Beragam cara ditempuh untuk menggaet konsumen selama bulan ramadhan dan menjelang Hari Raya. Wirausahawan jeli memanfaatkan peluang promosi dengan biaya minim.

Seperti memanfaatkan bazar ramadhan yang banyak digelar perusahaan hingga pengelola gedung perkantoran. Bahkan di beberapa kantor pemerintah seperti departemen perindustrian, departemen luar negeri,  departemen agama dan jamsostek rutin menyelenggarakan event ini.

Biarpun disebut bazar event ini bukannya tidak bayar, menggunakan lokasi perkantoran event bazar biasanya dikelola oleh event organizer melalui pendaftaran satu stan dijual beragam mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Harga yang dikenakan sesuai dengan lokasi pameran, semakin strategis stan semakin mahal harga yang dikenakan. Bazar biasa berlangsung 2 hingga 3 hari.

Bagi wirausahawan, bazar ini cukup menarik karena cukup efektif menghasilkan penjualan dan relatif rendah biaya yang harus dikeluarkan hanya dengan 500 ribu hingga 5 juta bisa menghasilkan omset jutaan hingga belasan juta.

Untuk di Jakarta beberapa lokasi yang sering menyelenggarakan bazar adalah :

1. Plaza Bapindo

Terletak di jalan Sudirman, diantara beberapa perkantoran besar yang memiliki ribuan karyawan. Diantaranya Citybank, SCBD, BEJ, Widjojo Center, Abda. Lokasi ini sangat strategis dan mampu mendatangkan omset puluhan juta.

2. Jamsostek

Terletak di Jalan Gatot Subroto dan berada di dekat beberapa perkantoran dan perumahan widya candra. Perkantoran seperti LIPI, Wisma Mulia, Dirjen Pajak. Potensi daya beli yang tinggi cukup prospektif bagi omset anda selama menggikuti bazar.

3. Deperin

Sebagai motor bagi berkembangnya industri kreatif, departemen perindustrian secara konsisten sering menyelenggarakan pameran produk ataupun bazar  di area kantor. Berlokasi di jalan gatot subroto yang sangat strategis berdekatan dengan gedung Adhi Graha, Departemen Transmigrasi dan Bulog.  Lokasi inipun mampu mendatangkan omset puluhan juta bagi wirausahawan.

4. Departemen Agama

Lokasi gedung Departemen agama yang berdekatan dengan departemen keuangan, dan beberapa perkantoran lain cukup strategis untuk memasarkan produk. Daya beli yang cukup tinggi juga menjadi pertimbangan Anda untuk mengikuti bazar di lokasi ini.

5. Departemen Luar Negeri

Pameran Departemen luar negeri kadangkala mengambil lokasi di wisma Deplu berdekatan dengan Senayan city. Lokasi ini tidak terlalu menonjol meskipun berada di tempat yang cukup strategis di kawasan Senaya.

6. Depkominfo

Berlokasi di jalan medan merdeka utara bersebelahan dengan gedung mahkamah konstitusi dan Departemen Transpotasi.

7. Departemen Keuangaan

Berlokasi di lapangan banteng, bukan sekedar lokasi yang strategis namun daya beli dari PNS di Departemen Keuangan jika menjadi point strategis untuk mengikuti bazar atau pameran disana.

8. Gedung Bidakara

Gedung Bidakara lokasi berkantornya beberapa perusahaan besar salah satunya Medco. Berdekatan dengan Gedung Mustika Ratu menjadi point strategis bagi bazar dan pameran. Mengambil tempat di Lobby yang cukup strategis tempat lalu lalang para karyawan.

9. Gedung Patra jasa

Gedung yang terletak di jalan Gatot Subroto ini terdapat kantor BP Migas dan berseberangan dengan Menara Mulia. Memiliki prospek daya beli yang bagus.

10. Gedung Pertamina

Bazar dilokasi ini memiliki prospek yang bagus, namun biasanya mengenakan charge yang relatif lebih mahal dari lokasi-lokasi lain. Karyawan Pertamina memiliki potensi daya beli yang tinggi, jadi meskipun hanya berada di lokasi Pertamina namun Bazar disini memiliki potensi penjualan yang cukup tinggi.

Bazar biasanya diselenggarakan oleh perusahaan event organizer, bahkan beberapa bazar pada lokasi yang berbeda biasanya diselenggarakan oleh event organizer yang sama. Anda dapat mengumpulkan informasi jadwal bazar sekaligus biaya yang dikenakan pada satu perusahaan event organizer. Mintalah diskon bila anda mengikuti bazar pada event organiser yang sama.

Mengikuti Bazar memudahkan anda menjangkau konsumen dengan biaya relatif murah. Anda tidak diharuskan memiliki syarat-syarat legal wirausaha. Cukup dengan informasi atau keterangan jenis produk yang anda jual dan informasi kontak anda. Jangan lupa membuat kartu nama anda untuk membuat potensi bisnis berikutnya dengan konsumen anda selama mengikuti Bazar.

Banyak wirausaha yang sukses dengan mengikuti Bazar di beberapa lokasi bahkan menjadikan bazar/pameran satu-satunya cara berjualan mampu mendatangkan omset yang tidak sedikit.

About these ads