perusahaan pertama yang mengadopsi program viral marketing secara uth.JAdi boleh dikatakan sebagai leader program viral marketing untuk pasar indonesia. Ini adalah satu perusahaan yang pertmabahan konsumennya meningkat dengan cepat sekali.Bearnest, pada waktu pertama kali muncul konsep n viral marketing,memasarkan produk obat-obatan atau suplemen fline merekseperti vitamin-vitamin .Sajak awal saya sudah mengatahuinya ,tapi saya belum bergabung didalamnya.Saya meramalkan tidak akan bertahan lama kg ingin arena masih mencoba menggantungkan diri pada persepsi MLM.Rata-rata MLM memang menjual produk kesehatan karena bisa menetapkan harga selangit.Untuk sehat orang rela membayar mahal.Ininlah yang disiasati MLM.Akhirnya konsep yang diusung bearnest marketing harus berhenti.Disamping produknya ,system dan cara manipulasi dan tidak bakal bisa jalan dengan baik.Akhirnya,mereka mulai memmasuki lini produk bacaan dengan cara kelola yang baru .Sistem pun dibenahi.Begitu saya mengetahui perubahan ini saya meramalkan akan berkembang pesat sampai sudah bisa memberi program diskon 10 % untuk semua membernya.Anda lihat ,belanja buku ditoko buku konvesional belum tentu selalu memberi diskon 10%,kecuali acara-acara tertentu.Tidak demikian dengan program viral marketing Bearnest.Doskon 10% selama 24 jam nonstop,7 hari seminggu,356 hari pertahun untuk semua produk. Tidak ada toko buku yang buka selama 24 jam. Akan tetapi dengan fasilitas internet,toko buku bearbookstore buka 24 jam nonstop.Luar biasa! Inilah alasanya bahwa teknologi telah mengubah segala-galanya.semua perusahaan sebenarnya sudah tahu kelebihan internet.Karena itu banyak perusahaan berlomba-lomba memiliki website.Jadi,kalau perusahaan anda tidak memiliki website sama sekali, perusahaan anda sudah tidak mungkin bisa bersaing diabad digital ini;.

Masa depan bearnest dengan program viral marketingnya

Setiap perusahaan yang dikelola secara professional dan mempunyai visi yang jelas dan penuh strategi tentu tidak akan berhenti membenahi diri. Begitu uga dengan bearnest .Ia tidak akan berhenti sampai disini. Selain terus menambah lini produk yang sudah dipastikan banyak penerbit yang ingin bekerja sama karena melihat member setianya secara rutin membaca buku , bearnest juga akan mewujudkan belanja offline mereka. JIka belanja offline sudah terwujud ,tak akan ada lagi yang menandinginya.

Bagaimana program viral marketing dijalankan?

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kedahsyatan program viral marketing ini ,anda tentu ingin tahu bagaimana program ini bisa segera di adopsi oleh perusahaan anda.Ada beberapa prinsip mendasar yang harus anda miliki untuk menjalankan program ini .Setelah itu,diskusikan kepada jajaran direksi perusahaan anda emngenai program marketing ini.JIka terlambat,sudah pasti akan sulit bersaing.perlu d itekankan bahwa viral marketing adalah program marketing. Sama persis dengan program marketing lainnya ,kecuali beberapa kelebihan yang sudah dibicarakan sebelumnya.Sebuah perusahaan bisa terus berkembanga dan bertahan hidup bukan bukan hanya didasarkan pada program marketingnya,melainkan dikembalikan pada produk yang mereka pasarkan ,harga yang mereka tetapkan pada produk tersebut dan orang –orang yang menjalankan program tersebut.

Langkah-langkah menjalankan program viral marketing

Berikut ini adalah langkah awal menjalankan sebuah program viral marketing bagi semua perusahaan dalam semua lingkup bisnis.Ada lima langkah awal dan setelah itu semua system ini akan berjalan dengan sendirinya tanpa perlu campujr tangan anda

Pemabagian sebagian keuntungan kepada konsumen

JIka margin keunutngan perusahaan anda saat ini hanya 10%.itu sudah lebih dari cukup untuk menjalankan program ini. Apalagi margin margi keuntungan lebih besar tentu lebih bagus.Anda mau memberikan bonus 3% dari margin tersebut sudah lebih dari cukup.Apalgi , kalau anda memberikan margin 5%.Sekali lagi ,selama konsep pemasaran konvensional bercokol,maka semakin kuat program viral marketing akan berkembang.

Mendesain system jenjang level dan bonus

Setelah diputskan berapa margin keunutngan yang akan dibagikan kepada konsumen,langkah beikutnya adlah menentukan system atau level konsumen secara berjenjang.Berapa pun level tidak masalah . semua dikembalikan kepada margin keuntungan yang ingin prusahaan anda berikan akan tetapi ,minimal harus 3 level agar jaringan ini lebih hidup. Hindari menggunakan prinsip spill over karena system yang kita bicarakan ini tidak akan bisa jalan dengan baik.Tidak boleh membagikan keuntungan semakin besar untuk level semakin bawah.Ini akan menyebabkan menjadi piramida.Pyramid scheme ditolak dimana-mana ,semua itu hanya akan menguntungkan orang yang bergabung duluan,artinya tidak semua orang memiliki peluang yang sama sesuai kerja keras dan jerih payah mereka.Viral marketing bukan cara cepat menjadi kaya.Seorang member harus berjuang agar berhasil.

Memiliki website perusahaan berikut program yang didesain khusus untuk viral marketing

Setelah jenjang level ditetapkan,sekaang perlu dibuat program komputerisasi yang menjalankan system viral marketing ini,termasuk desain website berikut sistemnya.Memiliki sebuah website tentu bermanfaat . sekalipun kantor pusat anda terbakar ,namun data anda tetap ada karena tersimpan didunia maya. Ini yang sulit dan paling membutuhkan modal. Sulit karena tidak semua orang memiliki pengetahuan computer (programming).Pengerjaannya cukup rumit dan lama. Tidak semua perusahaan web developer memahami program viral marketing.

Menempatkan diri sendiri atau orang dalam untuk memulai program ini

Setelah program viral marketing dibuat dan didesain ,sebelum launching program ini kepasar dengan cara promosi biasa,misalnya toko dipasang spanduk besar memberi t ahu konsumen anda menjalankan program viral marketing atu pameran ,anda perlu memulai menjalankan program ini.Caranya ,tempatkan diri diri sendiri sebagai pemilik usaha atau orang –orang dalam perusahaan ini dijalankan. Setelah itu,system sendiri yang akan menjalankannya. Sudah idak diperlukan promosi apapun lagi. Lets your costumer do you marketing.Akan tetapi tergantung kembali pada kebijakan perusahaan.

Mempromosikan program ini kepada masyarakat.

Setelah langkah diatas selesai. Langkah terakhir adalah membeeritahu masyarakat bahwa perusahaan anda menjalankan program viral marketing.Ini mesti karena jika konsumen tidak mengetahuinya,mereka masih tetap membelanjakan uangnya keperusahaan lain.Banyak cara yang bisa ditempuh untuk memberitahukan konsumen. Misalnya adakan pameran singkat dimal-mal atau pusat belanja yang ada.Iklankan dikoran dan majalah .Jika satu orang mengetahui program ini telah dijalankan perusahaan anda maka akan cepat berkembang dan menjalar.

Iklan