Rencana pemasaran Anda sebaiknya adalah sebuah dokumen yang jelas, ringkas, dan yang telah melalui pemikiran matang yang membimbing Anda melalui program pemasaran Anda. Rencana pemasaran harus memusatkan pada tujuan pemasaran dan bagaimana Anda bermaksud mencapai tujuan tersebut. Apakah yang disediakan oleh perusahaan Anda itu produk atau jasa, adanya rencana pemasaran adalah penting sekali bagi kesuksesan Anda.

Enam unsur pokok untuk menciptakan rencana pemasaran yang sukses tercantum dibawah. Anda mungkin hanya membutuhkan satu atau dua kalimat per bagian … atau Anda mungkin ingin memecahnya kedalam beberapa butir yang ringkas.

  1. Tujuan
  2. Nasabah Sasaran Anda
  3. Manfaat Produk atau Jasa Anda
  4. Posisi Anda
  5. Taktik Pemasaran Anda
  6. Anggaran Pemasaran Anda

Sementara Anda menyelesaikan setiap bagian, camkanlah semua nasehat dan petunjuk sebagai berikut:

Usahakan agar rencana pemasaran Anda tetap sederhana.

Banyak pemilik bisnis kecil yang begitu terlibat dengan berbagai hal yang sepele sehingga mereka kehilangan pandangan atas tujuan mereka sebenarnya. Dengan membiarkan rencana yang sederhana, maka Anda akan menciptakan roadmap yang jelas yang terpusat pada apa yang Anda perlu capai.

Tuliskan rencana pemasaran Anda (daripada hanya memikirkannya dan menyimpannya di benak Anda).

Penting memiliki sebuah dokumen yang akan mengingatkan Anda tentang apa saja yang Anda sedang coba mencapai.

Bersikaplah langsung dan jelas.

Jika Anda tidak yakin, bertanyalah kepada teman, kerabat, rekan atau karyawan untuk membaca rencana Anda. Mereka perlu segera memahami tujuan Anda.

Jangan membiarkan terlalu banyak kelonggaran.

Anda mungkin tergoda merencanakan berbagai kemungkinan pasar. Jika pasar Anda berubah begitu pesat, maka Anda sebaiknya memasukkannya kedalam rencana Anda. Namun ciptakanlah sebuah strategi yang bisa Anda pertahankan – itulah maksud utama mempunyai sebuah rencana.

Seringlah mengkaji ulang rencana pemasaran Anda – setiap kuartal atau bahkan setiap bulan.

Itu tidak berarti bahwa Anda harus mengubahnya setiap bulan. Namun luangkanlah beberapa waktu untuk mengevaluasinya dan memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar.

Akhirnya….jangan pernah berhenti memasarkan!

Begitu rencana Anda siap, maka Anda perlu bertindak. Anda perlu berpegang pada program pemasaran Anda. Jangan biarkan diri Anda tidak aktif. Berusahalah senantiasa, dan Anda akan memberi peluang kepada bisnis Anda untuk tumbuh subur.

Iklan