Beberapa pemilik usaha kecil bangga dengan kenyataan bahwa mereka melakukan segala sesuatu untuk bisnis mereka sendiri. Namun tak selalu sesuai dengan pertimbangan bisnis bahwa suatu perusahaan hanya dioperasikan oleh satu orang. Kenyataannya, Anda perlu mendelegasikan sebanyak mungkin yang Anda bisa apabila Anda ingin bisnis berkembang. Jika tidak, mungkin suatu saat Anda akan selalu kekurangan waktu, terlalu banyak tanggung jawab, dan bisnis berjalan di tempat dalam bisnis.

Ada tiga alasan pokok mengapa pengusaha kecil mengatakan mereka tidak bisa mendelegasikan. Beberapa alasan umum disebutkan di bawah ini. Pelajari semua alasan tersebut dan cari tahu mengapa alasan-alasan tersebut kurang kuat. Kemudian gunakan lembar kerja sebagaimana diuraikan di bawah ini untuk membantu Anda memahami tanggung jawab apa saja yang dapat didelegasikan.

Uang – “Saya tidak mampu membayar sesorang untuk melakukan hal ini untuk saya”.

Pandangan picik ini menghindari pendelegasian dengan alasan besarnya investasi keuangan yang dibutuhkan. Memang, Anda harus membayar seseorang untuk melakukan sesuatu yang dapat Anda kerjakan sendiri. Namun apabila Anda seorang konsultan dengan bayaran $100 per jam, haruskah Anda menghabiskan waktu untuk menangani surat dan amplop? Gunakan waktu bebas Anda dari pendelegasian tersebut untuk mencari bisnis baru. Dengan cara ini, Anda masih bisa menghasilkan uang dari berbagai tugas yang Anda kontrakkan keluar dan Anda juga akan menghasilkan uang dari pekerjaan yang baru.

Waktu – “Dibutuhkan waktu yang terlalu lama untuk melatih seseorang. Saya dapat melakukan sendiri pekerjaan ini dengan lebih cepat”.

Tidak memiliki waktu untuk melatih seseorang seringkali menjadi tabir bagi hal lain seperti misalnya ketakutan karena tidak bisa mengontrol. Kalau ini dasar pertimbangan Anda, tulislah semua tugas Anda dan tuliskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengajari seseorang mengurus mereka untuk Anda. Kemudian pilih satu atau dua pekerjaan yang paling mudah untuk diserahkan kepada orang lain dan mulailah dengan mereka. Dengan cara ini, Anda akan dapat secara bertahap memberikan tanggung jawab rutin lainnya.

Kualitas – “Tidak seorang pun yang dapat melakukannya sebaik saya”.

Ini adalah alasan paling kuno; mungkin ada benarnya. Namun ini bukan alasan untuk menghindari pendelegasian. Seseorang yang Anda pekerjakan mungkin tidak melakukan sebaik Anda. Namun pikirkan tentang pekerjaan yang dapat dilakukan orang ini apabila dia sudah terlatih. Apabila Anda sudah memastikan bahwa hanya Anda yang dapat menyelesaikan tugas secara sempurna, Anda punya dua pilihan: simpan tugas tersebut untuk Anda sendiri dan delegasikan tugas lain, atau menerima bahwa sesuatu telah dilakukan dengan baik daripada dilakukan dengan sempurna. Dengan waktu yang cukup banyak, satu pekerjaan yang sangat baik sudah cukup.

Lembar Kerja Pendelegasian

Gunakan lembar kerja untuk menentukan bagaimana Anda memanfaatkan waktu Anda. Gunakan untuk rentang waktu satu dua minggu untuk melihat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap tugas (baik pekerjaan penting maupun pekerjaan sepele). Anda mungkin menemukan bahwa Anda menghabiskan banyak waktu untuk beberapa tugas tertentu yang dapat dengan mudah didelegasikan.

Lembar kerja Anda harus terdiri atas tiga kolom:

Tugas / Kegiatan

Waktu yang Dihabiskan

Rencana Pendelegasian

Gunakan kolom “Rencana Pendelegasian” untuk mencatat segala ide Anda untuk berbagai langkah yang perlu ditempuh untuk mendelegasikan tugas. Masukkan daftar calon karyawan yang potensial.

Gunakan untuk rentang waktu satu dua minggu untuk melihat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap tugas (baik pekerjaan penting maupun pekerjaan sepele). Mungkin Anda temukan bahwa Anda menghabiskan banyak waktu untuk beberapa tugas tertentu yang dengan mudah dapat didelegasikan.