Bagi banyak pemilik usaha kecil, berhubungan dengan banyak tanggung jawab majikan – mulai dari menciptakan paket-paket tunjangan kompetitif hingga mematuhi peraturan pemerintah yang senantiasa berubah – diraskaan sangat sulit. Tidak seperti perusahaan besar, perusahaan kecil seringkali tidak mampu membentuk departemen sumberdaya manusia untuk menangani masalah ini. Sebagai akibatnya, tanggung jawab seringkali berada di pundak pemiliknya, yang mungkin tidak memiliki waktu atau pengalaman untuk menangani tugas secara efektif.

Salah satu pilihan yang semakin populer untuk usaha kecil adalah dengan menyerahkan tanggung jawab SDM ke pihak ketiga, yaitu Professional Employer Organization (PEO). Perusahaan seperti ini pada dasarnya adalah spesialis sumberdaya manusia yang dapat menyediakan berbagai fungsi pendukung tanpa biaya besar. Perusahaan ini biasanya menawarkan sejumlah layanan berorientasi SDM, termasuk manajemen tunjangan, kepatuhan pada pemerintah, manajemen kewajiban majikan, administrasi penggajian dan kepegawaian, rekrutmen karyawan, serta pelatihan dan pengembangan.

Untuk menyediakan layanan ini, PEO harus menjalin hubungan kerja sama ketenagakerjaan dengan bisnis dan karyawannya. Hubungan kontraktual ini memungkinkan PEO menanggung atau berbagi berbagai tanggung jawab dan risiko yang berada di pundak majikan. PEO mengambil alih bisnis dari administrasi kepegawaian, sehingga pemilik bisnis dapat mengkonsentrasikan diri pada cara-cara yang produktif untuk meningkatkan keuntungannya.

Layanan PEO

Layanan PEO biasanya mencakup sejumlah fungsi SDM, termasuk:

  • Manajemen Tunjangan – PEO menggunakan ekonomi skala untuk menyediakan rencana tunjangan yang kuat dengan besaran yang kompetitif, suatu perangsang penting untuk menarik dan mempertahankan karyawan kunci. Ini memungkinkan usaha kecil menawarkan tunjangan yang mungkin tidak pernah terpikirkan dapat diberikan, misalnya tunjangan kesehatan, bantuan pengobatan gigi, penglihatan, cacat badan, asuransi jiwa, dana pendidikan, dan tunjangan bantuan karyawan.
  • Kepatuhan pada Pemerintah – PEO dapat membantu usaha Anda untuk tetap mengikuti perkembangan peraturan pemerintah tentang ketenagakerjaan yang senantiasa berubah.
  • Manajemen Kewajiban Majikan – PEO dapat secara efektif mengelola kewajiban majikan, sehingga menurunkan risiko dan mengurangi kewajiban terhadap bisnis Anda yang berharga. Sebuah PEO dapat membantu menangani penyelesaian kompensasi dan klaim pekerja, pengkajian keamanan dan pengembangan kebijakan, klaim pengangguran, buku pegangan karyawan, panduan personal, bantuan pemutusan hubungan kerja, dan masih banyak lagi.
  • Administrasi Penggajian & Kepegawaian – PEO dapat secara sah bertanggung jawab atas penggajian, pajak upah, penanganan terhadap debitur, laporan kuartalan, verifikasi tenaga kerja, dan laporan manajemen sumberdaya manusia. Dengan menggunakan PEO untuk tanggung jawab ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bisnis.
  • Perekrutan & Pemilihan Karyawan – Banyak PEO yang dapat membuat deskripsi pekerjaan, menulis dan memasang iklan, menyelenggarakan ujian dan wawancara terhadap calon karyawan, dan melakukan penyelidikan terhadap riwayat hidup calon karyawan.
  • Pelatihan & Pengembangan – Sebuah PEO yang bagus dapat menganalisis kebutuhan pelatihan Anda, kemudian menyediakan kursus yang sesuai untuk meningkatkan performa dan produktivitas karyawan.

Memilih PEO yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dengan kontrak outsourcing, yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan beberapa vendor PEO untuk mencari yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Berapa biayanya? Carilah informasi tentang layanan yang ditawarkan oleh PEO dan apakah layanan itu sudah termasuk harga dasar ataukah tidak.
  • Apakah PEO kuat secara finansial? Pelajari kredensial perusahaan. Apakah keuangan mereka teratur? Pilihlah PEO yang bisa menjadi bankir bagi Anda. Anda perlu mencari perusahan yang berjalan baik dan stabil, sehingga Anda bisa merasa aman.
  • Bangunlah kredibilitas. Apakah PEO sudah cukup lama menjalankan usaha? Apakah memiliki reputasi yang bagus? Bagaimana mereka memperolah pengakuan di industri itu?
  • Carilah informasi tentang layanan pelanggan. Bagaimana cara mereka memberikan pelayanan? Siapa yang akan membantu Anda apabila ada pertanyaan? Mintalah hasil survei layanan pelanggan, apabila mereka memilikinya.
  • Kemampuan teknologi apa yang mereka miliki? Teknologi telah menjadi salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan bisnis di Amerika saat ini. Apakah mereka saat ini menggunakan teknologi mutakhir? Apakah mereka memiliki kapabilitas online yang memungkinkan Anda berinteraksi dengannya kapan pun?
  • Mintalah referensi dari klien dan bekas klien. Carilah hal-hal apa yang baik dan kurang baik dari setiap PEO.
Iklan