Kurt Nagel  dalam bukunya 6 Kunci keberhasilan perusahaan”, (elexmedia komputindo, 2007) telah memberikan terobosan-terobosan yang menarik untuk meraih kesuksesan bagi sebuah perusahaan. Kurt Nagel menjelaskan keenam kunci tersebut secara mendalam yang bisa dilihat melalui bagan-bagan dan matriks-matriks yang dibuat Kurt Nagel untuk menggambarkan hal-hal tersebut secara lebih detail. Namun disisi lain, hal ini justru membuat isi buku ini tampak sangat rumit. Tetapi buku ini juga memiliki kelebihan lain yaitu Kurt Nagel juga mengutip banyak pendapat ahli seperti Hendri Fayol, Fredrick Taylor, Max Weber dsb. sebagai pembanding dan pendukung teori-teori yang dipaparkan oleh Kurt Nagel sehingga dapat dipastikan bahwa 6 kunci tersebut merupakan faktor-faktor yang benar-benar berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan.

Didalam buku ini, Kurt Nagel memaparkan 6 kunci keberhasilan perusahaan yaitu; strategi, organisasi, sumber daya manusia, gaya kepemimpinan, sistem informasi, orientasi pelanggan. Namun, hal-hal tersebut juga memiliki beberapa dasar-dasar yang penting yaitu:

  1. Prinsip-prinsip bisnis dasardan sistem-sistem target/kontrol.
  2. Organisasi yang berorientasikan strategi.
  3. Pemakaian potensi pegawai dengan lebih baik.
  4. Sebuah gaya kepemimpinan yang efisien.
  5. Sistem-sistem informasi dan komunikasi yang market intelligent
  6. Mempraktikkan orientasi pelanggan

Benang yang menghubungkan kunci-kunci keberhasilan disuplai melalui orientasi pelanggan dan sistem-sistem informasi. Orientasi pelanggan sebenarnya telah dipromosikan secara luas selama paling tidak dua dekade namun dalam prakteknya manajemen bisnis sering sekali tampak asing.

Sekarang ini semakin dianjurkan bahwa adalah jauh lebih sensible untuk menempatkan pelanggan ditengah-tengah pemikiran seseorang dan untuk menempatkan biaya-biaya terkait sebagai operating overheads (biaya overhead pengoperasian) yang diperlukan daripada memperlakukan kepentingan pelanggan sebagai cost center (pusat biaya) yang tersendiri.

Dukungan penting untuk semua faktor keberhasilan disediakan oleh sistem informasi yang tersedia yang berasumsikan tempat yang lebih tinggi dalam aktifitas perusahaan. Faktor-faktor ini bukan hanya dilihat sebagai kesempatan untuk rasionalisasi yang efektif namun lebih sebagai sebuah faktor dalam menangkap peluang-peluang pasar secara lebih kompetitif.lebih jauh lagi, sistem-sistem informasi yang efisien mempunyai efek positif pada faktor-faktor keberhasilan lainnya.

Sebagai contoh, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi modern pada faktor-faktor keberhasilan dapat dilihat inter aksi dalam hal-hal berikut:

1. Prinsip-prinsip bisnis dasar dan sistem-sistem target/kontrol

  • Keterbukaan yang lebih luas bagi semua yang terlibat
  • Transmisi lebih cepat ke pasar
  • Reaksi cepat dari pasar
  • Sebuah representasi dari realitas yang selengkap mungkin
  • Pemasukan dan pencatatan data pada waktu yang tepat (secepat terjadinya)
  • Penyimpanan informasi yang lebih up-to-date
  • Derajat pengontrolan yang lebih efisien

2. Struktur organisasi yang berorientasikan strategi

  • Kesesuaian yang lebih baik antara struktur dengan kebutuhan-kebutuhan pasar dan produk
  • Fleksibilitas lebih besar melalui hubungan yang dipikirkan dengan lebih matang antara faktor-faktor organisasi yang standar dengan yang tersendiri
  • Perbaikan kemampuan organisasi untuk bereaksi
  • Tingkat pelayanan yang lebih tinggi
  • Sebuah alur komunikasi yang dirancang dengan lebih baik diseluruh organisasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kompetitif

3. Penggunaan potensi pegawai dengan lebih baik

  • Pemisahan antara kerja rutin dan kreatif
  • Dorongan dan dukungan dari tugas-tugas kreatif
  • Kerja tim oleh para spesialis
  • Motivasi yang lebih tinggi untuk mencoba hal-hal baru
  • Tersedianya data untuk analisis sendiri

4. Gaya kepemimpinan

  • Dalam hubungan-hubungan pelanggan internal dan eksternal
  • Komunikasi timbal balik yang bebas
  • Prosedur-prosedur administrasi yang rasional

5. Orientasi Pelanggan

  • Informasi yang lebih baik tentang pelanggan
  • Layanan advis yang lebih menyeluruh
  • Dukungan dalam memecahkan masalah-masalah individual
  • Prosedur-prosedur penjualan yang lebih efisien

Pentingnya pengaruh teknologi informasi dan komunikasi pada faktor-faktor keberhasilan lainnya tidak dapat diabaikan. Pemrosesan informasi semakin menjadi bagian utama dari perusahaan-perusahaan yang dikelola dengan berhasil.